Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: Manfaat dan Khasiat Tomat


  1. #1
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,511
    Rep Power
    4

    Manfaat dan Khasiat Tomat

    Saya menulis soal manfaat tomat karena saat ini mulai mengkonsumi tomat murni. Biasanya sih tomat hadir tercampur dalam hidangan makanan, yang sifatnya kadang-kadang saja terkonsumsi. Hal ini terinspirasi oleh seorang teman dari Ecuador (Daniella) yang tiba-tiba beli tomat banyak banget di pasar candi kuning, sebelum singgah di Subaya, Kintamani. Ternyata tomat itu dimakan mentah sambil dibubuhi garam. Saya mencoba, dan humm, not bad, seger nya mak nyes.



    Peristiwa itu sudah 2 minggu lalu sih. Tadi mampir ke Makro dan mau cari buah untuk team saya di Bali Orange Communications. Pandangan mengarah ke tumpukan tomat merah ranum dan lumayan besar ukurannya. Langsung saja ambil 2 kilo. Sampai di kantor, rencananya malam ini mau migrasi beberapa akun hosting ke server baru. Sambil transfer backup, irisan tomat itu saya tutul kan ke bumbu (gula, garam, dan merica). Wuuaaah pemirsa mak nyes rasanya hahahaha. Seger euy, jadi bersemangat. Kemudian, saya coba browsing mencari artikel manfaat tomat. Ketemu deh, dan gak ada salah nya saya posting kan sekalian.

    Hampir semua orang mengenal tomat (Licopersicum esculentum). Buah yang tanpa kenal musim ini ternyata mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beragam penelitian menunjukan, tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung serta penangkal radikal bebas.

    Banyak varietas buah tomat, seperti tomat buah yang berukuran besar, tomat sayur dengan ukuran lebih kecil dan tomat ceri yang hanya sebesar kelereng. Apapun jenisnya, tomat mengandung unsur gizi yang hamper sama, yakni kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.

    Kaya Antioksidan
    Keisitimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

    Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

    Cegah Penggumpalan Darah
    Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, yang dilakukan pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

    Sumber

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,599
    Rep Power
    0

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    wah dah lama nih gak bikin jus tomat
    padahal dulu sering

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    19
    Rep Power
    0

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    nice info gan..artikel yang bagus untuk kesehatan.
    kebetulan saya juga suka tomat apalagi dihidangkan menjadi jus tomat.ga kalah seger deh.hehehe
    ayo ikutan peluang usaha menarik dan bisnis usaha yang menguntungkan

  4. #4
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,511
    Rep Power
    4

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    Quote Originally Posted by araichi View Post
    wah dah lama nih gak bikin jus tomat
    padahal dulu sering
    iya gan, mulai lagi dari sekarang bikin jus tomatnya

    Quote Originally Posted by beansoon View Post
    nice info gan..artikel yang bagus untuk kesehatan.
    kebetulan saya juga suka tomat apalagi dihidangkan menjadi jus tomat.ga kalah seger deh.hehehe
    Siip gan. Kita memang sama2 suka tomat

  5. #5
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,299
    Rep Power
    8

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    mantab............................................ ..........bnyk bnget ya khasiatnya

  6. #6
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    Saya senang minum juz tomat, bagus untuk mata....

  7. #7
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,788
    Rep Power
    6

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    lumayan juga ternyata manfaatnya ya.....hehe.....

  8. #8
    Newbie kohkono's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Jepara
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    saya suka tomat tuh pas buat sambal. apalagi sambal trasi. hadeeeeh.. Nyoos deh rasanya.

  9. #9
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,511
    Rep Power
    4

    Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    Quote Originally Posted by dhire View Post
    mantab............................................ ..........bnyk bnget ya khasiatnya
    Quote Originally Posted by Bidan Ismi View Post
    Saya senang minum juz tomat, bagus untuk mata....
    Quote Originally Posted by tamandewi View Post
    lumayan juga ternyata manfaatnya ya.....hehe.....
    Iya gan, ayo kita budayakan minum jus tomat rame2

    Quote Originally Posted by kohkono View Post
    saya suka tomat tuh pas buat sambal. apalagi sambal trasi. hadeeeeh.. Nyoos deh rasanya.
    eehhmmm yami ! boleh dong dibagi kesini gan kohkono sambalnya

  10. #10
    Newbie khezo's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Location
    Bandung
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Manfaat dan Khasiat Tomat

    Menurut saya ini adalah Info unik yang sangat bermanfaat untuk di baca karena menambah wawasan bagi orang yang membacanya



    Blog Remaja ---> Kumpulan Puisi | Gambar | Khezo

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0