Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Aug 2012
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    Pergantian musim gini banyak yang sakit pilek, radang tenggorokan sama flu (Termasuk ane ). Sedikit tips semoga bermanfaat cekit brooh

    Cara Mengatasi Hidung Tersumbat



    Hidung tersumbat entah itu karena flu, sinusitis, kedinginan, alergi atau karena pilek pasti sangat mengganggu.
    Saat terjadi flu atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang dan mengeluarkan lendir untuk membilas rongga hidung dari kotoran dan alergen penyebab iritasi.

    Saat hidung tersumbat karena lendir, yang harus dilakukan adalah menjaga agar sinus tetap lembab. Banyak orang berfikir bahwa udara kering dapat mengurangi cairan hidung berlebih. Mengeringkan mukosa hidung justru memiliki efek yang sebaliknya, membuat cairan yang keluar semakin banyak.

    Untuk mengatasinya banyak orang menggunakan dekongestan dalam bentuk semprotan hidung tanpa resep dokter. Tapi obat ini tidak berlaku untuk semua kasus hidung tersumbat, apalagi tanpa pengawasan dari dokter.
    Apabila mengalami hidung tersumbat karena flu, alergi atau pilek bisa mencoba pengobatan alami terlebih dahulu yang sudah terbukti dapat melegakan hidung. Cara-cara tersebut antara lain:

    Larutan air garam
    Campuran steril atau air yang telah direbus dan sedikit garam bisa digunakan untuk mengairi rongga sinus. Mungkin ini sedikit aneh tetapi ada banyak bukti ilmiah dibalik cara ini. Pengairan sinus bisa menggunakan teko kecil yang disebut ‘neti pot’. Air garam membersihkan hidung dan rongga sinus dari kotoran, kuman dan alergen sekaligus melembabkan. Banyak orang mencoba cara ini dengan hasil yang cukup memuaskan.

    Kompres Hangat di Wajah
    Duduk atau tiduran dengan handuk hangat di wajah dapat meringankan rasa tidak nyaman dan membuka hidung yang tersumbat. Salah satu fungsi hidung untuk menghangatkan dan melembabkan udara pernafasan, menghangatkan hidung dan sinus membuat pembengkakan dan produksi lendir berkurang yang melegakan hidung.

    Minyak kayu putih
    Menghirup minyak kayu putih dapat membuka sinus yang tersumbat. Bisa juga dengan meminum obat yang berbahan dasar kayu putih untuk membersihkan hidung yang tersumbat.

    Menthol
    Peppermint mengandung mentol, kita bisa mendapatkan mentol ini dari teh peppermint, permen peppermint atau produk lainnya yang mengandung bahan yang sama. Meskipun tidak sekuat minyak kayu putih tetapi sering membawa dampak yang baik.

    Menghirup uap air
    Saat menghirup uap anda harus hati-hati jangan terlalu dekat dengan air panas. Uap air menghangatkan sekaligus melembabkan hidung, mengurangi pembesaran khonka hidung yang memproduksi lendir.

    Hindari kolam renang yang diklorinasi
    Meskipun air melembabkan tetapi klorin di kolam dapat mengiritasi selaput lendir hidung

    Hindari alergen
    Jika anda menderita alergi, ketahui alergen-alergen apa yang memicu iritasi hidung anda. Bisa dari debu, binatang,makanan, udara dingin, tungau maupun zat kimia. Banyak orang yang tidak sadar bahwa dia alergi pada susu, jika anda sering mengalami hidung tersumbat tanpa diketahui sebabnya cobalah untuk berhenti mengkonsumsi susu dan produk turunannya apabila hidung tersumbat anda membaik setelah berhenti mengkonsumsi susu maka besar kemungkinannya anda alergi terhadap susu.

    Sumber



  2. #2
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    Pergantian musim gini banyak yang sakit pilek, radang tenggorokan sama flu (Termasuk ane ). Sedikit tips semoga bermanfaat cekit brooh
    Bener banget nih, bagi kondisi badan yang tidak stabil, dg cuaca yang tidak menentu bisa berakibat flu...

  3. #3
    Senior Member
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,599
    Rep Power
    0

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    sip dah..tips bagus..apalagi cuaca lagi tidak menentu..

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    lowongankerjabatam.net
    Posts
    130
    Rep Power
    3

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    Quote Originally Posted by Bidan Ismi View Post
    Bener banget nih, bagi kondisi badan yang tidak stabil, dg cuaca yang tidak menentu bisa berakibat flu...
    yup bener kondisi badan yang lemah atau kecapean ditambah perubahan cuaca yang tidak menentu lebih rentan terhadap flu.

    Sebaiknya diantisipasi dengan istirahat yang cukup dan minum vitamin C

  5. #5
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,319
    Rep Power
    9

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    heheheheheheh...........................

  6. #6
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    Quote Originally Posted by dodo_didi View Post

    Menghirup uap air
    Saat menghirup uap anda harus hati-hati jangan terlalu dekat dengan air panas. Uap air menghangatkan sekaligus melembabkan hidung, mengurangi pembesaran khonka hidung yang memproduksi lendir.

    Hindari kolam renang yang diklorinasi
    Meskipun air melembabkan tetapi klorin di kolam dapat mengiritasi selaput lendir hidung
    saya dulu di kediri pas pilek gini dipake berenang. hasilnya bakal ingus bakal lebih mudah dikeluarkan dan lebih cepat sembuhnya. tapi di kediri sepertinya emang ga pake klorin karena dari sumber air. nah kalo di perantauan blom pernah coba. cuma nyemplung sebentar aja mata udah perih kena air kolam sini.

  7. #7
    Senior Member yolia's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,516
    Rep Power
    4

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    Penyebab hidung tersumbat memang bisa macam, gan...

    apalagi saat perobahan cuaca gini, walah. bisa tambah mampet pet pet tuh hidung

    dulu saya juga sering kambuh mengalami hidung tersumbat,
    udah tahunan tuh sering kambuh...

    lalu saya coba dengan kapsul habatussauda yang murah,
    kalau tidak salah waktu itu harganya 20 rebu 1 botolnya

    alhamdulillah karena allah semenjak mengkonsumsi kapsul itu saya
    tidak pernah mengalami lg yg namanya hidung mampet lg

    sebenarnya penyebab hidung mampet sy pun tidak tahu karena
    hal ini sering saya alami apalagi tiap menjelang sore

    Katakanlah, masih misteri penyebabnya gan!

    Oya, sy coba share juga di blog obat alami sy kisahnya..

  8. #8
    Newbie Ryandi's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    35
    Rep Power
    0

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    sangat bermanfaat sekali, abg saya ada yang kenak sinusitis,paling g bisa kenak debu atau udara yg g bagus sedikit saja, bisa langsung meler sendiri sambil bersin2 g menentu,.

  9. #9
    Junior Member 23xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    299
    Rep Power
    0

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    hmmm bagus juga nich...
    menambah wawasan dan pengetahuan..

  10. #10
    Senior Member mania12bet's Avatar
    Join Date
    May 2013
    Posts
    1,385
    Rep Power
    3

    Re: Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

    kebanyakan menghirup menthol gak baik juga memang
    Silahkan gabung dan bermain di sini

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0