Page 5 of 25 FirstFirst 123456789101112131415 ... LastLast
Results 41 to 50 of 249

Thread: Mahabharata Arena


  1. #41
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,027
    Rep Power
    11

    Re: Mahabharata Arena

    Quote Originally Posted by Adiansyah View Post
    di versi asli tidak ada prilaku gay dari para kshatriya Arya.. Nakula dan Sahadeva sendiri punya istri2 lain diluar Draupadi yg mereka nikahi bersama. Putra Nakula bernama Satanika (Satanik - salah satu nama moyang bangsa Lunar, makanya yg disebut Satan itu yang buruk2 oleh orang barat).

    Tapi namanya berbeda jaman, tetap ada prilaku menyimpang. di text asli Mahabharata ada catatan saat Sanjaya dikirim oleh Dritarashtra untuk menjadi utusan sebelum perang, Sanjaya masuk ke ruangan khusus milik Krishna dan Arjun, dimana dikatakan Abhimanyu maupun si kembar (adik yg lebih dekat dng Arjun, dimana Yudhisthir lebih akrab dengan Bhimasena) pun tidak berani masuk. Disana Sanjaya menceritakan melihat Krishna dan Arjuna sedang duduk santai ditemani istri2 mereka Satyabama dan Draupadi, kaki Arjuna sebelah menumpang di pangkuan Draupadi sebelah lagi di pangkuan Satyabama istri Krishna. Jadi ada kemungkinan mereka 'Swinger'...ha3...
    Wah yang ini saya gak tahu, hehe. Versi Mahabharata India yang saya baca cuma singkat, bukan yang lengkap. Kayaknya musti baca yang lengkap, hehehe.

  2. #42
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,657
    Rep Power
    12

    Re: Mahabharata Arena

    Quote Originally Posted by artemis View Post
    Dul... gw dapet nih related story soal Sahadewa dengan Durga sang penjaga kubur... tapi dari sudut pandang Bali.

    baca ye... awas kalo ngga. susah nih nyariin buat lo:
    The Story of Sri Tanjung Within The Performing Arts of Bali Bali Hotel Villa Blog Culture Travel Guide Indonesia - BALIwww.COM
    wah-wah makasi...

    tapi kok cuma sekilas, dilempar tebu/gula doang... ayo2 cari versi yg lebih panjang.. (nyiksa orang )


  3. #43
    Beginner Adiansyah's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    69
    Rep Power
    6

    Re: Mahabharata Arena

    maaf tadi terkirim belum selesai...
    Last edited by Adiansyah; 16-04-09 at 03:16 PM.

  4. #44
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,657
    Rep Power
    12

    Re: Mahabharata Arena

    Quote Originally Posted by antasena View Post
    Sedikit menambahkan, epic Mahabharata mulai ditulis di jaman ksatriya di India. Jaman ksatria ini mirip-mirip jaman negara-negara berperang di China daratan. Dimana perang menjadi kisah keseharian ketika itu. Kisah Mahabharata boleh jadi berdasarkan rekam peristiwa nyata ketika itu. Pada Mahabharata ditonjolkan kisah-kisah kepahlawanan dan kearifan pemimpin. Sikap bela negara dan bela kebenaran ditonjolkan.

    Bhagavad Gita ditulis kemudian, pasca jaman kesatria, sangat boleh jadi terpengaruh oleh pemikiran mainstream ketika itu dimana dharma, budi pekerti, moral menjadi wacana dialektika utama para pemikir India yang dimotori kaum pertapanya. Mirip dengan dialektika Yunani era Socrates - Plato - Aristotle..
    Quote Originally Posted by Adiansyah View Post
    Kalau boleh saya koreksi, Bhagavad Gita adalah doktrin keimanan. Bagaimana Krishna memberi petuah bahwa Arjun harus percaya bahwa perang adalah dharma kshatriya..
    analogi jaman negara2 berperang dan konfusianisme sama jaman kesatria2 india dan bhagavad gita gitu kali maksud si antasena..

    jadi inget fengshen yanyi gw belon kelar..

    artie... tolong beresin juga dung


  5. #45
    Beginner Adiansyah's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    69
    Rep Power
    6

    Re: Mahabharata Arena

    Kalau boleh saya koreksi, Bhagavad Gita adalah doktrin keimanan. Bagaimana Krishna memberi petuah bahwa Arjun harus percaya bahwa perang adalah dharma kshatriya..

    Arjun ketika itu menolak mengangkat senjata setelah melihat kakek Bhisma, Guru Drona, Paman Shalya, Guru Kripa, Ashvattama - putra Drona, yg jg sahabatnya, bahkan sepupu2 jahatnya para Kaurav (dibaca Korav, English Corrupt) berdiri di pihak lawan. Kenangan masa kecil dengan mereka terlintas di benaknya.

    Krishna, yg memang memaksa perang harus terjadi, menunjukkan bahwa Ialah Tuhan yg lahir sebagai manusia dari jaman ke jaman, bahwa Arjun harus beriman sepenuhnya tanpa pertanyaan, menyerahkan diri sepenuhnya padanya agar bisa diselamatkan, bahwa roda takdir harus berjalan. bahwa semua juga akan mati, perang hanya salah satu sebabnya.

    Jadi sebaliknya Bhagavad Gita (Wahyu kpd Ar-john) adalah sebuah doktrin keimanan, doktrin untuk membunuh tanpa perasaan.

    Bahkan kshatriya Solar Aryan modern, Nazi, menggunakan doktrin Bhagavad Gita untuk membenarkan holocaust terhadap musuh abadinya Yahudi (Lunar Aryan).

    Heinrich Himmler (the Reichsfuhrer of the SS), the person ordered by Adolf Hitler to implement the final solution (Holocaust), told his personal masseur Felix Kersten that he always carried with him a copy of the ancient Aryan scripture, the Bhagavad Gita, because it relieved him of guilt about what he was doing — he felt that like the warrior Arjuna, he was simply doing his duty without attachment to his actions (wikipedia)
    Attached Thumbnails Attached Thumbnails Mahabharata Arena-bhagavad_gita_lg.jpg  
    Last edited by Adiansyah; 16-04-09 at 03:21 PM. Reason: sory copy paste dr wiki agak kacau..

  6. #46
    Contributor artemis's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    4,169
    Rep Power
    17

    Re: Mahabharata Arena

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    analogi jaman negara2 berperang dan konfusianisme sama jaman kesatria2 india dan bhagavad gita gitu kali maksud si antasena..

    jadi inget fengshen yanyi gw belon kelar..

    artie... tolong beresin juga dung
    Opo maksute iki dul? fengshen yanyi iku opo?
    apa yang musti gw beresin?

    aku tak ke kapal sik... wis dienteni sama kapten'e
    This is not a black and white world; you can't afford to believe in your side

  7. #47
    Beginner Adiansyah's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    69
    Rep Power
    6

    Mahabharata & pengaruh trhdp Bhs Inggris

    Iya betul sekali mengenai gugur nya Karna..salah satu hasil kemenangan licik Krishna. bisa dilihat clip pendek 3d nya di sini:

    YouTube - Karna Death Mahabharata

    Melanjutkan yang kemarin, mahabharata memang telah berlalu, tapi pertempuran antara 2 suku bangsa Arya tidak pernah usai...antara cahaya lawan kegelapan, antara pemuja trimurti lawan pemuja shivah tunggal, antara yang tinggal di daerah dingin dan yang di daerah panas.

    Kejadian penting lain di belahan dunia lain tentang pertempuran mereka tercatat dalam kitab Iliad karya Homer...antara solar Aryan Yunani melawan Lunar Aryan Troy (Turki). Dibalut crita yg mirip ramayana, penculikan istri, serangan sekutu besar dengan menyebrangi lautan.

    sampai sekarang pun dominasi mereka masih terasa di dunia...mereka adalah 2 kutub kekuatan dunia... bahkan bahasa inggris yang merupakan bhs internasional sdkt banyak masih terdapat pengaruh sanskrit..terutama berkaitan dengan tokoh dalam mahabharata. Contohnya antara lain:

    (cat:cara membaca nama2 sanskrit tersebut dngn mematikan huruf vokal terakhir, seperti bhs arab maupun inggris)

    -yudhisthira : justice (yudhisthir mrpkan putra dewa keadilan (Dharma)
    -bheema : beam (balok), dalam konstruksi merupakan komponen penopang, cocok dengan karakter bheem, penegak pandawa..dalam satu adegan dimana rumah peristirahatan pandava dibakar kaurava, bheem lah yang menopang nakul dan sahadev yang masih kecil, serta ibu mereka kunti.
    -arjuna : ar-john, satu2nya murid tuhan krishna yang mendapat wahyu.
    -asvini : twin, dewata ayah nakul dan sahadev, merupakan dewa kembar.
    -kshatriya : knight, sama-sama dibaca tanpa huruf K, artinya sama.
    -duryodhana : durable, hard to destroy. mungkin sudah pada tahu pada akhir perang betapa sulitnya bheem menaklukkan musuh bebuyutannya ini. berkali2 digada bangkit kembali
    -radea : radiant, bercahaya..nama kecil Karna sebagai putra Surya
    -kaurava : Corrupt, marked with immorality, dishonest, karakter para 100 kaurav yang jahat, tidak jujur, dsb.
    -pariksit : seed, benih kehidupan pandava.
    -vyasa : vision
    -barbarika : barbar, putra ghatotkatcha, pemimpin bangsa raksasa
    -deva : divine, having a nature of being deity
    -indra : thunder, inder sebagai dewa halilintar
    -agni : ignite, membakar, agni sebagai dewa api
    -neksatra : star, neksatr sebagai dewi bintang dan benda langit
    -narada : narrator, bagawan suci yang menceritakan kisah ramayana pada penulisnya, valmiki, juga yang menyampaikan berita dari kahyangan deva.
    -gandiva : gun, busur arjun sebagai penembak anugrah deva pada masa itu.
    -pashupastra : pass through pasture, melewati daratan rumput yang luas, astra (senjata surgawi) pemberian hyang pashupati (Shiva) berbentuk panah bermata bulan sabit, ditembakkan dengan busur, mata, dan pikiran, tidak pernah meleset meskipun menjangkau target yang jauh, seperti arjun menggunakannya untuk menebas leher jayadhrata di garis belakang kurukshetra. pashupastra merupakan cikal bakal rudal antar benua. penggunaannya dapat dilihat juga di link video gugurnya karna di atas.
    -sumeru : summit, puncak gunung. oleh karena itu himalaya disebut juga mahameru (the great peak)
    -drona : drone, unmanned thing or vehicle, sometimes used as target practice (target drone). Metode latihan panah yang diterapkan guru drona menggunakan burung2an, obyek berputar pada roda, dsb.
    Last edited by Adiansyah; 17-04-09 at 08:58 PM.

  8. #48
    Beginner Adiansyah's Avatar
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    69
    Rep Power
    6

    Re: Mahabharata Arena

    Dalam cerita Mahabharata asli,
    -Arjun pertama menikahi Draupadi, berputra Srutakirti, gugur dibunuh Asvatthama di dalam tenda.
    -lalu gadis naga (mongol) Ulupi, berputra Iravan, gugur melawan rakshasa di perang bharatayudha
    -Citranggada, putri kerajaan Manipur, berputra Babruvahana yang bertahta di Manipur
    -Subadra, adik Krishna, berputra Abhimanyu,yang terhebat di antara putra Arjun, gugur dalam perang.

  9. #49
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,657
    Rep Power
    12

    Re: Mahabharata Arena

    hlo kok.....


    khrisna = christ

    arjun = john

    gitu? saya takut paham ni bung adiansyah....


  10. #50
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,027
    Rep Power
    11

    Re: Mahabharata Arena

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    hlo kok.....


    khrisna = christ

    arjun = john

    gitu? saya takut paham ni bung adiansyah....
    Iya neeh ..

    Furthermore, solar v lunar ... hmm ...

    Gua juga takut faham nih ...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0