Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21

Thread: Tata Nano resmi diluncurkan


  1. #1
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Thumbs up Tata Nano resmi diluncurkan

    Rabu, 25/3/2009 | 09:12 WIB


    KOMPAS.com — Tata akhirnya meluncurkan mobil kecil yang sangat menghebohkan dunia, yaitu Nano. Mobil kecil ini bikin heboh karena harganya paling murah di dunia saat ini. Di negara asalnya ditawarkan satu lakh (100.000 rupee). Kalau dikonversi ke rupiah sama dengan Rp 24 juta. Kalau dibelikan sepeda motor, dapat satu Honda Tiger atau dua unit motor bebek.
    Tahun lalu, ketika Tata Motor memperkenalkan Nano, masih banyak orang yang ragu dengan harga itu. Termasuk para pelaku bisnis mobil di Indonesia. Namun, saat peluncuran Senin lalu— meski telah terjadi kenaikan harga baja, dan berbagai material lainnya— Ratan Tata mengatakan, “Saya harus menepati janji.”



    Pemakai Motor. Mengapa Tata Motors bisa membuat mobil semurah itu? Apa saja yang diperoleh konsumen dari mobil seharga itu?
    Nano adalah mobil dengan panjang 3,1 meter, menggunakan mesin 2 silinder, 624 cc dan mampu menghasilkan tenaga 33PS. Konsumsi bahan bakarnya 20 km/liter dan bisa membawa 4-5 penumpang. Kecepatan maksimum 105 km/jam. Ratan Tata sendiri, ketika berada di interior, kepalanya hampir menyentuh langit-langit.
    Mobil ini tidak punya AC, booster rem, power steering, radio, dan kaca spion dalam. Penghapus kaca pun hanya satu. Interiornya sangat sederhana. Justru kesederhanaan itulah target Tata membuat Nano. Karena sangat sederhana, media Eropa mengomentari, “Kalau dipasarkan ke Eropa, mobil ini harus ganti kaca, lampu-lampu, ban, seatbelt, dan sebagainya.”
    Tata Motors dengan bisnis utamanya adalah truk atau kendaraan komersial berusaha mengurangi penggunaan baja pada mobil ini. Agar bobot Nano lebih ringan, mesin dibuat dari alumunium.
    Perusahaan ini dinilai berhasil mengeksploitasi para insinyur India menciptakan mobil sederhana dengan target konsumen khusus, yaitu mereka yang saat ini hanya bisa membeli sepeda motor.
    Di India sendiri, seperti Indonesia, konsumen sepeda motor sangat tinggi. Tahun lalu, penjualan kendaraan bermotor roda dua di negara itu mencapai 7 juta unit. Sebagai pembanding, penjualan sepeda motor di Indonesia tahun lalu 6,2 juta unit.


    Separuh Harga. Di India, Nano ditawarkan separuh dari kompetitor terdekatnya, yaitu Maruti, yang dibuat oleh Maruti Udyog. Meski dimensinya 8 persen lebih kecil dari Maruti, tetapi interiornya 21 persen lebih lega. Inilah yang membuat keluarga menengah ke bawah India yang selama ini mengandalkan sepeda motor juga menunggu kehadiran mobil ini.
    Seperti dikatakan Ratan Tata, bos Tata Motors, ketika memperkenalkan mobil ini tahun lalu, ide melahirkan Nano ini muncul setelah hatinya tersentuh melihat banyak keluarga di India hanya mampu membeli skuter sebagai kendaraan keluarga. Bapak mengendarai skuter, anak berdiri di depan, dan istri duduk di belakang sembari mengendong bayinya.
    “Muncul pertanyaan pada diri saya, bagaimana membuat kendaraan murah dan aman untuk keluarga tersebut,” kenang Ratan. Saat itu, terpikir olehnya menggabungkan dua skuter sekaligus untuk menciptakan kendaraan murah.
    Sebagai industriawan dan pebisnis hebat, Ratan lantas minta kepada orang-orang muda India yang direkrutnya untuk membuat mobil murah, tetapi tetap memenuhi berbagai standar keamanan dan emisi gas buang. Lahirlah Nano.
    Targetnya, konsumen kelas bawah dan yang pertama kali punya mobil. Meski sederhana, Nano dinilai lebih baik dan manusiawi dibandingkan sepeda motor. Mobil ini bisa ditumpangi 4 sampai 5 anggota keluarga dengan kondisi lebih aman dan tentu saja tidak mudah kehujananan, seperti motor.


    Didemo. Tak mudah pula bagi Ratan Tata mewujudkan proyek ini. Selain muncul berbagai kritik, pabriknya juga didemo. Akhirnya, pabrik Nano dipindahkan dari Banglore Gujarat. Serangan tak kalah gencar—terutama menjelang peluncuran Nano—muncul cerita tentang krisis yang dialami perusahaan mobil Inggris yang dibelinya dari Ford tahun lalu, yaitu Jaguar dan Land Rover. Diceritakan, Jaguar sedang mengalami kesulitan keuangan.
    Meski begitu, ada pula yang berpikir positif bahwa yang dilakukan oleh Tata Motors adalah inovasi dengan terobosan dahsyat. Malah ada yang menilai inovasi tiga dimensi dalam industri dan bisnis otomotif. Pasalnya, tidak hanya produk yang dinilai inovatif, juga sistem produksi dan distribusinya.


    Revolusi Modular. Inovasi lain yang tidak banyak dilihat orang—kecuali produk—dan justru dianggap paling inovatif adalah desain modularnya. Nano dibentuk oleh komponen yang dapat dibuat dan dikirim secara terpisah untuk dirakit di berbagai lokasi. Karena itulah, Nano dijual dalam bentuk kit yang didistribusikan, dijual, dan pelayanannya langsung dilakukan oleh pengusaha lokal.
    Ratan Tata, dalam suatu wawancara dengan The Time of London, mengatakan, “Sekelompok pengusaha dapat mengembangkan perakitan dan Tata akan melatih mereka, juga menjamin kualitas kerja mereka. Mereka akan menjadi satelit kami dalam operasional perakitan.”
    Untuk itu, Tata Motors membuat komponen massal dan mengirimkannya ke dealer sebagai kits. Mereka yang akan menjadi agen akan diberi pelatihan, sedangkan mereka yang bertugas memberikan layanan purna jual dilengkapi dengan telepon genggam dan skuter untuk mencapai daerah pelosok.



    30 Juta. Sejak diperkenalkan awal tahun lalu, website Tata telah dikunjungi lebih dari 30 juta peminat Nano. Menurut Tata, juga telah tercipta 6.000 kelompok dan komunitas Nano. Sebuah gambaran bahwa begitu besarnya minat masyarakat pada mobil ini.
    Peminat Nano tidak hanya dari India, tetapi banyak negara, terutama yang berkembang, seperti Timur Tengah dan Amerika Selatan. Dengan kemampuan produksi awal 250.000 unit/tahun, para peminat itu tampaknya harus menunggu lama. Kondisi ini dipastikan akan menimbulkan rasa kecewa bagi peminatnya. Ternyata tak mudah mendapatkan mobil murah!

  2. #2
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Yang aku apresiasi adalah latar belakang dibuatnya mobil ini. Ini adalah contoh bagus dari seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu bagi orang banyak, dan dia melakukannya.

    Paling tidak mobil ini akan menjadi suatu solusi bagi keluarga yang penghasilannya hanya cukup untuk membeli motor tapi menginginkan kendaraan yang lebih aman bagi keluarganya.

  3. #3
    Member gone_bdg's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bandung Beautiful Euy ...
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Thumbs up Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    SALUT atas keberhasilan Tata Motors !!!

    Akankah hal ini diikuti oleh Pabrikan Mobil lainnya serta menjadi sebuah tren ?


  4. #4
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    .

    Tata Motors ....
    Sebuah terobosan dengan mobil murah meriah yang bagus .
    Jangan takut gagal !!!
    Yg ragu adalah kompetitor.

    Salut buat Tata Motor .....
    Saya bantu motto - nya :

    One Man One Car !


  5. #5
    Contributor PrinceaAng's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    --
    Posts
    3,946
    Rep Power
    11

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Yup, saya juga sudah lihat web-nya Tata.com, sangat baik. Dilihat dari spesifikasinya, mobil ini memang bukan untuk APV atau MPV, fasilitas yang diberikannya juga tidak terlalu wah, jika harganya memang murah bisa digunakan oleh ekonomi menengah ke bawah.

    Mobil ini dikatakan lebih manusiawi daripada mengendarai motor yang panas kepanasan, hujan kehujanan. Boncengan bapak, ibu, dan 2 orang anak umur 10 tahunan sudah sangat berbahaya.

    Mobil ini dibuat seperti halnya VW kodok yaitu bermesin belakang. Tapi dengan perkembangan teknologi, dan pengalaman dari pembuatnya di mobil-mobil mewah (sebagian mobil mewah juga ada yang bermesin belakang), saya kira kita tidak terlalu khawatir dengan panas dari mesin di bangku penumpang belakang.

    Saya perkirakan, jika ada yang berani menjadi distributornya di Indonesia, mobil ini juga akan laku keras. Terutama di jaman ekonomi sulit seperti sekarang ini. Perusahaan tetap membutuhkan ruang untuk berkembang. Mungkin bisa membekali pasukan sales ataupun teknisi supportnya dengan mobil ini. Selain untuk menjaga presitise, juga membuat karyawan merasa dihargai perusahaan karena lebih aman menggunakan mobil daripada motor. Tohk yang terpenting tujuan utama perusahaan bisa tercapai, selain karyawan juga akan lebih merasa dihargai.
    Peluang pasar mobil ini di Indonesia, saya yakin, akan luas sekali.
    Bagi pemerintah pun, akan lebih mudah mengatur lalu lintas daripada menghadapi pasukan motor di jalan-jalan.

    Semoga dalam waktu dekat sudah ada yang mau menjadi distributor mobil ini di Indonesia.

  6. #6
    Junior Member ALEXRUE's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    area of 632.26 km˛ at 6° 10′ 30″ S, 106° 49′ 42″ E
    Posts
    460
    Rep Power
    6

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Quote Originally Posted by Happy View Post
    .

    Tata Motors ....
    Sebuah terobosan dengan mobil murah meriah yang bagus .
    Jangan takut gagal !!!
    Yg ragu adalah kompetitor.

    Salut buat Tata Motor .....
    Saya bantu motto - nya :

    One Man One Car !


    one family one car...

  7. #7
    Newbie lunajelita's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    42
    Rep Power
    0

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Quote Originally Posted by PrinceaAng View Post
    Yup, saya juga sudah lihat web-nya Tata.com, sangat baik. Dilihat dari spesifikasinya, mobil ini memang bukan untuk APV atau MPV, fasilitas yang diberikannya juga tidak terlalu wah, jika harganya memang murah bisa digunakan oleh ekonomi menengah ke bawah.

    Mobil ini dikatakan lebih manusiawi daripada mengendarai motor yang panas kepanasan, hujan kehujanan. Boncengan bapak, ibu, dan 2 orang anak umur 10 tahunan sudah sangat berbahaya.

    Mobil ini dibuat seperti halnya VW kodok yaitu bermesin belakang. Tapi dengan perkembangan teknologi, dan pengalaman dari pembuatnya di mobil-mobil mewah (sebagian mobil mewah juga ada yang bermesin belakang), saya kira kita tidak terlalu khawatir dengan panas dari mesin di bangku penumpang belakang.

    Saya perkirakan, jika ada yang berani menjadi distributornya di Indonesia, mobil ini juga akan laku keras. Terutama di jaman ekonomi sulit seperti sekarang ini. Perusahaan tetap membutuhkan ruang untuk berkembang. Mungkin bisa membekali pasukan sales ataupun teknisi supportnya dengan mobil ini. Selain untuk menjaga presitise, juga membuat karyawan merasa dihargai perusahaan karena lebih aman menggunakan mobil daripada motor. Tohk yang terpenting tujuan utama perusahaan bisa tercapai, selain karyawan juga akan lebih merasa dihargai.
    Peluang pasar mobil ini di Indonesia, saya yakin, akan luas sekali.
    Bagi pemerintah pun, akan lebih mudah mengatur lalu lintas daripada menghadapi pasukan motor di jalan-jalan.

    Semoga dalam waktu dekat sudah ada yang mau menjadi distributor mobil ini di Indonesia.
    Setuju nih,memang motor bandel,nanti kalau memang masuk Indonesia ,dari bekasi ke jakarta waktu tempuhnya pasti untuk pertama molor 3-4 jam dari biasanya,atas nama penghematan para pemakai kendaraan umum yang lari-lari naik bis,pastinya akan beralih ke motor tuh,apalagi jika atas nama mencari pasar motor yang masih tergolong mahal akan jatuh harganya,masa mau PHK para pekerjanya?Kita tahulah kebanyakkan rakyat Indonesia dalam hal belanja tehnologi itu paling mengerti bagus,contohnya aja dari mulai Hp,dari mulai anak TK sampai kakek nenek banyak yang punya,dari mulai pekerja level yang entah perlu banget atau ngak tuh hp sampai bos pakai hp.Dimana saya tinggal walaupun mau pakai mobil itu bisa kredit tanpa dp,angsurannya biasanya max 2 hari kerja (min salary 12 dollar perjam) entah kenapa orang tidak berlomba beli tuh mobil,walaupun kalau pagi namanya bis dan subway terbilang penuh berjubel,tetap orang tidak beli tuh mobil,begitu juga dengan hp tidak perlu pakai uang muka,langganan aja umumnya perbulan perbayaran 3 jam salary tetap aja pada ngak lari mau jadi langganan,kadang-kadang yang masih bisnis kecil juga tidak pakai hp,namanya anak-anak jarang deh yang pakai hp,ada sih ABG-ABG disini para ABG ini umumnya sudah bekerja dan menghasilkan uang sendiri,ngak minta dari orang tuanya,khan biasa tuh anak 15 tahun kerja di MC donald atau baby sitter?

  8. #8
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    7

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Quote Originally Posted by ALEXRUE View Post
    one family one car...
    Itu kan slogannya TOYOTA KIJANG .......

    .

  9. #9
    Beginner
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    76
    Rep Power
    6

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Kirain Tata Dado

  10. #10
    Senior Member Slump's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    few click away
    Posts
    1,763
    Rep Power
    8

    Re: Tata Nano resmi diluncurkan

    Saya yakin banyak importir yang berminat untuk memasukkan mobil ini ke Indonesia, mengingat besarnya pasar kita dan segmentasi pasar yang cocok. Namun bila hal ini terwujud jangan harap pembeli disini bisa mendapatkan harga murah seperti di India.

    Penyebabnya adalah biaya untuk memasukkan mobil ke Indonesia sangat besar. Minimal bea masuk impor 40-45%, bergantung pada kapasitas mesin dan jenis mobilnya. Importis juga harus membayar pajak pertambahan nilai (PPN) dan PPnBM. Karena itu kalaupun Tata Nano memasuki pasar otomotif Indonesia diperkirakan harganya akan berada diatas Rp. 50 juta

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0