Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Pecinta dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...


  1. #1
    Beginner
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    54
    Rep Power
    0

    Pecinta dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    Para pecinta dan pemilik Mobil Katana, mari kita saling bertukar informasi tentang apa saja yang berhubungan dengan perawatan dan otak-atik mobil Katana. Beberapa waktu yang lalu saya pengalaman yang unik. Katana saya tiba-tiba rpm mesin bisa tinggi, bahkan bisa sampai 5000. Padahal pedal gas tidak dalam posisi diinjak. Tapi kalau AC dinyalain rpm-nya kemudian turun lagi. Tapi ndak berapa lama tiba-tiba naik lagi rpm-nya. Kemudian kalau AC dimatiin, rpm-nya turun lagi. Terus aja begitu.... stres benar bawa mobil. Coba tanya beberapa Montir, macam-macam dugaanya. Ada yang bilang Idle-up nya harus diganti, coba service AC-nya, coba tune-up, dll. Cuma karena keadaan dompet tipis. Saya coba servis sendiri kaburatornya. Selang-selang karburator yang keras ndak bisa dicopot, saya potong, lalu pasang lagi (walau tambah pendek tukh jadinya selang). Hanya dengan modal dua puluh ribu Carb Cleaner, mobil saya sekarang tok cer. Dan terakhir tambah lima puluh ribu untuk ganti platina + condensor. Wah, ternyata kita tidak bisa terlalu percaya pada saran montir. Tapi memang harus rajin nanya dan coba analisa masukan yang diterima, masuk logika atau tidak... Bagaimana kalau lewat forum ini, kita para Maniak Katana untuk saling bertukar Informasi. Supaya mobil Katana kita makin dicintai, jangan buru-buru dijual...

  2. #2
    Beginner
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    54
    Rep Power
    0

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    KOPLING pada sebuah mobil adalah perangkat vital yang memungkinkan si roda empat bisa berjalan dengan mulus di jalan raya. Oleh karena itu, perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan atau melepaskan putaran mesin dengan gigi/transmisi ini perlu dirawat agar awet.*Kopling terdiri dari beberapa komponen, yaitu pilot bearing, clutch disc (piringan kopling), cover cluth (atau biasa disebut matahari), dan release bearing. Di antara komponen-komponen tersebut, piringan kopling menjadi komponen yang paling sering mengalami keausan, mengingat fungsinya yang harus menahan putaran sementara transmisi tengah bekerja.**Pertama ; adalah menjaga minyak kopling tetap penuh pada tempatnya, jangan sampai minyak kopling tersebut berada di bawah titik minimal yang dianjurkan. Pastikan bahwa semua selang minyak kopling terhubung dengan baik dan tidak mengalami kebocoran. Gangguan pada minyak kopling akan menyebabkan pengemudi tidak bisa memasukkan gigi transmisi.Kedua ; adalah dengan menggunakan rem tangan saat hendak menahan mobil di jalan menanjak-ketimbang menggunakan setengah kopling. Cara ini membuat pelat kopling lebih tahan lama. Langkah ini juga bisa dilakukan saat lampu merah, jadi ketimbang harus menekan pedal kopling terus menerus, lebih baik gunakan rem tangan.Ketiga ; adalah menghindari genangan air atau lumpur agar tidak mengganggu sistem kopling. Kalau memang terpaksa segera bersihkan kolong mobil agar kopling terhindar dari kerusakan.Keawetan kopling berkait juga dengan sikap pengendara saat memindahkan kopling. Karena itu, saat menginjak pedal dan memindahkan kopling, lakukan dengan lembut, sentakan keras pada kopling dikhawatirkan akan merusak atau mempercepat keausan kopling.

  3. #3
    Beginner
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    68
    Rep Power
    0

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    Quote Originally Posted by yes-mcraf View Post
    Para pecinta dan pemilik Mobil Katana, mari kita saling bertukar informasi tentang apa saja yang berhubungan dengan perawatan dan otak-atik mobil Katana. Beberapa waktu yang lalu saya pengalaman yang unik. Katana saya tiba-tiba rpm mesin bisa tinggi, bahkan bisa sampai 5000. Padahal pedal gas tidak dalam posisi diinjak. Tapi kalau AC dinyalain rpm-nya kemudian turun lagi. Tapi ndak berapa lama tiba-tiba naik lagi rpm-nya. Kemudian kalau AC dimatiin, rpm-nya turun lagi. Terus aja begitu.... stres benar bawa mobil. Coba tanya beberapa Montir, macam-macam dugaanya. Ada yang bilang Idle-up nya harus diganti, coba service AC-nya, coba tune-up, dll. Cuma karena keadaan dompet tipis. Saya coba servis sendiri kaburatornya. Selang-selang karburator yang keras ndak bisa dicopot, saya potong, lalu pasang lagi (walau tambah pendek tukh jadinya selang). Hanya dengan modal dua puluh ribu Carb Cleaner, mobil saya sekarang tok cer. Dan terakhir tambah lima puluh ribu untuk ganti platina + condensor. Wah, ternyata kita tidak bisa terlalu percaya pada saran montir. Tapi memang harus rajin nanya dan coba analisa masukan yang diterima, masuk logika atau tidak... Bagaimana kalau lewat forum ini, kita para Maniak Katana untuk saling bertukar Informasi. Supaya mobil Katana kita makin dicintai, jangan buru-buru dijual...
    Ass. Wr. Wb,
    Bukan katana aja yang mengalami penderitaan seperti itu, tetapi semua mobil bisa mengalami hal itu.

    Saran saya, dibawa saja ke tukang AC yang terpercaya, karena pasti masalah di ACnya yang mempengaruhi performa mesin. Selamat mencoba, aku yakin, masalah anda akan solved.

    Wassalam,

  4. #4
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    Gas naik turun saat AC bekerja, analisa montir betul, karena jika AC on otomatis beban mesin lebih berat yg otomatis, putaran mesin/RPM akan turun..disinilah peran iddle up yg bertugas menjaga stabilitas RPM, karena iddle up menahan tuas carbu melalui vakum-nya saat mesin mengalami penurunan RMP karena ada tambahan beban dari kerja kompresor.

    Problem katana yang utama justru gampang overheat saat pake AC klo ngadepin Muacet total kenapa? katana mesinya kecil 1000cc sementara ada tambahan beban AC. Penyebabnya tidak adanya xtra-van yg mumpuni pada condensor AC, sehingga panas radiator tidak cepat dingin.

    Rem katana juga tidak pakem saat kerendem air/melintas banjir apalagi yg depanyamasih mengadopsi rem drum (katana tipe lama th 80-89..mesti ngocok terlebih dahulu, baru pakem kembali. Penyebabnya : sebagian Katana remnya tidak dilengkapi dengan booster rem, sebaiknya tambahkan booster rem pada master atas.

    Handbreak katana jika terlalu lama sering lengket. Karena HB katana menggunakan tromol yg terhubung dengan kopel, bukan sperti mobil pada umunya yg HB-nya ada di Roda belakang. Jangan kaget jika tiba-tiba mobil tidak mau bergerak padahal transmisi sudah masuk pos.1

    Suspensi kurang nyaman, karena masih mengadopsi per daun disemua rodanya..jika punya dana lebih ganti dengan coil over..

    My First Car gue "SJ40 Jumbo th 89 4WD generasi terakhir(cikal-bakalnya Katana)" yang gw tebus 17jt 500rb tahun 94, dari hasil keringat gw sendiri..wuihh senengnya, dan gw pernah pake Katana GX th 96. Sayangnya Suzuki gak masukin Katana versi Jepang secara utuh kayak carribian or samurai yg udah ada penyempurnaan total : mesin dah injeksi 1300cc-1600cc, kaki-kaki coil over. ada versi pick-up & versi pantai..klo ajah ada, pengen juga sih pake Katana lagi..

    INDOMOBIL GIMANA NEE???

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    Mau masukan dari tmn2 nih, masalah suspensi katana. Ada cara yg efisien ga ya utk bikin lebih empuk?
    Trus utk rem yg keras dan krg pakem, utk penambahan booster pakai mbl apa yg plg yahud. Thanks

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Jan 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    ya emang cirikhas mobil katana begitu broo

    Quote Originally Posted by joseten View Post
    Mau masukan dari tmn2 nih, masalah suspensi katana. Ada cara yg efisien ga ya utk bikin lebih empuk?
    Trus utk rem yg keras dan krg pakem, utk penambahan booster pakai mbl apa yg plg yahud. Thanks

  7. #7
    Newbie rizky ja's Avatar
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Yogyakarya
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Re: ya emang cirikhas mobil katana begitu broo

    He..he. Termasuk salah satu mobil bandel ini, he..he
    Rizky Junia Adam
    Sewa Mobil dan Rental Mobil Service

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: ya emang cirikhas mobil katana begitu broo

    permisi Om dan kakak semua salam kenal dr saya aries
    , saya punya katana thn 93, kalo pas mesin nyala posisi stasioner ada suara berisik tek..tek..tek gitu, tp pas kopling diinjek suara berisik tadi hilang. ada yg bilang harus bongkar kopling di ganti bearingnya. tp ada yg bilang itu memang suara khas katana. mana yg bener yah? thx semua

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    salam,

    coba coba beli mobil katana sebagai mobil pertama saya, udah belajar 2 hari akhirnya ketemu masalah ni yang bikin pusing.
    pagi2 saya disuruh mindahin ni mobil sama ibu saya maklum halaman rumah yg sempit saya jadi saya musti maju mundur maju mundur berulang kali takut nabrak saya jaga kopling setengah maklum bukan sopir berpengalaman eh gak lama mau maju tiba2 ni mobil kehilangan tenaga n mati, mundur jg gitu saya hidupkan lagi paksa gk lama keluar asep dan bau mutung dari mesin bagian bawah dekat kopling, sharing dong kira2 menurut tmn2 ni mobil kenapa ya, apa yang kena hanya kampas kpling yang hangus kena gesekan atau ada yang laennya. kapok jg nih beli mobil seken kalo dah musti bongkar mesin. kira kira berapa ya biaya servisnya.
    maklum lagi krisis.

  10. #10
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,412
    Rep Power
    5

    Re: Pecinta Dan Pemilik Mobil Katana, Sharing Yuuuk...

    hmm kira kira habis berapa duit ya....?

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    ...
    Suspensi kurang nyaman, karena masih mengadopsi per daun disemua rodanya..jika punya dana lebih ganti dengan coil over.....

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0