Results 1 to 9 of 9
Like Tree10Likes
  • 7 Post By KenzieGR
  • 3 Post By KenzieGR

Thread: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Pray For IPAD2
    Posts
    108
    Rep Power
    4

    Lightbulb [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Sambut Ramadhan dengan Bershalawat Jawa



    KOMPAS.com/IKA FITRIANA



    MAGELANG, KOMPAS.com - Menjelang larut malam, puluhan warga Dusun Sorobayan, Banyuurip, Tegalrejo, Kabupaten Magelang berkumpul dalam acara Nurodin, Kamis malam (5/7/2012). Nurodin adalah membaca shalawat bersama dengan diiringi alat musik gamelan, gendang dan rebana. Uniknya, jika biasanya shalawat dilantunkan dengan bahasa Arab, namun di sini menggunakan bahasa Jawa.
    Setelah shalat isya berjamaah di masjid, masyarakat berkumpul di tanah lapang yang ada. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh ulama dusun setempat. "Kegiatan ini adalah tradisi turun temurun di dusun kami," ujar Muhammad Zaki, warga setempat, Kamis malam (5/7/2012).
    Biasanya kegiatan yang mayoritas diikuti kaum laki-laki ini dilakukan menjelang bulan Ramadhan sebagai sebagai wujud suka cita akan datangnya bulan penuh rahmat itu. Namun demikian, sesuai dengan kesepakatan warga, Nurodin juga bisa diadakan kapan saja sepanjang tahun.
    Menurut Zaki, kegiatan tersebut tidak lain bertujuan untuk menjunjung Nabi Muhammad SAW sebagai rasul dan pembimbing bagi umat Islam. Lebih dari itu kegiatan tersebut juga merupakan bentuk dakwah Islām sebagaimana dilakukan oleh para Walisongo dahulu.
    "Menurut sejarah, dahulu Walisongo menyampaikan ajaran Islam dengan macam-macam pendekatan, salah satunya adalah melalui seni dan budaya," tuturnya. Karenanya, ia dan warga dusun ingin terus melesatarikan tradisi ini.
    Usai doa, acara inti dimulai, ulama atau sesepuh desa lantas memulai melantunkan lirik shalawat dalam bahasa jawa yang kemudian diikuti oleh warga bersahutan. Alunan kian merdu berkat iringan gamelan, gendang dan rabana yang harmonis. Meski udara malam yang semakin dingin di kawasan Tegalrejo, namun tidak menyurutkan semangat warga.
    "Lirik yang kita baca ini juga bukan kita yang bikin, tapi sudah ada sejak dulu, sudah dibikin teks oleh kakek nenek kita dulu," ungkapnya sambil menunjukkan teks shalawat yang bertuliskan tahun 1986.
    Meski dilakukan oleh para kaum laki-laki, bukan berarti kaum perempuan tidak turut andil dalam kegiatan ini. Mereka dengan sukarela menyiapkan makanan dan minuman untuk disantap bersama usai bershalawat. "Ya, walaupun makanan sederhana namun cukup nikmat karena disantap bersama," ujar Sopiah, warga yang ikut membantu menyiapkan makanan.
    Editor : Farid Assifa

    Sumber : Kompas.com

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Pray For IPAD2
    Posts
    108
    Rep Power
    4

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Quote Originally Posted by KenzieGR View Post
    Sambut Ramadhan dengan Bershalawat Jawa



    KOMPAS.com/IKA FITRIANA



    MAGELANG, KOMPAS.com - Menjelang larut malam, puluhan warga Dusun Sorobayan, Banyuurip, Tegalrejo, Kabupaten Magelang berkumpul dalam acara Nurodin, Kamis malam (5/7/2012). Nurodin adalah membaca shalawat bersama dengan diiringi alat musik gamelan, gendang dan rebana. Uniknya, jika biasanya shalawat dilantunkan dengan bahasa Arab, namun di sini menggunakan bahasa Jawa.
    Setelah shalat isya berjamaah di masjid, masyarakat berkumpul di tanah lapang yang ada. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh ulama dusun setempat. "Kegiatan ini adalah tradisi turun temurun di dusun kami," ujar Muhammad Zaki, warga setempat, Kamis malam (5/7/2012).
    Biasanya kegiatan yang mayoritas diikuti kaum laki-laki ini dilakukan menjelang bulan Ramadhan sebagai sebagai wujud suka cita akan datangnya bulan penuh rahmat itu. Namun demikian, sesuai dengan kesepakatan warga, Nurodin juga bisa diadakan kapan saja sepanjang tahun.
    Menurut Zaki, kegiatan tersebut tidak lain bertujuan untuk menjunjung Nabi Muhammad SAW sebagai rasul dan pembimbing bagi umat Islam. Lebih dari itu kegiatan tersebut juga merupakan bentuk dakwah Islām sebagaimana dilakukan oleh para Walisongo dahulu.
    "Menurut sejarah, dahulu Walisongo menyampaikan ajaran Islam dengan macam-macam pendekatan, salah satunya adalah melalui seni dan budaya," tuturnya. Karenanya, ia dan warga dusun ingin terus melesatarikan tradisi ini.
    Usai doa, acara inti dimulai, ulama atau sesepuh desa lantas memulai melantunkan lirik shalawat dalam bahasa jawa yang kemudian diikuti oleh warga bersahutan. Alunan kian merdu berkat iringan gamelan, gendang dan rabana yang harmonis. Meski udara malam yang semakin dingin di kawasan Tegalrejo, namun tidak menyurutkan semangat warga.
    "Lirik yang kita baca ini juga bukan kita yang bikin, tapi sudah ada sejak dulu, sudah dibikin teks oleh kakek nenek kita dulu," ungkapnya sambil menunjukkan teks shalawat yang bertuliskan tahun 1986.
    Meski dilakukan oleh para kaum laki-laki, bukan berarti kaum perempuan tidak turut andil dalam kegiatan ini. Mereka dengan sukarela menyiapkan makanan dan minuman untuk disantap bersama usai bershalawat. "Ya, walaupun makanan sederhana namun cukup nikmat karena disantap bersama," ujar Sopiah, warga yang ikut membantu menyiapkan makanan.
    Editor : Farid Assifa

    Sumber : Kompas.com
    Banyak Cara Dalam Memperbanyak Amal Ibadah Di Bulan Ramadhan, Tiap Daerah Mempunyai Tradisi Sendiri.

  3. #3
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,004
    Rep Power
    19

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    iyups... bener banget & yang terpenting adalah niatnya... yang tulus & ikhlas...
    & tradisi2 seperti ini harusnya terus di lestarikan
    Life is Adventure

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Pray For IPAD2
    Posts
    108
    Rep Power
    4

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    iyups... bener banget & yang terpenting adalah niatnya... yang tulus & ikhlas...
    & tradisi2 seperti ini harusnya terus di lestarikan
    Segala sesuatu memang tergantung niat, kalau niatnya memang untuk memperbanyak amal ibadah di bulan ramadhan sangat bagus di lakukan.

  5. #5
    Senior Member friedman's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,103
    Rep Power
    14

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Wadohhhh ane binun ini mau koment apa, abis kaga ngetri haha...Koment ini aja dehh...
    KALI INI KEMENANGAN AKAN ANDA RAIH
    CEMUNGUD
    Linksys Smart Wi-Fi Router
    TomTom Smart GPS for daily driver

  6. #6
    Member
    Join Date
    May 2012
    Posts
    771
    Rep Power
    8

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Quote Originally Posted by friedman View Post
    Wadohhhh ane binun ini mau koment apa, abis kaga ngetri haha...Koment ini aja dehh...
    KALI INI KEMENANGAN AKAN ANDA RAIH
    CEMUNGUD
    kalo eyang ane mah cume mesen buat org nyang puase " JANGAN CUME DAPET LAPER AME AUS DOANG "..
    selamet berpuase semoge pol...

  7. #7
    Junior Member Tymeconue's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Hope to near you <3
    Posts
    474
    Rep Power
    3

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Quote Originally Posted by mambo View Post
    kalo eyang ane mah cume mesen buat org nyang puase " JANGAN CUME DAPET LAPER AME AUS DOANG "..
    selamet berpuase semoge pol...
    bener ini.

    Thread ente bgs. Kalau shalawat bisa diterjemahkan ke berbagai bahasa bisa nggak tuh ya? Dengan begitu artinya juga bakal lebih mudah dicerna. Tapi tetap nggak meninggalkan bahasa aslinya dong.

  8. #8
    Junior Member gagagagaga's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    JAKARTA
    Posts
    244
    Rep Power
    4

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    berbagai sambutan dari berbagai daerah lain2 ya bro
    pokoknya saling menghormati deh


    ane minta bantuan ya gan, Minta LIKE & Komennya di trit ane semoga allah membalas. makasihh

    Amazing Wow Beginilah Tradisi Unik Indonesia & Dunia Menyambut Ramadhan

  9. #9
    Junior Member yanwi's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    139
    Rep Power
    3

    Re: [CUR] Sambut Ramadhan Dengan Bershalawat Jawa

    Bener banget..
    Tradisi kaya gini harus dilestarikan..
    jangan sampai hilang..
    Thx gan buat infonya


    Mohon bantuannya untuk LIKE + REPLY + RATE di thread saya ini
    Thread mengenai berbuka puasa bersama di Binus
    Acara yang dihadiri oleh Ibu Sinta Nuriyah Wahid juga..
    [CUR] Indahnya Kebersamaan Saat Berbuka Bersama (+ Pict)

    Terima kasih untuk bantuannya

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO