Results 1 to 4 of 4

Thread: Cara merawat notebook/pc


  1. #1
    Newbie edwin vino's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Tangerang
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Talking Cara merawat notebook/pc

    Umum Penghematan

    Tips termudah adalah yang paling efektif. Kurangi cahaya latar belakang display (backlight) karena lampu ini merupakan salah satu pemboros energi terbesar. Pada Byxx, trik ini Anda lakukan melalui kombinasi tombol [Fn] + [F4]. Pada tombol [F4] ini terdapat gambar matahari dan segitiga yang mengarah ke bawah. Langkah ini dapat mengurangi konsumsi daya sebesar 4Watt.

    Secara keseluruhan,langkah di atas menawarkan penghematan energi hingga 20%. Namun, cara ini ada kekurangannya. Paa sumber cahaya yang kuat, layar display yang gelap akan sulit dibaca. Seberapa jauh Anda dapat mengurangi kecerahan display tergantung pada situasi dan kondisi cahaya ruangan.
    Harddisk
    Untuk menjaga konsumsi daya serendah mungkin, minimalkan akses ke hard disk. Pertama, uninstall semua program yang tidak diperlukan. Kedua, defragmentasi hard disk secara teratur, misalnya dengan O&O Defrag (http://www.oo-software.com/home/en/products/oodefrag).

    Sekarang, kita menuju ke Energy-Settings. Di sini, kami menyarankan untuk menggunakan mode Sleep pada hard disk. Saat notebook berada dalam kondisi standby, konsumsi dayanya hanya 1 Watt. Dengan tools Notebook Hardware Control (www.pbus-167.com), Anda dapat mengatur berbagai mode hemat energi, misalnya setelah berapa lama hard disk harus berpindah ke mode standby. Dalam praktinya, 10 menit adalah angka yang tepat. Sebaiknya tidak kurang dari 10 menit karena hard disk akan menjadi sering hidup-mati sehingga sangat mengurangi usianya.

    Anda dapat menghemat lebih banyak lagi dengan hard disk SSD (Solid State Disk). Hard disk semacam ini memang mahal, tetapi mampu mengurangi konsumsi daya hingga 5 Watt. Hard disk SSD baru biasanya kompatibel dengan semua model notebook yang umum.

    WLAN
    Ke depan nanti, Anda dapat berselancar di web kapan saja dan di mana saja. Memang masih perlu waktu hingga hotspot WLAN dapat menjangkau seluruh wilayah kota-kota besar Indonesia. Namun sayangnya, notebook bertindak lebih agresif. Ia terus mencari-cari jaringan gratis dengan daya maksimalnya sehingga menghabiskan energi baterai yang berharga.
    Rata-rata notebook menghabiskan daya 1,2 Watt untuk mengaktifkan adaptor. Untuk transmisi, chipset WLAN yang umumnya diprogram dengan buruk menghabiskan lagi sekitar 3 Watt. Untungnya, ada solusi yang sederhana dan efisien. Aktifkan modul internal WLAN hanya bisa Anda benar-benar membutuhkannya. Lebih baik gunakan koneksi kabel jika tersedia karena ia lebih cepat dan lebih hemat energi.


    CPU
    Salah satu pemboros energi adalah CPU. Di sini, terdapat berbagai cara untuk mengurangi konsumsi daya. Kami menunjukkan yang terbaik dalam dua langkah berikut:

    Mengubah Energy-Settings CPU melalui Notebook Hardware Control (NHC). Klik “CPU Speed” dalam NHC. Pada notebook Byxx, mode “Dynamic Switching” adalah yang paling banyak menghemat energi. Di sini, Windows hanya menggunakan performa CPU sesuai kebutuhan sehingga durasi baterai bisa lebih panjang.

    Kemampuan penghematan energi ini telah dikuasai oleh semua model CPU Intel dan AMD yang umum. Pada Intel, fungsi ini disebut “SpeedStep” atau “Dynamic Switching”, sedangkan pada AMD disebut “PowerNow!”. Penghematan energinya dibandingkan dengan setting “Max Performance” dapat mencapai 10 Watt. Untuk memeriksa apakah CPU Anda mendukung fungsi penghematan ini, instalasikan tools CPU-Z (www.cpu-z.de). Ia akan menampilkan model CPU Anda dan status aktualnya dalam jendela utama.
    Tips Profesional: Untuk mengurangi konsumsi energi CPU, turunkan tegangan sehingga CPU dioperasikan dengan tegangan core yang lebih rendah. Untuk melakukannya juga digunakan tools NHC. Dalam tab “Voltage”, Anda dapat mengurangi tegangan core CPU.

    Berapa besar tegangan dapat diturunkan, tergantung CPU-nya. Anda harus mencobanya. Pada Byxx yang menggunakan processor Core2 Extreme X7900 dalam operasi “Dynamic Switching”, tegangan CPU dapat diturunkan dari 0,988 menjadi 0,796 V dengan stabil.

    Perhatian: Bila CPU tidak mendapat cukup daya, notebook bisa hang. Bila itu terjadi, Anda harus me-restart dan menaikkan kembali tegangan CPU ke nilai semula. Sebelum melakukan tes, backup data Anda. Bisa semua lancar, Anda dapat memperpanjang durasi baterai hingga 30%.

    Grafik
    Pengguna solusi grafik onboard tidak perlu repot. Dari sananya solusi Memory-Shared ini sudah hemat energi, tetapi tidak menawarkan dukungan 3D untuk game. Notebook dengan graphic-card performa tinggi (GPU) dari Nvidia atau ATI dan performa 3D yang bagus membutuhkan lebih banyak energi. Solusi ampuh dan sederhana untuk menghemat energi adalah dengan bantuan graphic-driver khusus yang tersedia di alamat www.driverheaven.net.
    Dalam tab “Graphic” Notebook Hardware Control, Anda dapat mengaktifkan option-option hemat energi. Pada ATI, namanya adalah “PowerPlay”, sedangkan pada Nvidia disebut “PowerMizer”. Bila Anda tidak menginstal game, matikan saja 3D-GPU.
    Bluetooth
    Bluetooth sangat tepat untuk bertukar data dengan cepat antara ponsel dan notebook. Chip Bluetooth sendiri pada umumnya sudah sangat cerdas sehingga ketika tidak digunakan hanya akan menambah daya kurang dari 1%. Meskipun demikian, adaptor Bluetooth sering mencari-cari penerima sehingga menaikkan konsumsi daya pada notebook hingga 2 Watt. Oleh karena itu, aktifkan Bluetooth hanya ketika Anda ingin mentransfer data.
    Kipas
    Biasanya, notebook mengendalikan kipasnya sendiri dengan tidak efisien dan memakai daya lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Tools khusus dari web yang dirancang khusus untuk model notebook tertentu dapat membantu. (www.thinkwiki.org/wiki/ACPI_fan_control_script)

    Dengan tools ini, kecepatan putaran kipas dapat diatur sesuai kebutuhan. Tools membaca putaran kipas dengan berbagai sensor. Pengaturan putaran kipas ini memang hanya menghemat sedikit energi, tetapi sangat mengurangi kebisingan notebook.

    Hal-hal mendasar bagi Li-ion: Usia baterai Li-ion sangat bergantung pada tiga hal. Pertama, Anda hanya dapat meng-charge sekitar 500 kali. Kedua, sel-sel baterai akan menua dan usianya hanya 2-3 tahun – digunakan atau tidak. Ketiga, umurnya tergantung pada cara penyimpanannya (suhu dan kelembaban lingkungan). Bila ditangani secara keliru, kapasitas baterai akan cepat menurun hingga 50%. Agar Anda mendapatkan performa tinggi selama mungkin, perhatikan poin-poin berikut:

    Hati-hati ketika men-charge: Setiap kali Anda menghubungkan notebook ke stop kontak, baterai akan di-charge- tak peduli apakah baterai masih penuh atau tidak. Pada notebook bisnis seperti Thinkpad dari Lenovo, terdapat teknologi yang bagus. Chip akan menghitung siklus charging dan mengaktifkan proses charging hanya bisa kapasitas baterai turun hingga nilai tertentu. Cara ini dapat mengurangi jumlah siklus dan meningkatkan usia baterai. Notebook konsumer yang murah biasanya tidak memiliki fungsi semacam ini. Di sini, Anda yang harus mengamati kondisi baterai sebelum memutuskan untuk menghubungkan notebook ke stop kontak. Charge baterai hanya bila baterai sudah hampir kosong – di bawah 10%.

    Simpan dengan Benar: Bila notebook sering dioperasikan melalui stop kontak, sebaiknya cabut baterainya dan simpan dengan isi sekitar 60%. Tempat penyimpanan sebaiknya yang bersuhu sekitar 15 derajat Celsius dan tidak lembab.


  2. #2
    Newbie ardijouhar's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    cibeureum, tasikmalaya
    Posts
    44
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Cara merawat notebook/pc

    nais inpo....

  3. #3
    Newbie edwin vino's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    Tangerang
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Talking Re: Cara merawat notebook/pc

    Thanks Bro...

  4. #4
    Newbie ardijouhar's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    cibeureum, tasikmalaya
    Posts
    44
    Rep Power
    0

    Re: Cara merawat notebook/pc

    Quote Originally Posted by edwin vino View Post
    Thanks Bro...
    iya...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO