Results 1 to 10 of 10

Thread: Beda CV dan PT


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    Beda CV dan PT

    Mohon pencerahan rekan2 di forum, apa beda antara CV dan PT; ada yg bilang di CV tanggung jawabnya sampai harta benda si pemilik perusahaan, sedangkan di PT tanggung jawabnya sebatas modal yg disetor, namun pada prakteknya apa memang seperti itu?? Perbedaan lainnya apa? mohon dibantu, lg bingung mau pilih yg mana.

  2. #2
    Junior Member AWe Thea's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    219
    Rep Power
    7

    Re: Beda CV dan PT

    Quote Originally Posted by adrianus View Post
    Mohon pencerahan rekan2 di forum, apa beda antara CV dan PT; ada yg bilang di CV tanggung jawabnya sampai harta benda si pemilik perusahaan, sedangkan di PT tanggung jawabnya sebatas modal yg disetor, namun pada prakteknya apa memang seperti itu?? Perbedaan lainnya apa? mohon dibantu, lg bingung mau pilih yg mana.
    CV bisa didirikan oleh satu orang pemilik
    PT hanya bisa didirikan minimal oleh 2 orang.

  3. #3
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,349
    Rep Power
    8

    Re: Beda CV dan PT

    Quote Originally Posted by adrianus View Post
    Mohon pencerahan rekan2 di forum, apa beda antara CV dan PT; ada yg bilang di CV tanggung jawabnya sampai harta benda si pemilik perusahaan, sedangkan di PT tanggung jawabnya sebatas modal yg disetor, namun pada prakteknya apa memang seperti itu?? Perbedaan lainnya apa? mohon dibantu, lg bingung mau pilih yg mana.
    Pokok dari setiap kita mau mendirikan badan hukum adalah kita mau usaha apa dulu, trus kira2 omset perputaran project berapa besar yang akan kita garap.
    Mungkin anda sedikit cerita dulu, spect usaha anda itu seperti apa, rencana jangka panjangnya apa....? thanks

  4. #4
    Junior Member agus_gijar's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    444
    Rep Power
    8

    Talking Re: Beda CV dan PT

    CV itu badan usaha yang belum berbentuk badan hukum (Ber BH) karena tidak disahkan oleh pengadilan/departemen hukum dan HAM, jadi akte pendiriannya hanya dari akte notaris cukup. sehingga jenis pertanggungannya bersifat tanggung renteng (sampai harta pribadi). diurus oleh persero pengurus. anggotanya persero pengurs dan komanditer. bisa bubar kalo salah satu mati ato mundur.

    PT. itu sudah ber BH, proses awal pembentukan mirip CV cuma PT disahkan di departemen hukum dan HAM, kalo belum disahkan masih bersifat tanggung renteng. kalo udah disahkan harus diumumkan di berita acara negara (kalo ga salah inget). baru bener-bener klop jadi PT. yah selama uang perusahaan ga diselewengkan untuk kepentingan pribadi yang tanggung jawabnya hanya sebatas modal yang disetor, kalo diselewngkan yah bisa dicomot sampai harta pribadi senilai dengan yang putusan pengadilan. pendiri ga boleh satu kesatuan artinya suami istri yang tidak ada surat pisah harta dianggap satu kesatuan, jadi mesti cari orang lain.


    kayaknya gitu sih

  5. #5
    Junior Member marcovel's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Surabaya-Indonesia
    Posts
    116
    Rep Power
    6

    Re: Beda CV dan PT

    Quote Originally Posted by agus_gijar View Post
    CV itu badan usaha yang belum berbentuk badan hukum (Ber BH) karena tidak disahkan oleh pengadilan/departemen hukum dan HAM, jadi akte pendiriannya hanya dari akte notaris cukup. sehingga jenis pertanggungannya bersifat tanggung renteng (sampai harta pribadi). diurus oleh persero pengurus. anggotanya persero pengurs dan komanditer. bisa bubar kalo salah satu mati ato mundur.

    PT. itu sudah ber BH, proses awal pembentukan mirip CV cuma PT disahkan di departemen hukum dan HAM, kalo belum disahkan masih bersifat tanggung renteng. kalo udah disahkan harus diumumkan di berita acara negara (kalo ga salah inget). baru bener-bener klop jadi PT. yah selama uang perusahaan ga diselewengkan untuk kepentingan pribadi yang tanggung jawabnya hanya sebatas modal yang disetor, kalo diselewngkan yah bisa dicomot sampai harta pribadi senilai dengan yang putusan pengadilan. pendiri ga boleh satu kesatuan artinya suami istri yang tidak ada surat pisah harta dianggap satu kesatuan, jadi mesti cari orang lain.


    kayaknya gitu sih
    ya betul
    ditambah lagi kalo ngurus PT harus bener2 ada transfer sejumlah uang dari persero ke rekening PT klo gak salah min 500 jt ndak bisa dalam bentuk barang/aset

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    Re: Beda CV dan PT

    Thanks ya bro's atas penjelasannya. Paling tidak bisa buat info sharing dgn teman yg juga lagi cupet cari info.

  7. #7
    Beginner unisa81's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    79
    Rep Power
    7

    Re: Beda CV dan PT

    pt itu menurut uu terbaru modal awalnya minimal 50 juta...
    kalo cv enggak segede itu, nnggak tau sih berapa

  8. #8
    Member
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Manggarai-Flores
    Posts
    760
    Rep Power
    7

    Re: Beda CV dan PT

    kepada institusi mana kita bisa bertanya agar mendapatkan jawaban yang pasti??
    thanks... topik penting
    there is always music in the garden but our heart must be very still to hear it

  9. #9
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,460
    Rep Power
    5

    Re: Beda CV dan PT

    hmm iya nich penasaran juga..

    Quote Originally Posted by K3P4L4SUKU View Post
    kepada institusi mana kita bisa bertanya agar mendapatkan jawaban yang pasti??
    thanks... topik penting

  10. #10
    Junior Member goodsnow's Avatar
    Join Date
    Jun 2013
    Posts
    301
    Rep Power
    2

    Re: Beda CV dan PT

    setau saya kalo cv bisa perorangan dan kalo pt haruss group...dan juga harga utk membuat pt da cv berbeda...pt leih mahal dibanding cv gan,,
    Tips/Info/Prediksi Bola = Soccer Betting 90% 081914567889

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0