Page 1 of 11 12345678910 ... LastLast
Results 1 to 10 of 105

Thread: Pungutan Liar (Pungli)


  1. #1
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Pungutan Liar (Pungli)

    kembali "Pungli" muncul kepermukaan setelah para pengusaha enggan menurunkan harga untuk kebutuhan konsumennya walaupun saat ini BBm sudah turun.
    alasan Pengusaha itu "benar" karena di negeri kita ini masih sarat dengan "Pungli" yang akan mengakibatkan "Biaya Ekonomi Tinggi".
    di jalan raya saja itu Trilyunam Rupiah habis untuk Pungli saja, belum di tempat lainnya.
    wajar para Pengusaha Bidang Jasa, Industri dan Manufacturing dan Transportasi mengluh mengenai "Pungli" yang tuidak henti2nya.
    kita sharing mengapa masih ada yang sering melakukan "PungLi" ?

  2. #2
    Member gone_bdg's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bandung Beautiful Euy ...
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Unhappy Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by andir View Post
    kembali "Pungli" muncul kepermukaan setelah para pengusaha enggan menurunkan harga untuk kebutuhan konsumennya walaupun saat ini BBm sudah turun.
    alasan Pengusaha itu "benar" karena di negeri kita ini masih sarat dengan "Pungli" yang akan mengakibatkan "Biaya Ekonomi Tinggi".
    di jalan raya saja itu Trilyunam Rupiah habis untuk Pungli saja, belum di tempat lainnya.
    wajar para Pengusaha Bidang Jasa, Industri dan Manufacturing dan Transportasi mengluh mengenai "Pungli" yang tuidak henti2nya.
    kita sharing mengapa masih ada yang sering melakukan "PungLi" ?
    Memang .... Menyedihkan

    mengapa masih ada yang sering melakukan "Pungli" ?

    1. Rendahnya Moralitas Pejabat & Aparat Indonesia
    2. Sudah menjadi warisan "budaya" Indonesia (yg benar jadi salah & yg salah malah dibenarkan )
    3. Rendahnya tingkat kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia (yg belum punya pekerjaan sulit bekerja ato berusaha, yg sudah kerja merasa gajinya masih kurang terrruuuus)
    4. Kurang adanya tindakan tegas dari pejabat & aparat yg berwenang untuk memberantas hal ini (Pungli itu bagaikan Lingkaran Setan)
    5. Kurangnya kesadaran Hukum masyarakat Indonesia (yg sudah melek hukum aja seringkali sulit menghindari ato mengatasi hal ini)
    6. dll,dst,dsb ..... tambahin aja yaaaa
    Lantas .... solusinya gemana ?

  3. #3
    Junior Member torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by andir View Post
    kembali "Pungli" muncul kepermukaan setelah para pengusaha enggan menurunkan harga untuk kebutuhan konsumennya walaupun saat ini BBm sudah turun.
    alasan Pengusaha itu "benar" karena di negeri kita ini masih sarat dengan "Pungli" yang akan mengakibatkan "Biaya Ekonomi Tinggi".
    di jalan raya saja itu Trilyunam Rupiah habis untuk Pungli saja, belum di tempat lainnya.
    wajar para Pengusaha Bidang Jasa, Industri dan Manufacturing dan Transportasi mengluh mengenai "Pungli" yang tuidak henti2nya.
    kita sharing mengapa masih ada yang sering melakukan "PungLi" ?

    pungli selalu ada krn diantaranya krn ada org2 yg konsisten memberi.
    harus ada sanksi yg tegas bagi yg memberi maupun yg menerima.

  4. #4
    Senior Member tony harwi's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Next to You
    Posts
    1,122
    Rep Power
    9

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    pungli selalu ada krn diantaranya krn ada org2 yg konsisten memberi.
    harus ada sanksi yg tegas bagi yg memberi maupun yg menerima.
    yang memberi itu kadang terpaksa Mba.
    Coba-coba ga kasih tuh pungutan, pasti jadi ribet urusannya.

    Kita ini jadi serba salah, diberi ..... bisa kena hukum juga.
    Ngga diberi ........ bisa repot dan terhambat.

    Saya pernah urus sesuatu, syarat semua lengkap, tapi masih ga beres.
    Ada 1002 alasan yang dikemukakan. Capek dipingpong sana-sini.

    Kawan ada yang bilang "sesajennya" kurang.
    Akhirnya dengan terpaksa merogoh kantong lebih dalam buat sesajen itu.
    Ternyata bener, besoknya semua beres!!

    Kebahagiaan akan bisa masuk dengan lebih mudah bila saja kita mau membukakan pintu hati kita untuknya.

  5. #5
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,005
    Rep Power
    10

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by tony harwi View Post
    yang memberi itu kadang terpaksa Mba.
    Coba-coba ga kasih tuh pungutan, pasti jadi ribet urusannya.

    Kita ini jadi serba salah, diberi ..... bisa kena hukum juga.
    Ngga diberi ........ bisa repot dan terhambat.

    Saya pernah urus sesuatu, syarat semua lengkap, tapi masih ga beres.
    Ada 1002 alasan yang dikemukakan. Capek dipingpong sana-sini.

    Kawan ada yang bilang "sesajennya" kurang.
    Akhirnya dengan terpaksa merogoh kantong lebih dalam buat sesajen itu.
    Ternyata bener, besoknya semua beres!!
    Yup...pungli masih merajalela..
    bayangin di samsat yg katanya coba di sterilkan dari pungli..
    tetep ajah gak bisa..
    2 hari lalu, urus BBN mobil..mesti keluar uang non resmi ampir 300 rb-an
    klo enggak bisa pingsan di samsat..
    yg gw bingung...ada ajah celahnya...

    atau mungkin mesti ada orang yg khusus siap di lokasi-2 layanan publik..
    jadi begitu ada yg gak beres bisa langsung ditindak lanjuti..

    tapi tar kongkalikong juga yaakk..

    pokoke mumet deh urusan ma pejabat publik..dan layanan publik..
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  6. #6
    Junior Member marcovel's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Surabaya-Indonesia
    Posts
    116
    Rep Power
    7

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Rendahnya kemampuan negara --->gaji PNS rendah------->Moral Kurang------->Dimanfaatkan Pengusaha----->Generalisasi Pungli----->Pemasukan Negara Sedikit--(kembali ke awal)
    Ini namanya lingkaran setan bos ... welcome to Indonesia

  7. #7
    Senior Member bedjo's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,349
    Rep Power
    8

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    pungli selalu ada krn diantaranya krn ada org2 yg konsisten memberi.
    harus ada sanksi yg tegas bagi yg memberi maupun yg menerima.
    Kebiasaan dalam pembuatan aturan di Indonesia selalu tidak mengena langsung ke akar permasalahan.
    Yang perlu kita cermati dalam praktek pungli di birokrasi kita adalah adanya pemberi dan penerima.
    Awalan istilah di dahului oleh pemberi, padahal pada kenyataan di lapangan yang paling dominan dalam pungli adalah PENERIMA.
    Jadi prioritas utama dalam pemberantasan adalah PENERIMA terlebih dahulu sebagai orang yang posisi nya paling kuat dalam negoisasi proses pungli.
    Jika di adakan sanksi hukuman saya secara pribadi mendukung sepenuhnya hal tersebut, tapi dalam konteks prioritas harusnya di mulai dari Penerima.
    Kenapa demikian.......?
    Dalam hal pungli di dalam birokrasi biasanya pihak penerima yang lebih berkuasa dalam hal ini karna dia yang pegang kendali, sedang pihak yang membutuhkan/pemberi tidak di berikan ruang untuk mengetahui informasi ke dalam.
    Biasanya pihak penerima akan mempersulit secara administratif sampai si pemberi putus asa, lalu ada angin, umpan untuk melakukan pemaksaan agar lewat tol..... buatannya dia itu.
    Berdasarkan pengalaman di lapangan, jika proses birokrasi tranfaran dan di umumkan pada khalayak maka pemerasan bisa berkurang.
    Sudah banyak perubahan terutama di Depnakertrans urusan Orang Asing dan KanwilDisnaker Bandung (kalaupun ada biaya tambahan masih logis dan BKPM. contoh buat yg lain juga.................berhenti apa korupsi mulu................

  8. #8
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Kalau mau jujur, pungli, suap, upeti, dan sebangsanya memang tampak disengaja. Dan benar-benar jadi tujuan, ketika seseorang mau jadi pegawai (negeri/BUMN). Bayangkan saja untuk jadi polisi habis dana sekian juta rupah. Mau jadi PNS rela bertahun-tahun jadi honorer, dengan gajih jauh lebih kecil dari tukang parkir. Untuk apa ? Karena ada peluang untuk meakukan pungli.
    Di negara lain, orang tebaik jadi pegawai negeri. Di kita ? Yang kuat bayar, biar bodoh, jadi pegawai negeri.
    " Alam Padang, Poe Panjang, Jagat Kamanusaan"

  9. #9
    Contributor Fidel Castro's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Cuba
    Posts
    2,810
    Rep Power
    11

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    pungli selalu ada krn diantaranya krn ada org2 yg konsisten memberi.
    harus ada sanksi yg tegas bagi yg memberi maupun yg menerima.
    Wah saya kurang sependapat neh Sis Tori, kalo di bilang pungli selalu ada karena ada orang2x konsisten memberi. Mungkin pendapat anda lebih cocok jika di kaitkan dengan kasus suap menyuap.

    Biasanya orang bayar pungli karena terpaksa, karena yg narik pungutan liar punya power untuk mempersulit orang yg di pungli.
    Saya sependapat dengan bro Tony. Kadang para korban pungli tidak punya pilihan lain selain membayar ato di persulit.

    Menurut saya pungli senantiasa ada, karena moral & mental aparatur negara memungkinkan untuk terjadinya pungli tsb.

    Salam.
    No Regrets

  10. #10
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Pungutan Liar (Pungli)

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    pungli selalu ada krn diantaranya krn ada org2 yg konsisten memberi.
    harus ada sanksi yg tegas bagi yg memberi maupun yg menerima.
    Quote Originally Posted by tony harwi View Post
    yang memberi itu kadang terpaksa Mba.
    Coba-coba ga kasih tuh pungutan, pasti jadi ribet urusannya.

    Kita ini jadi serba salah, diberi ..... bisa kena hukum juga.
    Ngga diberi ........ bisa repot dan terhambat.

    Saya pernah urus sesuatu, syarat semua lengkap, tapi masih ga beres.
    Ada 1002 alasan yang dikemukakan. Capek dipingpong sana-sini.

    Kawan ada yang bilang "sesajennya" kurang.
    Akhirnya dengan terpaksa merogoh kantong lebih dalam buat sesajen itu.
    Ternyata bener, besoknya semua beres!!
    Quote Originally Posted by Ki Sunda View Post
    Kalau mau jujur, pungli, suap, upeti, dan sebangsanya memang tampak disengaja. Dan benar-benar jadi tujuan, ketika seseorang mau jadi pegawai (negeri/BUMN). Bayangkan saja untuk jadi polisi habis dana sekian juta rupah. Mau jadi PNS rela bertahun-tahun jadi honorer, dengan gajih jauh lebih kecil dari tukang parkir. Untuk apa ? Karena ada peluang untuk meakukan pungli.
    Di negara lain, orang tebaik jadi pegawai negeri. Di kita ? Yang kuat bayar, biar bodoh, jadi pegawai negeri.
    Quote Originally Posted by Fidel Castro View Post
    Wah saya kurang sependapat neh Sis Tori, kalo di bilang pungli selalu ada karena ada orang2x konsisten memberi. Mungkin pendapat anda lebih cocok jika di kaitkan dengan kasus suap menyuap.

    Biasanya orang bayar pungli karena terpaksa, karena yg narik pungutan liar punya power untuk mempersulit orang yg di pungli.
    Saya sependapat dengan bro Tony. Kadang para korban pungli tidak punya pilihan lain selain membayar ato di persulit.

    Menurut saya pungli senantiasa ada, karena moral & mental aparatur negara memungkinkan untuk terjadinya pungli tsb.

    Salam.

    "Pungli" ternyata tidak hanya monopoli "Preman" saja tetapi tindakan tidak terpuji oknum "Aparatur Negara" terhadap adanya "Pungli" juga memberikan sumbangan "Biaya Ekonomi Tinggi".
    "Pungli" saat ini muncul lagi kepermukaan setelah aparat Pemerintah tidak memberikan tindakan terhadap pelaku "Pungli" baik yang dilakukan "Preman" maupun "Oknum Aparatur Negara", semua ini sangat dirasakan oleh Masyarakat, Pelaku Bisnis maupun Investor betapa "Maraknya" itu "Pungli" hampir menghiasi kehidupan kita dalam menjalankan aktivitas sehar-hari.
    kita tidak ingin di cap lagi sebagai "Negara Pungli" seperti "Korupsi" yang menduduki urutan 5 besar dunia.
    hayo Indonesia, mari kita bebaskan tuh "Pungli" kita "Pasti Bisa"!

Page 1 of 11 12345678910 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0