Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21

Thread: Peluang Bisnis Rumahan bagi Wanita


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Peluang Bisnis Rumahan bagi Wanita

    Terlahir sebagai seorang wanita, ternyata tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bisa sukses merintis sebuah usaha. Meskipun sekarang ini tidak semua wanita memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di kantoran sebagai wanita karir. Namun sebagai makhluk sosial yang dikenal memiliki kemampuan multitasking, kaum hawa bisa merintis sebuah usaha dari rumah tanpa harus meninggalkan tugas utamanya mengurus segala keperluan anak dan rumah tangga.Keputusan untuk merintis bisnis rumahan di sela-sela kesibukannya mengurus rumah tangga, memang sering dipilih banyak wanita untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulannya. Tidak hanya itu saja, banyak wanita yang ingin merintis bisnis rumahan untuk mengembangkan kreativitas dan menyalurkan hobi mereka tanpa harus meninggalkan tugas utamanya mengurus rumah tangga. Salah satunya saja seperti menyalurkan hobi memasak untuk merintis peluang bisnis rumahan yang melayani permintaan jasa katering anak.

    Konsumen
    Membidik anak-anak sebagai target pasar yang potensial, memang menjanjikan keuntungan cukup besar. Dalam hal ini, Anda bisa membidik konsumen perorangan yang kedua orang tuanya sibuk bekerja, sehingga tidak sempat menyiapkan bekal makan siang untuk putra-putri tercintanya. Atau bisa juga membidik sekolah-sekolah full day yang membutuhkan jasa katering untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi para murid didiknya.

    Info Bisnis
    Membicarakan mengenai kebutuhan anak, memang seakan tak pernah ada habisnya. Bahkan para orang tua rela mengeluarkan budget (dana) yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan buah hati tercintanya.Dari sekian banyak keperluan yang dibutuhkan anak-anak, menu makanan sehat menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat diperhatikan para orang tua. Karenanya, Anda bisa membidik peluang tersebut untuk menjalankan bisnis rumahan yang melayani jasa katering anak dengan aneka menu sehat tanpa MSG, dan pewarna makanan.Nah, sebelum Anda terjun menekuni peluang bisnis rumahan yang melayani jasa katering makanan anak. Berikut ini kami informasikan beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan untuk merintis usaha tersebut.

    1. Nutrisi makanan menjadi kebutuhan utama yang perlu Anda perhatikan. Mengingat konsumen Anda adalah anak-anak, pastikan bila makanan yang Anda produksi benar-benar terjaga kualitasnya dan memenuhi kandungan nutrisi atau gizi yang dibutuhkan anak-anak. Sebaiknya, hindari MSG, zat pewarna, zat pengawet, serta pemanis buatan, yang bisa membahayakan kesehatan anak-anak.
    2. Perhatikan variasi menu yang ditawarkan. Agar konsumen Anda tidak bosan, tawarkan varian menu yang beragam. Contohnya saja meliputi nasi, sayur, lauk, buah, dan makanan pembuka yang disukai anak-anak. Untuk menarik minat konsumen, buatlah dekorasi bento dengan bentuk unik atau membentuknya seperti tokoh kartun yang digemari anak-anak.
    3. Berikan layanan delivery order untuk memberikan nilai tambah pada konsumen. Seperti kita ketahui bersama, sebagian besar konsumen yang berlangganan jasa katering adalah anak-anak yang orang tuanya memiliki kesibukan cukup padat. Oleh karena itu, tawarkan layanan delivery order agar konsumen Anda tidak kerepotan untuk memenuhi kebutuhan gizi putra-putrinya.
    4. Siapkan menu sesuai dengan riwayat anak. Yang dimaksudkan riwayat anak adalah data pribadi konsumen mengenai alergi yang dimiliki, serta kegemaran yang dimiliki buah hati. Hal ini penting, agar Anda bisa menyesuaikan menu makanan yang Anda berikan sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Hampir sebagian besar wanita memiliki hobi dan kemampuan dalam hal masak-memasak. Jadi, bisa dikatakan peluang usaha rumahan ini bisa dikembangkan dengan mudah oleh setiap wanita. Yang terpenting adalah pahami menu-menu kesukaan anak, serta penuhi kadar gizi dan nutrisi yang Anda tawarkan kepada konsumen.
    Keuntungan Bisnis
    sebagian besar wanita memiliki hobi dan kemampuan dalam hal masak-memasak. Jadi, bisa dikatakan peluang usaha rumahan ini bisa dikembangkan dengan mudah oleh setiap wanita. Yang terpenting adalah pahami menu-menu kesukaan anak, serta penuhi kadar gizi dan nutrisi yang Anda tawarkan kepada konsumen. Tak hanya mudah untuk dijalankan, dalam mengembangkan bisnis ini juga tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Anda bisa memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di dapur untuk mempermudah proses produksi setiap harinya.


    Kekurangan Bisnis
    Dalam menjalankan bisnis rumahan ini, kesulitan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha katering adalah menentukan varian menu agar konsumen tidak cepat bosan dengan makanan yang Anda tawarkan. Untuk mengantisipasi kendala tersebut, perbanyak wawasan Anda mengenai aneka resep makanan sehat. Baik itu untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.


    Strategi Pemasaran
    Mengingat Anda membidik segmen pasar anak-anak, strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan tentunya melakukan pendekatan dengan pihak orang tua. Ajukan proposal penawaran ke pihak orang tua atau menggandeng sekolah-sekolah yang memiliki program full day (sekolah dari pagi sampai sore). Strategi ini lebih efektif, karena pemasaran kolektif bisa mendatangkan penjualan yang lebih besar.
    Selain memasarkannya melalui pendekatan konsumen secara langsung, Anda juga bisa mempromosikannya melalui media online. Peranan internet yang belakangan ini cukup pesat, bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Untuk itu, buatlah sebuah website untuk membuka toko online, dan manfaatkan social media untuk mempromosikan toko online Anda.

    Kunci sukses
    Dalam menjalankan bisnis makanan khususnya jasa katering anak, kunci utama yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kualitas bahan baku yang digunakan serta memastikan tingkat nutrisi yang terkandung dalam setiap menu sudah mencukupi kebutuhan gizi bagi putra-putri tercinta. Yang terakhir, perhatikan pula dekorasi makanan yang Anda produksi, bila perlu tingkatkan keahlian Anda dalam hal merias makanan atau yang lebih dikenal dengan istilah bento (seni menghias makanan). Sebab, hampir setiap anak menyukai menu makanan yang dihias dengan bentuk lucu dan unik.

    Analisa EkonomiAsumsi
    Lokasi usaha memanfaatkan dapur rumah (bebas biaya sewa)Orderan katering sekolah per hari 100 box, harga Rp 17.500,00/box

    Modal awal
    Kompor gas 2 tungku + tabung Rp 500.000,00
    Peralatan masak (panci, wajan, pisau,dll) Rp 1.000.000,00
    Rice cooker (penanak nasi) Rp 350.000,00
    Cetakan bento/ menggunakan cetakan kue Rp 150.000,00
    Box nasi, sendok, garpu (pilih yang aman) Rp 1.500.000,00
    Box motor elivery Rp 1.500.000,00Total Rp 5.000.000,00
    Peralatan dan perlengkapan mengalami penyusutan 4 tahun :1/48 bulan x Rp 5.000.000,00 = Rp 104.200,00

    Biaya operasional per bulan
    Bahan baku makanan @ Rp 12.500,00 x 26 hari x 100 box) Rp 32.500.000,00
    Gaji karyawan (@ Rp 850.000,00 x 2 org) Rp 1.600.000,00
    Gas elpiji 3 kg (@ Rp 17.000,00 x 8 tabung) Rp 136.000,00
    Biaya listrik, telepon dan air Rp 750.000,00
    Biaya transportasi (@ Rp 25.000,00 x 26 hr) Rp 650.000,00
    Biaya promosi (brosur, kartu nama, dll) Rp 300.000,00
    Biaya penyusutan Rp 104.000,00+Total Rp 36.040.000,00

    Omset per bulan
    Orderan katering sekolah selama sebulan :
    @ Rp 17.500,00 x 26 hari x 100 box = Rp 45.500.000,00

    Laba bersih per bulan

    Rp 45.500.000,00 - Rp 36.040.000,00 Rp 9.460.000,00

    ROI (Return of Investment)
    (Modal awal :aba bersih per bulan) = < 1 bulan

    ROI (Return of Investment)

    (Modal awal : laba bersih per bulan) = < 1 bulan
    Semoga informasi peluang bisnis rumahan bagi wanita yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh wanita di Indonesia untuk berani melangkah dan segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
    Gerai BisnisUKM Jawa Tengah

    Sumber : Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita | BisnisUKM.com

  2. #2
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2,477
    Rep Power
    5

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    menarik juga nich penjelasannya,hehe...
    mantaps....

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    7
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    Bisnis Rumahan emang Oke banget..Buat wanita okay..Buat pria juga fine...
    Thanks for great thread..

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    iya ibu2 mah cocok kalo bisnis rumahan, banyak tuh tetangga yang jadi tukang masak. lumayan lho keuntungannya tiap ada order begitu
    buat yang mau tau harga mobil bekas di daerah Jakarta

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    12
    Rep Power
    0

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    Wanita seringkali bisa lebih berhasil dalam berbisnis, mungkin karena wanita lebih rajin ya. Saat ini banyak ibu rumah tangga yang penghasilannya mengalahkan suami2 mereka yang kerja di perusahaan-perusahaan besar.

    Sudah saat nya digalakan bisnis rumahan untuk mengurangi stress di jalan yang hampir setiap hari macet di jalan...
    Nge-blog apapun kamu bisa dapet duit serius

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Lightbulb Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    Wah bisnis rumahan untuk ibu-ibu memang paling tepat. Sama seperti istriku bisnis nya dari facebook aja. Tinggal posting-posting terjual deh

    Pertamanya belajar cara bisnis online dari googling aja.
    Last edited by carabisnis; 27-11-12 at 01:56 PM.

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    5
    Rep Power
    0

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    memang usaha katering atau makanan sangat cocok untuk para wanita dan ibu rumah tangga

  8. #8
    Newbie ditanadia's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    Sebagai seorang wanita yang memang berbisnis rumahan saya mau share yaa...

    Berikut bisnis yang saya dan beberapa teman jalankan sebagai wanita

    Bisnis Fashion/Kecantikan
    Teman saya banyak yang berjualan secara online via facebook, hasilnya lumayan

    Bisnis Makanan/cemilan
    Seperti yang mas TS ceritakan, bisnis makanan memang cocok dijalankan wanita dari rumah. Saya sendiri memasarkan produk cemilan secara online alhamdulillah lumayan. Dulu ketika SMA pernah juga berjualan spaghetti dan kue-kue basah, hasil lumayan

    Network Marketing (MLM) produk wanita
    Pernah lihat ada teman wanita atau bahkan istri Anda sendiri yang menjajakan produk kosmetik dari salah satu MLM? Ternyata kalau kita seriusi bisnisnya, hasilnya lumayan banget lho, bisa jutaan bahkan puluhan juta.... Dan enaknya jaman sekarang membangun jaringan bisa dilakukan dengan online via facebook, twitter, web, dan lain sebagainya. Ada ibu rumah tangga kenalan saya yang mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah dengan berbisnis MLM produk kosmetik dari rumah Simak wawancara ibu rumah tangga berpenghasilan puluhan juta rupiah di sini.
    Nadia, seorang Entrepreneur Rumahan
    My web: EntrepreneurRumahan.com

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

    kalo aku sih sekarang lagi merintis bisnis online via web.
    bikin toko online mu sendiri. gak pake lama, cuman 20 detik

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Nov 2012
    Location
    Jawa Timur
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Thumbs up Re: Peluang Bisnis Rumahan bagi Wanita

    Quote Originally Posted by GeraiUKM View Post
    Kekurangan Bisnis
    Dalam menjalankan bisnis rumahan ini, kesulitan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha katering adalah menentukan varian menu agar konsumen tidak cepat bosan dengan makanan yang Anda tawarkan. Untuk mengantisipasi kendala tersebut, perbanyak wawasan Anda mengenai aneka resep makanan sehat. Baik itu untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.
    Menurut saya, wanita sejati itu yang pandai urusan dapur. Soal menyiapkan menu untuk keluarga sudah menjadi kegiatan setiap hari. Itu artinya, wanita memiliki modal bisnis makanan yang luar biasa. Sayangnya hal ini sering tidak disadari para wanita itu sendiri. Bayangkan, para wanita harus menyiapkan makanan yang bervariasi setiap hari agar memenuhi selera seluruh anggota keluarga. Padahal selera mereka seringkali tidak sama tapi para ibu di dapur selalu siap dengan kreasinya agar suami, anak, bahkan menantu lebih memilik makanan di rumah daripada di luar rumah.

    Menguasai banyak resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia bisa menjadi modal dalam membuka bisnis rumahan kuliner. Kata orang, Selama manusia masih punya perut, selama itu pula manusia butuh makan. Itu berarti, usaha makanan akan terus punya peluang untuk berkembang.

    Motto: Bangkitkan Usaha Rumahan, Menuju Indonesia Bebas Pengangguran.

Page 1 of 3 123 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO