Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Tentang Pajak


  1. #1
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Tentang Pajak

    Baru dapat project baru yg ngurusin pajak nih.. yg tau info2 ttg perpajakan terutama terkait pajak penghasilan mohon bantuannya untuk share yah ..<< biar ga malu2in


  2. #2
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tentang Pajak

    perpajakan yang macam gmana nih oom dudulz?
    kan perpajakan cukup luas...
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  3. #3
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Tentang Pajak

    pemahaman gw tentang penghitungan pajak penghasilan: (Mohon dikoreksi)



    1. penghasilan yg diterima dibagi jadi 2 rutin (regular) dan yg sewaktu2 (irregular)

    2. penghitungan pajak dilakukan dengan menyetahunkan terlebih dahulu penghasilan rutin, ditambahkan penghasilan sewaktu2 baru dimasukin bracket2nya

    3. penghitungan penyetahunan adalah penghitungan bergerak

    4. setelah didapat nilai setahunnya penghasilan dikurangi penghasilan ga kena pajak

    5. penghasilan kena pajak dibagi per bracket

    6. pajak setahun di bagi lagi untuk jadi bulanan, lalu dikenakan tiap bulan berikutnya



    betul begitu gak? ada tambahan ato koreksi?


  4. #4
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Tentang Pajak

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    perpajakan yang macam gmana nih oom dudulz?
    kan perpajakan cukup luas...
    itu mas, pajak penghasilan buat karyawan2 di suatu perusahaan..

    pertanyaan:

    1. apa aja yg bisa jadi pengurang
    2. pendefinisian regular/irregular itu piye ya

    itu dulu deh, nanti klo kepikiran nanya lagi

    mohon bantuannya ya pak konsultan pajak


  5. #5
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tentang Pajak

    pemahaman gw tentang penghitungan pajak penghasilan: (Mohon dikoreksi)



    1. penghasilan yg diterima dibagi jadi 2 rutin (regular) dan yg sewaktu2 (irregular)

    >> benar

    2. penghitungan pajak dilakukan dengan menyetahunkan terlebih dahulu penghasilan rutin, ditambahkan penghasilan sewaktu2 baru dimasukin bracket2nya

    >> ini benar untuk kasus penghitungan pajak akhir tahun.. tapi untuk bulanan begini rumusnya..

    jika:
    a = ph (penghasilan) rutin
    b = ph tidak rutin

    maka untuk bulanan :

    [(a*12)+b] = c
    (a*12) = d
    maka pajak untuk b saja = c - d katakanlah e
    yang mesti dibayar di bulan diterimanya b adalah c + e


    3. penghitungan penyetahunan adalah penghitungan bergerak

    apanya nih yang bergerak?

    4. setelah didapat nilai setahunnya penghasilan dikurangi penghasilan ga kena pajak

    bener..

    5. penghasilan kena pajak dibagi per bracket

    bukan dibagi oom.. tapi dimasukkan dalam tiap2 lapisan sesuai dengan rentang lapisannya

    6. pajak setahun di bagi lagi untuk jadi bulanan, lalu dikenakan tiap bulan berikutnya

    jika sudah diketahui pajak setahun maka tinggal bagi 12 kemudian tiap bulan bayarnya yang sudah dibagi 12 itu tadi.



    betul begitu gak? ada tambahan ato koreksi?[/QUOTE]
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #6
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Tentang Pajak

    owh..

    jadi misalnya gini

    bulan 1 penghasilan : 10 juta, irregular 5 juta
    bulan 2 penghasilan : 20 juta (misalnya konsultan gituh, yg porsi penghasilan variabelnya gede) irregular ga ada

    pake iuran pensiun 500 rb sama biaya jabatan 5%

    trus skenarionya dia udah kawin anak 1

    trus pajak di bulan 2 jadi berapa mas?
    Last edited by dudulz; 10-08-09 at 11:39 AM.


  7. #7
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Tentang Pajak

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    owh..

    jadi misalnya gini

    bulan 1 penghasilan : 10 juta, irregular 5 juta
    bulan 2 penghasilan : 20 juta (misalnya konsultan gituh, yg porsi penghasilan variabelnya gede) irregular ga ada

    pake iuran pensiun 500 rb sama biaya jabatan 5%

    trus skenarionya dia udah kawin anak 1

    trus pajak di bulan 2 jadi berapa mas?
    doski itu karyawan atau konsultan boss?
    soale akan beda tuh...
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  8. #8
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Tentang Pajak

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    doski itu karyawan atau konsultan boss?
    soale akan beda tuh...
    ho? kok bisa beda kenapa mas?


    anggap aja dia sebagai karyawan di sebuah perusahaan konsultan gitu..


  9. #9
    yin
    yin is offline
    Contributor yin's Avatar
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    somewhere....
    Posts
    3,361
    Rep Power
    10

    Re: Tentang Pajak

    Quote Originally Posted by dudulz View Post
    ho? kok bisa beda kenapa mas?


    anggap aja dia sebagai karyawan di sebuah perusahaan konsultan gitu..

    beda lah....persentase nya untuk karyawan n profesi.....
    Hanya manusia biasa yg ingin berubah menjadi lebih baik....

  10. #10
    Senior Contributor dudulz's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    5,648
    Rep Power
    12

    Re: Tentang Pajak

    Quote Originally Posted by yin View Post
    beda lah....persentase nya untuk karyawan n profesi.....
    oo gitu, bukan2, ini bukan profesi tp karyawan yin..

    ajarin ngitung dungg.... (tp jgn di charge yah)


Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO