Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 43

Thread: Peraturan Tenaga Kerja


  1. #21
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    7,258
    Rep Power
    14

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    hihihihihi membayangin kamu kecil aku geli sendiri hihihihihihi
    ya udah selamat kerja
    weks emang ada apa dengan diriku yang kecil danm imut??
    jahat!!!!
    temenin kerjaaaa
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  2. #22
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,715
    Rep Power
    10

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by Lisasub View Post
    Hallo,

    Saya pendatang baru di forum ini. Saya bingung post saya ini seharusnya masuk ke sub forum yang mana ya. Menyangkut hak pegawai wanita, tp tadi di sub forum perempuan kelihatannya topiknya benar-benar mengenai wanita saja jadi saya memutuskan post di sini saja, supaya para pembaca pria juga bisa baca dan mungkin bagi yang mengerti bersedia berbagi pengalaman atau pengetahuannya.

    Saya bekerja di PT. X sudah 6 tahun lebih dan akan mengajukan resign. Saya sudah mendengar kabar burung dari teman-teman yg resign sebelum saya bahwa management kantor saya ini benar-benar tidak berpihak kepada karyawannya. Karyawan hanya dianggap sebagai biaya yang memberatkan dan bukan sebagai aset kantor, banyak dari mereka yang dirugikan tapi apa daya daripada bertengkar di saat-saat terakhir akhirnya mereka merelakan.

    Ternyata saya mengalami hal yang sama, kabar tersebut tidak bohong. Ok, lha, saya berusaha untuk merelakannya, toh saya resign untuk bekerja di kantor baru yang lebih bagus. Tapi saya penasaran saja, kami pegawai yang resign dipotong gajinya untuk membayar hari kerja kami yang dikatakan minus. Lagi pula, kami resign baik-baik, ketika kami mengajukan permohonan dan pertanyaan-pertanyaan seputar hal-hal HRD jawaban yang diberikan terdengar pedas dan seperti tidak layak untuk diucapkan oleh mereka yang berpendidikan tinggi.

    Total minus yang saya derita adalah 11 hari. Penyebab utamanya karena cuti tahunan saya yang 12 hari dihanguskan oleh kantor saya karena saya telah mengambil cuti melahirkan 3 bulan. Saya sudah cari di Undang-Undang No. 13 tahun 2003, tidak ada satu pasal pun yang mengatakan secara jelas mengatakan bahwa cuti tahunan 12 hari akan hangus bagi pegawai wanita yang telah mengambil cuti melahirkan. Apakah benar cuti 12 hari akan hangus setelah karyawan ybs mengambil cuti melahirkan? Saya sudah bertanya ke beberapa orang dan teman-teman saya, mereka mengatakan tidak ada peraturan dari pemerintah, hal ini diatur dalam perjanjian kerja perusahaan masing-masing. Kantor saya tidak memuat peraturan apapun mengenai ini, baik di peraturan kerja maupun peraturan kepegawaian, statement bagian HRD hanya begini: di kantor-kanotr lain pun seperti itu, semua kantor seperti itu, lagian udah cuti 3 bulan masih minta cuti 12 hari lagi?

    Menyakitkan kata-kata yang diucapkan, dan masalahnya kantor sendiri tidak pernah menerangkan hal tersebut sebelumnya. Kalau sudah diberitahu tentu kami para pegawai wanita akan mengambil cuti melahirkan 3 bulan kurang 12 hari agar tidak minus.

    Minus saya juga disebabkan karena saya sempat dirawat di RS, dan anak saya juga sempat dirawat RS juga. Kantor saya menanggung biaya RS dengan limit maximal sekian dan HANYA di jaringan yang telah ditetapkan. Tidak masalah bagi kami jika kantor tidak mau menanggung biaya berobat krn kami tidak berobat di jaringan, tapiiii walaupun ada bukti bon RS dan surat dokter kami tetap dihitung madol karena tidak datang ke jaringan pelayanan kesehatan. Dan hitungan madol tersebut harus kami ganti dengan jatah cuti kami, dan jika jatah cuti kami sudah habis maka akan mengurangi lemburan kami dan bagi yang berjabatan supervisor ke atas yang tidak menerima lemburan lagi jika cuti sudah habis maka akan diperhitungkan sebagai hari kerja yang dipotong dari gaji.

    Masalah lain, tanggal terakhir saya bekerja di kantor saya adalah 15 Desember 2009, saya beragama Kristen. Apakah saya berhak atas THR? Kantor saya mengatakan tidak ada THR bagi karyawan yg resign, kantor lebih mementingkan membayar THR bagi mereka yang masih bekerja di kantor pada saat hari raya (25 Desember 2009).

    Jika saya baca dari Permen No. 4 tahun 1994 pasal 6 ayat 1 yang berbunyi: "Pekerja yang putus hubungan kerjanya terhitung sejak waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan berhak atas THR"
    Nah, apakah yang dimaksud dengan putus hubungan di atas? Apakah karyawan yang di PHK atau karyawan yang mengajukan pengunduran diri?

    Saya tau kami pegawai yang akan resign memang tidak berkepentingan lagi bagi kemajuan kantor setelah kami tidak bekerja di kantor lagi. Tapi apakah kami layak diperlakukan seperti ini? Saya sendiri selalu menerapkan kata-kata ke anggota tim saya: "Kita tidak akan berhasil tanpa tim yang solid" ternyata kantor perlakuannya lain.
    Satu statement dari kantor saya yang akan selalu saya ingat: Karyawan mau berhenti ya silahkan berhenti saja, mau mengajukan surat hari ini besok langsung berhenti juga tidak masalah. Karyawan gampang dicari, keluar satu yang mau masuk banyak"

    Mohon dibantu donk, jika ada yang pernah mengalami masalah yang sama, bagaimana solusi yang akhirnya anda dapatkan? Atau bagi pembaca yang mengerti mengenai masalah hukum seputar ketenagakerjaan, mohon kesediaannya untuk memberikan komentar.

    salam,
    Lisa
    1. Cuti haid dan cuti melahirkan tidak memotong hak cuti anda... cuti menikah, anak sunatan or baptis kecuali anda mengambil cuti tahunan dan itu akan di potong. dan memang ada sebagian kantor yang membolehkan karyawan cuti ada hari2 tertentu seperti pembagian raport dll.
    2. untuk masalah resign gaji tetap dibayar penuh dan anda tetap berhak mendapat THR 1 bulan gaji.

    Klo mendapat perlakuan tidak adil...

    laporkan ajah...

    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  3. #23
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,657
    Rep Power
    9

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by chece View Post
    weks emang ada apa dengan diriku yang kecil danm imut??
    jahat!!!!
    temenin kerjaaaa
    hihihihi iya2 ditemani...tapi beneran kerja yah
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  4. #24
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,657
    Rep Power
    9

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by Itachi View Post
    1. Cuti haid dan cuti melahirkan tidak memotong hak cuti anda... cuti menikah, anak sunatan or baptis kecuali anda mengambil cuti tahunan dan itu akan di potong. dan memang ada sebagian kantor yang membolehkan karyawan cuti ada hari2 tertentu seperti pembagian raport dll.
    2. untuk masalah resign gaji tetap dibayar penuh dan anda tetap berhak mendapat THR 1 bulan gaji.

    Klo mendapat perlakuan tidak adil...

    laporkan ajah...

    TSnya keknya udah puas tuh dgn jawaban chece bro....life must go on gitu jadi dia mau jalan terus aja
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  5. #25
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    7,258
    Rep Power
    14

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    hihihihi iya2 ditemani...tapi beneran kerja yah
    iya kok beneran kerja....
    temenin!!!
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  6. #26
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,657
    Rep Power
    9

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by chece View Post
    iya kok beneran kerja....
    temenin!!!
    hihihihi iya...ini jugakan lagi nemenin
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  7. #27
    Senior Contributor chece's Avatar
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    any place u want me to be
    Posts
    7,258
    Rep Power
    14

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    hihihihi iya...ini jugakan lagi nemenin
    hehehe iya
    makasih ya udah nemenin, waktunya kirim hihihihi
    bye abang
    What Doesn't Kill You Makes U Stronger

  8. #28
    Newbie
    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    24
    Rep Power
    0

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    ikutan nimbrung yah sodara2

  9. #29
    Newbie
    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    TSnya keknya udah puas tuh dgn jawaban chece bro....life must go on gitu jadi dia mau jalan terus aja
    Hehehe,

    Bang Hitachi, menggoda iman dan tekad nih...

    Dari pengalaman ini saya belajar bahwa tidak hanya kekayaan materi saja yang penting, tapi kekayaan jiwa dan rohani juga perlu. Pengen sih nabok, tapi sudahlah..
    Saya belajar untuk melupakan dan melangkah maju.

    Dari Permen No.4 tahun 1994 pasal 6 ayat 1 emang udah disebutin sih bahwa THR itu hak karyawan (pegawai tetap), yang ayat 2 baru untuk karyawan kontrak. Si chece juga udah ngekonfirm, kan. Tapi Big Daddy di kantor saya malah bilang ginih, dia lebih mentingin THR staff yang pada hari raya masih kerja sbg staffnya dia. Sedangkan saya kan sudah dapet bonus tuh di bulan Juni, jadi maksudnya bonus saya di bulan Juni udah merangkap semua2nya (THR, minus-minus yang gak bisa dibarter ama lemburan yg gak dibayar, cuti yang maen dibumi hanguskan, dll).

    Saya juga udah download dan baca2 peraturan mengenai perhitungan upah lembur di: Kep Men 102-MEN-VI-2004 (ttg waktu kerja lembur dan upah lembur), semuanya itu tidak diikuti oleh kantor saya.

    Bener banget kata bang bujangga, sussssahhhhh banget untuk tersenyum ke orang lain yang lagi jahatin kita, tapi saya akan belajar untuk tetap tersenyum (lagian, tinggal besok ini, lah, lusanya saya udah di kantor baru, kl kagak lama2 saya gila krn senyam senyum mulu.. hehehe)

  10. #30
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,715
    Rep Power
    10

    Re: Peraturan Tenaga Kerja

    Quote Originally Posted by Lisasub View Post
    Hehehe,

    Bang Hitachi, menggoda iman dan tekad nih...

    Dari pengalaman ini saya belajar bahwa tidak hanya kekayaan materi saja yang penting, tapi kekayaan jiwa dan rohani juga perlu. Pengen sih nabok, tapi sudahlah..
    Saya belajar untuk melupakan dan melangkah maju.

    Dari Permen No.4 tahun 1994 pasal 6 ayat 1 emang udah disebutin sih bahwa THR itu hak karyawan (pegawai tetap), yang ayat 2 baru untuk karyawan kontrak. Si chece juga udah ngekonfirm, kan. Tapi Big Daddy di kantor saya malah bilang ginih, dia lebih mentingin THR staff yang pada hari raya masih kerja sbg staffnya dia. Sedangkan saya kan sudah dapet bonus tuh di bulan Juni, jadi maksudnya bonus saya di bulan Juni udah merangkap semua2nya (THR, minus-minus yang gak bisa dibarter ama lemburan yg gak dibayar, cuti yang maen dibumi hanguskan, dll).

    Saya juga udah download dan baca2 peraturan mengenai perhitungan upah lembur di: Kep Men 102-MEN-VI-2004 (ttg waktu kerja lembur dan upah lembur), semuanya itu tidak diikuti oleh kantor saya.

    Bener banget kata bang bujangga, sussssahhhhh banget untuk tersenyum ke orang lain yang lagi jahatin kita, tapi saya akan belajar untuk tetap tersenyum (lagian, tinggal besok ini, lah, lusanya saya udah di kantor baru, kl kagak lama2 saya gila krn senyam senyum mulu.. hehehe)

    wakakaka...

    life is a thing that we only have once... only once... that is why it is hard to exchange it for anything... holy and shine

    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0