Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)


  1. #1
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Karena banyaknya berita tentang ekonomi dunia yang menurut saya sayang untuk dilewatkan, maka saya buat thread ini. Thread ini sendiri berisi tentang Kumpulan Berita Ekonomi Indonesia dan Dunia yang di ambil dari beberapa sumber.

    Berita-berita tersebut dikumpulan di sini agar para member forum FK bisa dengan mudah mengetahui kabar terbaru tentang perekonomian dunia saat ini tanpa harus pusing

    Bagi para member FK lainnya, yg ingin sharing berita ekonomi bisa di-post di thread ini jg kok..
    12 April 2012

    Sentimen Positif Eropa, Rupiah Menguat



    Mata uang rupiah terhadap dollar AS pada Kamis (12/4/2012) pagi menguat sebesar 35 poin menyambut positif program pembelian obligasi oleh Bank Sentral Eropa (ECB) untuk membantu masalah utang Italia dan Spanyol.

    Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Kamis pagi menguat sebesar 35 poin menjadi Rp 9.150 dibanding sebelumnya di posisi Rp 9.185 per dollar AS.
    Pengamat pasar uang Monex Investindo Futures, Johanes Ginting di Jakarta, Kamis mengatakan, nilai tukar dalam negeri menguat terhadap dollar AS seiring munculnya spekulasi mengenai program pembelian obligasi lanjutan dari ECB, sehingga membantu meredakan ketegangan di pasar obligasi yang terpukul oleh masalah utang Italia dan Spanyol.

    "Kondisi itu membuat mata uang euro menguat terhadap dollar AS dan berimbas positif juga pada rupiah. ECB menyebutkan bahwa program pembelian obligasi masih tetap menjadi opsinya, nampaknya hal itu berhasil meredam lonjakan yield obligasi tenor 10 tahun Italia dan Spanyol," katanya.
    Ia menambahkan, kondisi itu menunjukkan cukup sensitifnya investor terhadap tingkat yield. Meskipun komentarnya agak samar, ECB telah mendatangkan sentimen positif di pasar keuangan. "Pembuat kebijakan masih terus berupaya untuk menjaga kestabilan pasar aset dan mungkin akan melakukan apapun yang dibutuhkan," katanya.
    Sementara, analis pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova menambahkan, kondisi China yang mengalami inflasi cukup tinggi dan menurunnya ekspor dapat menjadi salah satu sentimen negatif ke depannya.

    "Kondisi global yang masih minim sentimen positif akan memicu pelaku pasar uang kembali memegang dollar AS dibanding mata uang risiko termasuk rupiah," katanya.
    Kendati demikian, lanjut dia, BI masih mengintervensi nilai tukar dalam negeri agar tidak menembus level Rp 9.200 per dollar AS agar pertumbuhan ekonomi dalam negeri tetap terjaga. Ia memperkirakan, rupiah masih bergerak stabil namun dengan kecenderungan tertekan di kisaran Rp 9.160 hingga Rp 9.190 per dollar AS pada hari ini.


  2. #2
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Harga Emas Merosot ke Level Terendah 12 Minggu


    Kontrak emas berjangka jatuh ke posisi terendah dalam 12 minggu karena Bank Sentral AS (the Fed) memberi tanda tidak akan menyediakan stimulus moneter tambahan. Pernyataan the Fed itu memberi sentimen positif kepada dollar AS dan menjatuhkan emas sebagai alternatif investasi.

    Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Juni turun 3,5 persen menjadi 1.614,10 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada Rabu (4/4/2012) pukul 01.35 PM di Comex, New York. Harga tersebut merupakan penurunan terbesar sejak 29 Februari 2012. Logam kuning ini sempat menyentuh harga 1.613 dollar AS.

    "Pasar telah memutuskan bahwa pernyataan (the Fed) kemarin mungkin menjadi "paku terakhir di peti mayat" bagi stimulus tambahan dari the Fed," sebut Frank Lesh, pedagang di FuturePath Trading, di Chicago.
    Bank Sentral AS tidak akan memberikan stimulus moneter tambahan kecuali ekspansi ekonomi AS terganggu atau harga naik pada tingkat yang lebih lambat dari target 2 persen. Pernyataan tersebut dirilis pada Selasa (3/4/2012) waktu setempat, mengacu pada pertemuan tanggal 13 Maret lalu.

    Alhasil, dollar AS menguat ke posisi tertinggi selama satu minggu terhadap enam mata uang utama. Di sisi lain, euro melemah karena utang Spanyol.

    "Emas bereaksi terhadap penguatan dollar AS," tambah Frank.
    Untuk diketahui saja, pada 29 Februari 2011, harga emas sempat melorot sebanyak 100 dollar AS setelah Gubernur Bank Sentral AS Ben S Bernanke tidak memberikan sinyal bahwa bank sentral akan mengambil langkah baru terhadap stimulus moneter.


  3. #3
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    13 April 2012

    Dollar AS Melemah, Harga Minyak Naik


    Harga minyak mentah naik untuk hari kedua di New York, Kamis (12/4/2012) waktu setempat karena saham-saham Amerika Serikat (AS) naik dan dollar AS melemah terhadap euro karena adanya spekulasi bahwa bank-bank sentral akan menstimulus pertumbuhan ekonomi dengan kebijakan moneter.

    Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Mei 94 sen menjadi 103,64 dollar AS per barrel di Nymex. Sedangkan, minyak Brent untuk penetapan Mei juga naik 1,53 dollar AS, atau 1,3 persen, menjadi 121,71 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

    "Rencana stimulus mungkin akan berada di atas meja kembali dan itu tentu mendukung untuk komoditas," sebut Tom Bentz, Direktur BNP Paribas Prime Brokerage Inc, di New York, Kamis waktu setempat.
    Wakil Gubernur Bank Sentral AS (the Fed), Janet Yellen, memberikan tanda bahwa biaya pinjam kemungkinan akan tetap rendah hingga 2014 seiring the Fed kehilangan targetnya untuk lapangan pekerjaan yang penuh dan menjaga inflasi untuk tetap terkendali. Langkah ini telah dipastikan the Fed pada bulan lalu, dan diumumkan pertama kali oleh the Fed pada bulan Januari 2012, di mana bank sentral akan menjaga suku bunga mendekati nol persen hingga 2014 dengan pertimbangan ekonomi tidak akan berubah banyak ke depannya.

    Di tempat lain, Gubernur The Bank of Japan, Masaaki Shirakawa, Kamis waktu setempat, mengatakan, bank akan mengejar "powerful easing" demi mengatasi deflasi. Karena langkah-langkah bank sentral tersebut, indeks Standard & Poor's 500 menguat 1.4 persen. Sedangkan, dollar AS justru melemah 0.8 persen terhadap euro. Melemahnya dollar AS memberikan sentimen positif bagi komoditas sebagai alternatif investasi selain mata uang AS tersebut. "Kami bergerak secara tandem dengan saham-saham," tambah Tom.

    Last edited by hoho9; 13-04-12 at 10:38 AM.

  4. #4
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Awal Pekan Rupiah Masih Stagnan


    Nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS pada Senin pagi belum bergerak seiring dengan tarik-menarik sentimen positif dan negatif di pasar finansial.

    Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Senin pagi belum bergerak nilainya diposisi Rp 9.164 per dollar AS. "Bank Dunia memperkirakan ekonomi China masih dapat tumbuh menjadi sentimen positif global. Namun dari dalam negeri, serapan belanja masih di bawah target, ada sentimen tarik-menarik," ujar pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin.

    Lana mengatakan, serapan belanja di dalam negeri masih dibawah target itu membuat sumber pembiayaan yang berasal dari utang dapat dikatakan "idle" dan hanya menambah beban belanja yang tidak produktif.

    Dari eksternal, lanjut dia, ekonomi China yang semula ditargetkan hanya tumbuh 7,5 persen, tampaknya dapat tumbuh lebih tinggi. "Bank Dunia memperkirakan ekonomi China masih bisa tumbuh sebesar 8,2 persen untuk tahun 2012. Pemerintah China juga memperbesar porsi pembelian asing di saham dan obligasi serta besarnya yuan yang dipegang diluar negeri yang diinvestasikan di luar China," kata dia.

    Lana mengemukakan, kedepan diperkirakan China semakin melonggarkan kebijakan devisanya. Kedua kebijakan itu memberikan peluang China tidak mengalami "hard landing" setelah sebelumnya ada indikasi terjadi overheating dan kemungkinan bubble di sektor properti.

    Sementara itu, ekonom Bank Mandiri, Destri Damayanti menambahkan, rupiah cenderung masih tertekan seiring dengan ketidakjelasan mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kedepan.

    Meski demikian, lanjut Destri, terdepresiasinya rupiah hanya bersifat sementara. Setelah adanya kepastian, rupiah akan kembali normal.

    Ia mengatakan, saat ini yang musti diwaspadai tekanan di neraca pembayaran yang dinilai cukup besar current defisitnya. Diharapkan BI harus tetap waspada dan dapat menjaga stabilitas rupiah.

  5. #5
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    19 April 2012


    Harga Minyak Anjlok, Emas Stabil


    Stok minyak mentah AS melonjak 3,9 juta barel, lebih tinggi dari ekspektasi analis.



    Harga minyak mentah jatuh setelah kekhawatiran kurangnya pasokan beberapa pekan terakhir justru membuat stok naik.


    Kantor berita Reuters, Kamis 19 April melaporkan, stok minyak mentah Amerika Serikat melonjak 3,9 juta barel pada pekan lalu, lebih dari empat kali dari yang diperkirakan 900 ribu barel.


    Data yang umumkan oleh Energy Information Administration (EIA) Amerika ini melebihi ekspektasi analis. Selama sebulan terakhir, pasokan telah membengkak hampir 22,8 juta barel, kenaikan terbesar sejak Februari 2009.


    Di London, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni jatuh 81 sen dan menetap di US$117,97 per barel, menandai penutupan terendah sejak 13 Februari. Sedangkan harga minyak mentah AS untuk pengiriman Mei turun US$1,53 dan menetap di US$102,67. Harga minyak sempat tergelincir ke US$102,19.

    Harga minyak naik pada perdagagan Selasa kemarin, setelah keberhasilan lelang obligasi Spanyol, laba perusahaan AS yang menggembirakan, dan IMF mengangkat prakiraan pertumbuhan ekonomi global.


    Namun demikian, stok minyak sulingan seperti minyak pemanas dan bensin, turun 2,9 juta barel, dibandingkan dengan perkiraan penurunan sebesar 300.000 barel. Stok bensin turun tajam sebesar 3,7 juta barel dibandingkan dengan perkiraan untuk penurunan 1,0 juta barel.


    Meski stok sulingan turun, harga bensin berjangka AS untuk pengiriman Mei turun lebih dari 3 sen dan menetap di US$3,2027 per galon. Dalam perdagangan awal, turun hampir 2 persen ke sesi US$3,1411 per galon, terendah sejak 29 Februari.


    Emas stabil


    Sementara itu Harga emas spot di pasar Singapura stabil setelah naik selama empat hari perdagangan berturut-turut pada Kamis 19 April. Emas sempat naik setelah kekhawatiran terhadap masalah utang Spanyol menekan nilai tukar euro.


    Harga emas spot pada pukul 08.34 waktu Singapura diperdagangkan pada US$1.641,19 per ons, turun tipis US$0,09 atau 0,01 persen dibandingkan perdagangan kemarin. Sementara itu harga emas berjangka di Amerika Serikat ditutup naik 0,2 persen menjadi US$1.642,30.


  6. #6
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Senin, 15 Oktober 2012


    QE Hanya Menyebabkan Kerugian Bagi Negara Berkembang




    Brazil mengatakan, pelonggaran moneter AS untuk mempertahankan suku bunga rendah dan melemahkan dolar telah merugikan negara berkembang (emerging markets).


    Bernanke mengatakan: “Keterkaitan antara kebijakan moneter negara maju dan aliran modal internasional yang lebih longgar daripada yang sering dikatakan.” Demikian yang diungkapkan Ben, saat IMF dan Bank Dunia mengadakan pertemuan tahunan di Tokyo.


    Pada hari Jumat, menteri keuangan Brazil, Guido Mantega, memperingatkan bahwa negaranya akan mengambil “tindakan apapun yang dianggap perlu” untuk melawan masalah tersebut.


    “Emerging market tidak bisa pasif bertahan terhadap arus modal besar yang volatile, serta fluktuasi mata uang yang disebabkan oleh kebijakan negara-negara kaya ,” kata Mantega di Tokyo.


    “Negara-negara maju tidak bisa mengandalkan ekspor sebagai jalan keluar dari krisis, dengan mengorbankan ekonomi-ekonomi pasar,” katanya. “Perang mata uang hanya akan menambah kesulitan ekonomi dunia.”


    Saya kira negara kita tercinta ini juga berada di posisi yang sama dengan Brazil.




    What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.

  7. #7
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Berita Ekonomi Dunia Terbaru
    Jum'at, 19 Oktober 2012


    Sektor Lapangan Kerja AS Masih Belum Bagus






    Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran melonjak minggu lalu, membalikkan penurunan tajam di minggu sebelumnya.


    Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat lebih besar dari perkiraan 46.000 pekan lalu menjadi 388.000, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja.


    “Keadaan semakin baik di sektor tenaga kerja, tetapi masih perlahan-lahan,” kata Yelena Shulyatyeva, ekonom BNP Paribas di New York.


    Perekonomian AS masih tertatih-tatih akibat tingkat pengangguran yang tetap tinggi. Pendapatan telah mengalami stagnasi dan banyak keluarga yang menanggung utang ketika harga perumahan menggelembung dalam dekade terakhir.








    What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.

  8. #8
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Berita Ekonomi Dunia Terbaru
    Senin, 22 Oktober 2012


    Peluang Stimulus Masih Terbuka bagi BOJ




    Gubernur Bank of Japan Masaaki Shirakawa pada Senin menekankan tekad bank sentral untuk mempertahankan ultra-kebijakan moneter yang mudah karena ketidakpastian ekonomi global. Hal menjaga peluang program stimulus lebih lanjut dari BOJ tetap terbuka untuk mendukung ekonomi yang rapuh.


    Namun, ia memberikan beberapa petunjuk mengenai apakah BOJ akan mengurangi sesegera review kebijakan 30 Oktober, dan menegaskan kembali pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian saat ini.


    “Ketidakpastian ekonomi global tetap tinggi, dan kita harus waspada dengan efek bergerak keuangan dan mata uang terhadap perekonomian dan harga,” kata Shirakawa dalam sebuah pidato di pertemuan triwulanan manajer regional bank sentral cabang.


    “BOJ akan terus mengejar kebijakan moneter melalui pembelian aset secara lebih lanjut,” katanya.


    Kedua Bank Sentral berpengaruh lain, Federal Reserve AS dan European Central Bank telah meluncurkan program stimulus lanjutan. Untuk itu market masih mencari isyarat dari BOJ mengenai kapan stimulus atau quantitative easing versi BOJ akan diluncurkan.








    What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.
    Last edited by hoho9; 01-11-12 at 04:01 PM.

  9. #9
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Berita Ekonomi Dunia Terbaru
    Rabu, 31 Oktober 2012


    US Market Dijadwalkan Kembali Dibuka Malam Nanti




    Market US dijadwalkan akan dibuka kembali pada malam nanti (sesi Amerika) setelah badai Sandy menghantam pesisir pantai AS. Terakhir kali Wall Street ditutup setelah insiden 11 September 2011.


    “Dari pengamatan saya pada pengalaman seperti ini, market akan turun maksimum 5%. Ini yang terjadi ketika Wall Street dibuka kembali pasca-9/11,” kata Jakobsen, kepala ekonom di Saxo Bank.


    Badai Sandy yang merusak jalur tenaga listrik di beberapa bagian negara AS diperkirakan akan mengurangi likuiditas pada pembukaan market AS malam nanti. Volatilitas memang dipastikan terjadi, namun diperkirakan tidak akan terlalu besar.








    What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.
    Last edited by hoho9; 01-11-12 at 04:02 PM.

  10. #10
    Beginner hoho9's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    58
    Rep Power
    3

    Re: Kumpulan Berita Ekonomi Dunia (Update Daily)

    Berita Ekonomi Dunia Terbaru
    Senin, 5 November 2012


    Emas Melorot Menembus Level Support




    Harga Emas turun sekitar 2 persen dalam perdagangan yang berat pada Jumat malam kemarin. Harga emas melanggar level support di $ 1.690 per ounce untuk pertama kalinya dalam sekitar dua bulan setelah data nonfarm payrolls AS dirilis baik.

    Harga emas mencapai titik terendah dalam dua bulan pada hari Jumat dan turun hampir 2 persen minggu ini untuk penurunan keempat berturut-turut secara mingguan. Logam mulia tersebut kini telah menghapus kenaikan tertinggi pada awal Oktober kemarin sejak terakhir Federal Reserve AS mengumumkan terbaru obligasi buyback untuk meningkatkan pasar tenaga kerja pada bulan September.


    Emas masih berpeluang melanjutkan penurunannya dengan target penurunan pada rentang harga USD 1,645-1,660











    What if you're wrong ? Don't call it a mistake, call it an education.

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO