Hasil Pertandingan Spanyol Vs Irlandia Euro 15 Juni 2012 - Penyerang Fernando Torres mencetak gol yang membawa Spanyol unggul 1-0 atas Irlandia, hingga turun minum pertandingan kedua Grup C, di PGE Arena, Gdansk, Kamis (14/6/2012).





Gol Torres bermula dari lepasnya bola dari penguasaan David Silva akibat antisipasi Richard Dunne. Torres menjangkau bola, menggiringnya masuk kotak penalti melewati Stephen Ward, dan akhirnya menyepak bola masuk gawang Shay Given.


Spanyol menguasai permainan. Dengan permainan penguasaan bola dan umpan-umpan terobosan, mereka tak mengalami kesulitan berarti mengacak-acak pertahanan lawan, melakukan penetrasi, dan menciptakan peluang.


Pada menit ke-8 dan ke-26, misalnya, Torres dan Gerard Pique melepaskan tembakan dari jarak dekat, yang meleset dari sasaran. Pada menit ke-7 dan ke-17, Silva dan Pique melepaskan tembakan akurat, tetapi kandas di tangan Given.


Menjelang turun minum, Andres Iniesta melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang menyasar celah di antara kepala Given dan Mistar. Namun, Given bisa membuang bola.


Irlandia sendiri sempat memberikan perlawanan, terutama pada sepuluh menit pertama. Pada menit kedua, misalnya, Simon Cox melepaskan tembakan jarak jauh, yang diantisipasi Casillas. Pada menit ke-8 dan ke-9, Keith Andrews dan Dunne melepaskan tembakan, yang gagal menemui sasaran.


Setelahnya, Irlandia masih berusaha mengalirkan serangan setiap kali menguasai bola. Namun, mereka kerap kehilangan bola di tengah jalan dan kemudian kembali tertekan.


Menurut catatan UEFA, selama paruh pertama, Spanyol menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan sepuluh peluang emas dari 14 usaha. Adapun Irlandia melepaskan dua tembakan akurat dari empat percobaan.


Susunan Pemain:
Spanyol: 1-Iker Casillas-15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 17-Alvaro Arbeloa; 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso, 8-Xavi; 6-Andres Iniesta, 9-Fernando Torres, 21-David Silva


Irlandia: 1-Shay Given; 2-Sean St. Ledger, 5-Richard Dunne, 3-Stephen Ward, 4-John O'Shea; 8-Keith Andrews, 6-Glenn Whelan, 7-Aiden McGeady, 11-Damien Duff; 20-Simon Cox, 10-Robbie Keane


Hasil: Spanyol 4-0 Irlandia


Wasit: Pedro Proenca


Sumber