Pertandingan Grup D Euro 2012 antara Ukraina dan Prancis akhirnya dimenangkan oleh Tim Ayam Jantan dengan skor 0-2, Jumat (15/6/12). Hasil tersebut membuat Prancis kini bisa sedikit bernafas karena mampu memimpin klasemen sementara dengan empat poin.


Pertandingan sempat terhenti di menit keempat akibat hujan badai mengguyur kota Donetsk. Wasit Bjorn Kuipers memutuskan untuk menghentikan pertandingan demi keselamatan para pemain. Terlihat beberapa kali petir dengan garangnya menghiasi langit kota Donetsk.






Setelah menunggu hampir satu jam, pertandingan akhirnya dilanjutkan kembali. Prancis langsung tampil menekan dan menciptakan dua peluang lewat Karim Benzema dan Mathieu Debuchy. Namun Andriy Pyatov bisa mengantisipasinya.


Ukraina yang tampil di hadapan publik sendiri terlihat jarang membahayakan gawang Prancis. Mereka baru mendapat peluang di menit 25 kala sepakan kaki kiri Andriy Yarmolenko masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Hugo Lloris.


Setelahnya Prancis kembali menguasai pertandingan. Peluang terbaik mereka datang di menit 29. Umpan silang Franck Ribery disambut tembakan Jeremy Menez di dalam kotak penalti. Namun dengan brilian Pyatov bisa menepisnya.


Ukraina kembali harus berterima kasih pada Pyatov di menit 39. Berawal dari tendangan bebas Samir Nasri, bola ditanduk oleh Philippe Mexes dan deras meluncur menuju gawang Ukraina. Sekali lagi Pyatov terbang untuk menepis bola untuk tetap menjadikan babak pertama berakhir imbang tanpa gol.


Awal babak kedua, Ukraina mendapat peluang emas lewat sebuah skema serangan balik yang digalangi oleh Marko Devic. Umpannya menemui Anatoliy Tymoshchuk yang berdiri bebas, namun penyelesaiannya sangat buruk.






Prancis meraih keunggulan di menit 53. Umpan Benzema diselesaikan dengan baik oleh Menez. Sepakannya meluncur ke tiang dekat dan tak mampu dijangkau oleh Pyatov.


Belum jua pemain Ukraina bernafas, Prancis menambah keunggulan menjadi 0-2 tiga menit berselang. Lagi-lagi umpan Benzema memanjakan rekannya. Kali ini adalah Yohan Cabaye yang mencatatkan namanya di papan skor.






Pertandingan selanjutnya jadi milik Prancis. Cabaye nyaris menambah gol di menit 65 andai sepakan kerasnya tak menghantam tiang gawang Ukraina.


Tuan rumah sendiri sduah jarang mendapat peluang matang. Beberapa kali serangan yang mereka bangun gagal menembus tembok pertahanan Prancis. Satu peluang mereka dapat lewat tendangan bebas Oleksandr Aliev, namun masih melambung.


Tak ada lagi gol yang tercipta hingga akhir laga. Prancis unggul 0-2 atas tuan rumah Ukraina dan memimpin klasemen sementara Grup D.

Hasil EURO 2012 Ukraina Vs Prancis 0-2