Page 1 of 6 123456 LastLast
Results 1 to 10 of 57

Thread: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.


  1. #1
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,192
    Rep Power
    30

    "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    pernahkah Former KF mencoba dan menikmati "manisnya Ubi/Boled Cileumbu Sumedang"?
    itu Ubi/Boled Cileumbu rasanya pasti beda dibandingkan dengan Ubi/Boled dari daerah lain, dibakar/dioven maupun direbus wow nikmat dan manisnya serasa madu.
    uniknya gw. pernah mencoba mau menanam Ubi Cileumbu ke daerah lain hah...nggak jadi Ubi Cileumbu malah jadi Ubi biasa.
    itu hebatnya Ubi/Boled Cileumbu belum bisa dibudidayakan di daerah lain selain Cileumbu Sumedang.
    hati2 kalau beli Ubi Cileumbu, sekarang ini banyak yang palsu.
    Ubi Cileumbu asli itu banyak dijajakan di jalan selepas Tanjungsari sampai daerah Cadas Pangeran.
    hayo yang belum pernah cobalah ini Ubi /Boled Cileumbu, anak2 kita pun pasti suka.

  2. #2
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,468
    Rep Power
    23

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Betul pak, Ubi madu ini sepertinya hanya bisa ditanam di daerah Cileumbu sana.. Entah kandungan tanah dan kimianya seperti apa, sepertinya berbeda dengan di tempat saya, walaupun ditanam di pegunungan.

    Saya juga pernah bawa bibitnya (untuk membuktikan keasliannya), separuh umbi dari satu umbi utuh saya panggang (dan benar itu cilembu), separuhnya lagi saya taruh di tempat lembab, dengan harapan tumbuh dan bertunas.
    Dan benar, setelah bertunas, saya tanam di kebun saya di kampung. Hasilnya? Size dan bentuk umbi nya setelah panen, memang sangat mirip sekali dengan umbi cilembu asli, tetapi saat dipanggang.. wahahaha... kok ya rasanya malah mirip umbi kelas pasar induk .

    Entah saya yang salah memanggang, atau salah cara menanamnya saya tidak tahu..
    Tetapi terkadang umbi cilembu ini membuat ngilu gigi saya, saking manisnya...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  3. #3
    Contributor Definda's Avatar
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    ...PVJ...
    Posts
    2,871
    Rep Power
    8

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Betul kang andir, mas mirin....
    Ibuku jg pernah mnanam ubi Cilembu di Sukabumi sana, dan hasilnyaaaaaa..... gak jadi ubi madu tuhhh.... aneh emang.... padahal Ibuku dapet bibitnya langsung dari Sumedang.... pas dicoba dioven setelah panen, walahhh.... kok ya kecewa.... Bisa begitu ya???.... masih tetep binun mpe skarang...
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    ...Cuma butuh satu alasan untuk katakan YA!!!...

  4. #4
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by andir View Post
    hati2 kalau beli Ubi Cileumbu, sekarang ini banyak yang palsu.
    Nah..gimana cara ngebedainya???

    Klo dah di pajang gitu, bukankah ujudnya sama?? palagi model mentahnya..
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  5. #5
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,192
    Rep Power
    30

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Betul pak, Ubi madu ini sepertinya hanya bisa ditanam di daerah Cileumbu sana.. Entah kandungan tanah dan kimianya seperti apa, sepertinya berbeda dengan di tempat saya, walaupun ditanam di pegunungan.

    Saya juga pernah bawa bibitnya (untuk membuktikan keasliannya), separuh umbi dari satu umbi utuh saya panggang (dan benar itu cilembu), separuhnya lagi saya taruh di tempat lembab, dengan harapan tumbuh dan bertunas.
    Dan benar, setelah bertunas, saya tanam di kebun saya di kampung. Hasilnya? Size dan bentuk umbi nya setelah panen, memang sangat mirip sekali dengan umbi cilembu asli, tetapi saat dipanggang.. wahahaha... kok ya rasanya malah mirip umbi kelas pasar induk .

    Entah saya yang salah memanggang, atau salah cara menanamnya saya tidak tahu..
    Tetapi terkadang umbi cilembu ini membuat ngilu gigi saya, saking manisnya...

    betul Mas, saya sudah mengkonsumsi sejak tahun 1998 pada waktu itu masih ingat 1 kilo masih 200 ru[piah, sekarang sudah ribuan oer kilonya, eh...pada waktu itu rasanya kok lain dengan Ubi yang biasanya dijual dipasaran, saya mencoba meminta benih dari petani Cileumbu dan ditanam didaerah saya hasilnya sama seperti Mas.
    beberapa tahun terakhir ini Ubi Cileumbu mulai banyak diminati konsumennya mungkin karena rasa manisnya yang khas dan itu kulit dan dagingnya bisa memisahkan diri itu yang menjadi ciri khasnya.
    nah kita bangga Ubi Cileumbu sudah banyak dikirim kenegara tetangga kita, mereka ternyata sangat suka menikmati itu Ubi Cileumbu.
    nah yang belum mencoba bisa beli yang mentah atau matang, yang mentah tidak sulit tinggal masukan ke oven/microwave wah wanginya itu yang membuat selera makan Ubi bergairah.

  6. #6
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,192
    Rep Power
    30

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by Definda View Post
    Betul kang andir, mas mirin....
    Ibuku jg pernah mnanam ubi Cilembu di Sukabumi sana, dan hasilnyaaaaaa..... gak jadi ubi madu tuhhh.... aneh emang.... padahal Ibuku dapet bibitnya langsung dari Sumedang.... pas dicoba dioven setelah panen, walahhh.... kok ya kecewa.... Bisa begitu ya???.... masih tetep binun mpe skarang...
    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    Nah..gimana cara ngebedainya???

    Klo dah di pajang gitu, bukankah ujudnya sama?? palagi model mentahnya..
    Teh Defi, Mas OJO itulah tantangan ahli pertanian kita kenapa hal ini bisa terjadi hanya di Cileumbu saja atau ahli pertanian kita meneliti varietas Ubi lain yang setara dengan Ubi Cileumbu, saat ini Cileumbu sendiri kewalahan akan permintaan dari dalam negeri maupun luar negeri.
    untuk membedakan secara kasat mata itu kulitnya khas Cileumbu pasti keriput dan peot terutama yang matang.
    kalau yang mentah saya juga masih ragu membedakan asli dan palsu apalagi didaerah Purwakarta, Ciawi dan Bogor itu banyak yang dipajang katanya Ubi Cileumbu.
    paling aman kalau menuju daerah Cirebon ata sebaliknya menuju Bandung, saya selalu mampir di daerah selepas Tanjungsari sampai Cadas Pangeran untuk membeli Ubi Cikleumbu, disana keasliannya dijamin.

  7. #7
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,192
    Rep Power
    30

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    bagi yang belum mencoba "ubi jalar Cileumbu" saatnya akhir pekan ini mencari, membeli dan menikmati "ubi Cileumbu", jangan lihat rupa, rupanya memang hawuk dan peot, tapi dalamnya wow..............mana tahan, empuk dan manis.

  8. #8
    Contributor OJO DUMEH's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    3,242
    Rep Power
    10

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by andir View Post
    kalau yang mentah saya juga masih ragu membedakan asli dan palsu apalagi didaerah Purwakarta, Ciawi dan Bogor itu banyak yang dipajang katanya Ubi Cileumbu.
    paling aman kalau menuju daerah Cirebon ata sebaliknya menuju Bandung, saya selalu mampir di daerah selepas Tanjungsari sampai Cadas Pangeran untuk membeli Ubi Cikleumbu, disana keasliannya dijamin.
    Itulah bro, kadang gw mau beli yg mentah suka ragu...jangan-jangan pas di oven di rumah ternyata cuman ubi biasa..

    Soalnya klo gw bw yg mateng, rada problem bawanya..suka benyek gitu karena ketindih ama barang lain...pas mau di oven ulang takut kualitas rasanya menurun..

    makanya gw paling makan di lokasi..

    terus terang emang gw pengen banget tau cara ngebadain asli ma palsunya yg kondisi mentah..
    ======================

    Oh ya bro, emang struktur tanah di cielembu beda banget yaakk, koq sampe gak bisa di oper ke habitat lain??
    V8 ENTHUSIAST,CLASSIC,MUSCLE AND KIA4WD KUZTOMS CARZ
    sekali berarti...setelah itu mati...

  9. #9
    Contributor hatinurani's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    sukabumi
    Posts
    4,339
    Rep Power
    10

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by OJO DUMEH View Post
    Itulah bro, kadang gw mau beli yg mentah suka ragu...jangan-jangan pas di oven di rumah ternyata cuman ubi biasa..

    Soalnya klo gw bw yg mateng, rada problem bawanya..suka benyek gitu karena ketindih ama barang lain...pas mau di oven ulang takut kualitas rasanya menurun..

    makanya gw paling makan di lokasi..

    terus terang emang gw pengen banget tau cara ngebadain asli ma palsunya yg kondisi mentah..
    ======================

    Oh ya bro, emang struktur tanah di cielembu beda banget yaakk, koq sampe gak bisa di oper ke habitat lain??
    Bener bro Ojo struktur tanah di suatu tempat menentukan kualitas dari buah, saya punya pengalaman waktu nanam tanaman salak yg bibitnya di ambil dari manonjaya-tasikmalaya (dulu salaknya terkenal manis dan besar) dan saya tanam di daerah bandung (cililin) dan kualitas buahnya memang sangat berbeda.dari segi bentuk memang tidak ada perbedaan sama2 besar tapi dari segi rasa..salak yg ditanam di daerah bandung masem..,
    Katakanlah yg benar itu benar dan yg salah itu salah walaupun pahit adanya

  10. #10
    Contributor Syanti's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Sri Lanka
    Posts
    4,519
    Rep Power
    12

    Re: "Ubi/Boled Cileumbu" Sumedang Jawa Barat.

    Quote Originally Posted by andir View Post
    bagi yang belum mencoba "ubi jalar Cileumbu" saatnya akhir pekan ini mencari, membeli dan menikmati "ubi Cileumbu", jangan lihat rupa, rupanya memang hawuk dan peot, tapi dalamnya wow..............mana tahan, empuk dan manis.


    Coba tolong dibeliin dong......!!!!!
    jangan banyak-banyak satu aja....soalnya saya suka makan hui.....hi hi hi
    da kang Andirkan orangnya baik......( merayu.....)

Page 1 of 6 123456 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0