Results 1 to 10 of 10

Thread: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan


  1. #1
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Kalo mendadak kelaperan di hutan atau diderah yang tidak berpenghuni, maka pinter2lah untuk mencari tumbuhan2 yang layak untuk dimakan.
    Hati2 karena beberapa tumbuhan liar memiliki racun yang berbahaya untuk manusia, jadi sebaiknya pengetahuan tentang tumbuhan liar dapat menolong kalau dalam keadaan darurat, misalnya makanan habis dan kelaparan.
    Mari belajar bersama bantal:

    1.Thistles

    Tanaman berbunga ini tumbuh di alam liar di lapangan terbuka di seluruh Eropa. Dibedakan oleh daun runcing, thistle dapat berfungsi sebagai potherb lezat. Hanya memotong ujung daun yang tajam, mengupas kulit akar dan gunakan air garam mendidih untuk memasak tanaman.

    2. Mushrooms

    Sebelum Anda mulai mengumpulkan jamur liar, identifikasi spesies beracun yang tumbuh di daerah Anda. Meskipun sebagian besar bisa dimakan, lebih baik bermain aman. Juga, jangan pernah makan mentah-mentah dan jauhi jamur yang telah rusak oleh serangga

    3. Selada Air

    Potherb abadi ini biasanya tumbuh di dekat badan air, jadi pastikan sumber air bersih sebelum dikonsumsi. Sejak selada air dapat dimakan mentah, yang harus Anda lakukan adalah memotong batang dan bilas dengan air dingin.

    4.Common Chickweed

    Tanaman tahunan ini menghasilkan bunga yang berbeda, berbentuk bintang. Daun dan batang yang dapat dimakan dan dapat dimakan mentah. Biasanya dianggap sebagai gulma yang menjengkelkan, Common chickweed adalah sumber yang kaya potassium dan kalsium

    5. Padi Liar

    Rumput tinggi ini berkembang dalam koloni besar di tepian sungai dan dapat dengan mudah dipetik dan diangkut dengan bantuan sebuah kano atau perahu kecil. Mirip dengan buluh pada padi biasa, nasi merupakan sumber protein, dan batang, akar tunas dan biji-bijian semua dapat dimakan

    6.Clover

    Genus kosmopolitan ini mudah ditemukan di padang gurun. Bijinya bisa dimakan, dan kepala bunga kering dapat digunakan untuk menyeduh teh. Anda dapat makan daun mentah, hanya membenamkan mereka dalam air garam pertama untuk membantu pencernaan.

    7.Burdock

    Onak dua tahunan ini tumbuh subur di padang rumput terbuka dan kebun, tetapi mereka bukan merupakan gulma sia-sia. Anda dapat mengupas tangkai daun dan memakannya mentah, dan akar bisa dimakan juga. Berhati-hatilah untuk tidak salah tanaman ini dengan belladonna, yang beracun

    8.Dandelions

    Gulma berbunga ini berjalan merajalela di seluruh negeri, dan biji, mahkota, akar, daun dan kelopak bunga semuanya dapat dimakan

    9.Milkweed

    Milkweed bisa dimakan tetapi dapat berpotensi mengandung glikosida jantung, yang beracun. Jadi, sangatlah penting bahwa Anda mempersiapkan tanaman liar ini dengan hati-hati sebelum dikonsumsi.Rendam seluruh tanaman dalam air dan gosok tunas muda dengan kain. Anda kemudian dapat merebus mereka. Benih polong dapat dimakan juga

    10.Cattails

    Monokotil tinggi ini berkembang di dalam atau di dekat badan air. Mengupas lapisan luar untuk mengungkapkan tunas inti putih, gunakan air bersih untuk membilas mereka dan makan tunas lunak ini mentah atau dimasak. Tinggi kandungan pati, akar mereka juga dimakan


    Lanjutan Menunggu......


    NOTE:
    Tidak pernah ada aturan di FK atau dimanapun yang mengharuskan memberikan sumber berita! hanya akal2 seorang pejabat forum aka SUMOD untuk meminta link!
    Seorang TS berhak untuk tidak memberikan sumber beritanya.
    Harap maklum kalo SUMOD bakal mampir di tret ini dan treak2 minta link dan treak2 HOAX, Maklum saja dia tidak mengerti sendiri aturan FK.
    Wekekekekekekekekekekek


    So! Mau link? cari disini!
    www.letmegooglethatforyou.com
    Last edited by bantal; 03-09-10 at 10:08 PM.


  2. #2
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Lanjutan!

    11.Yucca


    Yucca paling sering terdapat pada iklim kering, dan kelopak dapat dimakan mentah. Buah ditemukan pada batang juga dapat dimakan mentah, asalkan bagian daging buah berwarna putih


    12.Persimmons / kesemek


    Dianggap “buah dewa” oleh orang Yunani kuno, buah jeruk ini biasanya tumbuh di pohon-pohon di daerah beriklim sedang. Lembut ketika masak, kesemek dapat dimakan mentah, dan Anda juga dapat panggang bijinya untuk membuat kopi.

    13.Prickly Pear / pear kaktus


    Kaktus seperti ini tumbuh subur di tanah kering, dan keduanya pad dan pir nya bisa dimakan. Untuk makan pad, potong punggungnya dengan menggunakan pisau, panggang mereka dan kupas lapisan luar. Makan pir, hanya mengupas kulitnya saja.

    14.Bulrush


    Bulrush biasanya tumbuh di dalam atau di sekitar rawa-rawa, dan akarnya, batang dan biji semua dimakan, apakah masak atau mentah.

    15.Lamb’s Quarters


    Banyak orang salah menafsirkan tanaman tahunan ini seperti rumput tak berharga, tetapi Lamb’s Quarters sebenarnya dapat dimakan dan sangat bergizi. Bijinya bisa dijadikan snack sehat dan daunnya mirip dengan bayam ketika dimasak.

    16.Leeks


    Menyerupai bawang dalam penampilan dan bau, bawang perai liar biasanya muncul selama musim semi jauh di dalam hutan. Kedua daun dan umbi dapat dimakan dan dapat dimakan mentah, dikukus, digoreng atau dipanggang.

    17.Wild Carrot


    Meskipun lebih keras daripada yang Anda beli di toko kelontong, wortel liar tumbuh di lahan kering, dan akarnya dapat dimakan. Hanya berhati-hatilah untuk tidak kesalahan dengan spesies beracun serupa seperti air hemlocks dan fool’s peterseli.

    18.Arrowhead


    Tanaman ini biasanya tumbuh jarang di tubuh genangan air. Melekat pada akar tanaman air ini, yang menyerupai umbi kentang dikupas dan sebaiknya kemudian dipanggang.

    19.Spring Beauty:



    Muncul pada awal musim,tumbuh subur di hutan lembab. Hanya tarik daun sempit yang menonjol dari tanah untuk mengeluarkan umbinya, mengupas lapisan luar, cuci, masak atau konsumsi mentah-mentah.

    20.Wild Onion


    Ditemukan pada berbagai dataran, seperti lereng berbatu, padang rumput dan hutan, bawang liar bau dan rasa yang mirip dengan bawang biasa. Hanya lepaskan lapisan luar dan didihkan dalam panci berisi air garam


    CTOP!
    hm......baru tau klo Sleeping Beauty itu tumbuhan
    Kirain cuman dongeng
    Hm......


  3. #3
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Ah... Inet dodol!
    ternyata jadi 2 tret!

    Gpp lah, jadi infonya dobel

    gw masukin videonya ahhhhhh.....

    Cat Tail/bulrush



    Wild Carrot



  4. #4
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Thumbs up Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Wild Onion


    Wild Leeks





  5. #5
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Kebetulan kemarin abis belajar survival all series (desert, jungle, sea and ice (simulasi aja yg ice).
    Tal, sedikit tambahan aja ya.
    Tumbuhan tropikal dan tumbuhan sub tropikal itu berbeda jauh. Dan ada spesies unik, dimana jika tumbuh di tropikal tidak beracun, tapi kalau tumbuh di tempat subtropikal (daerah dingin), malah jadi sangat beracun. talas dan bengkuang contohnya.
    Juga masalah jamur. AMAT TIDAK DISARANKAN untuk memakan jamur dalam bentuk apapun baik beracun ataupun tidak. Sebab butuh waktu lama untuk mendeteksinya, juga ada beberapa spesies Amanita yg sangat mirip jamur merang dan jamur morel. Jika anda keracunan, malah akan sangat sulit untuk menyembuhkannya dengan waktu cepat.

    Jika anda nyangkut di hutan tropikal, usahakan anda menemukan pohon2 / tumbuhan sbb, jika menemukan satu saja, kemungkinan hidup anda akan sangat besar :
    1. Kelapa (sumber air minum dan makanan paling top(daging buah, daun muda dan akarnya)).
    2. Jambu mede / cashew (sumber karbohidrat, vitamin c dan serat (daunnya)), hati2 dengan getahnya.
    3. Umbi2an (singkong liar, (hati2 dengan singkong karet, bikin mules), ubi jalar liar, talas dan saudara2nya (kimpul, sente)
    4. Mangga2an (mangga, bacang, kedondong dll).
    5. Jika mungkin dan ada : kantong semar (nepenthes). Kantong yg belum terbuka merupakan sumber air yg baik.
    6. Rotan dan bambu (bisa dimakan pucuk dan rebungnya).
    7. Pisang, jika tak dapat dimakan buahnya, anda dapat memanfaatkan batangnya untuk menyuling ar. Babat pohon pisangnya, lalu bagian yg tertinggal dari tanah dikeruk batangnya sehingga menyerupai mangkok, lalu tutup dengan daun pisang. DIamkan semalam, besoknya sudah terisi air tawar.

    Itu dulu deh, waktunya mudik...
    3.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  6. #6
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Kebetulan kemarin abis belajar survival all series (desert, jungle, sea and ice (simulasi aja yg ice).
    Tal, sedikit tambahan aja ya.
    Tumbuhan tropikal dan tumbuhan sub tropikal itu berbeda jauh. Dan ada spesies unik, dimana jika tumbuh di tropikal tidak beracun, tapi kalau tumbuh di tempat subtropikal (daerah dingin), malah jadi sangat beracun. talas dan bengkuang contohnya.
    Juga masalah jamur. AMAT TIDAK DISARANKAN untuk memakan jamur dalam bentuk apapun baik beracun ataupun tidak. Sebab butuh waktu lama untuk mendeteksinya, juga ada beberapa spesies Amanita yg sangat mirip jamur merang dan jamur morel. Jika anda keracunan, malah akan sangat sulit untuk menyembuhkannya dengan waktu cepat.

    Jika anda nyangkut di hutan tropikal, usahakan anda menemukan pohon2 / tumbuhan sbb, jika menemukan satu saja, kemungkinan hidup anda akan sangat besar :
    1. Kelapa (sumber air minum dan makanan paling top(daging buah, daun muda dan akarnya)).
    2. Jambu mede / cashew (sumber karbohidrat, vitamin c dan serat (daunnya)), hati2 dengan getahnya.
    3. Umbi2an (singkong liar, (hati2 dengan singkong karet, bikin mules), ubi jalar liar, talas dan saudara2nya (kimpul, sente)
    4. Mangga2an (mangga, bacang, kedondong dll).
    5. Jika mungkin dan ada : kantong semar (nepenthes). Kantong yg belum terbuka merupakan sumber air yg baik.
    6. Rotan dan bambu (bisa dimakan pucuk dan rebungnya).
    7. Pisang, jika tak dapat dimakan buahnya, anda dapat memanfaatkan batangnya untuk menyuling ar. Babat pohon pisangnya, lalu bagian yg tertinggal dari tanah dikeruk batangnya sehingga menyerupai mangkok, lalu tutup dengan daun pisang. DIamkan semalam, besoknya sudah terisi air tawar.

    Itu dulu deh, waktunya mudik...
    3.
    Iyah sih kalo di Indo pohon buah banyak sih....
    dibanding di sub tropic

    Pisang emang paling banyak manfaatnya sih!
    Tengkyu di tambahin buat Tropical plant!

    gw sering liat Bulrush dimari.....
    baru tau kalo itu bisa dimakan dan bisa dijadiin insulator
    keknya di Indo ada juga gak tuh
    Jadi penasaran.....
    Hmmmmm


  7. #7
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Tal.. ini padanan bhs indonesianya..

    1. Thistles = ?
    ada banyak di indonesia, terutama jawa tengah dan kalimantan. sering dibuat mainan masak2an sama anak2 kecil.

    2. selada air = watercress
    cukup umum di daerah jawa barat, dijadikan lalapan di resto sunda.

    3. clover = semanggi
    di jawa timur dijadikan makanan khas. namanya semanggi suroboyo.

    4. bulrush = jewawut
    dijadikan makanan burung berkicau...

    5. spring beauty = bidara upas
    bahan dasar obat asma / bengek. banyak ditemukan di sumatra dan jawa.

    6. wild onion = lokio
    banyak dijual di supermarket sebagai bahan dasar membuat asinan...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  8. #8
    Senior Contributor bantal's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    9,479
    Rep Power
    18

    Cool Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Tal.. ini padanan bhs indonesianya..

    1. Thistles = ?
    ada banyak di indonesia, terutama jawa tengah dan kalimantan. sering dibuat mainan masak2an sama anak2 kecil.

    2. selada air = watercress
    cukup umum di daerah jawa barat, dijadikan lalapan di resto sunda.

    3. clover = semanggi
    di jawa timur dijadikan makanan khas. namanya semanggi suroboyo.

    4. bulrush = jewawut
    dijadikan makanan burung berkicau...

    5. spring beauty = bidara upas
    bahan dasar obat asma / bengek. banyak ditemukan di sumatra dan jawa.

    6. wild onion = lokio
    banyak dijual di supermarket sebagai bahan dasar membuat asinan...
    WOWWW!!!
    tengkyu banget neh inponya!
    gw gak tau bahasa indonya tapi gw yakin ada di Indo beberapa tanemannya.

    Tambah lagi:
    Padi Liar ada di Indo!
    terutama di lapangan terbuka!
    gw dulu sering maen di lapangan gitu yang penuh ilalang (nekaaaddddd!!!! gak takut uler yak gw dulu)
    sering nemu nih tumbuhan.
    suka gw petikin jambulnya (apa sih namanya ujung atasnya itu)
    trus gw pukul2 pake batu, keluar biji2annya
    suka di buat maenan ato buat ngasih burung gereja

    Maenan gw dulu kek anak kampung ye!
    maen di tanah lapang, di sawah etc....
    sekarang maen ke mall
    kalo kelaperan tinggal ke food court!

    NOTE:
    Dasar LOSER!!
    kerjanya ngecekin tret orang aje!
    gak tau malu lu ye!!

    Last edited by bantal; 07-09-10 at 10:30 AM.


  9. #9
    Beginner
    Join Date
    May 2012
    Posts
    88
    Rep Power
    3

    Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    Bagi orang yang suka naik gunung atau ke hutan, mesti mengetahui pengetahuan tanaman liar yang bisa dimakan.....

  10. #10
    Junior Member 19xyhome's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    247
    Rep Power
    0

    Re: Tumbuhan liar yang aman untuk dimakan

    untuk yang desert ama sea, boleh nich dibagi ilmunya, hehe...

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Kebetulan kemarin abis belajar survival all series (desert, jungle, sea and ice (simulasi aja yg ice).....

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0