Results 1 to 6 of 6

Thread: Berbagi Taktik Futsal


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Nov 2012
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Berbagi Taktik Futsal

    Salam kenal buat agan2 penghuni forum kompas....!!!
    Baru masuk..., ane lihat ada yang bahas futsal nich..., kayaknya asyik banget...!!!
    Jadi pingin sharing mengenai taktik dalam bermain futsal sama agan-agan yang udah jago main ato yang jago ngatur pemain di dalam lapangan futsal!

    ane juga suka maen futsal, soalnye kalo maen di sepak bola lapangan gede udah nggak mumpuni lagi napasnye..!! he he he he he...

    kalo boleh sharing nich..., tapi entar harapannye ada balesan komentar buat sharing taktik bermain futsal yang cakep yeee...!!! he he he he he...!!!

    yang ane pernah terapin buat temen-temen speti ini nich...!!!

    main futsal tuh kan butuh 5 pemain ya...,
    ane nerapinnya, 1 keeper dan 4 multi player...!!!
    4 multi player maksudnye...????
    ane lebih suka menyebutnya multiplayer atau multiposition player..., karena dari 4 pemain ini, nggak ada yang ditentuin jadi back (belakang), midle (tengah) atau striker(penyerang/depan)

    memang posisi awal, ane biasa nerapin formasi 2 - 2, 3 - 1, atau yang paling sering 1 - 2 - 1, tapi pada saat pertandingan udah berjalan, seluruh pemain tidak punya pos yang pasti, keempat pemain harus selalu mobile! Memang menguras tenaga, namun cara ini ane kira n yakin paling efektif untuk permainan futsal.

    Saat bola di pihak team kita, si pembawa bola boleh gocek sekali dua kali tekuk sembari perhatiin temen yang lagi cari posisi longgar, agak jauh dari lawan dan posisinya cukup cakep untuk melakukan atack (serangan). nah pada saat bola ada dalam kuasa lawan, pemain yang menghadang musuh adalah pemain yang terdekat dengan pembawa bola, dan pemain yang lain secara langsung melakukan pressing kepada pemain lawan yang lagi cari tempat tanpa membawa bola. Ketika bola dioper..., maka pemain yang tadinya menghadang, tidak perlu kejar bola operan lawan jika kaki nggak nyampek untuk menahan operan tersebut. Labih baik tetep aja pada posisi menjaga (lebih baiknya pressing) pemain lawan yang barusan ngasih operan ke temennye! Sementara untuk mengantisipasi operan tadi, tentunya kalo tadi pemain yang lain dari team kita bener2 ngelakuin pressing pada pemain lawan yang nggak bawa bola, akan lebih mudah mengambil bola atau paling tidak menghalau bola operan sebelum sampai di kaki pemain lawan yang tadi jadi target operan dari temennya!

    Nich taktik ane sadur dari taktik sepak bola lapangan gede yang istilahnye "man to man marking" kalo nggak salah! he he he he...!!! Jadi yang terpenting saat bola berada di kaki lawan, nggak perlu kita pressing penuh dengan lebih dari 1 pemain menghadang si pembawa bola. Cukup satu orang aja yang terdekat, sementara yang lain langsung melakukan penjagaan gerakan pemain lawan yang tidak membawa bola. Nah kalo bola berhasil di rebut, maka pemain team kita harus cepet2 n sigap untuk segeramelapaskan diri dari musuh dan mencari posisi yang cakep untuk menerima operan, sehingga temen kita yang lagi bawa bola tidak kelamaan gocek bola, masalahnye, di permainan futsal, kelamaan gocek bola bisa berakibat fatal pada team! Bisa jadi terjadi blunder, bola mudah direbut dan dikuasai lawan, yang paling fatal, temen-temen kita yang udah bergegas cari posisi cakep, bisa jadi sangat kecewa karena bola nggak buru dioper, terlalu lama gocak-gocek akhirnya kena rebut lawan. Kalo udah 1 pemain aja kecewa dan males ama temennya sendiri yang terlalu lama gocek bola, bisa jadi permainan akan jadi amburadul dan mudah banget dipermainkan lawan. Saran ane, ganti aja pemain yang terlalu lama gocek bola ntuh dengan pemain cadangan lain, dan kasih tahu di luar lapangan supaya tidak diulangi lagi gocek bola terlalu lama!

    Kekompakan sangat perlu dijalin di permainan futsal ini, jadi sebelum bermain, usahakan untuk menghilangkan keegoisan pemain dan yakinkan bahwa bermain futsal adalah bermain team, individu tidak berlaku! Ane yakin, dengan strategi ini, permainan bisa jadi semakin solid dan tidak mudah dipatahkan lawan!

    Mungkin itu aja dulu deh ya dari ane...!!! ane tunggu bagi-bagi taktiknya dari agan-agan yang lain...!!!

    Mohon maaf kao ane sok pinter atau sok jago..., kagak ada maksud seperti itu..., cuman ane tulis ini berharap kita bisa berbagi taktik dan strategi bermain futsal sehingga permainan team kita bisa jadi semakin asyik dan semakin enak untuk dinikmati, baik penontonnye maupun yang main...!!!

    Salam Buat semuanye ye...!~!!

  2. #2
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,578
    Rep Power
    5

    Re: Berbagi taktik Futsal

    kalau boleh usul sob, lebih baik lagi bila gambarnya diliatin sekalian

  3. #3

  4. #4
    Moderator ShockWave's Avatar
    Join Date
    Jul 2013
    Posts
    347
    Rep Power
    5

    Re: Berbagi Taktik Futsal

    saya juga request video bertahan yang baik yah
    ShockWave
    Read Rules Before Posting - Respects Each Others
    KompasForum

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    44
    Rep Power
    0

    Re: Berbagi Taktik Futsal

    kalau bisa ada videonya gan, biar lebih detail taktiknya

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    May 2014
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Red face Re: Berbagi Taktik Futsal

    klo teori aje kurang, lebih mantep lagi klo pake video gan jadi bisa di praktekin di lapangan gan...

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0