Siapa yang menyangkal bahwa saat ini smartphone sedang naik daun? Kabar bahagia bagi para pencinta smartphone, Linux telah memperkenalkan OS terbaru yang dinamakan Aliyun OS, atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan Ali CLoud OS. OS ini dikembangkan oleh Ali Cloud, merupakan anak perusahaan Alibaba Group yang berbasis di Cina. Dengan demikian, jika pada tahun ini Anda ingin memiliki smartphone Terbaru 2013, Anda memperoleh lebih banyak pilihan, apakah ingin menggunakan Android, iOS, atau Aliyun OS.


Kemunculan OS ini disambut baik oleh para produsen ponsel di Cina. Terbukti, seiring dengan munculnya OS ini, terdapat berbagai ponsel terbaru keluaran tahun 2013 yang dijalankan oleh Aliyun OS, Apa saja? Ini dia enam di antaranya.


Zopo Black
Ponsel terbaru 2013 yang satu ini dijalankan dengan prosesor Quad Core Media Talk MT6589 1,2 GHz, dengan RAM berkapasitas 1 GB, dan ROM berkapasitas 4 GB. Mata Anda akan dimanjakan dengan layar sentuh beresolusi 1080 FHD yang dimilikinya. Layar tersebut berukuran 5 inci. Terdapat dua kamera pada posel ini yaitu kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,3 MP. HP terbaru 2013 ini juga didukung oleh baterai 2000 mAh.


Zopo White
Pada tahun 2013, Zopo mengeluarkan dua ponsel terbaru yang menggunakan Aliyun OS. Selain Zopo Black, Anda juga dapat menjatuhkan pilihan kepada Zopo White. Walupun resolusi layarnya lebih rendah dibandingkan dengan Zopo Black, yaitu sebesar 720p, kamera yang dimiliki oleh Zopo White mampu mengungguli Zopo Black. Zopo Black dibekali dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Spesifikasi yang ditawarkan sangat pas bagi Anda yang selalu mengabadikan momen indah di kehidupan Anda. Pastikan dengan kamera yang dimiliki oleh Zopo White tidak ada satu pun momen indah di dalam hidup Anda yang terlewat untuk Anda dokumentasikan. Selebihnya, Zopo White memiliki spesifikasi yang sama dengan Zopo Black.


G'Five Big 7
Selanjutnya kita menuju ke G'Five Big 7. Ini adalah salah satu ponsel terbaru 2013 yang juga menggunakan Aliyun OS. Dengan layar berukuran sedikit lebih besar dari Zopo Black maupun Zopo White, G'Five Big 7 memiliki layar sentuh berukuran 5,7 HD 720p. Ukurannya yang lebih besar pastinya menjadi pertimbangan bagi Anda yang suka menonton video atau bermain game di ponsel Anda. Selain itu, layar sentuh yang lebih besar membuat penggunanya dapat mengoperasikan ponsel ini dengan lebih nyaman. Selanjutnya, ponsel keluaran 2013 yang satu ini didukung oleh prosesor Quad Core MediaTek MT6589 1,2 GHz. Kapasitas baterainya juga lebih besar dibandingkan dengan Zopo, yaitu sebesar 2500 mAh.


Amoi Big Ka
Keunggulan ponsel terbaru 2013 yang satu ini terletak pada kamera depannya yang memiliki resolusi 3 MP. Anda yang selalu melakukan aktivitas video call pasti sedang tersenyum ketika mengetahui spesifikasi kameranya. Tidak hanya kamera depan, Amoi Big Ka juga memiliki kamera belakang yang setara dengan Zopo White, yaitu dengan resolusi sebesar 8 MP. Nikmati foto berkualitas yang dihasilkan oleh kamera berkualitas pada layar yang berukuran 4,5 inci. Ponsel terbaru ini dijalankan dengan prosesor Quad Core MediaTek MT6589.


Konka KOMI V1
Berbicara mengenai spesifikasi layar, Ponsel terbaru 2013, Kona KOMI V1 memiliki layar yang mirip dengan Big Amoi Ka. Namun, Konka tidak dijalankan oleh Quad Core MediaTek MT6589, tetapi dijalankan oleh prosesor Dual Core MediaTek MT6517T.


Small Chili M1Y
Small Chili M1Y juga merupakan salah satu Ponsel terbaru 2013 yang didukung oleh Aliyun OS. Small Chili M1Y ini dijalankan oleh prosesor Snapdragon MSM8225Q.


Kisaran Harga
Keenam ponsel terbaru 2013 tersebut per unitnya dijual dengan kisaran harga mulai dari 899 RMB (sekitar Rp1,4 juta) hingga 1.999 RMB (atau sekitar Rp3,1 juta). Baik Zopo Black, Zopo White, G’Five Big 7, Amoi Big Ka, Konka KOMI V1, maupun Small Chili, semuanya saat ini sedang berada di pasar ponsel di Cina.


sumber