Results 1 to 2 of 2

Thread: Skema Perbaikan Dering Blackberry Bold


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    6
    Rep Power
    0

    Thumbs up Skema Perbaikan Dering Blackberry Bold

    Gambar-gambar skema perbaikan dering Blackberry Bold


    Bagi seorang teknisi, skema merupakan satu dokumen yang sangatlah penting. Jika kita ibaratkan, skema layaknya sebuah peta yang bisa membantu kita dalam perjalanan. Tidaklah mungkin sebuah ponsel dibuat tanpa adanya skema, tapi acap kali ada pihak pihak tertentu yang tidak ingin menyebarluaskan keberadaan dari skema tersebut.

    Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi para teknisi. Terkadang mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa ponsel yang hendak diperbaiki tidak dilengkapi dengan skematik. Seperti kasus yang dibahas di bawah ini.

    Seorang murid membawa ponsel blackberry yang rusak. Kerusakannya cukup sepele. Ponsel berfungsi normal, tapi hanya bagian deringnya saja yang bermasalah.

    “Sebenarnya masalah ini tidaklah terlalu rumit, tapi yang menghambat pekerjaan kita saat ini adalah tidak adanya skema,” Jelasku

    Walau tidak ada skema, seorang teknisi dituntut memiliki ketrampilan dan intuisi dalam menangani kasus seperti ini. Maka setelah beberapa saat dilacak, ditemukanlah letak permasalahannya. Inilah IC yang bermasalah.

    Posisi IC

    “Tapi apakah kedua IC ini ada yang jual?” Tanya sang murid kembali.

    Memang keberadaan sparepart khususnya ponsel blackberry ini di pasaran boleh dibilang cukup langka. Kalaupun ada yang menjual sparepartnya, itupun masih terbatas jenisnya. IC buzzer ini bisa dipastikan tidak ada di pasaran.

    Mari kita lihat dulu blok diagram rangkaian dering pada gambar di bawah


    Ada dua buah IC ampli yang digunakan yakni IC Ampli 1 dan 2, dikarenakan ponsel ini stereo. Speaker kiri dihubungkan oleh dua jalur yakni jalur spA dan jalur spB, dan speaker kanan terdapat pula dua jalur juga yaitu spC dan sp D.

    Kedua IC terdapat di board ponsel bagian depan, sedangkan buzzernya terletak di casing belakang. Jadi untuk menghubungkan keempat jalur ini, ada sebuah konektor buzzer yang fotonya bisa dilihat di bawah ini

    Foto berikut adalah foto jalur speaker yang ada di casing belakang.

    Selanjutnya setelah IC diangkat dan diukur, didapatlah data jalur IC buzzernya. Sebelah kiri adalah IC Ampli 2 , dan sebelah kanan adalah IC Ampli 1. Selain terdapat jalur yang menuju ke speaker kiri maupun speaker kanan, juga ada jalur VBat yakni jalur tegangan dari batere menuju ke IC, serja jalur Gnd yang merupakan jalur ground.

    Untuk memastikan baik tidaknya kedua IC ini, kita boleh menggunakan oscilloscope. Dan setelah kami periksa IC tersebut, hasilnya benar bahwa IC telah rusak. Nah, kalau begitu bagaimana cara perbaikannya?

    “Apakah harus diganti ? Kalau harus diganti, sparepartnya tidak ada. Apa bisa kita gunakan IC yang dipakai oleh Nokia?” Tanya si murid penasaran.

    Sekilas bila kita lihat fungsi dan juga bentuknya, IC kedua merek ternama itu agak mirip. Untuk memastikannya, mari kita teliti lebih lanjut.

    Coba kita buka ponsel Nokia 6600 bagian rangkaian buzzer. Jikalau ditilik kaki – kaki IC buzzernya, fungsi dari masing-masing kaki IC dapat disimpulkan pada gambar berikut.


    Benar adanya bahwa kedua jenis IC memang memiliki fungsi yang sama, namun dikarenakan posisi kakinya yang berbeda, kedua IC tidak bisa langsung saling menggantikan.

    Ada dua solusi yang boleh dilakukan, IC diganti dengan IC yang sejenis. Atau diganti dengan IC buzzer dari ponsel nokia, tapi harus dilakukan penyesuaian lebih lanjut.

    <==>Sevice BB Sendiri!! Ganti LCD Sendiri!! Bold
    <==>Ganti sendiri LCD dan Trackball BlackBerry Javeline
    <==>Cara benerin trackball bb bold!! gak perlu bayar teknisi!!
    <==>Cara Benerin Trackpad BB Gemini!! Gak Perlu Bayar Teknisi!!
    <==>Skema Perbaikan Dering Blackberry Bold

    sumber
    Last edited by jonisusilo; 29-04-11 at 10:08 AM.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Apr 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Skema Perbaikan Dering Blackberry Bold

    nice inpo nih gan! minta skema yang lain nya dunk..

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO