Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 35

Thread: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper


  1. #1
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    PLAYSTATION 3 vs XBOX 360 JASPER
    (Bagian 1)
    (Sumber : Majalah Hotgame Vol. 253)


    SONY PLAYSTATION 3

    Durability Terhadap Hardware
    Sebagai info, Xbox 360 Xenon/Zephyr mempunyai masalah RROD. Ini merupakan imej buruk, karena menjadikan gamer berpikir ulang ketika mau membelinya. Microsoft berusaha menemukan solusinya dengan mengeluarkan Xbox 360 Jasper. Namun sebagian gamer masih ragu. Mereka belum yakin Jasper mampu mengatasi RROD. Tidak heran kalau banyak gamer mengatakan bahwa PS3 lebih baik.

    Blu-ray Disc
    PS3 adalah player Blu-ray yang lumayan murah dibandingkan dengan player yang sebenarnya. Blu-ray sudah menjadi format standar bagi High-Definition masa kini, karena memiliki resolusi Full HD yang memungkinkan kita untuk menikmati The Perfect HI-DEF MOVIE Experience.
    Selain itu PS3 juga memiliki format CD, DVD, dan Game Player. Jadi jika anda membeli konsol ini yang berkapasitas 60 GB Hard Drive, anda akan mendapatkan Super Audio CD dengan kemampuan 24 bit, yang merupakan bit rate yang sangat tinggi dibandingkan dengan Audio CD biasa yang hanya memiliki 16 bit. Bisa dikatakan kalau PS3 adalah media player idaman gamer masa kini.

    Full HD
    Berbeda dengan Xbox 360 yang belum Full HD, PS3 memiliki resolusi layar 1920 x 1080 pixels (1080p). Jika anda punya Full HD LCD TV 42 inch atau lebih, anda akan dapat membedakan resolusi layar kedua konsol next-gen ini. Karena dilengkapi resolusi layar Full HD 1080p, PS3 unggul dalam hal tingkat ketajaman.

    Final Fantasy XIII, God Of War 3, Metal Gear Solid 4
    Dari sekian banyak game PS3 yang sudah/akan rilis, ternyata hanya beberapa judul eksklusif yang bisa dibanggakan para pemilik konsol ini. Ini menjadi salah satu kelemahan PS3. Apalagi sekarang FF XIII sudah tidak eksklusif untuk PS3 tapi akan muncul juga di Xbox 360 walau rilis belakangan.
    Mengingat kualitas dan kepuasan gameplay, disarankan agar mencoba judul game di atas. Dijamin anda akan merasakan gameplay yang bagus dan grafis yang mutakhir.

    PlayStation Network
    Sama halnya dengan yang ada dalam PSP, PlayStation Network adalah layanan online dari PlayStation yang cukup fenomenal. Layanan ini memungkinkan anda terhubung dengan gamer lain di seluruh dunia. Bisa untuk chatting, selain bermain bareng teman-temanmu. Fitur ini merupakan salah satu kelebihan utama PlayStation Network.
    Fitur berikutnya adalah Downloadable Content. Sekarang fitur ini umumnya ada pada setiap game. Berfungsi untuk membuka fitur hingga stage baru yang dapat anda download langsung dari PS3. Tapi biasanya fitur ini memiliki tarif sesuai dengan yang ditentukan tiap game.

    PlasStation Home
    PlayStation Home adalah fitur terobosan baru yang ditawarkan oleh Sony. Di sini kita dapat membuat karakter yang bisa kita kustomisasi sesuka hati. Lengkap dengan rumah pribadi yang bisa kita customize juga. Kalau dulu hanya chatting dengan text dan voice di PlayStation Network, sekarang kita bisa membawa karakter kita di dunia PlayStation Home untuk janjian dengan teman-teman untuk ketemuan dengan penampilan yang realistis dan sangat gaul.

    PSP Connectivity & PlayStation Store
    PlayStation Store adalah layanan dari Sony yang bisa diakses langsung dari PS3. Selain bisa mendapatkan produk-produk terbaru dari Sony yang bisa anda download dengan tarif yang sudah ditentukan, kita juga bisa belanja game baru maupun game klasik. Termasuk game PSP yang bisa di-drag langsung ke PSP anda.

    WLAN
    Fitur nirkabel sangat memudahkan anda untuk mengatur setup koneksi internet. Seperti pada PSP, PS3 juga memiliki fitur WLAN yang membuat PS3 lebih fleksibel untuk disimpan di posisi tertentu.

    Kebanyakan yang membeli PS3 adalah "Hardcore Gamer", maksudnya mereka yang sudah main game sejak konsol PS dikeluarkan (tentu saja harus berdompet tebal). Karena harga gamenya relatif mahal (terutama bagi kebanyakan gamer Indonesia), otomatis gamer PS3 wajib memilih-milih game yang mau dibeli. Pastinya game yang bagus dan harus tamat mainnya. Biar nggak rugi .

    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  2. #2
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    PLAYSTATION 3 VS XBOX 360 JASPER
    (Bagian 2)
    (Sumber : Majalah Hotgame Vol. 253)

    MICROSOFT XBOX 360 JASPER

    Harga Yang Kompetitif
    Kelebihan pertama Xbox 360 adalah harganya yang lebih murah dibandingkan PS3. Harga Xbox 360 packing Arcade hanya beda sedikit dari konsol Nintendo Wii. Untuk mendapatkan sebuah konsol next-gen, anda tidak perlu membayar semahal PS3.
    Kemudian Optical Drive yang ada pada Xbox 360 berformat DVD Dual Layer yang membuatnya lebih murah dan bersahabat ketimbang Optical Drive-nya PS3 yang berformat Blu-ray. Strategi ini lumayan ampuh untuk menggaet para gamer agar memilih Xbox 360.

    Console Gaming Lebih Lengkap
    Dengan membeli Xbox 360 packing Go Pro yang harganya tidak jauh beda dengan PS3 80 GB Hard Drive, anda akan mendapatkan Xbox 360 dengan 60 GB Hard Drive, Headset, Ethernet Connectivity Cable, Component HD AV Cable, Wireless Controller, dan Xbox LIVE 3 Month Gold Subscription Card.
    Sedangkan kalau beli PS3, anda tidak akan mendapatkan Headset, Ethernet Connectivity Cable, dan Component HD AV Cable. Dengan Xbox 360 packing Go Pro, anda sudah bisa mendapatkan pengalaman bermain dengan konsol next-gen plus fitur Xbox LIFE-nya, walaupun tanpa fitur WLAN seperti di PS3.

    Banyak Game
    Pemilik Xbox 360 bisa bangga karena game Xbox 360 yang beredar di Indonesia lebih variatif dibandingkan PS3. Kini Xbox 360 sudah bisa mengamankan investasi mereka dengan game yang tersedia hanya di Xbox 360. Judul-judul seperti Star Ocean : The Last Hope, Halo 3, Gears Of War 2, Lost Odyssey, Dead Or Alive 4, Blue Dragon, dan masih banyak lagi.

    Xbox LIVE
    Di Xbox LIVE Market Place, banyak sekali yang bisa anda lakukan. Mulai dari Download Trailer Movie, Video Clip, Download Trial Games, Minigames, hingga Downloadable Content seperti yang bisa gamer lakukan di PS3.
    Dengan tarif yang sudah ditentukan dari Microsoft, game Xbox 360 pada umumnya lebih unggul dari segi Multiplayer Online-nya. Jadi Xbox LIVE bisa dikatakan sudah lebih eksis sebelumnya dibandingkan dengan PlayStation Network milik PlayStation 3. Ditambah lagi pengguna Xbox LIVE juga sudah lebih banyak dan tersebar luas di berbagai negara.

    Music Library (Media) On Gameplay
    Fitur Media yang ada pada Dashboard Xbox 360 dapat digunakan untuk memutar lagu melalui Flash Disk ataupun Hard Drive. Lagu ini bisa anda putar saat permainan berlangsung. Hebatnya, lagu yang diputar berjalan mulus tanpa menghilangkan SFX yang ada pada game. Sebuah fitur sederhana yang tidak dapat dilakukan oleh PS3. Jadi bagi pecinta musik, fitur ini sangat menguntungkan.

    Play Game From Hard Drive
    Kini telah banyak beredar di pasaran Dashboard Xbox 360 terbaru yang diberi nama NXE. Di dalam Dashboard ini banyak hal yang bisa dilakukan selain membuat Avatar diri anda. Misalnya, meng-install game ke dalam Hard Drive Xbox 360 dan memainkannya melalui Hard Drive ini. Maka anda tidak perlu kuatir lagi akan suara-suara berisik yang sering timbul pada saat pemutaran DVD. Selain tidak membebani kerja Optical Drive, diharapkan dapat mengurangi hawa panas yang dihasilkan.

    PC Connectivity
    Xbox 360 adalah sebuah Media Library yang bisa anda koneksikan dengan PC. Anda juga bisa men-streaming semua media files yang ada di PC untuk dinikmati kapan saja di Xbox 360. Selain sebagai Media Library, games Xbox 360 juga bisa anda mainkan secara online bersamaan dengan versi PC-nya. Fitur cross platform ini bisa dibilang cukup revolusioner.

    Solusi RROD
    Xbox 360 memang memiliki masalah akibat panas berlebih yang dikenal dengan sebutan RROD (Red Ring Of Death). Tapi gamer Indonesia tetap saja membeli konsol ini karena memang punya banyak keunggulan. Selain harga yang terjangkau, game yang variatif, serta kemampuan dan layanan yang ditawarkan konsol ini.
    Melihat antusiasme gamer yang sangat tinggi terhadap Xbox 360, Microsoft mencoba untuk mengangkat kembali pamornya di pasar dengan meluncurkan Xbox 360 yang dilengkapi motherboard Jasper. Motherboard Jasper yang dilengkapi 65nm CPU serta 65nm GPU diharapkan dapat menghilangkan atau mengurangi terjadinya kasus RROD yang sering dialami konsol.




    Pilih Mana?
    Biar bagaimanapun juga, Sony PS3 dan Microsoft Xbox 360 adalah dua konsol next-gen yang menjadi idaman gamer. Keduanya mampu menunjukkan peningkatan dalam hal gameplay dan grafis yang cukup signifikan. Jadi masing-masing memiliki kelebihan yang menjadi ciri khasnya, dan memiliki penggemarnya sendiri. Untuk menentukan konsol mana yang lebih unggul, penilaian tetap ada di tangan anda.
    Last edited by bayounet; 27-09-09 at 06:00 PM.
    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  3. #3
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Update!!

    Untuk memecahkan masalah harga pada PS3, akhirnya 1 September 2009 Sony meluncurkan PS3 Slim. PS3 Slim 32% lebih kecil, 36% lebih ringan, dan 34% lebih hemat listrik. Dijual dengan harga $299 (Amerika Utara), kapasitas Hard Drive 120 GB. Kapasitas 250 GB akan menyusul. Di Indonesia, dijual dengan harga sekitar 4-4,5 juta rupiah.
    PS3 Slim lebih murah karena banyak fasilitas yang dihilangkan. Salah satunya adalah PS3 Slim tidak bisa memainkan game PS2 Original. Fitur untuk menginstall Sistem Operasi seperti Linux di PS3 juga dihilangkan. PS3 Slim tidak bisa disimpan dalam posisi berdiri, harus menggunakan vertical stand yang dijual terpisah seharga $24.
    Para pemilik PS3 versi biasa (versi "fat") lebih baik jangan menjual konsol mereka. Sony menyatakan bahwa mereka tidak akan memproduksi lagi seri "fat".

    Diluncurkannya Sony PS3 Slim dengan harga lebih murah langsung dibalas Microsoft dengan menurunkan harga Xbox 360 Elite dan Pro sebesar $100, untuk Jasper belum ada informasinya. Nintendo belum mengeluarkan pernyataan resmi apakah mereka akan menurunkan harga jual Nintendo Wii.

    Melihat kondisi seperti ini, bagi yang ingin membeli konsol game, bersiap-siaplah. Tapi menurut saya (ini pendapat pribadi dan subjektif, jadi maaf) untuk gamer hardcore Indonesia, Xbox 360 lebih recommended. Alasannya ketersediaan game yang lebih variatif dan murah dibandingkan PS3 (tahu dong kenapa ). Di majalah Hotgame disebutkan bahwa Xbox sedang memasuki masa keemasan era PS2 di Indonesia sekitar 5 tahun yang lalu. Harga sudah murah, game sudah bejibun banyaknya. Nilai tambah lain Xbox 360 tidak mutlak memerlukan LCD TV, kita masih bisa menggunakan TV tabung biasa.
    Untuk gamer casual, Nintendo Wii masih jadi pilihan.

    Jadi, anda pilih yang mana?

    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  4. #4
    Junior Member gamers's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    425
    Rep Power
    6

    Smile Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    kalo di indonesia saya yakin xbox360 lbh dominan daripada PS3.salah satu sebabnya adalah sudah ada game bajakan dengan harga yg jauh lbh murah.sedangkan PS3 kita harus beli game original dengan harga yg sangat mahal.kalo dibandingkan aja dengan kita game PS3 sebanyak 8 buah dengan harga rata2 500rb aja udah sebanding dengan 1 buah mesin PS3.

  5. #5
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Quote Originally Posted by gamers View Post
    kalo di indonesia saya yakin xbox360 lbh dominan daripada PS3.salah satu sebabnya adalah sudah ada game bajakan dengan harga yg jauh lbh murah.sedangkan PS3 kita harus beli game original dengan harga yg sangat mahal.kalo dibandingkan aja dengan kita game PS3 sebanyak 8 buah dengan harga rata2 500rb aja udah sebanding dengan 1 buah mesin PS3.
    di seluruh dunia pun xbox 360 dan Wii memimpin jauh diatas PS3.

  6. #6
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Quote Originally Posted by Swan View Post
    di seluruh dunia pun xbox 360 dan Wii memimpin jauh diatas PS3.
    Saya tidak tahu apakah PS3 Slim akan bisa mendongkrak penjualan PS3, tapi saya kira langkah Sony sudah terlambat. Gamer sudah terlanjur membelanjakan uang mereka untuk Xbox360 & Wii.
    Apalagi di Indonesia, mau gemuk atau kurus, selama nggak bisa maen bajakan, kelaut dah.... . Kecuali kalau produsen game mau menyesuaikan harga game PS3 nya dengan kemampuan orang Indonesia, hehehe....
    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  7. #7
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Quote Originally Posted by bayounet View Post
    Saya tidak tahu apakah PS3 Slim akan bisa mendongkrak penjualan PS3, tapi saya kira langkah Sony sudah terlambat. Gamer sudah terlanjur membelanjakan uang mereka untuk Xbox360 & Wii.
    Apalagi di Indonesia, mau gemuk atau kurus, selama nggak bisa maen bajakan, kelaut dah.... . Kecuali kalau produsen game mau menyesuaikan harga game PS3 nya dengan kemampuan orang Indonesia, hehehe....
    ya sebaiknya sony nggak kalah pemasaran lagi di PS 4 nya. sebenernya bukan bajakan atau nggak nya yang mempengaruhi, tapi lebih ke pemasaranya & kualitas sosialnya. bandingkan aja antara xbox live dengan PS online, waduh jaug lebih keren xbox live (menurutku lho)

  8. #8
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Quote Originally Posted by Swan View Post
    ya sebaiknya sony nggak kalah pemasaran lagi di PS 4 nya. sebenernya bukan bajakan atau nggak nya yang mempengaruhi, tapi lebih ke pemasaranya & kualitas sosialnya. bandingkan aja antara xbox live dengan PS online, waduh jaug lebih keren xbox live (menurutku lho)
    Yang bajakan itu khusus untuk kasus Indonesia, karena Xbox Live nggak bisa pake bajakan jadi Xbox Live bisa dikatakan nggak berlaku di Indonesia . Jarang orang Indonesia memanfaatkan Xbox Live.
    Tapi di luar negeri emang Xbox Live jadi andalan Microsoft. PS Network juga tadinya mau niru Xbox Live, tapi tetep kalah pengalaman dibanding Microsoft. Microsoft juga mampu menyeimbangkan teknologi dengan daya beli gamer umumnya di dunia. Dia nggak ngotot memasang teknologi tercanggih yang berakibat mahalnya harga konsol.
    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  9. #9
    Member bayounet's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Karakura City
    Posts
    671
    Rep Power
    6

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Sony Indonesia melakukan langkah berani dengan mengumumkan bahwa PS3 Slim dan PSP Go yang dijual di Indonesia memiliki GARANSI RESMI dari Sony Indonesia karena Sony sekarang secara resmi menjual PS3 Slim dan PSP Go di Indonesia. Jadi kita tidak perlu takut PS3 Slim atau PSP Go kita yang rusak akan "dikerjain" tukang servis tidak resmi. Sony berencana menjual PS3 Slim di Indonesia seharga Rp 3 juta + garansi resmi.
    (Sumber : Majalah Hotgame)

    Okeh... jadi sekarang tinggal masalah gamenya yang mahal .
    "Senyum Rei Ayanami lebih indah dari senyum Monalisa"

  10. #10
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: PlayStation 3 vs Xbox 360 Jasper

    Quote Originally Posted by bayounet View Post
    Yang bajakan itu khusus untuk kasus Indonesia, karena Xbox Live nggak bisa pake bajakan jadi Xbox Live bisa dikatakan nggak berlaku di Indonesia . Jarang orang Indonesia memanfaatkan Xbox Live.
    Tapi di luar negeri emang Xbox Live jadi andalan Microsoft. PS Network juga tadinya mau niru Xbox Live, tapi tetep kalah pengalaman dibanding Microsoft. Microsoft juga mampu menyeimbangkan teknologi dengan daya beli gamer umumnya di dunia. Dia nggak ngotot memasang teknologi tercanggih yang berakibat mahalnya harga konsol.
    yup, yang saya maksud secara keseluruhan didunia. PS3 jauh dibawah target penjualan. salah satu yang membuat PS3 nyendat adalah PS online nya. nggak tau kalau PS4 nanti muncul (tentu aja xbox X-720 jg masih siap menjegal). para gamer di eropa, amerika, asia banyak yang memilih xbox 360 ketimbang PS3 (sama2 tidak menggunakan bajakan).

Page 1 of 4 1234 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO