Results 1 to 9 of 9

Thread: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik


  1. #1
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    8

    Post Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik
    Kenaikan di Beberapa Kota di Atas Satu Derajat Celsius





    Selasa, 31 Maret 2009 | 16:01 WIB
    JAKARTA, KOMPAS.com — Laju perubahan suhu udara kota-kota di Indonesia menunjukkan kenaikan maksimum lebih dari 1 derajat celsius dalam 10 tahun. Dari analisis data iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang diambil tahun 1983-2003, kenaikan suhu udara per 10 tahun ternyata 0,036 derajat celsius-1,383 derajat celsius.
    Kenaikan suhu udara terendah tercatat di Kota Sibolga, Sumatera Utara, mencapai 0,036 derajat celsius dari rata-rata 31,52 derajat celsius. Adapun kenaikan suhu udara tertinggi tercatat di Kota Wamena, Papua, mencapai 1,38 derajat celsius dari rata-rata 25,97 derajat celsius.
    "Data kenaikan temperatur itu tingkat kepercayaannya memang masih beragam," kata Kepala Bidang Analisis Klimatologi dan Kualitas Udara BMKG Soetamto di Jakarta, Senin (30/3).
    Alasannya, analisis data iklim itu belum memasukkan sistem Mann-Kendall, sebuah sistem untuk memperkuat kebenaran hasil analisis data bertahun-tahun. Meskipun begitu, secara umum tren kenaikan suhu diyakini memang terjadi.
    "Meskipun belum dengan sistem Mann-Kendall, data iklim memang menunjukkan tren kenaikan," kata Soetamto. Dari 16 kota yang dianalisis, kenaikan suhu dalam 10 tahun di enam kota/lokasi ternyata mencapai di atas 1 derajat celsius.
    Lokasi itu adalah Pulau Bawean, Jawa Timur (1,15 derajat C); Waingapu, Nusa Tenggara Timur (1,11 derajat C); Kupang, NTT (1,35 derajat C); Jayapura (1,22 derajat C), Wamena (1,38 derajat C), dan Merauke (1,15 derajat C)—ketiganya di Provinsi Papua. Di antara 16 kota/lokasi tersebut, suhu kawasan Pulau Tarempa, Natuna, justru diketahui menurun sekitar -0,26 derajat celsius.
    Soetamto tidak mengetahui penyebab penurunan suhu di Tarempa atau kenaikan suhu hingga di atas satu derajat di tiga kota di Papua. Penghitungan tersebut didasarkan atas seri data iklim.
    Sangat tinggi
    Kepala Laboratorium Klimatologi Departemen Geofisika dan Meteorologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor Rizaldi Boer mengatakan, kenaikan 1 derajat celsius dalam sepuluh tahun sangatlah tinggi. "Harus dilihat dulu titik-titik pemantauannya dan sumber panasnya dari mana saja," katanya.
    Menurut Panel Ahli Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC), jika terjadi kenaikan suhu hingga 2 derajat celsius—dari suhu tahun 1990—pada tahun 2050 kondisi akan sangat sulit dikendalikan. Karena itu, satu-satunya jalan yang dapat dilakukan adalah harus memperlambat kenaikan suhu.
    Menurut Rizaldi, kenaikan suhu udara tidak hanya disebabkan oleh sinar matahari atau kenaikan konsentrasi gas rumah kaca. Ada faktor aktivitas industri, transportasi, dan populasi.
    Ketiganya faktor yang terkait dengan aktivitas manusia (antroposentris). Aktivitas industri sejak abad ke-16 selama ini diyakini sebagai pemicu awal emisi karbon—salah satu gas rumah kaca yang memerangkap panas bumi.
    Berdasarkan hal itu, suhu di kawasan perkotaan dipastikan akan lebih cepat panas daripada daerah kawasan pinggiran atau kawasan dengan vegetasi rapat.
    "Suhu rata-rata udara jadi minus, itu mungkin saja. Misalnya, ada penyerap panas seperti hutan di kawasan yang dulunya tidak ada hutannya," katanya.
    Dampak perubahan
    Saat ini secara global diyakini, perubahan temperatur akan berdampak negatif pada banyak hal. Sejumlah penyakit akan mewabah dalam skala luas, cuaca semakin sulit diprediksi, intensitas badai dan puting beliung akan meningkat, terjadinya penggurunan, terjadi kenaikan permukaan laut, hingga munculnya ancaman ketahanan pangan akibat pola tanam yang berubah-ubah.
    Saat ini musim kemarau di Indonesia semakin panjang, sedangkan musim hujan kian pendek. Namun, intensitas hujannya tinggi yang berakibat banyak kejadian banjir dan tanah longsor.
    "Temperatur meningkat, dampak negatifnya banyak," kata Rizaldi Boer.
    Sektor pertanian kesulitan dengan iklim yang berubah. Musim tanam mengalami pergeseran. Ada yang bergeser maju, tetapi ada pula yang justru mundur. Peta pertanian kini sedang mengalami perubahan.
    Ketersediaan air pada saat musim hujan (5 bulan) sebanyak 80 persen dari kebutuhan nasional, sedangkan pada saat kemarau (7 bulan) hanya 20 persen dari kebutuhan.
    Keadaan itu diperburuk oleh kondisi irigasi dan daerah aliran sungai. Data Badan Penelitian dan Pembangunan Departemen Pertanian menunjukkan, sebesar 25 persen jaringan irigasi tidak berfungsi optimal.


    Yach , semoga pemerintah memperhatikan .
    .
    Last edited by Happy; 10-05-09 at 07:29 PM.

  2. #2
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Pemerintah, Pemeharti LH, unsur dari PT dan Masyarakat sudah saatnya kita harus,
    1. memperjuangkan bebas emisi gas efek dari rumah kaca.
    2. harus menciptakan ekonomi hijau.
    3. mengubah system pendidikan menjadi system hijau.
    4. memperbanyak ruang Terbuka Hijau.
    5. memelihara semua hutan alam, tropis maupun hutan lindung.
    yah mungkin itu masukan gw. agar suhu udara di negara kita tidak terlalu naik, kita bisa merasakan sekarang ini di daerah pegunungan saja sudah terasa panas, apalagi di daerah pantai.

  3. #3
    Beginner Kautsar's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    68
    Rep Power
    6

    Wink Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Ini berita yang buruk...
    Semakin lama aku jadi manusia, koq jadi ga nyaman ya...
    Mau makan gak enak...gara2 mikirin mengenai nasib kesejahteraan petani dan lingkungan yang semakin rusak..
    Mau pergi keluar, suhu bumi makin meningkat.
    Mau tinggal di kost aja, juga gak enak...mikirin kita yang di dunia ini membawa peran penting untuk menyelesaikan segala masalah..
    Lakukan apa yang kita bisa untuk membuat keadaan menjadi semakin baik.
    Kalau gak bisa merubah menjadi lebih baik, paling gak jangan memperburuk keadaan..

  4. #4
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Quote Originally Posted by Kautsar View Post
    Ini berita yang buruk...
    Semakin lama aku jadi manusia, koq jadi ga nyaman ya...
    Mau makan gak enak...gara2 mikirin mengenai nasib kesejahteraan petani dan lingkungan yang semakin rusak..
    Mau pergi keluar, suhu bumi makin meningkat.
    Mau tinggal di kost aja, juga gak enak...mikirin kita yang di dunia ini membawa peran penting untuk menyelesaikan segala masalah..
    Lakukan apa yang kita bisa untuk membuat keadaan menjadi semakin baik.
    Kalau gak bisa merubah menjadi lebih baik, paling gak jangan memperburuk keadaan..

    itulah Kautsar, yah minimal kita dari KF dalam situasi seperti sekarang ini "jangan memperburuk keadaan", jadilah contoh bagi yang lain bahwa kita sangat peduli terhadap LH.

  5. #5
    e_e
    e_e is offline
    Newbie
    Join Date
    May 2009
    Posts
    32
    Rep Power
    0

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Quote Originally Posted by andir View Post
    Pemerintah, Pemeharti LH, unsur dari PT dan Masyarakat sudah saatnya kita harus,
    1. memperjuangkan bebas emisi gas efek dari rumah kaca.
    2. harus menciptakan ekonomi hijau.
    3. mengubah system pendidikan menjadi system hijau.
    4. memperbanyak ruang Terbuka Hijau.
    5. memelihara semua hutan alam, tropis maupun hutan lindung.
    yah mungkin itu masukan gw. agar suhu udara di negara kita tidak terlalu naik, kita bisa merasakan sekarang ini di daerah pegunungan saja sudah terasa panas, apalagi di daerah pantai.
    ngomong2 tentang ekonomi hijau,
    nih ada referensi bagus: (the venus project)
    http://www.worldafter2012.com/id/the...e-intelligent/

    The Venus Project
    Jacque Fresco - Wikipedia, the free encyclopedia

    mohon bantuannya untuk mengisi
    kuesioner
    berhadiah loh..

  6. #6
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    8

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Quote Originally Posted by andir View Post
    Pemerintah, Pemeharti LH, unsur dari PT dan Masyarakat sudah saatnya kita harus,
    1. memperjuangkan bebas emisi gas efek dari rumah kaca.
    2. harus menciptakan ekonomi hijau.
    3. mengubah system pendidikan menjadi system hijau.
    4. memperbanyak ruang Terbuka Hijau.
    5. memelihara semua hutan alam, tropis maupun hutan lindung.


    6. Mempertahankan bahkan kalo bisa menambah daerah resapan air. Kebanyakan daerah resapan air (rawa) diurug utk bangunan pemukiman


    yah mungkin itu masukan gw. agar suhu udara di negara kita tidak terlalu naik, kita bisa merasakan sekarang ini di daerah pegunungan saja sudah terasa panas, apalagi di daerah pantai.

  7. #7
    Senior Member Happy's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jawa
    Posts
    1,974
    Rep Power
    8

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    sepertinya bukan cuma di Indonesia saja dech
    ditempat saya juga cuaca/suhu udara berubah2 dengan cepat

    pahi2 dingiiin sekali sekitar 15 - 20 'C
    tapi begitu jam 11.00 berubah jadi panaaaaas sekali sekitar 33 - 40'C
    Pake solar cell buat air cond ajach

    .

  8. #8
    Advisor
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    22,178
    Rep Power
    30

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    sepertinya bukan cuma di Indonesia saja dech
    ditempat saya juga cuaca/suhu udara berubah2 dengan cepat

    pahi2 dingiiin sekali sekitar 15 - 20 'C
    tapi begitu jam 11.00 berubah jadi panaaaaas sekali sekitar 33 - 40'C
    Quote Originally Posted by Happy View Post
    Pake solar cell buat air cond ajach

    .

    saudara2ku, paru2 dunia di kawasan Afrika, Amerika Selatan dan Indonesia sudah "gundul", salju abadi di kutub Utara maupun Selatan sudah "mulai meleleh" juga umur dunia kita yang "sudah tua", itulah mengakibatkan suhu udara di berbagai negara termasuk Indonesia menjadi naik setiap tahunnya.
    apa yang harus kita lakukan?
    mari mulai dari diri kita sendiri banyaklah menanam berbagai pohon minimal di sekitar pekarangan kita, manfaatkan lahan yang ada walau tidak luas.

  9. #9
    Senior Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    1,296
    Rep Power
    4

    Re: Suhu Udara di Indonesia Rata-rata Naik

    Suhu bumi yang terus naik, kepada yang merasa ikut berperan agar sadar ................

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO