Page 2 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast
Results 11 to 20 of 66

Thread: Pendidikan Konservasi


  1. #11
    Junior Member ketapel's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Posts
    216
    Rep Power
    0

    Re: Pendidikan Konservasi

    wah hebat..... saya juga suka tu... menyebar nasi pake potas..nanti abis itu kita panen deh... nah hasilnya kita sebar ke kucing kucing juga

  2. #12
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Quote Originally Posted by ketapel View Post
    wah hebat..... saya juga suka tu... menyebar nasi pake potas..nanti abis itu kita panen deh... nah hasilnya kita sebar ke kucing kucing juga
    Salam LH, ini sih out of topic, segera kembali ke topik...Pendidikan Konservasi...ok.
    Untuk ynag saya paham ada beberapa peraturan tentang konservasi al:

    UU5 tahun 1990 tentang KSDA , dengan ancaman sanksi 100 juta bagi
    pemburu liar

    PP 13 tahun 1994 tentang taman dan kebun baru serta musim berburu
    jenis satwa liar yg terjadi peledakan populasi di suatu tempat shg melebihi
    daya dukung ekologi

    Demikian dan terimakasih, maaf gak bisa ngeluarin artikelnya, mohon bantuan infonya, saya cuma bisa cantumin link tapi belum tau agar
    link itu terbaca langsung.
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

  3. #13
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Satwa Dilindungi
    BKSDA Terima Kucing Hutan
    Bandar Lampung : Kabar baik buat dunia konservasi. Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung menerima penyerahan empat ekor kucing hutan (Felis Benglensis) dari masyarakat yang menemukan satwa liar itu di sekitar Perumahan Nusantara, Bandar Lampung, Rabu (121-3-09). Sayang, satu ekor di antaranya sudah mati.
    Sementara itu, Wakil Koordinator Polisi Hutan BKSDA, M. Hariyanto, yang menerima kucing hutan itu, mengatakan penyerahan satwa yang dilindungi ini menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat terhadap konservasi masih ada.Ini seharusnya menjadi pelajaran agar masyarakat yang masih memelihara satwa dilindungi, menyerahkan kepada BKSDA.
    Ada dua lokasi yang menjadi alternatif penglepasliaran kucing-kucing itu, yakni di Taman nasional Way kambas dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
    M. Hariyanto menambahkan populasi kucing hutan kini semakin sedikit. Hewan yang memangsa satwa-satwa kecil itu hampir punah jika tidak diselamatkan.
    Oleh sebab itu, kata M. Hariyanto, masyarakat harus berperan serta menyelamatkan satwa yang dilindungi sehingga keseimbangan alam tetap terjaga.
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

  4. #14
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Belajar memahami satwa

    Anak-anak mengikuti kegiatan pengenalan satwa dalam program The Children's of Heaven yang dipandu mahasiswa Universitas Gadjah mada di Dusun Goser, Desa Sumberahayu, Moyudan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (15/3).
    Program ini diharapkan bisa menumbuhkan ketertarikan anak untuk mencintai, melindungi, dan melestarikan lingkungan hidup sejak dini.
    (Kompas,Senin,16 Maret 2009, hal 23)
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

  5. #15
    Senior Member tanpanama's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakartabogorbekasi
    Posts
    2,231
    Rep Power
    8

    Re: Pendidikan Konservasi

    @willy2

    bro kenapa yang dibahas cuma faunanya aja??
    mana flora nya,,mana sisi lain konservasi??

    konservasi luas hlo..ada konservasi tanah dan air,,konservasi tanaman langka...(appendix I & II)..de el el..

    hanya sebagai tambahan konservasi sendiri terdiri dari 2 prinsip:
    1.pengelolaan
    2.perlindungan
    eksis? baik yah?

  6. #16
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Salam Lh, salam kenal kpd senior tanpanama,
    Terimakasih sudah mau berdiskusi di topik ini. betul memang bahwa konserv memiliki unsur pendukung selain faunanya. Saya tertarik akan konserv faunanya karena latar belakang saya kegemaran saya akan satwa liar yang menjadi kekayaan hayati Indonesia. Namun sangat terancam akan keberadaannya saat ini. Nah, dulu banyak teman saya saat SD mendapat didikkan salah dari paman mereka yang selalu mengikutsertakan saat mencari buruan sbg hobi. Padahal saat itu harusnya diajarkan bagaimana lucunya satwa satwa /pet yang dapat dipelihara dan jadi teman bermain. Mengapa fauna jadi idola saya untuk mendidik anak anak generasi penerus? Mungkin agak mudah misalnya ' Nak , ini namanya gajah , binatang ini sudah langka tapi bisa dilatih di sirkus/ kebon binatang. Kenapa kita mencintai gajah? Karena dia adalah satwa ciptaan Tuhan juga. Terus kita pun harus menjaga 'rumah' mereka di hutan itu lho dari para perambah hutan berladang pindah pindah, pencuri kayu hutan yang umurnya sudah ratusan tahun, pada pemburu liar yg mencuri gading ...dll
    Demikian metode saya yang mungkin sedikit banyak akan berguna buiat masa depan planet bumi.
    Tetapi okelah next time saya usahakan mempost yang unsur flora dan tanah.
    Ok, senior tanpanama keep post this topic, thanks.
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

  7. #17
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Pelajaran Lingkungan Hidup di SD

    Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, menerapkan kurikulum pendidikan lingkungan hidup di sekolah dasar. Sejak dini siswa diajari menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan agar lingkungan hidup di Kota Batu tetap terjaga.
    "Kami membidik siswwa SD sebab ini merupakan upaya membentuk perilaku anak ramah lingkungan sejak dini," ujar Kistono, pengawas sekolah sekaligus pengembang kurikulum pendidikan lingkungan hidup di Dinas Pendidikan Kota Batu, Senin (16/3) di Batu. Penerapan pendidikan tersebut sudah dilakukan di 89 sekolah dasar.
    Siswa SDN Pandanrejo 2, Kecamatan Bumiaji, kota batu, Jawa Timur, mendeteksi keberadaan organisme di sungai dekat sekolah untuk mengukur tingkat pencemaran air, senin(16/3). kegiatan tersebut merupakan bagian dari mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup.(DIA)
    Kompas,Selasa,17 Maret 2009
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

  8. #18
    Senior Member tanpanama's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakartabogorbekasi
    Posts
    2,231
    Rep Power
    8

    Re: Pendidikan Konservasi

    Quote Originally Posted by willywilly View Post
    Salam Lh, salam kenal kpd senior tanpanama,
    Terimakasih sudah mau berdiskusi di topik ini. betul memang bahwa konserv memiliki unsur pendukung selain faunanya. Saya tertarik akan konserv faunanya karena latar belakang saya kegemaran saya akan satwa liar yang menjadi kekayaan hayati Indonesia. Namun sangat terancam akan keberadaannya saat ini. Nah, dulu banyak teman saya saat SD mendapat didikkan salah dari paman mereka yang selalu mengikutsertakan saat mencari buruan sbg hobi. Padahal saat itu harusnya diajarkan bagaimana lucunya satwa satwa /pet yang dapat dipelihara dan jadi teman bermain. Mengapa fauna jadi idola saya untuk mendidik anak anak generasi penerus? Mungkin agak mudah misalnya ' Nak , ini namanya gajah , binatang ini sudah langka tapi bisa dilatih di sirkus/ kebon binatang. Kenapa kita mencintai gajah? Karena dia adalah satwa ciptaan Tuhan juga. Terus kita pun harus menjaga 'rumah' mereka di hutan itu lho dari para perambah hutan berladang pindah pindah, pencuri kayu hutan yang umurnya sudah ratusan tahun, pada pemburu liar yg mencuri gading ...dll
    Demikian metode saya yang mungkin sedikit banyak akan berguna buiat masa depan planet bumi.
    Tetapi okelah next time saya usahakan mempost yang unsur flora dan tanah.
    Ok, senior tanpanama keep post this topic, thanks.
    hehehe,,,maaf baru tau udah ada balasan di trit ini..
    kelamaan nyampah..capek mo seriusan..
    BTW dari mana anda?? sioux apa yang tentang orang utan??

    eh gue pake "gue" "lu" ga papa yak??

    mengenai flora langka..gue sendiri udah dan sedang membiakan pohon GAHARU yang termasuk ke dalam appendix II..

    sebagai info..appendix yang saya maksud adalah daftar nama2 flora maupun fauna ..intinya begitu..makin kecil tingkat appendix..makin langka dia..

    tanaman gaharu yang gue lagi kembang biakin tuh dari jenis Aguilaria malaccensis,,,
    sebenarnya untuk mengembangbiakan pohon ini mudah karena tidak begitu tergantung pada ZPT (zat pengatur tumbuh) dan relatif mudah untuk perawatannya..
    yang menjadi kendala sebenarnya harga bibit yang cukup mahal,,,
    namun hal ini bisa di tekan jika tujuan kita juga adalah bisnis selain konservasi tentunya...
    hal ini mengingat harga gaharu sendiri lumayan tinggi di pasaran

    pohon ini termasuk jenis yang semi toleran..jadi waktu kecil butuh naungan..ntar pas gede baru boleh kena paparan cahaya 100%

    segitu dulu yah..ntar kalo ada yang tanya,,atau minta melanjutkan baru gue post..
    eksis? baik yah?

  9. #19
    Beginner botanical's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Jogjakarta
    Posts
    83
    Rep Power
    6

    Wink Re: Pendidikan Konservasi

    wah, kalo ada acara konservasi di jogja, kabar2i yah... pengen ikutan berpartisipasi...

  10. #20
    Junior Member willywilly's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Posts
    322
    Rep Power
    6

    Re: Pendidikan Konservasi

    Quote Originally Posted by tanpanama View Post
    hehehe,,,maaf baru tau udah ada balasan di trit ini..
    kelamaan nyampah..capek mo seriusan..
    BTW dari mana anda?? sioux apa yang tentang orang utan??

    eh gue pake "gue" "lu" ga papa yak??

    mengenai flora langka..gue sendiri udah dan sedang membiakan pohon GAHARU yang termasuk ke dalam appendix II..

    sebagai info..appendix yang saya maksud adalah daftar nama2 flora maupun fauna ..intinya begitu..makin kecil tingkat appendix..makin langka dia..

    tanaman gaharu yang gue lagi kembang biakin tuh dari jenis Aguilaria malaccensis,,,
    sebenarnya untuk mengembangbiakan pohon ini mudah karena tidak begitu tergantung pada ZPT (zat pengatur tumbuh) dan relatif mudah untuk perawatannya..
    yang menjadi kendala sebenarnya harga bibit yang cukup mahal,,,
    namun hal ini bisa di tekan jika tujuan kita juga adalah bisnis selain konservasi tentunya...
    hal ini mengingat harga gaharu sendiri lumayan tinggi di pasaran

    pohon ini termasuk jenis yang semi toleran..jadi waktu kecil butuh naungan..ntar pas gede baru boleh kena paparan cahaya 100%

    segitu dulu yah..ntar kalo ada yang tanya,,atau minta melanjutkan baru gue post..
    Salam LH, salam senor tanpanama...
    Memang sih trit ini mungkin tidak menarik atau menjadi hoby. Itu sioux apa yang tentang orangutan? apa nih artine ? Saya sih gak ngerti. Saya cuma senag aja ada yang mau TS ini krn jaman sekarang sudakh jarang yang mau cape cape mikirin florafauna, apalagi kalau faunanya sekarang cuma diburu tanpa mengerti beda satwa hama(tupai/celeng yg sedang overpopulasi/ada undangan pemda setempat) dengan yang berguna bagi pertanian tetapi sekedar yang ada di lingkungan disitu ajah. Kaya burung tekukur , puyuh kan tidak menjadi hama tapi karena senor senornya bilang gak apa yah ditembak ajah.
    Selamt yah dengan pohon gaharunya, saya lagi konsen pd pohon sengon gajah yang memang cukup baik dan cepat panen, lagi mulai nanam ada 6 hektar semoga nanti besar juga ada fauna yg mau mampir dan bersarang paling burung tekukur krn sekelilingnya sudah ada tembok pabrik.
    Aneka ragam flora fauna adalah warisan alam (national heritage), wajib kita lestarikan.

Page 2 of 7 FirstFirst 1234567 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0