Page 1 of 9 123456789 LastLast
Results 1 to 10 of 85
Like Tree23Likes

Thread: Paus Baru Telah Terpilih


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    Paus Baru Telah Terpilih




    Asap putih baru saja mengepul dari cerobong asap khusus Kapel Sistina, Vatikan, Rabu (13/3/2013) malam. Seperti dilaporkan oleh CNN dan BBC, asap putih ini menandakan paus baru sudah terpilih, mengepul sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

    Dengan telah mengepulnya asap putih ini, berarti pengganti Paus Emeritus Benediktus XVI sudah terpilih melalui empat pemungutan suara sejak Selasa (12/3/2013). Dalam tradisi konklaf, hasil pemungutan suara para kardinal pemilih hanya bisa diketahui dari asap yang keluar dari cerobong Kapel Sistina.


    Asap hitam menandakan paus baru belum terpilih, sementara asap putih diiringi dentang lonceng St Peter menandakan paus baru telah terpilih. Belum ada keterangan resmi dari hasil pemungutan suara para kardinal dalam konklaf.


    Dari siaran langsung melalui situs BBC, ribuan warga di lapangan Basilica yang dua hari ini memantau langsung pelaksanaan konklaf terlihat bersorak girang menyambut kepulan asap putih dari Kapel Sistina. Dentang lonceng St Peter pun terdengar memastikan terpilihnya paus baru ini.


    Konklaf yang dimulai Selasa (12/3/2013) digelar untuk memilih paus baru, seiring pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada 28 Februari 2013. Pemungutan suara perdana, Selasa (12/3/2013) petang, belum mendapatkan minimal 77 dukungan untuk satu kandidat. Demikian pula dua pemungutan suara pada Rabu (13/3/2013). Namun, penantian 1,2 miliar umat Katolik sedunia terjawab oleh pemungutan suara keempat, Rabu (13/3/2013) petang waktu setempat.




    SUMBER
    Semoga Paus yang baru terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik ... dan juga membawa pesan-pesan perdamain bagi dunia

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    Asap Putih Muncul, Paus Baru Sudah Terpilih



    Baru saja prosesi pemilihan Paus baru atau Konklaf sudah mencapai puncak. Asap dari cerobong Kapel Sistina muncul berwarna putih, Rabu (13/3) malam waktu Roma. Ini artinya Kardinal telah sepakat akan nama baru yang akan menjadi pemimpin umat Katolik sedunia menggantikan Paus Benediktus XVI.

    Menurut laporan koresponden Metro TV di Eropa, Devi Trianna, asap putih keluar sekitar pukul 19.16 waktu Roma. Namun sampai saat ini, sosok Paus terpilih belum diketahui. Jutaan orang yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus Basilika, Vatikan, masih menanti Paus baru untuk keluar.

    Devi menambahkan, Paus terpilih biasanya akan keluar dan menuju balkon sejam setelah asap putih keluar. Karena Paus terpilih harus mengikuti beberap rangkaian sebelum keluar dan menyapa masyarakat.

    SUMBER

  3. #3
    Junior Member 19xyhome's Avatar
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    253
    Rep Power
    0

    Re: Paus Baru Telah Terpilih

    sip setuju...

    Quote Originally Posted by FW1983 View Post
    ... dan juga membawa pesan-pesan perdamain bagi dunia

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Mar 2013
    Posts
    48
    Rep Power
    0

    Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio Terpilih Sebagai Paus Yang Baru

    Paus Francis I yang berusia 76 tahun menggantikan Paus Benekditus XVI yang mengundurkan diri pada 28 Februari lalu dengan alasan tidak cukup kuat lagi untuk memimpin Vatikan.
    Terpilihnya Mario Bergoglio disambut cukup meriah di Amerika Latin apalagi Mario Bergoglio adalah Paus ketiga berturut-turut yang bukan berasal dari Italia dan yang pertama dalam lebih dari satu milenium dari luar Eropa. Terpilihnya Paus Francis adalah sebuah kejutan karena ia berasal dari kelompok kecil dan namanya tidak diunggulkan dalam prediksi pemilihan paus sebelumnya. Mario Bergoglio dikenal cukup rendah hati dan konservatif, ia selalu menghabiskan seluruh karirnya di Argentina dan selalu berpergian menggunakan bus umum.

    Paus Baru Telah Terpilih-pope-francis.jpg

    SUMBER:
    http://www.memobee.com/kardinal-arge...-8448-eij.html

  5. #5
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    Re: Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio Terpilih Sebagai Paus Yang Baru

    sippp ..... akhirnya pemimpin tertinggi umat Katolik terpilih juga

  6. #6
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    Vatikan Pilih Kardinal Argentina sebagai Paus Baru




    Kapel Sistina di Vatikan akhirnya mengeluarkan asap putih sebagai tanda sudah dipilih Paus yang baru. Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio ditunjuk menjadi Paus dan mengambil nama Paus Fransiskus.

    Proses konklaf di Tahta Suci Vatikan sudah berlangsung sejak Selasa 12 Maret lalu. Sejak saat itu, 115 kardinal sudah melakukan pemungutan suara sebanyak tiga kali namu tidak membuahkan asap putih.

    Kini, pada pemungutan suara terakhir, akhirnya Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio terpilih sebagai Paus yang baru. Bergoglio akan menggunakan nama Paus Fransiskus I, yang diambil dari nama Fransiskus Asisi, yang dianggap sebagai santo paling dicintai oleh warga Italia.

    Santo Fransiskus dikenal sebagai sosok yang mencintai binatang dan menjaga lingkungan. Acapkali, Santo Fransiskus digambarkan dengan seekor burung di tangannya.

    "Nama yang telah dipilih oleh Paus, menunjukkan dorongan yang ditempuhnya dalam menjabat (Paus)," ujar Wakil Pengurus Perpustakaan Ambrogio Piazzoni, seperti dikutip Guardian, Kamis (14/3/2013).

    Terpilihnya pria berusia 76 tahun ini diharapkan dapat membuahkan ketenangan dalam Vatikan, setelah Paus Emeritus Benediktus ke XVI memutuskan mundur pada 28 Februari lalu. Paus Fransiskus I ini diharapkan mampu dalam menyelesaikan masalah yang tengah menimpa gereja Katolik saat ini.


    SUMBER

  7. #7
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    FOTO: Kardinal Jorge Mario Bergoglio Terpilih Jadi Paus Baru

    Kardinal Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus pertama dari luar Eropa asal Argentina yang akan memimpin Takhta Suci.




    Kardinal Jorge Mario Bergoglio melambaikan tangan kepada puluhan ribu umat Katolik yang hadir saat menyaksikan pemilihan Paus baru di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Kamis (14/3).




    Kardinal Jorge Mario Bergoglio saat terpilih menjadi Paus baru berdiri di balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan, Kamis (14/3).




    Paus 76 tahun ini berasal dari Ibu Kota Buenos Aires, Argentina. Dia menjadi Paus ke-266 menggantikan Paus Benediktus XVI.




    Kardinal Jorge Mario Bergoglio menyapa puluhan ribu umat Katolik yang hadir dari atas balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan, Kamis (14/3).




    Kardinal Jorge Mario Bergoglio menyapa puluhan ribu umat Katolik yang hadir dari atas balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan, Kamis (14/3).




    Kardinal Jorge Mario Bergoglio saat dipilih menjadi Paus baru di balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan, Kamis (14/3).




    Puluhan ribu umat Katolik bersorak memenuhi lapangan Basilika Santo Petrus di Vatikan menyaksikan terpilihnya Kardinal Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus baru, Kamis (14/3).


    SUMBER

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    South Celebes
    Posts
    33
    Rep Power
    0

    Re: Paus Baru Telah Terpilih

    Puji Tuhan! Berselang 14 hari Sede Vacante, Umat Katholik diberkahi Bapa Suci. Smg smkn mngaskan pesan-pesan damai & suka cita bg seluruh semesta raya. Amin!

  9. #9
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,823
    Rep Power
    0

    Re: Paus Baru Telah Terpilih

    Quote Originally Posted by Iron Thea View Post
    Puji Tuhan! Berselang 14 hari Sede Vacante, Umat Katholik diberkahi Bapa Suci. Smg smkn mngaskan pesan-pesan damai & suka cita bg seluruh semesta raya. Amin!
    bener gan .... semoga Paus yang baru selalu membawa pesan-pesan perdamaian bagi dunia

  10. #10
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    286
    Rep Power
    0

    Siapakah Bergoglio? Si Paus Baru Ini


    Sosok Kardinal Jorge Mario Bergoglio yang berusia 76 tahun dari Buenos Aires, Argentina telah resmi dipilih sebagai pemimpin ke-266 dari Gereja Katolik Roma. Mulai Rabu waktu setempat, ia pun kini menyandang gelar Paus Francis atau Fransiskus I.


    Seperti dikutip New Jersey Times yang dilansir Kamis (14/3/2013), Bergoglio adalah paus pertama dari Amerika latin yang pernah terpilih. Ia pun baru pertama kalinya menjabat posisi tersebut.


    Meski tak diunggulkan, Kardinal Jorge Mario Bergoglio akhirnya terpilih setelah dilakukan pertemuan rahasia antara para kardinal selama 2 putaran.


    Latar Belakang

    Jorge Mario Bergoglio merupakan seorang putra imigran Italia yang terkenal konservatif dengan kepribadian hangat. Paus pengganti Paus Benediktus XVI itu telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mengajar agama dan menjadi pemuka agama katolik terkemuka di Amerika Latin dimana wilayah yang dilayaninya merupakan pangsa terbesar dari umat Katolik di dunia.


    Bergoglio telah menjabat sebgai pemuka agama sejak Desember 1969, dan menjadi pemuka agama di Argentina pada tahun 1973. Tak hanya menjadi pemuka agama, ia juga menjadi seorang Rektor di Fakultas Filsafat dan Teologi San Miguel pada 1980 hingga 1986.


    Kantor berita Holy See menulis, setelah Bergoglio menyelesaikan disertasi doktoralnya di Jerman, ia kembali ke Argentina menjabat sebagai direktur pelayanan spiritual di Cordoba. Ia pun diangkat menjadi kardinal pada Februari 2001 oleh Paus John Paul II.


    Menurut penulis biografinya, Sergio Rubin, sosok Paus baru ini merupakan seseorang yang sangat rendah hati.
    "Ini (Jorge Mario Bergoglio) membuat banyak orang penasaran: Ketika ada pertemuan uskup, dia selalu ingin duduk di baris belakang. Ini (sikap Jorge Mario Bergoglio) menunjukkan rasa kerendahan hati yang sangat terlihat ketika berada di Roma," kata Rubin.


    Bahkan seperti dilansir CNN, tambah Rubin, ketika menghadiri pertemuan para uskup itu Bergoglio lebih memilih transportasi umum bukan menumpang mobil Limousin.


    Tak semulus prestasinya di dunia Katolik yang digelutinya, Bergoglio ternyata pernah menjalani operasi paru-paru akibat menderita infeksi.


    SUMBER

Page 1 of 9 123456789 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0