Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris



    Organisasi Papua Barat atau Free West Papua Campaign terus mencari dukungan dari dunia internasional. Mereka baru-baru ini membuka kantor di Kota Oxford, Inggris.

    Organisasi itu mengaku kantor itu akan digunakan untuk mengkampanyekan kemerdekaan Papua Barat. Kantor itu akan berkoordinasi dengan kantor mereka yang telah berdiri sebelumnya di Papua Nugini.

    “Pembukaan kantor baru akan memudahkan kita melakukan kampanye agar Papua dapat menentukan nasibnya sendiri,” sebut Free West Papua Campaign, melalui pernyataannya di situs resminya, yang disitat Okezone, Jumat (3/5/2013).

    Kantor perwakilan tersebut resmi dibuka pada Minggu 28 April lalu. Pembukaan kantor itu pun mendapat dukungan dari beberapa politisi Inggris.

    Wali Kota Oxford Mohammed Abbasi mendatangi upacara pembukaan kantor tersebut. Acara itu juga dihadiri perwakilan dari Pengacara Internasional untuk Papua Barat (ILWP) dan pendukung Organisasi Papua Barat yang ada di Belanda.

    Dalam sambutannya, perwakilan dari ILWP Andrew Smith berjanji akan terus mendukung perjuangan Organisasi Papua Barat. ILWP memang terdiri dari politisi asing yang bersimpati kepada mereka.

    Andrew Smith menjabat posisi wakil ketua di ILWP. Dia juga bekerja sebagai anggota parlemen lokal di Kota Oxford.


    SUMBER

    yang penting warga papua jangan terprovokasi aja

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    Quote Originally Posted by indonews View Post
    wew mantap juga ya papua buka kantor di inggris salut gan.





    iyaaaa .... tapi itu bukan Provinsi Papua / Papua Barat ....

  3. #3
    Junior Member 26xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    272
    Rep Power
    2

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    kayaknya maksudnya artikel diatas papua mau pisah dari indonesia, cari dukungan dengan buka kantor di inggris..

    yakin nich komennya....?

    Quote Originally Posted by indonews View Post
    wew mantap juga ya papua buka kantor di inggris salut gan.
    ...

  4. #4
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    OPM Buka Kantor di Oxford, Pemerintah Panggil Dubes Inggris



    Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, Jumat 3 Mei 2013, menyatakan pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri akan segera memanggil Dubes Inggris untuk Indonesia.

    Pemanggilan tersebut terkait gerakan Organisasi Papua Merdeka yang membuka kantor resmi di Oxford, Inggris.

    Djoko Suyanto menjelaskan, beberapa waktu lalu "Free Papua Campaign" membuka kantor pusat di Inggris, yang dihadiri oleh wali kota dan anggota DPR setempat. Padahal, selama ini, pemerintah Inggris dan oposisi di parlemen tidak pernah mendukung kegiatan tersebut.

    Menurut Djoko, secara formal Inggris mengakui kedaulatan NKRI atas Papua. "Untuk mempertegas sikap dan prinsip pemerintah Inggris yang selama ini mendukung NKRI, Kementerian Luar Negeri akan panggil Dubes Inggris di Jakarta," katanya.

    "Sementara itu, KBRI London akan melakukan langkah serupa terhadap Kementerian Luar Negeri Inggris di London. Semua langkah kami lakukan untuk kedaulatan NKRI," katanya.

    Dikutip dari laman Free West Papua, pada 28 April 2013, mereka meresmikan kantor pusat di Oxford, Inggris. Peresmian tersebut dihadiri oleh Wali Kota Oxford, Mohammed Abbasi, DPR East Oxford, Andrew Smith, dan mantan wali kota Elise Benjamin.


    SUMBER

  5. #5
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    NKRI harga mati, pemerintah jangan sampe didesak oleh internasional..
    dimana pun mereka buka cabang cari dukung,pemerintah harus fokus dengan pembangunan di papua..

  6. #6
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    OPM Dirikan Kantor Perwakilan Parlemen di Inggris





    Organisasi Papua Merdeka resmi membuka kantor perwakilan di London, Inggris. Kantor tersebut diresmikan pada 1 Mei 2013 lalu. "Benar, ini merupakan bentuk kampanye Papua di dunia internasional atas apa yang terjadi di Papua, tujuan kantor perwakilan itu juga sebagai wahana membuka jaringan di luar negeri," kata Jonah Weyah, juru bicara Dewan Militer Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka, Sabtu, 4 Mei 2013.

    Menurut dia, tak ada yang salah dari pendirian kantor perwakilan itu. Puluhan tahun, kampanye Papua Merdeka didengungkan dan kini saatnya menjalin hubungan lebih erat dengan bangsa-bangsa di dunia. "Kepala perwakilan adalah Benny Wenda. Kami membuka relasi dengan siapa saja untuk kampanye pelanggaran HAM di Papua, termasuk mendorong status Papua sebagai bangsa bebas," ujarnya.


    Benny yang tinggal di Inggris sebelumnya mendirikan Parlemen Internasional untuk Papua Barat (IPWP) pada Oktober 2008. Ia mendapat dukungan dari sejumlah politisi, terutama yang berada di Inggris semisal Andrew Smith, Lord Harries, Lembik Opik dari parlemen Inggris.

    Wenda pernah menjadi incaran Polisi Internasional atau Interpol karena aktifitas politiknya yang mengganggu pemerintah Indonesia. Belakangan nama Benny Wenda dihapus dari Daftar Pencarian Orang (DPO) karena polisi tak menemukan unsur kriminal sebagaimana dituduh otoritas Indonesia.

    "Kami menyuarakan hak kami, tidak mengganggu siapa-siapa, kantor perwakilan ini penting untuk masa depan Papua," kata Jonah Weyah.

    Meski baru dibangun, kantor perwakilan Parlemen Papua itu terancam ditutup. Dalam sebuah pertemuan Gubernur Papua Lukas Enembe dengan Dubes Inggris untuk Indonesia Mark Canning di Jakarta, pemerintah Inggris kata Mark Canning tidak sejalan dengan aktivitas Benny Wenda. "Kami belum mendengar itu, itu tidak mungkin, kampanye untuk Papua bukan baru, sudah dari lama," kata Weyah.


    Ia menegaskan, kasus pelanggaran HAM dan status bangsa Papua yang bebas, sepatutnya diketahui pihak internasional. "Jelas bahwa kami berbeda, kemerdekaan adalah hak bangsa-bangsa di dunia, dan itu diakui UUD Indonesia," katanya.


    SUMBER


  7. #7
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,817
    Rep Power
    0

    Papua Merdeka Buka Kantor di Inggris, Indonesia Bereaksi



    Kantor perwakilan Papua Merdeka dibuka di Oxford, Inggris pada 28 April lalu. Pemerintah Indonesia pun bereaksi atas hal tersebut.

    Juru bicara presiden, Julian Aldrin Pasha mengatakan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa telah melaporkan pembukaan kantor tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Pemerintah Indonesia, imbuh Julian, akan mencari keterangan dari pemerintah Inggris terkait hal tersebut.

    "Menteri Luar Negeri akan memanggil Dubes Inggris, Mark Canning untuk meminta penjelasan dan memberikan klarifikasi. Dubes Indonesia di Inggris pun akan melakukan hal yang sama," katanya, Sabtu (4/5).

    Ia meyakini pembukaan kantor Papua Merdeka itu adalah klaim sepihak oleh orang-orang yang mengatasnamakan aktivis atau penggagas Papua Merdeka. Ia juga menyakini hal tersebut tidak merepresentasikan pemerintah Inggris.

    Meski begitu pemerintah Indonesia akan mengejar dan meminta keterangan resmi. Apalagi, sampai saat ini belum pernah mendapatkan penjelasan dari pemerintah Inggris.

    Untuk diketahui, di Inggris tepatnya Oxford telah diresmikan kantor Papua Merdeka. Kantor tersebut dibuka oleh aktivis yang menamakan diri Free West Papua Campaign.

    Pembukaan dihadiri Walikota Oxford Mohammaed Niaz Abbasi, anggota parlemen Inggris, Andrew Smith, dan mantan walikota Oxford, Elise Benjamin. Konon, kantor tersebut dibuka untuk memenuhi tuntutan kampanye gerakan tersebut.


    SUMBER

  8. #8
    Senior Member Schuster's Avatar
    Join Date
    Jan 2011
    Location
    ZAKARta
    Posts
    1,722
    Rep Power
    6

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    inggris juga nih
    kenapa gak menghargai kedaulatan indonesia
    katanya anggota keamanan PBB malah manas2in situasi
    Rocket Ship Goes By

  9. #9
    Junior Member casino's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    448
    Rep Power
    0

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    wahh parah nih siap2 daerah lain ikutin jejak juga

  10. #10
    Junior Member kopral's Avatar
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    tasikmalaya
    Posts
    385
    Rep Power
    0

    Re: Organisasi Papua Barat Buka Kantor di Inggris

    sangat di sayangkan sekali ya kalo papua ini berpisah dari indonesia. hmm

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0