Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 20

Thread: Taliban: Musuh siapa?


  1. #1
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Thumbs down Taliban: Musuh siapa?

    Taliban Bukanlah Musuh AS Sesungguhnya - KOMPAS.com

    KOMPAS.com - Setelah 45 hari menjadi tahanan Taliban, warga AS, Jere van Dyk, membuat kesimpulan yang mengejutkan, bahwa Taliban bukan musuh AS yang sesungguhnya. Van Dyk, pengarang buku berjudul Captive, menuturkan pengalamannya sewaktu menjadi tawanan Taliban.

    ”Hari-hari menjadi tawanan Taliban membantu saya menemukan kejelasan bahwa tidak ada warna hitam atau putih di Afganistan. Tidak ditemukan penyiksaan yang mengerikan di Afganistan. Hendaknya AS juga tidak melancarkan perang secara membabi buta,” tutur Van Dyk seperti dikutip dua harian Pakistan berbahasa Inggris, The News dan The Nation, edisi Jumat (23/7).

    Ia mengakui, ketika ditangkap dan digiring sempat muncul perasaan takut dan bingung. ”Saya saat itu bersama tiga warga Afganistan yang berada dalam satu ruang tahanan. Saya selalu berdoa agar selamat dari hukuman berupa tembakan atau pemenggalan oleh Taliban,” ujar Van Dyk menceritakan pengalamannya ketika dalam tahanan.

    Van Dyk dalam wawancara dengan kantor berita AFP di New York mengatakan, Taliban tidak seperti Tanzim Al Qaeda. Menurut dia, Taliban dipaksa berperang dengan AS. ”Mereka (Taliban) bukan musuh di sini (di wilayah AS). Mereka menjadi musuh kita karena kita berada di sana (Afganistan),” lanjut Van Dyk di apartemennya yang dihiasi gambar panah dan berbagai souvenir dari hasil perjalanan jurnalistiknya.

    Taliban, lanjutnya, menjadi terisolasi dan bersikap keras karena peperangan bertahun-tahun. Akan tetapi, tambahnya lagi, Taliban tetap sebagai gerakan fundamentalis lokal yang berbeda dengan Tanzim Al Qaeda yang mengglobal. ”Banyak orang berpikir, mereka (Taliban dan Tanzim Al Qaeda) sama. Akan tetapi, saya percaya kedua kelompok itu sangat berbeda,” kata Van Dyk.

    Van Dyk adalah wartawan yang sering berkunjung ke Afganistan sejak dekade 1970-an dan sempat menetap di negeri itu beberapa waktu. Pada Februari 2008, Van Dyk ditangkap pada saat menjalankan tugas jurnalistik di basis Taliban di perbatasan Afganistan-Pakistan.

    Namun, ia mengaku masih belum tahu siapa yang menangkapnya dan di mana dia ditahan serta bagaimana dia dibebaskan setelah enam pekan berada dalam tahanan. Ia tidak mengesampingkan kemungkinan warga Afganistan yang semula dipercaya dan dijadikan teman, kemudian berkhianat dan membawanya ke tempat berbahaya.

    Lecehkan konferensi
    Taliban melecehkan konferensi internasional tentang masa depan Afganistan yang digelar di Kabul, Selasa lalu. Taliban, dalam pernyataan yang disebarkan kepada berbagai media massa dan kantor berita Rabu malam lalu, menyebutkan, ”Konferensi itu mengusung agenda buruk dan suram, yang menunjukkan bahwa AS dan sekutunya hendak lari dari tanggung jawab dan melempar kekalahannya kepada Pemerintah Afganistan.

    Perwakilan dari AS dan 60 negara lainnya bertemu di Kabul hari Selasa lalu untuk memberikan dukungan terhadap program Presiden Afganistan Hamid Karzai soal rencana militer dan aparat keamanan negeri itu yang akan mengambil alih tanggung jawab keamanan secara penuh pada tahun 2014.

    Di Afganistan kini terdapat 140.000 pasukan multinasional dan sepertiga dari jumlah tersebut adalah pasukan AS. Mereka menghadapi perlawanan Taliban di negeri itu yang semakin marak terakhir ini.

    Taliban menyatakan, konferensi itu menunjukkan bahwa AS telah kehilangan inisiatif dan tidak mampu memberikan penyelesaian terhadap isu Afganistan. ”Aksi apa pun yang akan diambil saat ini akan gagal,” tandas pernyataan Taliban itu. (AP/AFP/REUTERS/mth)

    -----------------------------------------------------------------------

    Mungkin dengan tidak adanya Taliban... Amerika bisa mengeruk keuntungan disana sama seperti agenda Freeport untuk Tembaga, Emas Dan Uranium kan pak bimbim???

    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  2. #2
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    -----------------------------------------------------------------------

    Mungkin dengan tidak adanya Taliban... Amerika bisa mengeruk keuntungan disana sama seperti agenda Freeport untuk Tembaga, Emas Dan Uranium kan pak bimbim???

    [/QUOTE]

    halo itachi..
    mau bicara apa sih kamu??? aku nggak ngerti

  3. #3
    Contributor
    Join Date
    Sep 2008
    Posts
    2,853
    Rep Power
    14

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Taliban memang bukan musuh AS, bila tidak mendukung Al Qaedah yang menyerang AS terlebih dahulu dalam peristiwa 9/11.

    Mengapa juga Taliban tidak rela Amerika pergi dan menyerahkan kekuasaan sepenuhnya pada pemerintah dan tentara Afghanistan? Bukankah itu yang diinginkan?

    Amerika dan tentara internasional tidak pernah setuju dan berniat dengan penjajahan demikian juga dengan existensi mereka di Afghanistan. Kalau berniat menjajah tentu tidak akan seperti saat ini ceritanya.

  4. #4
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    -----------------------------------------------------------------------

    Mungkin dengan tidak adanya Taliban... Amerika bisa mengeruk keuntungan disana sama seperti agenda Freeport untuk Tembaga, Emas Dan Uranium kan pak bimbim???

    halo itachi..
    mau bicara apa sih kamu??? aku nggak ngerti[/QUOTE]

    untuk mu... untuk siapa lagi?

    freeport yang konon kata ente adalah apa? kehebatan cing ato?
    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  5. #5
    Contributor
    Join Date
    Jun 2008
    Posts
    3,066
    Rep Power
    12

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Quote Originally Posted by Itachi View Post
    halo itachi..
    mau bicara apa sih kamu??? aku nggak ngerti
    untuk mu... untuk siapa lagi?

    freeport yang konon kata ente adalah apa? kehebatan cing ato?[/QUOTE]

    aku bergaya bloon supaya setara dengan kamu dijawab dengan kedegilan dan kebodohan lagi... saya nggak sanggup kawan.. diskusi apa, apa yg bisa kita diskusikan???

  6. #6
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Quote Originally Posted by bimbim View Post
    untuk mu... untuk siapa lagi?

    freeport yang konon kata ente adalah apa? kehebatan cing ato?
    aku bergaya bloon supaya setara dengan kamu dijawab dengan kedegilan dan kebodohan lagi... saya nggak sanggup kawan.. diskusi apa, apa yg bisa kita diskusikan???[/QUOTE]

    gw yang bodoh dan degil... ya gw bodoh dan degil... bodoh karena mau negara ini mengelola freeport dengan anak bangsa... gw degil karena mau anak bangsa ini yang mengelola Natuna... dan lainnya...



    kau pintar karena membagi dengan amerika dan pintar karena mau mengutang kembali... dan pintar membiarkan negara ini terlilit utang... bukannya memperbaiki masalah korupsi... contoh yang nyata adalah...

    Sri Mulyani.
    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  7. #7
    Contributor Itachi's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Konohagakure
    Posts
    4,712
    Rep Power
    10

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Quote Originally Posted by 3serangkai View Post
    Taliban memang bukan musuh AS, bila tidak mendukung Al Qaedah yang menyerang AS terlebih dahulu dalam peristiwa 9/11.

    Mengapa juga Taliban tidak rela Amerika pergi dan menyerahkan kekuasaan sepenuhnya pada pemerintah dan tentara Afghanistan? Bukankah itu yang diinginkan?

    Amerika dan tentara internasional tidak pernah setuju dan berniat dengan penjajahan demikian juga dengan existensi mereka di Afghanistan. Kalau berniat menjajah tentu tidak akan seperti saat ini ceritanya.
    Udah liat berita anak2 Fallujah? kenapa ente gak ngepost tentang itu? jika itu taliban langsung di post... jika itu amerika?

    run away... run away...

    omg...

    Got killed by human? Thats not a god, but 'CENCORED' acting like God.

  8. #8
    Contributor
    Join Date
    Aug 2009
    Posts
    2,761
    Rep Power
    0

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Memang GW Bush yang terlalu emosi menyerang Taleban, hanya gara-gara Taleban tidak mau menyerahkan Osama. Sama kasusnya dengan waktu Sihanouk bilang "netral" dalam perang Vietnam.

  9. #9
    Senior Member antasena's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Jakarta-Bandung PP
    Posts
    2,024
    Rep Power
    11

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Tachi belakangan ini lu mulai parah lagi, kenapakah? Ditinggal putus pacar ya?

    Terus yang mau dibahas di sini apa?

    Lagipula selama dirimu tidak bisa melepaskan pola pikirmu dari golonganmu dan golongan orang lain, agak susah berdiskusi bro.

    Lalu pola pikir "orang lain" adalah sumber dari segala sumber permasalahanmu juga kalau masih dibawa-bawa ya susah bro.

    Contohnya di sini: Amerika lu anggap biang kerok dari segala kerok yang ada. IMO Amerika jelas bukan tuhan atau malaikat yang harus lu kultuskan sampai segitunya. Jelas Amerika bisa salah, tapi lantas apakah lu ingin melakukan kesalahan yang sama, revenge gitu

    Boleh juga, bisa jadi judul film tuh: "Revenge of the Itachi"

    lol
    "Darkness called .. But I was on the phone so I missed him"

  10. #10
    Contributor
    Join Date
    Apr 2009
    Posts
    2,776
    Rep Power
    8

    Re: Taliban: Musuh siapa?

    Banyak pihak2 yang menginginkan AS keluar cepat2 dari Afganistan dan Irak, isu2 tersebut direspon Obama. Kenapa Taliban mengharapkan AS berlama2 di di Afganistan? Apakah Taliban tdk mau militer Afganistan kuat sepeninggalan AS? Sebaiknya Taliban bekerja sama dgn pemerintah Afganistan untuk membersihkan Afganistan dari kelompok2 Al Qaedah. Selanjutnya mendirikan partai untuk mengikuti Pemilu.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0