Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    172
    Rep Power
    0

    Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Jakarta, Ribuan jenis tanaman berkhasiat obat seharusnya bisa menjadi identitas bagi Indonesia karena sulit ditemukan di negara lain. Sayangnya banyak yang justru dipatenkan di luar negeri, seperti temulawak di AS dan kunyit di Jerman.

    Paten atas kandungan sylimarin dalam kunyit (Curcuma longa Linn) didaftarkan di Jerman beberapa waktu yang lalu oleh ilmuwan Bandung. Sebelumnya, curcumin dalam temulawak (Curcuma xanthorrhiza) juga telah dipatenkan di Amerika Serikat.

    "Saya kurang tahu apakah yang mematenkan temulawak itu orang Indonesia atau bukan, yang jelas itu sangat merugikan bagi kita," ungkap Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) dr Hardhi Pranata SpS saat dihubungi detikHealth, Kamis (21/10/2010).

    Contohnya temulawak yang harganya menjadi lebih mahal ketika dipasarkan di Indonesia oleh perusahaan asing. Padahal bahan bakunya sangat murah dan berlimpah karena bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru nusantara.

    Menurutnya, temulawak merupakan identitas bangsa seperti halnya gingseng di Korea. Karena herbal tersebut tidak tumbuh di negara lain, seharusnya hak patennya juga dimiliki oleh Indonesia.

    Namun untuk mematenkan tanaman obat di dalam negeri, dr Hardhi mengakui prosesnya tidak mudah. Kendala yang paling sering dihadapi adalah kurangnya sponsor, sebab penelitian tentang herbal membutuhkan biaya yang cukup besar.

    "Banyak ilmuwan kita melakukan penelitian awal di Indonesia, namun pada tahap akhir harus dibawa ke luar negeri karena di sana lebih mudah mencari sponsor. Kalau sudah begitu, hasilnya sekalian dipatenkan di negara tersebut," tambah dr Hardhi.

    Untuk melindungi herbal asli Indonesia dari pembajakan sumber daya hayati (biopiracy), pemerintah melalui Kementerian Kesehatan membentuk Komisi Nasional Saintifikasi Jamu. Pembentukan komisi tersebut saat ini tengah berlangsung di Bali, selama 2 hari yang berlangsung 21-22 Oktober 2010.

    source :
    http://www.detikhealth.com/read/2010...-as?l991101755

    Quote Originally Posted by tonosoe View Post
    Dipatenkan itu konsekuensi riilnya apa? Apa kalau kita mau masak kare, kunirnya harus beli atau minta ijin dengan membayar sejumlah royalti kepada pemerintah Jerman, dan bila tidak, kita bisa dianggap melanggar hak paten?

    EMANG GUE PIKIRIN!
    ane ngakak baca komen di atas udah tulisannya gede gede.. salah ngerti pula....

    Anda memang ga boleh mikirin masalah ini...
    baca aja ga teliti... atau mungkin daya nalar anda kurang..

    yang dipatenkan bukan tanamannya tapi kandungannya

    Paten atas kandungan sylimarin dalam kunyit (Curcuma longa Linn) didaftarkan di Jerman beberapa waktu yang lalu oleh ilmuwan Bandung. Sebelumnya, curcumin dalam temulawak (Curcuma xanthorrhiza) juga telah dipatenkan di Amerika Serikat.
    perhatikan yg dibold: kandungannya, bukan tanamannya.
    cucuma sekarang sudah lazim sebagai obat contohnya curcuma plus dll
    dan g usah pake font gede norak banget.

    please read the thread before you post the comment
    Last edited by ibnuwarfan; 12-09-11 at 04:54 PM.

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    393
    Rep Power
    0

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    selalu saja terlambat bertindak, setelah dipatenkan dinegara lain baru dech bertindak
    kalau tidak ada yang melakukan didiamkan saja, kenapa sich negara ini tidak berlajar dari yang lalu
    lihat beberapa budaya kita diakui negara tetangga sebagai kebudayaan mereka baru kitaribut, kalau tidak ya tenang aja
    lihat tempe, sudah sejak jaman dahulu kala adalah makanan asli indinesia namun siapa yang memikliki hak patennya< jepang

    padahal temulawak susah banget numbuh di amerika koq bisa ya patentnya milih amerika, begitu juga kunyit yang numbuh di jerman bak menanam emas, koq bbisa patent dimiliki mereka meski yang mematenkan adalah orang indonesia
    aneh banget negeriku ini

  3. #3
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,821
    Rep Power
    7

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    wah wah wah
    sayang sekali ya......
    mestinya kita yang patenkan itu

  4. #4
    Beginner
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    karawang
    Posts
    69
    Rep Power
    0

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Kejadian serupa terus saja berlangsung, dan pemerintah kembali tidak mengambil pelajaran dan melakukan tindakan pencegahan penyerobotan oleh pihak lain yang mematenkan produk2 dalam negeri. Semestinya, hal ini menjadi prioritas dalam program kerja lintas departmen. Karena ini bukan soal saat ini, tapi akan berlaku sampai anak cucu kita..

  5. #5
    Junior Member tonosoe's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Posts
    441
    Rep Power
    4

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Dipatenkan itu konsekuensi riilnya apa? Apa kalau kita mau masak kare, kunirnya harus beli atau minta ijin dengan membayar sejumlah royalti kepada pemerintah Jerman, dan bila tidak, kita bisa dianggap melanggar hak paten?

    EMANG GUE PIKIRIN!

  6. #6
    Newbie musfilar's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Posts
    19
    Rep Power
    0

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Quote Originally Posted by tonosoe View Post
    Dipatenkan itu konsekuensi riilnya apa? Apa kalau kita mau masak kare, kunirnya harus beli atau minta ijin dengan membayar sejumlah royalti kepada pemerintah Jerman, dan bila tidak, kita bisa dianggap melanggar hak paten?
    hati-hati kalau masak,,,,,,

  7. #7
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    393
    Rep Power
    0

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    emang gak perlu difikirin , karena kalau anda fikirkan ya gak jadi masak...

  8. #8
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    393
    Rep Power
    0

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    emang gak perlu difikirin, karena kalau mikir terus gak jadi masak,


    Quote Originally Posted by tonosoe View Post
    Dipatenkan itu konsekuensi riilnya apa? Apa kalau kita mau masak kare, kunirnya harus beli atau minta ijin dengan membayar sejumlah royalti kepada pemerintah Jerman, dan bila tidak, kita bisa dianggap melanggar hak paten?

    EMANG GUE PIKIRIN!

  9. #9
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Jangan lupa.
    Mie spagetti itu yg punya paten orang italia. Padahal aslinya mie itu dari... China. Apakah orang cina kebakaran je*but? Nggak kan? Dan apakah Cina merasa kehilangan muka dengan adanya spageti?

    Atau dangdut yang aslinya dari India, keroncong asal Portugal di klaim dan dipatenkan oleh orang Indonesia.

    Intinya sih, kita harus bisa show off lebih baik dan berusaha semaksimal mungkin supaya tempe, kencur dan temulawak itu dikenal dari Indonesia, nggak peduli paten nya siapa yg buat.
    Misalnya ada kuis anak2 bule pertanyaanya : tempe asalnya dari mana? indonesia! pasti kita akan bangga. Walau hak registrasinya dipegang jepang, misalnya.

    Tapi kalau melihat pola pikir orang Indonesia sekarang ini, saya pesimis.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  10. #10
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Temulawak Dipatenkan di AS & Kunyit Dipatenkan di Jerman

    Kalau masalah kunyit kita nggak bisa ngomel.
    kunyit (curcuma / turmeric), asalnya dari India. Makanya masakan India dan Bangladesh itu full bumbu kunyit.

    Temulawak itu dulunya tanaman liar nggak diperhatikan. Asalnya dari Indonesia. Sejak ada heboh temulawak bisa nyembuhin penyakit liver, tanaman ini mulai dilirik.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO