Page 3 of 12 FirstFirst 123456789101112 LastLast
Results 21 to 30 of 120
Like Tree12Likes

Thread: Orang Yahudi Cerdas Mitos atau Fakta?


  1. #21
    Junior Member ZzodiacC's Avatar
    Join Date
    May 2009
    Posts
    362
    Rep Power
    6

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    kopas mode on ya:

    Dr Stephen Carr Leon menghabiskan masa 3 tahun di Israel untuk menjalani housemanship di beberapa rumah sakit disana.
    Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “ Mengapa Yahudi Pintar? ”
    Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar?
    Kenapa Tuhan memberi kelebihan kepada mereka? Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri? ( pertanyaan yang sama dalam benak saya, kenapa setiap orang sukses tak lepas dari bangsa Yahudi lagi bangsa Yahudi lagi ! )
    Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya.
    Dengan tekadnya yang bulat maka dimulailah pengamatannya itu.

    Masa Kehamilan sang ibu.

    Begitu wanita Israel yang mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung anak, maka langsung sang ibu tersebut sering bernyanyi dan bermain piano dan juga membeli buku matematika.
    Bermain piano dan bernyanyi bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati bawaan si bayi tersebut ketika lahir. Dengan bernyanyi dan bermain piano,maka sang ibu akan merasakan ketenangan.
    Diharapkan sang bayi akan memiliki karakter bawaan yang tenang dan berfikir matang ketika menghadapi masalah hidup nantinya.
    Sedangkan mengerjakan soal matematika bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan otak bayi yang ada dalam kandungannya.
    Agar anak mereka terkahir dengan otak jenius.
    Dan para ibu Yahudi yang tengah mengandung, terus menerus mengerjakan soal matematika yang ada sampai tiba saat melahirkan. Kadang mereka mengerjakan bersama suaminya dan bertanya kepada saudara-saudaranya bila ada soal yang terasa sulit.

    Artinya…mereka tidak melatih kecerdasan otak anak mereka dari kecil, dari balita, dari umur 3 bulan, tapi dari sejak di dalam kandungan !
    Sebuah perencanaan yang dalam sekali !

    Cara makan :

    Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala (sekali lagi, tanpa kepala!) bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan.
    Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak didalam kandungan.
    Sama seperti kebiasaan orang Jepang yang jenius juga dalam kerajinan memakan daging ikan )
    Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. Menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan.
    Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),” ungkapnya.
    Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam.

    Perinsip : “ kalau sudah makan ikan, tidak boleh ada daging yang dimakan bersamaan “ ternyata sama dengan perinsip makannya Rasullullah S.A.W, manusia terjarang sakit sedunia )
    Mereka juga akan makan buah-buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah-buahan dahulu. Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk.
    Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah.
    Ternyata makan buah dahulu baru nasi, akan menyebabkan buah busuk. Karena proses pencernaan makanan di dalam perut kita itu memakan waktu yang lama. Sehingga akan membuat buah mengalami antrian yang panjang sampai akhirnya dia keburu busuk duluan.
    ( Pernah membiarkan apel yang sudah terkelupas khan ? lama-lama akan kuning dan bisa membusuk khan ? itu hanya didiamkan dan terkena udara loh…bagaimana kalau dicampur olahan makanan di dalam perut kita ? Sudah pasti busuk duluan sebelum dapat diproses. Jadi istilah “makan buah setelah makan nasi” sebagai pencuci mulut itu SALAH. Makan buah sebelum makan nasilah yang benar, bukan setelah makan nasi. Percuma. )

    Anak-Anak Yahudi :

    Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever).
    Kacang Badam = Kacang Almond, atau Buah Almond, mirip dengan Buah Persik dan Aprikot, hanya saja daging buahnya dibuang saat dipanen, sehingga hanya menyisakan bijinya, karena itu disebut sebagai kacang.
    Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata-rata mereka memahami tiga bahasa: Hebrew, Arab dan Inggris.
    ( Ternyata mempelajari sesuatu yang baru itu menyeimbangkan kedua belah otak kita. Contohnya ya seperti mempelajari bahasa yang berbeda – beda )
    Sejak kecil pula mereka telah dilatih bermain piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban.
    Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar.
    Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi.

    Musik yang mereka dengarkan ya musik yang bisa menambahkan kecerdasan otak mereka. Yaitu musik yang lagak-lagak bethoven gitu deh.
    ( Ternyata sesuai dengan yang dikatakan Adi W Gunawan di buku Born To BE Genius )

    Masa kanak-kanak :

    Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun kebelakang!” katanya.
    Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi, olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka.

    Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari.
    Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Disamping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.

    Saya pernah membaca buku ( saya lupa judulnya ) yang mengatakan : kalau anak-anak yang jago dalam hal olahraga, biasanya mereka mempunyai kemampuan mengambil keputusan yang cepat, karena otak mereka terlatih bergerak cepat, terlepas dari bagus atau tidaknya prestasi mereka disekolah.
    Sekolah Tinggi :
    Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius.
    Apalagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.

    Satu lagi yg diberi keutamaan ialah fakultas ekonomi. Dr Stephen Carr Leon sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi.
    Di akhir tahun diuniversitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Dam mereka harus mempraktekannya.
    Anda hanya akan lulus jika tim Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta!

    Anda terperanjat?
    Itulah kenyataannya. Entrpreneurship dan networking digelorakan.
    Oh iya…

    Merokok bagi mereka adalah sesuatu yang tabu.

    Bila Anda diundang makan di rumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka.
    Menurut ilmuwan Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan dari saintis gen dan DNA Israel.


    Jadi merokok merupakan sesuatu yang kejam dan menjijikan bagi orang Israel ! Perbuatan terkutuk dan kejam bagi mereka mungkin. Karena bukan saja merusak gen untuk keturunannya, tapi juga merusak gen orang-orang yang ikut menghirupnya.



    dari blog orang sih, tapi cuek ajalah. hha
    sumber: http://duniabaca.com/mengapa-orang-yahudi-pintar.html
    I'm backkkkkkkk.....

  2. #22
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,424
    Rep Power
    35

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by agatha View Post
    Mmmm.....
    Geo..
    Tidakkah post GEO di atas... memBUKTIkan bahwa... MEREKA berpindah dari lokasi dan suasana TIDAK KONDUSIF ke.... area.. lokasi yang LEBIH_KONDUSIF ?
    Ingat.... lingkungan, suasana, source... bukan STATIS.
    Tapi ELISTIS.


    BTW... GEO... maaf ya.. ku pikir... arah diskusinya ngk terbaca jelas.
    Emang dirimu mo ngarahin sharing n learning ini ke mana?
    Tentukan theme yang jelas.. sebelum bergerak ke banyak arah.


    diskusinya mengalir aja aja asal tetap sesuai koridor tema ( yaitu kecerdasan Yahudi )

    intinya kan kenyamanan justru menumpulkan otak tapi kesulitan justru membuat otak terus berfikir mencari jalan ...

    tak terhitung berapa banyak kesulitan mereka sepanjang sejarah
    tak terhitung mereka terusir dari suatu negara dan berkelana ke tempat lain dan akhirnya hanya untuk terusir kembali
    babilonia,Nazi tapi mereka mampu bertahan dari inkuisisi dan holocaust

  3. #23
    Contributor agatha's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    4,987
    Rep Power
    22

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by ZzodiacC View Post
    wah terima kasih ucapan selamat datangnya. hhe

    yahh, jangan disandingin sama tempe donk..

    ini saya denger2, cuma denger2 doank sih. hha
    si yohanes surya pernah manggil anak2 dari daerah pesisir pantai gitu (ambon ato apa, saya lupa dan geografi saya tiarap, jadi harap maklum. hha) untuk di karantina gitu. katanya pas diajarin matematika, kemampuan mereka di bawah rata2. namun setelah beberapa waktu, kemampuan mereka justru di atas anak2 jakarta. teori nya sih, katanya ibu2 di sana, di pesisir pantai, waktu hamil makannya ikan laut dalam yang berprotein tinggi. jadi makanya pada pinter2. kalo awalnya mereka agak 'kurang pintar', itu seperti gelas kosong yang ga ada yang ngisinya. ketika gelas kosong tersebut diisi, ternyata bisa nampung banyak.


    Yes... Zod
    Post di atas.... POLA ASUH/NEUTURER... gizi hanyalah salah satu bagiannya. Membuktikan bahwa sebelumnya mereka di bawah rata-rata, setelah dikarantina dan dididik, mereka berhasil keluar dari stereotype "anak-pesisir". Adanya perPINDAHan dari lingkungan "kurang-kondusif" untuk berprestasi, ke area (karantina, sekolah, dsb) KONDUSIF untuk berkembang dan berprestasi.



  4. #24
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,424
    Rep Power
    35

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    kenapa mereka berada di urutan atas.
    siapakah yang membuat urutan tersebut?
    atas dasar?
    gmana cara membuat daftar tersebut?
    ada banyak variabel untuk mempertanyakan daftar tersebut dan rasa2nya akan panjang perdebatannya...
    sama juga dengan penghargaan2 yang jamak diberikan oleh organisasi/orang kepada mereka yang dianggap mumpuni untuk menerima penghargaan yang dimaksud.
    ada pro dan kontra.
    terima saja.

    lagipula bukankah penghargaan bukanlah hal utama dan mutlak dalam dunia pengetahuan?
    mereka yang berada di daftar tersebut hanyalah kurcaci
    "nanos gigantium humeris insidentes"
    kalo sudah mendapat penghargaan Nobel saya rasa itu sudah membuktikan bahwa karya mereka ,kontribusi mereka sangat layak dan terbukti di akui dan terlebih dari itu berguna bagi Umat manusia

  5. #25
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    kalo sudah mendapat penghargaan Nobel saya rasa itu sudah membuktikan bahwa karya mereka ,kontribusi mereka sangat layak dan terbukti di akui dan terlebih dari itu berguna bagi Umat manusia
    seperti yang saya sampaikan diatas, ada banyak variabel untuk mempertanyakan daftar tersebut, tapi ya sudah lah.. tak perlu diperpanjang lagi. jika memang pemenang nobel merupakan satu2nya tolak ukur pengakuan dan kemanfaatan dari sebuah buah pikir, bagaimana dengan buah pikir yang telah ada sebelum nobel?
    apakah gak layak untuk diakui?
    apakah gak pantas untuk disebut berguna bagi umat manusia?

    makanya saya sampaikan "nanos gigantium humeris insidentes"
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  6. #26
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,424
    Rep Power
    35

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    seperti yang saya sampaikan diatas, ada banyak variabel untuk mempertanyakan daftar tersebut, tapi ya sudah lah.. tak perlu diperpanjang lagi. jika memang pemenang nobel merupakan satu2nya tolak ukur pengakuan dan kemanfaatan dari sebuah buah pikir, bagaimana dengan buah pikir yang telah ada sebelum nobel?
    apakah gak layak untuk diakui?
    apakah gak pantas untuk disebut berguna bagi umat manusia?

    makanya saya sampaikan "nanos gigantium humeris insidentes"
    hahaha
    saya ga nulis nobel tolok ukur satu satunya ,saya hanya nulis nobel sebagai salah satu contoh dari sekian banyak prestasi orang yahudi

  7. #27
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,762
    Rep Power
    6

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    mungkin karena merasa minoritas ya..jadi mereka merasa harus punya suatu kelebihan tertentu biar bisa diterima masyarakat yang lain....

  8. #28
    Newbie
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    29
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by maspras View Post
    jawabnya gini:

    pepatah:

    belakang pisau jika diasah maka akan tajam

    --

    jadi pertanyaannya:
    apakah kecerdasan itu given atau sebuah usaha belajar?
    Iya, tp tergantung jg sih.

    Karena sekeras apapun usaha kita, jika tdk didukung dgn genetik yg baik, hasilnya bisa kurang memuaskan.

    Orang2 Afrika memang terkenal sebagai olahragawan dan berotot terbesar. Sementara orang2 Asia Timur berada di ujung berlawanan. Sekeras apapun usaha orang Asia Timur untuk sukses dlm olahraga ato untuk memiliki otot yg bagus, tdk akan semudah usaha orang2 Afrika.

  9. #29
    Advisor maspras's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    lombok
    Posts
    14,167
    Rep Power
    23

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    hahaha
    saya ga nulis nobel tolok ukur satu satunya ,saya hanya nulis nobel sebagai salah satu contoh dari sekian banyak prestasi orang yahudi
    memang tidak menuliskan "tolok ukur satu satunya" tetapi di post pertama,
    hanya ada satu2nya daftar yang digunakan untuk mendukung premis awal.

    Quote Originally Posted by Boleh2Aja View Post
    Iya, tp tergantung jg sih.

    Karena sekeras apapun usaha kita, jika tdk didukung dgn genetik yg baik, hasilnya bisa kurang memuaskan.

    Orang2 Afrika memang terkenal sebagai olahragawan dan berotot terbesar. Sementara orang2 Asia Timur berada di ujung berlawanan. Sekeras apapun usaha orang Asia Timur untuk sukses dlm olahraga ato untuk memiliki otot yg bagus, tdk akan semudah usaha orang2 Afrika.
    perbandingannya gak pas nih..
    tentunya di thread ini tidak membandingkan otot bukan?
    coba tanya TS nya, apakah sedang membahas otot atau otak?
    argumentasinya yang didebat dan didiskusikan bukan orangnya.. kecuali tong kosong.

  10. #30
    Junior Member lelesumadu's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    190
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Setahu saya, kitab suci agama seperti Taurat, Injil, Alquran memang menjelaskan adanya anugerah kelebihan pada keturunan Yahudi (fisik dan pikiran). Ditambah pengalaman sejarah pahit sejak jaman firaun sampai hitler, maka mau tidak mau harus survive. Dan para pemimpinnya sudah memikirkan adanya kelebihan dan kekurangan ini serta dibuatlah upaya-upaya untuk mewujudkan survival tersebut. Maka seperti sekarang ini, keuangan dan kontrol dunia memang ada ditangannya. Namun demikian, sejarah juga menceritakan, kehancuran dari masa keemasannya juga akibat perbuatannya sendiri, bukan dari pihak luar.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0