Page 5 of 12 FirstFirst 123456789101112 LastLast
Results 41 to 50 of 120
Like Tree12Likes

Thread: Orang Yahudi Cerdas Mitos atau Fakta?


  1. #41
    Newbie
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    12
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    sebenarnya gak harus oang yahudi yang pintar dan cerdas,,semua orang juga bisa ini sih saya lihat dari seberapa besar usaha mereka,,

  2. #42
    Newbie
    Join Date
    Oct 2011
    Posts
    22
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    karena mereka bener-bener mempersiapkan generasi mereka bahkan saat istri-istri mereka sedang hamil. sepertinya ada yang pernah nulis apakah orang israel itu murni cerdas, atau diprogram untuk menjadi cerdas

  3. #43
    Junior Member Paulus Ism's Avatar
    Join Date
    Jun 2009
    Posts
    291
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Harus di ingat, bangsa Yahudi ( yg berprestasi ) tidak tinggal di Israel tapi tersebar diberbagai negara. Jadi sistim pendidikan tidak seragam. Mungkin karena mereka sebagai mana umumnya kaum imigran, mempunyai etos kerja & belajar yg lebih besar dibandingkan dg penduduk aslinya.Mereka yg hidup di negara yg maju akan semakin berkembang kecerdasannya krn penelitian2 mendapat tempat disana.
    Bangsa2 lain bila diberi kesempatan utk Penelitian, saya kira tak akan kalah dg bangsa Yahudi. Buktinya Hall Of Fame di Universitas2 US dahulu penuh dg foto2 org Yahudi ,tapi sekarang mulai dipenuhi dg orang2 Asia Timur.

  4. #44
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    <a href="http://geo-geo22.blogspot.com/">
    Posts
    18,493
    Rep Power
    37

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    ternyata antusias member FK banyak juga atas trit ini ..

    dan kita akan terus menggalinya .....



    ku harap kita tetap pada koridor yang di sepakati di page one bahwa yang kita bahas adalah tentang kecerdasannya



    stay clean ...

  5. #45
    Junior Member ZzodiacC's Avatar
    Join Date
    May 2009
    Posts
    362
    Rep Power
    6

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by heni_jelly View Post
    berpengaruh .
    tapi tidak begitu berpengaruh
    makanan selama masa kehamilan menurut saya berpengaruh.
    I'm backkkkkkkk.....

  6. #46
    Contributor Swan's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Surabaya & Australia
    Posts
    4,387
    Rep Power
    16

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by agatha View Post
    Kecerdasan;
    - ada sumbangsih gizi "personal".
    - ada sumbangsih metode... POLA ASUH... Nurturer.
    - ada sumbangsih bersimambungan.. berkelanjutan.... lingkungan kondusif.
    - ada "sumber" supporters... mentally... dan material... dan OPPORTUNITY.
    etc..
    Jawaban-jawaban diatas sudah sangat mewakili. Kembali merujuk kepertanyaan TS, mitos atau fakta? Jawabannya : Fakta.

  7. #47
    Contributor agatha's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    4,986
    Rep Power
    22

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by Swan View Post
    Jawaban-jawaban diatas sudah sangat mewakili. Kembali merujuk kepertanyaan TS, mitos atau fakta? Jawabannya : Fakta.
    SETUJU.
    Jawabannya FAKTA.
    Tapi TS mungkin lebih senang ada post jawaban yang memberikan jawaban lain selain dari yang sudah terpapar di depan.

    Mungkin ingin ada jawaban.... fakta dari the choosen one ...mirip Neo the Matrix

    Quote Originally Posted by agatha View Post
    Mungkin nama mereka selalu bertengger di dalam daftar semua bidang...
    Karena mereka bekerja dengan memisahkan sains dan religi... alias SEKULER kalo kerja
    Urusan penelitian dan kerja... hanya berdasarkan sains... ataupun sosiologi ataupun ilmu lainnya.

    Urusan lain hanya disimpan di ranah PRIVAT. Kesempatan dan lingkungan "sekuler" yang lebih kondusif... akan berperan bagai ladang subur untuk maju dan makin maju. Jadi mungkin bukan urusan otaknya lebih bergizi or not

    ...just... my humble opinion ..
    Mungkin gitu.. GEO
    Quote Originally Posted by agatha View Post
    Coba perhatikan dan list down nama para pemenang nobel...
    Lokasi tempat tinggal mereka di mana?
    Negara tirans or negara sekuler?

    Bukan semata-mata gizi...
    Kecerdasan berbanding lurus juga dengan pola asuh yang terakumulasi. Lingkungan kondusif "terakumulasi".
    Bukan sistem kebut semalam suntuk.
    Quote Originally Posted by winona571 View Post
    Saya setuju banget Agatha..... selain usaha belajar, pola hidup yang sehat (ya ini tentunya juga didapat dari hasil penelitian), Yang juga berperan penting adalah kondisi lingkungan untuk hidup. Mungkin juga termasuk suasana negara tempat seseorang tinggal, nilai - nilai yang dianut masyarakatnya atau sistem masyarakatnya.

    Mengenai sekuler, saya juga setuju. Saat ini ada kelompok Yahudi ultra Orthodox (penganut Hasidism). Mereka hidup dengan berusaha mengikuti syariat agama yahudi sebulat - bulatnya.... Sejak anak - anak, yang dipelajari ya cuma kitab suci, macem Taurat dan Talmud. Meskipun konon Yahudi cerdas - cerdas. Untuk kelompok yang ini, orang dewasanya hanya tau pengetahuan seperti anak SD. Betulan itu! Kalau kerja, jelas ketinggalan ama kelompok masyarakat lainnya.
    Cuma memang, "keterbelakangan" mereka tidak berbanding lurus dengan kebahagiaan. Mereka adalah orang - orang yang bahagia, dekat dengan TUHAN nya, dll.
    Quote Originally Posted by agatha View Post
    Kecerdasan;
    - ada sumbangsih gizi "personal".
    - ada sumbangsih metode... POLA ASUH... Nurturer.
    - ada sumbangsih bersimambungan.. berkelanjutan.... lingkungan kondusif.
    - ada "sumber" supporters... mentally... dan material... dan OPPORTUNITY.
    etc..
    Quote Originally Posted by Paulus Ism View Post
    Harus di ingat, bangsa Yahudi ( yg berprestasi ) tidak tinggal di Israel tapi tersebar diberbagai negara. Jadi sistim pendidikan tidak seragam. Mungkin karena mereka sebagai mana umumnya kaum imigran, mempunyai etos kerja & belajar yg lebih besar dibandingkan dg penduduk aslinya.Mereka yg hidup di negara yg maju akan semakin berkembang kecerdasannya krn penelitian2 mendapat tempat disana.
    Bangsa2 lain bila diberi kesempatan utk Penelitian, saya kira tak akan kalah dg bangsa Yahudi. Buktinya Hall Of Fame di Universitas2 US dahulu penuh dg foto2 org Yahudi ,tapi sekarang mulai dipenuhi dg orang2 Asia Timur.

  8. #48
    Newbie
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    ane ikot nimbrung ya gan..

    ane pernah baca sebuah cerita seorang amerika (no jews) melakukan penelitian di Israel untuk tesis studi master-nya tentang kehidupan orang2 Israel. Singkat kata selesai tugas tesis-nya tapi dia tertarik dgn istilah orang Yahudi cerdas-cerdas, akhirnya dia melanjutkan penelitian-nya untuk studi Doktoral di Israel. Berikut penjelasan singkat dari yg apa telah di lakukan org amrik tersebut:

    1. Dimulai saat seorang wanita Yahudi diketahui hamil, maka saat itulah perilaku cerdas dimulai. si Ibu akan lebih sering makan-makanan berprotein tinggi, spt: kacang mete, kacang tanah asli Israel, ikan dll. itu jg jd kebiasaan utk cemilan org Yahudi.
    saat makan dimulai dgn makan buah2han lalu makan utama dan makan penutupnya salad atau sayuran yg mengandung protein (kcg kedelai dll). kenapa makan pembuka dgn buah karena menurut org Yahudi bila lgsg makan berkarbo akan menyebabkan kantuk, makanya bagian bawah perut diisi dgn buah dulu stlh itu karbohidrat (pendapat tsb ilmiah lho, ane sdh praktekin gan, smp skrg ane sarapan 1 apel + sebotol yoghurt ato apel aja smbil nyetir ke kantor).

    2. si Ibu rajin mengerjakan soal2 matematika, fisika, kimia dan TTS (teka-teki silang), lebih bagus dibantu swami. lalu sering ajak bicara cabang bayi-nya, baca naskah2 ilmiah dgn swara dan mendengarkan musik klasik. selalu rutin spt itu hingga cabang bayi lahir.

    3. si bayi diberikan alat permainan yg mendidik, pola makan gizi tinggi, masuk kelompok bermain anak komunitas sesama atau yg bagus dikota-nya. begitu usia sekolah sdh otomatis ntu anak sdh cerdas abis2san jd ortu hny mengarahkan skolah kwalitas top atau kalo ga skolah umum, mereka akan home schooling dgn guru terbaik atau ortu-nya sendiri (spt pecatur cewe hongaria dari keluarga Yahudi, silakan cari sendiri ya profil-nya hehehe).

    4. masuk universiti, sebagai contoh jurusan ekonomi dari sebuah kampus khusus org2 Yahudi, tugas akhir mereka adalah buat usaha orisinil atau pengembangan usaha yg sdh ada dengan target 1-juta USD, tercapai target itu, pasti lulus dgn terhormat dan dihormati kalangan Yahudi. ya contoh yg deketnya kita tahu-lah si Zuckerberg itu..tapi jgn kecil hati gan, ane rasa ada juga yg milih DO daripada jd mahasiswa abadi.. hehehe

    nah spt itulah rangkuman ane atas literatur orang amrik itu..jadi hipotesis bahwa orang Yahudi itu cerdas memang terbukti dan ilmiah. untuk melakukan penelitian tersebut, org amrik itu tinggal di Israel selama hampir 10 tahun ato bila mengikuti dari proses kehamilan smp anak tersebut berusia 10 tahun.
    kita juga dapat wawasan dari sini bahwa bangsa Israel yg populasi-nya tidak lebih banyak dari orang Batak, selalu fokus pada hal2 besar dan global, bonus-nya mereka jadi penguasa dunia skrg. (contohnya, mudah2han ga salah: org Yahudi memiliki hampir 40% kekuatan finansial dunia) jadi kalo mereka mau, bisa mengacaukan sistem keuangan negara2 besar dimanapun di dunia ini tapi puji TUHAN, smp skrg mereka blm tertarik melakukan-nya. Krisis yg terjadi skrg di amrik dan eropa itu semata2 karena salah urus keuangan negara2 tersebut.

    Ya kira-kira spt itu bahasan kita tentang Yahudi, yg sebener-nya masih byk lagi utk dibahas lbih lanjut tapi sementara ini aja dulo ya..jadi Yahudi itu ilmiah tapi sisa-nya ya terserah kuasa TUHAN.

    Syallom
    GEO and ziexnanan like this.

  9. #49
    Junior Member ziexnanan's Avatar
    Join Date
    Nov 2011
    Location
    cikarang deket pohon asem
    Posts
    174
    Rep Power
    0

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Quote Originally Posted by joko_londo View Post
    ane ikot nimbrung ya gan..

    ane pernah baca sebuah cerita seorang amerika (no jews) melakukan penelitian di Israel untuk tesis studi master-nya tentang kehidupan orang2 Israel. Singkat kata selesai tugas tesis-nya tapi dia tertarik dgn istilah orang Yahudi cerdas-cerdas, akhirnya dia melanjutkan penelitian-nya untuk studi Doktoral di Israel. Berikut penjelasan singkat dari yg apa telah di lakukan org amrik tersebut:

    1. Dimulai saat seorang wanita Yahudi diketahui hamil, maka saat itulah perilaku cerdas dimulai. si Ibu akan lebih sering makan-makanan berprotein tinggi, spt: kacang mete, kacang tanah asli Israel, ikan dll. itu jg jd kebiasaan utk cemilan org Yahudi.
    saat makan dimulai dgn makan buah2han lalu makan utama dan makan penutupnya salad atau sayuran yg mengandung protein (kcg kedelai dll). kenapa makan pembuka dgn buah karena menurut org Yahudi bila lgsg makan berkarbo akan menyebabkan kantuk, makanya bagian bawah perut diisi dgn buah dulu stlh itu karbohidrat (pendapat tsb ilmiah lho, ane sdh praktekin gan, smp skrg ane sarapan 1 apel + sebotol yoghurt ato apel aja smbil nyetir ke kantor).

    2. si Ibu rajin mengerjakan soal2 matematika, fisika, kimia dan TTS (teka-teki silang), lebih bagus dibantu swami. lalu sering ajak bicara cabang bayi-nya, baca naskah2 ilmiah dgn swara dan mendengarkan musik klasik. selalu rutin spt itu hingga cabang bayi lahir.

    3. si bayi diberikan alat permainan yg mendidik, pola makan gizi tinggi, masuk kelompok bermain anak komunitas sesama atau yg bagus dikota-nya. begitu usia sekolah sdh otomatis ntu anak sdh cerdas abis2san jd ortu hny mengarahkan skolah kwalitas top atau kalo ga skolah umum, mereka akan home schooling dgn guru terbaik atau ortu-nya sendiri (spt pecatur cewe hongaria dari keluarga Yahudi, silakan cari sendiri ya profil-nya hehehe).

    4. masuk universiti, sebagai contoh jurusan ekonomi dari sebuah kampus khusus org2 Yahudi, tugas akhir mereka adalah buat usaha orisinil atau pengembangan usaha yg sdh ada dengan target 1-juta USD, tercapai target itu, pasti lulus dgn terhormat dan dihormati kalangan Yahudi. ya contoh yg deketnya kita tahu-lah si Zuckerberg itu..tapi jgn kecil hati gan, ane rasa ada juga yg milih DO daripada jd mahasiswa abadi.. hehehe

    nah spt itulah rangkuman ane atas literatur orang amrik itu..jadi hipotesis bahwa orang Yahudi itu cerdas memang terbukti dan ilmiah. untuk melakukan penelitian tersebut, org amrik itu tinggal di Israel selama hampir 10 tahun ato bila mengikuti dari proses kehamilan smp anak tersebut berusia 10 tahun.
    kita juga dapat wawasan dari sini bahwa bangsa Israel yg populasi-nya tidak lebih banyak dari orang Batak, selalu fokus pada hal2 besar dan global, bonus-nya mereka jadi penguasa dunia skrg. (contohnya, mudah2han ga salah: org Yahudi memiliki hampir 40% kekuatan finansial dunia) jadi kalo mereka mau, bisa mengacaukan sistem keuangan negara2 besar dimanapun di dunia ini tapi puji TUHAN, smp skrg mereka blm tertarik melakukan-nya. Krisis yg terjadi skrg di amrik dan eropa itu semata2 karena salah urus keuangan negara2 tersebut.

    Ya kira-kira spt itu bahasan kita tentang Yahudi, yg sebener-nya masih byk lagi utk dibahas lbih lanjut tapi sementara ini aja dulo ya..jadi Yahudi itu ilmiah tapi sisa-nya ya terserah kuasa TUHAN.

    Syallom
    oo jadi semuanya di muali dari kebiasan si ibu saat mengandung y gan, wah patut di contoh nih

  10. #50
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,412
    Rep Power
    16

    Re: Orang Yahudi Cerdas mitos atau fakta ?

    Pasti lebih cerdas orang orang yg berada di perantauan daripada yg tinggal di kampung halaman..
    Sebab, orang yg merantau mengalami perluasan wawasan..
    baik melalui akulturasi ataupun assimilasi..
    dgn suku2 lain yg ditemuinya di perantauan..
    dan pikirannya berproses lebih kerap..
    utk safety first, struggle for live, survival of the fittes dll..dll..

    ini berlaku utk semua suku bangsa..

    akan halnya bangsa Jahudi..
    itung itung aja sudah berapa ribu tahun bangsa Jahudi melanglang buana..
    berapa ratus atau berapa ribu kali mereka sudah bercampur dgn berbagai macam kebudayaan atau peradaban..
    sebanyak itulah mereka sudah mereposisi ulang kemampuan dan ketangguhan sistem budaya mereka..
    sebanyak itulah mereka sudah menyerap keunggulan keunggulan dari peradaban lain..

    bandingkan dgn seberapa kerap bangsa bangsa lain mereposisi sistem kebudayaan mereka..
    artinya..
    Jahudi paling sering meng-up grade peradabannya..
    disebabkan tingkat kesulitan hidup mereka yg secara umum di atas bangsa bangsa lain..
    akhirnya, balik balik lg ke pepatah petitih..

    pisau yg paling sering diasah lah yg paling tajam..

    kweq..weq..wq..

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO