Mozilla mengemukakan rencananya untuk ambil bagian di pasar aplikasi, menyaingi Apple, Google dan perusahaan teknologi lain. Dalam waktu dekat, si pembesut browser Firefox ini akan membuka toko aplikasi.

Dilansir Slash Gear, Kamis (23/2/2012), Mozilla bermaksud menantang kreativitas para developer untuk memanfaatkan keseluruhan web sebagai pasar potensial mereka, tak hanya App Store milik Apple atau Android Market kepunyaan Google.

"Web harus dibuat lebih mudah untuk dikembangkan ketimbang platform proprietary, termasuk juga memperluas Mozilla Marketplace yang telah ada bagi berbagai perangkat," kata Mozilla.

Nantinya, Marketolace web-app yang telah ada tak hanya untuk komputer dekstop tetapi juga meliputi ponsel dan tablet. Aplikasi tersebut akan mendukung browser apapun, tidak masalah perangkat atau OS apapun yang digunakan.

Menurut Mozilla, HTML5 adalah teknologi menarik untuk mengembangkan aplikasi dan terus berkembang dengan cepat. Oleh karenanya, ketika dikombinasikan dengan kebebasan membuat apapun yang diinginkan developer dan mendistribusikannya secara langsung ke pengguna akan berpotensi besar.

"Tujuan Mozilla adalah mendorong ekosistem yang mengombinasikan elemen terbaik web dengan elemen terbaik model aplikasi," sebut Mozilla.

Mozilla belum merinci tentang toko aplikasi ini. Pada perhelatan Mobile Word Congress 2012, mereka baru akan memamerkannya ke publik.

sumber