Results 1 to 9 of 9

Thread: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar


  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    102
    Rep Power
    3

    Post 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar


    Kebanyakan anak kecil mengucapkan kata-kata kasar itu karena ia hanya mengikuti atau meniru orang disekitar yang menyebutnya. Seorang psikolog, Maesera Idul Adha , Psi dari Rumah Sakit Fatmawati Jakarta mengungkapkan bahwa faktor yang membuat anak suka meniru adalah karena pada masa tersebut kemampuannya untuk mempelajari atau meniru hal-hal baru meningkat.
    Berikut adalah 3 cara bagaimana orang tua menghentikan kebiasaan anak berkata kasar:
    1. Jangan dimarahi
    Jika anak diberitahu dengan cara memarahinya maka hasilnya anak akan menjadi bingung dan cenderung mengulangi perbuatannya. Perhatian orang tua merupakan sebagian besar alasan anak menyebutkan kembali kata-kata kasar. Karena jika menyebutkan kata-kata kasar, mereka akan diperhatikan orang tuanya, walaupun dalam betuk dimarahi.
    2. Menjelaskan artinya
    Karena anak hanya meniru orang sekitar yang mengatakan kata kasar, jadi mereka tidak mengetahui alasannya. Oleh karena itu tugas orang tua adalah mencari tahu dari mana ia mengathui kata tersebut lalu menjelaskan arti sambil memberitahu bahwa kata-kata tersebut dilarang untuk diucapkan.
    3. Buat perjanjian hukuman
    Untuk anak yang susah untuk diberitahu dan masih mengulangi berkata kasar, maka langkah orang tua yang selanjutnya bisa dilakukan adalah membuat perjanjian hukuman. Tapi sebaiknya bukan hukuman fisik, melainkan hukuman seperti tidak boleh main PlayStation atau gadget lainnya selama beberapa jam.

    via
    sumber


    Banyak tips-tips berguna untuk anak Anda bisa didapatkan disini. Atau dapat saling sharing mengenai pengalaman pribadi dalam mengasuh anak.

  2. #2
    Junior Member wisata2's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    127
    Rep Power
    3

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    diatas hal itu adalah agar si anak jangan sampai mendengar kata-kata kasar, baik itu dari media massa maupun orang dekat di sekitarnya.

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    12
    Rep Power
    0

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    bagus nih untuk si buah hati
    makasih untuk infonya

  4. #4
    Member Koboi's Avatar
    Join Date
    Dec 2011
    Posts
    711
    Rep Power
    3

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    wah artikel yang sangat bermanfaat gan, tapi kalo anak gw nakal, tetap aja gw marah.

  5. #5
    Contributor Taiko-san's Avatar
    Join Date
    Feb 2011
    Posts
    3,401
    Rep Power
    16

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    wah, biar juga belum punya anak tapi tips ini sangat bermanfaat..
    ntar coba dipraktekin sama keponakan deh..

    trims..

  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    40
    Rep Power
    0

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    iya juga, kadang anak bicara kasar bukan bermaksud kasar tapi karena tidak tahu maksudnya
    disinilah orangtua di tuntut menjadi lebih bijak
    Belanja baju anak di zahrababyshop
    Praktis dan hemat, harga murah berkualitas


  7. #7
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    anak mendadak berkata kasar biasanya pengaruh dari lingkungan terutama teman temannya

  8. #8
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,804
    Rep Power
    7

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    orangtua juga bisa berpengaruh lho...

    Quote Originally Posted by Bidan Ismi View Post
    anak mendadak berkata kasar biasanya pengaruh dari lingkungan terutama teman temannya

  9. #9
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: 3 Cara Mengatasi Anak Berkata Kasar

    wah.. bener tuh..
    kadang kala anak kecil pun dapat berkata kasar karena faktor lingkungan juga..

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0