Melatih emosional anak sangat penting dilakukan sedini mungkin. Semua yang anak lakukan merupakan kebiasaan yang terbawa dari semasa kecil. Maka melatih emosional anak merupakan hal yang menjadi penting. Ada 3 kegiatan yang dapat melatih emosional anak, yaitu:


1. Berbagi
Tidak mudah mengajarkan anak untuk berbagi. Tapi bila Ibu membiasakan sedini mungkin, maka anak akan kebiasaan. Cara untuk melatih kecerdasan emosional anak lewat berbagi bisa dimulai dengan menyiapkan toples yang akan diisi oleh sisa uang jajan sehari-hari anak. Jika toples tersebut sudah terisi penuh, maka tugas selanjutnya mencari orang yang membutuhkan pertolongan berupa uang, hal ini terbukti menghasilkan dampak positif bagi si kecil.


2. Mengantri
Mengantri merupakan hal yang seringkali dilanggar, hal ini berlaku juga bagi orang dewasa. Bila Ibu memiliki anak lebih dari 1, Ibu bisa menerapkan poin ini untuk melatih emosional anak. Anak diajarkan untuk bersabar dan mengalah. Cara melatih emosional anak dengan mengantri bisa dimulai dengan mengantri saat ingin menggunakan kamar mandi atau saat menggunakan mainan. Biasakan anak mengolah emosinya untuk melatih emosional anak sejak kecil.


3. Berkuda
Kegiatan berkuda bisa dimanfaatkan sebagai kegiatan keluarga yang memiliki banyak manfaat. Bagi anak yang berada di bawah 5 tahun, bisa menunggangi kuda poni yang dituntun oleh peelatih kuda sehingga aman untuk dilakukan. Untuk anak yang berada di atas 6 tahu, sudah bisa belajar menunggangi kuda sendiri tapi masih dibawah pengawasan pelatih.