Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23

Thread: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Question Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Bagaimana menurut anda jika ternyata adik kita yang menikah lebih dulu daripada kita? Mungkin ada banyak alasannya, antara lain; adik kita itu memang uda ada calon pasangannya yang juga uda siap untuk menikah sementara kita sebagai kakaknya belum punya calon pendamping atau mungkin emang belum mau menikah, atau mungkin juga karena adik kita itu MBA (hamil/hamilin duluan kali nih), atau mungkin alasan2 yang lainnya. Nah, bagaimana jika hal itu benar2 terjadi kepada anda, yaitu adik anda itu ingin lebih dahulu menikah daripada anda? Bagaimana komentar anda? Berikut ini juga saya ambil artikel dari kompas.com sebagai pelengkapnya, silahkan dikomentari.....

    Urutan kelahiran terkadang menjadi patokan untuk menentukan siapa yang lebih dulu menikah. Masalahnya, jika Anda sudah siap berumah tangga, sementara kakak tercinta masih betah "bersolo karier", mau tak mau Anda mesti melangkahinya melaju ke pelaminan. Agar langkah Anda mulus, pertimbangkan hal-hal berikut.

    DOA RESTU
    Jika mungkin, libatkan kakak Anda dalam proses pengambilan keputusan untuk menikah. Jajaki pendapatnya apabila Anda lebih dulu menikah dibandingkan dirinya. Diskusikan pula hal ini dengan orangtua dan saudara lainnya.
    Utarakan hal-hal yang mendasari keputusan Anda dan pasangan untuk menikah, dan mintalah pengertian dari pihak keluarga. Meskipun keputusan untuk menikah sudah bulat, dengarkan pendapat kakak Anda dan jangan bersikap keras kepala dengan menuntut ia harus bersedia dilangkahi. Ketimbang memaksa, mintalah doa restu darinya supaya pernikahan Anda berjalan lancar.
    HADAPI LINGKUNGAN
    Menurut Roslina Verauli, MPsi, psikolog dari RS Pondok Indah Jakarta, saat ini menikah lebih dulu dari saudara yang lebih tua bukan lagi hal yang luar biasa. "Yang dilangkahi juga biasanya sudah tidak menganggap hal ini sebagai masalah besar. Namun, sering kali keruwetan justru datang dari lingkungan. Image buruk kerap melekat pada diri orang yang dilangkahi. Pasalnya, ada stigma bahwa seorang kakak yang ditinggal kawin adiknya akan sulit jodoh," ujarnya.
    Verauli menambahkan, komentar bernada miring yang datang terus-menerus dari lingkungan bisa membuat seseorang merasa tertekan dan kewalahan. "Makanya, dampingi kakak Anda dan bantu dia menghindari komentar yang bisa menjatuhkan dirinya di mata lingkungan," ujar Verauli.
    TANYAKAN KEINGINANNYA
    Di beberapa daerah, ada tradisi untuk menyerahkan tanda mata kepada kakak yang akan didahului menikah. Meski Anda tidak fanatik pada adat, tak ada salahnya memberikan semacam kenang-kenangan kepada kakak Anda sebagai tanda cinta sekaligus ucapan terima kasih atas dukungan dan pengertiannya terhadap pernikahan Anda berdua.
    Supaya sesuai keinginan, tanyakan dulu barang apa yang diinginkannya. Jika mampu, tak ada salahnya memenuhi permintaannya. Sesekali "menyogok" untuk menyenangkan hati kakak, boleh juga kan?
    AJAK TERLIBAT
    Setelah mendapatkan persetujuan dari kakak, libatkan ia dalam merencanakan upacara pernikahan. Misalnya, dengan membantu memilih kartu undangan, ikut mencicipi makanan dan menentukan menu katering, serta menemani survei lokasi acara. Tularkan aura bahagia yang Anda rasakan kepadanya sehingga ia juga turut bersemangat menyambut pernikahan Anda. Dengan ikut "terjun" mengurusi salah satu momen terpenting dalam kehidupan Anda, kakak Anda juga akan merasa menempati posisi penting dan menjadi bagian dalam kehidupan adiknya.
    RESEPSI SEDERHANA
    Resepsi pernikahan yang sederhana bisa meredam kesedihan yang mungkin dirasakan kakak Anda karena ditinggal menikah. Selain itu, banyak untungnya juga kok merayakan pernikahan secara bersahaja. Biaya yang keluar lebih sedikit. Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan lain pascaresepsi.
    MAK COMBLANG!
    Berita tentang pasangan pengantin yang melangkahi kakaknya pasti sudah beredar santer di antara para tamu yang terbilang kerabat dekat. Bila kakak Anda belum punya gandengan tetap, bantulah ia menyelamatkan diri dari "sasaran tembak" para penggosip iseng, dengan mencarikannya partner kencan untuk menghadiri resepsi pernikahan Anda. Siapa tahu, kencan singkat tersebut berlanjut menjadi hubungan yang lebih serius, dan pada akhirnya kakak Anda bisa menyusul ke penghulu.
    JANGAN PAMER
    Status pengantin baru bukan alasan Anda boleh mengabaikan perasaan saudara yang ditinggal menikah. Tunjukkan empati dengan cara tidak mengumbar kemesraan ketika berada di dekatnya. Jangan kesal dulu, hal ini hanya untuk sementara saja kok, sekadar sampai pernikahan Anda lenyap gaungnya. Setelahnya, Anda bebas mengekspresikan kasih sayang kepada pasangan tercinta.
    Ada baiknya pula untuk tinggal terpisah dari orangtua setelah menikah, untuk menjaga perasaan kakak Anda. Bukan hanya itu, tinggal terpisah juga penting bagi kemandirian berdua.
    ORANG KETIGA
    Segala langkah dan bujukan sudah dilakukan, namun kakak tersayang tetap enggan dilangkahi? Mungkin Anda perlu bantuan orang ketiga. Bisa dari pihak keluarga besar maupun sahabat dekat kakak Anda. Mintalah pertolongan mereka untuk memberi pengertian kepada kakak Anda, bahwa meski Anda menikah duluan, ia tetap masih berpeluang menemukan kebahagiaan. Tekankan bahwa pernikahan bukanlah ajang kompetisi untuk menentukan siapa yang lebih unggul dibanding saudaranya.

  2. #2
    LEA
    LEA is offline
    Junior Member LEA's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    jakarta is de bes!!
    Posts
    330
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    KAGAK MASALAH!!.....adekkyuu nikah duluan februari kemaren!!.....tp ga tau jg yg punya kepercayaan mcem2.....kek .....pamali en bumali dll nyee!!
    smileeeee, KISS KISS Mmmuuacchhh

  3. #3
    Newbie urang kampung's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Ujung Dunia
    Posts
    42
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Gak masyalaaaaaa juga..... Malah sekarang iparku sudah hamil setelah 9 bulan menikah. Paksaan ortu untuk segera menikah dan menghadirkan cucu dah mulai berkurang. Meski tetep terus ditanyain sih....
    Hidup senang di tempat tenang.

  4. #4
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Tapi pernah ada juga lho yang kakaknya melarang or tidak setuju kalo adiknya itu menikah duluan. Katanya kalo sampai adiknya itu menikah duluan, dia takut gak laku atau gak dapat jodoh atau akan merasa MALU. Atau ada juga yang memang orangtuanya itu gak setuju kalo anaknya yang kecil menikah duluan daripada kakaknya itu, alasannya ya mungkin sama takut kalo kakaknya itu nantinya malah susah jodohnya. Entah hal ini benar atau hanya sekedar mitos belaka, namun pernah ada beberapa orang (keluarga) yang sudah saya kenal mengalami hal kejadian seperti itu. Dimana adik2nya uda pada menikah, sementara dirinya sebagai sang kakak belum juga menikah karena memang belum mendapatkan jodoh. Katanya jodohnya jadi lama atau belum kunjung datang semenjak adiknya menikah duluan. Dirinya sebagai kakak belum menikah, sementara adiknya yang telah menikah duluan telah mendapatkan beberapa orang anak. Kasian kan ya jadinya....?

  5. #5
    ina
    ina is offline
    Newbie ina's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Cool Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Enga ada masalah menurut GW kalo ade Qta menikah doloe an...

    Karena Jodoh khan Allah yang atur jadi qta harus terima, apalagi ternyata orang yang paling dekat dengan qta mendapat kan pasangan doloean masa qta halangi wah bisa kwalat deh...

    Ada yang bilang jodoh qta akan mundur beberapa tahun kalau dilangkahi ama ade qta, enga juga sich, siapa tahu nanti pas adik menikah qta dipercepat untuk mendapatkan pasangan, klau pun enga bukan salah ade qta juga.

    Tinggal qta nya yang harus lebih mendekatkan diri dengan yang kholiq dan intropeksi diri, apa apa yang telah qta perbuat dan belum diperbuat...

    Yang penting harus lebih percaya dan positif thinking aja ama pencipta Qta, bahwa jodoh qta sudah diatur, kalau pun sampai akhir hayat qta tidak juga dipertemukan dengan pasangan qta, semoga qta tetap suci menghadap yang kholiq....
    Last edited by ina; 15-05-08 at 04:59 PM.

  6. #6
    Junior Member torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    seharusnya ga masalah. kalau yg dapat jodoh ade duluan masa hrs nunggu kakaknya.

  7. #7
    Newbie urang kampung's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Ujung Dunia
    Posts
    42
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Tapi pernah ada juga lho yang kakaknya melarang or tidak setuju kalo adiknya itu menikah duluan. Katanya kalo sampai adiknya itu menikah duluan, dia takut gak laku atau gak dapat jodoh atau akan merasa MALU. Atau ada juga yang memang orangtuanya itu gak setuju kalo anaknya yang kecil menikah duluan daripada kakaknya itu, alasannya ya mungkin sama takut kalo kakaknya itu nantinya malah susah jodohnya. Entah hal ini benar atau hanya sekedar mitos belaka, namun pernah ada beberapa orang (keluarga) yang sudah saya kenal mengalami hal kejadian seperti itu. Dimana adik2nya uda pada menikah, sementara dirinya sebagai sang kakak belum juga menikah karena memang belum mendapatkan jodoh. Katanya jodohnya jadi lama atau belum kunjung datang semenjak adiknya menikah duluan. Dirinya sebagai kakak belum menikah, sementara adiknya yang telah menikah duluan telah mendapatkan beberapa orang anak. Kasian kan ya jadinya....?
    Jujur aja nih, meski tidak keberatan waktu adik izin mau nikah, sempet sebel juga ketika tiba-tiba lingkungan sekitar jadi berisik. meributkan hal-hal yang diatas. Tapi kalau kitanya sendiri gak keberatan, kenapa pusing? Jika memang jodoh juga tidak datang bukan berarti sial karena adik duluan nikah kan? Lagian yang sebenarnya ribut tuh tetangga, om, tante, kakek, nenek dan om Marshal (he..he...). Nyokap juga awalnya ribut dan prihatin, tapi akhirnya beliau bebek eh cuek juga (kayaknya sih, tapi mungkin beliau juga galau). Saya, sang pelaku, tetap santai dan tetep cari (hi..hi...)
    Hidup senang di tempat tenang.

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    33
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?


    Tidak masalah. Adikku, anak cowok satu-satunya di keluarga telah minta restuku untuk menikah duluan, 4 tahun lalu.

    Tujuanku merestuinya selain agar si adik bahagia, supaya aku juga tidak terhalang untuk jodohku sendiri.

    Yang bikin sebel itu cuma omongan kiri-kakan dari tetangga, kerabat, keluarga yang nanya kenapa aku belon nikah juga... *sigh*

  9. #9
    Newbie Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    hari gini dach gak nyaman.. mitos2 soal langkah melangkahi soal urusan perkawinan.....

    kalau buat aku sich ya siapa yang mo menikah duluan silahkan saja, kenapa juga mesti nunggu2.. gimana kalo sikakak gak ada jodohnya.. apa mesti nunggu juga???

    emang sich untuk orang tertentu ada dan masih berlaku larangan untuk mendahului sang kakak.........tapi sebaiknya yang jadi kakak jangan egois....
    relakan saja kalau sang adik mo menikah duluan.......
    iya..iyaa dik Alin..silahkan menikah duluan..aku belakangan..hiks..hiks..

  10. #10
    Newbie Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana jika adik kita menikah lebih dahulu?

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    iya kamu belakangan untuk yang ke berapa kali???
    adik sungguh kejam..udah ngeduluin berkali2..hiks..hiks..

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO