Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Asal Dan Akibat Sakit Hati


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    May 2008
    Location
    moscow,russia
    Posts
    49
    Rep Power
    0

    Unhappy Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Sudah sering banget kejadian seseorang melakukan kejahatan kebanyakan pembunuhan karena berdasarkan sakit hati yang sangat mendalam sehingga menimbulkan kebencian dan kemarahan .

    Banyak orang yang tidak sadar telah melakukan sesuatu yang bikin sakit hati atau banyak orang yang tidak sadar telah disakiti.
    Makin banyak juga yang tidak sadar hal tersebut bisa berlansung sejak bayi/anak-anak bahkan banyak juga yang tidak sadar film kartun yang lucu merupakan salah satu pemicunya.

    Apa yang bisa bikin sakit hati ? bisa berupa komentar, ejekan, hinaan, iseng, karena tidak sengaja/terpaksa/ikut-ikutan sehingga memang niat jahat menyakiti baik secara mental, pikiran hingga fisik terhadap seseorang yang tidak disukainya.

    Berapa lama prosesnya ? bisa dalam jangka waktu pendek atau panjang

    Siapa pelakunya ? bisa keluarga, teman, pacar, tetangga, pimpinan, rekan kerja dan lainnya. Pelakunya bisa dilakukan satu orang atau sekelompok orang.

    Bagaimana efeknya terhadap pelaku dan korbannya ? efeknya akan beragam, bersikap masa bodoh, menyesal, rendah diri, kerap melakukan hal negative, menurunkannya ke anak, sifat berubah, hingga bunuh diri atau membunuh.

    contoh kasus sederhana:

    Sahabat karib saya kadang suka kesal karena "capek dechhhh" sejak bayi suka diledekin karena matanya belo. Walau bersikap masa bodoh tapi saya tahu kadang sahabat saya sedih atau sakit hati karenanya. Dulu sempat saya ikutan manggil dia "belo" bahkan ketika tahu dia hamil aku sempat komentar wach apa anakmu belo juga yach..sekarang saya jadi nyesal secara tidak lansung saya mengatakan hal yang tidak enak.
    Sama halnya para bule asli Russia yang suka ngeledekin suka bangsa kavkaz,Russia yang hidungnya "alamak" guedee dan model burung betet atau ngeledekin bangsa Russia didaerah far east yang matanya sipit karena keturunan mongol dan china, juga sikap sebagian bangsa eropa yang benci kaum gypsy dengan cap tukang mencuri.
    Hinaan dan ledekan ini terus berlanjut turun temurun dan berkembang menjadi sikap rasis contohnya melarang anak mereka bergaul dengan yang bukan satu ras, pemasangan iklan " disewakan flat tapi tidak untuk suku bangsa kavkaz", dari pandangan melecehkan, ledekan hingga membentuk gerombolan neo nazi dan hooligan yang suka mukulin hingga membunuh segala bangsa yang tidak bule 100 persen.

    Kasus lain adik saya almarhum pernah nonjok mata saya ampe biru gara gara kesal dengan kebiasaan saya suka cium dia dan panggil dia dengan nama nama lucu termasuk sigembul bahkan didepan banyak orang yang menurut adikku itu penghinaan dan memalukan karena merasa sudah besar bukan bebeh lagi.Saya tidak sadar rasa sayang saya tidak pada tempatnya.

    Kasus lain banyak anak dikeluhkan guru karena suka iseng, kasus lainnya anak yang sering nangis karena diledekin temannya karena warna kulit, suku bangsanya atau kekurangannya atau dihina dengan kata kata tidak sopan misalnya dasar anak kampung, dasar anak miskin, dasar gendut dan lainnya.

    Apa penyebab anak kecil bisa bersikap buruk dan jahat sehingga menyakiti binatang/anak lain ?? jawaban menyontoh sikap keluarganya, karena ikutan teman dan pengaruh lingkungan. Satu lagi yang paling berperan adalah media massa seperti siaran televisi bahkan film kartun.

    Baru baru ini saya sadar bahwa film kartun yang lucu mengandung pengaruh buruk jika anak salah mengartikannya, beberapa kisah kisah kartun juga secara tidak lansung mengajarkan anak untuk saling ngerjain dengan maksud melucu misalnya saling lempar, memukul dengan suatu benda, pasang jebakan misalnya dengan melempar plastic berisi air dan hal tersebut ditiru banyak anak.Keisengan adik saya terhadap binatang karena meniru film kartun yang ditontonnya. Putri saya yang berusia 3 tahun mulai suka getok kepala/badan saya dengan mainannya sekedar iseng, ini gara gara nonton "tom n jerry" kalo pas mukul pake boneka mach tidak apa tapi kalo pas megang mainan yang lebih keras… sakit booo…sejak itu saya berhati hati jika membeli dvd anak.

    Anak- anak yang jadi pelaku dan korban akan berkembang jadi manusia dewasa yang bermasalah jika tidak segera dibantu.

    Nasip situkang bikin sakit hati ? sering kali hanya diacuhin, ditegur, dimarahi dengan kata kata dan hukuman tanpa dicari alasannya mengapa dia begitu dan cari penyelesaiannya dengan cara pendekatan dengan kasih sayang.Jika dibiarkan orang ini akan berkembang jadi manusia yang rasis, tukang iseng/suka ngeledek, bersikap kasar/sok kuasa/egois dan yang terparah isengnya bisa berkembang jadi tindak kejahatan.

    Nasip sikorban ? yang tidak ketahuan akan menumpuk rasa sakit hatinya sehingga berkembang jadi hal negative, kebanyakan orang sekitarnya tidak membantu dia mengakhiri masalah yang membuatnya sedih/sakit hati karena beranggap itu hanya lelucon/iseng ajah.Jika dibiarkan korban akan mengalami tekanan jiwa/stress, yang fatal bunuh diri atau melakukan pembunuhan terhadap situkang bikin sakit hati atau dilampiaskan ke orang lain.

    DiRussia kasus terbaru seorang remaja laki laki bunuh diri karena sering di marahi guru matematikanya dan akibatnya jadi celaan teman teman sekelasnya. Kasus lain seorang pria melakukan pembunuhan berantai terhadap banyak pemabuk dan tunawisma dengan alasan iseng dan pingin mecahin rekor. Banyak kasus remaja putri yang bunuh diri karena diledekin jelek dan tidak ikutin gaya hidup terbaru alias kuper bahkan satu anak laki-laki di Moscow melompat dari flatnya dan tewas hanya karena kesal tidak dibeliin game terbaru dan sering dimarahi ortunya.

    untuk para orangtua pelajari anak anda jangan sampai menjadi situkang bikin sakit hati atau menjadi korbannya.
    untuk mereka yang punya pembantu atau bawahan didunia kerja juga berhati-hati dalam memperlakukan mereka dan dalam berbicara karena jika mereka sakit hati efeknya mungkin akan buruk terhadap kita dan keluarga.

    ivarksd menyarankan para pembaca untuk berhati hati dalam bertindak dan bertutur kata terutama soal keisengan atau membuat lelucon jangan sampe membuat rasa sakit hati.Sebarkan rasa sayang dan perhatian terhadap sesama manusia...

  2. #2
    Senior Member iyutW's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Suburban of Megapolitan
    Posts
    1,808
    Rep Power
    8

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Thanks buat opininya jeng..., kadang kita memang tidak sengaja suka meledek orang lain , tanpa tahu bahwa yang diledek bisa sakit hati. Sekarang saya jadi lebih hati2 kalau bicara , takut omongan saya ada yang bisa membuat orang lain tersinggung.
    Macet.....ah, namanya aja hidup di jakarta....

  3. #3
    Senior Contributor Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    5,315
    Rep Power
    12

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Quote Originally Posted by iyutW View Post
    Thanks buat opininya jeng..., kadang kita memang tidak sengaja suka meledek orang lain , tanpa tahu bahwa yang diledek bisa sakit hati. Sekarang saya jadi lebih hati2 kalau bicara , takut omongan saya ada yang bisa membuat orang lain tersinggung.
    betul pak Yut..baik bicara secara lisan maupun tulisan ya..termasuk berbicara dalam forum ini. Sebagai tambahan..sering juga sakit hati timbul karena rasa iri hati..iri terhadap kelebihan..keberhasilan orang lain..dlsbnya. Rasa iri hati itu wajar adanya..bisa timbul pada hati siapapun..hanya kita harus pandai mengontrol perasaan kita dengan baik..bahkan menepisnya jauh2..agar tidak berkembang menjadi emosi yang berlebihan..seperti marah..bahkan mungkin memendam rasa kebencian lebih jauh..or malah menyinggung orang lain dengan mengeluarkan kata2 or perbuatan yang tidak baik.

  4. #4
    Junior Member cimut's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Dunia Maya
    Posts
    363
    Rep Power
    6

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Quote Originally Posted by iyutW View Post
    Thanks buat opininya jeng..., kadang kita memang tidak sengaja suka meledek orang lain , tanpa tahu bahwa yang diledek bisa sakit hati. Sekarang saya jadi lebih hati2 kalau bicara , takut omongan saya ada yang bisa membuat orang lain tersinggung.
    orang lahir dengan bermacam-macam karakter...
    tapi mari kita saling manyayangi
    AKU sayaaang kamu... beh jangan di kira lesbi PULA... dan tersinggung pula nanti

    waduh engga jadi deh
    Peace & love
    cimut

  5. #5
    Senior Member iyutW's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Suburban of Megapolitan
    Posts
    1,808
    Rep Power
    8

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Quote Originally Posted by cimut View Post
    orang lahir dengan bermacam-macam karakter...
    tapi mari kita saling manyayangi
    AKU sayaaang kamu... beh jangan di kira lesbi PULA... dan tersinggung pula nanti

    waduh engga jadi deh
    Sayang itu kan macem2 ..., aku sih yakin yang ini nih sayang sebagai teman2 di forum...hehehe....

    salam sayang juga ya cimut...
    Macet.....ah, namanya aja hidup di jakarta....

  6. #6
    Senior Member iyutW's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Suburban of Megapolitan
    Posts
    1,808
    Rep Power
    8

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Quote Originally Posted by Lasary View Post
    betul pak Yut..baik bicara secara lisan maupun tulisan ya..termasuk berbicara dalam forum ini. Sebagai tambahan..sering juga sakit hati timbul karena rasa iri hati..iri terhadap kelebihan..keberhasilan orang lain..dlsbnya. Rasa iri hati itu wajar adanya..bisa timbul pada hati siapapun..hanya kita harus pandai mengontrol perasaan kita dengan baik..bahkan menepisnya jauh2..agar tidak berkembang menjadi emosi yang berlebihan..seperti marah..bahkan mungkin memendam rasa kebencian lebih jauh..or malah menyinggung orang lain dengan mengeluarkan kata2 or perbuatan yang tidak baik.
    itu manusiawi banget jeng..., soalnya kita selalu tidak pernah puas dengan apa yang ada. tapi memang bener , jangan rasa tidak puas atau iri itu malah diexpresikan dengan kata2 atau perbuatan yang tidak baik pada orang lain.
    Macet.....ah, namanya aja hidup di jakarta....

  7. #7
    Member Night's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    homeless
    Posts
    841
    Rep Power
    7

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Kupikir thread ini lebih banyak membahas tentang Bullying

    malam yang gelap - malam yang hitam - malam yang kelam

  8. #8
    Senior Contributor ~mamamia~'s Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    in my cozy home (:
    Posts
    5,039
    Rep Power
    15

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Semua harus dimulai dari diri sendiri... jangan sering membuat orang jadi sakit hati, lewat perkataan dan tindakan. Semua harus dipikir baik2 sebelum berkata-kata dan berbuat.
    Belajar peka terhadap perasaan orang lain, dan bila kemudian ternyata kita juga berbuat salah, cepat minta maaf.
    (Ini bukan berarti tidak ada konflik...)

    Juga bila ada orang lain berkata atau berbuat salah terhadap kita... belajar introspeksi dan mengampuni. Jangan lelah untuk mengampuni orang yang bersalah dan berkata serta berbuat ga baik terhadap kita.

    Saya tahu itu sangat sulit, but possible... asal kita mau belajar, dan bila kita semua punya cinta dalam hati... karena cinta bisa membuat perubahan...
    Cinta bisa menerima orang lain adanya, sabar, tidak suka marah, tidak dengki dan iri, bisa mengampuni dan melupakan... dst...
    "Character is not formed, nor are rewards earned in the absence of options"
    ~ Bill Johnson ~

  9. #9
    Member Night's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    homeless
    Posts
    841
    Rep Power
    7

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    Quote Originally Posted by ~mamamia~ View Post
    Semua harus dimulai dari diri sendiri... jangan sering membuat orang jadi sakit hati, lewat perkataan dan tindakan. Semua harus dipikir baik2 sebelum berkata-kata dan berbuat.
    Belajar peka terhadap perasaan orang lain, dan bila kemudian ternyata kita juga berbuat salah, cepat minta maaf.
    (Ini bukan berarti tidak ada konflik...)

    Juga bila ada orang lain berkata atau berbuat salah terhadap kita... belajar introspeksi dan mengampuni. Jangan lelah untuk mengampuni orang yang bersalah dan berkata serta berbuat ga baik terhadap kita.

    Saya tahu itu sangat sulit, but possible... asal kita mau belajar, dan bila kita semua punya cinta dalam hati... karena cinta bisa membuat perubahan...
    Cinta bisa menerima orang lain adanya, sabar, tidak suka marah, tidak dengki dan iri, bisa mengampuni dan melupakan... dst...
    Hatiku sudah hitam..., mukaku sudah tebal...
    Gimana nih?
    malam yang gelap - malam yang hitam - malam yang kelam

  10. #10
    Senior Contributor torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    5,142
    Rep Power
    12

    Re: Asal Dan Akibat Sakit Hati

    trmksh postingnya...ini selalu menjadi pengingat spy sy juga ga menyakiti perasaan sesama forumer. kalau selama ini ada yg tersinggung maaf ya...

    Quote Originally Posted by Night View Post
    Hatiku sudah hitam..., mukaku sudah tebal...
    Gimana nih?
    ga apa2...buktinya banyak yg suka sama postingan night

Page 1 of 2 12 LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0