Results 1 to 9 of 9

Thread: Memompa Motivasi Belajar Anak


  1. #1
    Beginner
    Join Date
    May 2010
    Posts
    51
    Rep Power
    5

    Memompa Motivasi Belajar Anak


    Memotivasi anak untuk belajar berbeda-beda menurut usianya. Di jenjang SD, usia ini dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu kelas rendah (kelas 1-3 SD) dan kelas atas (kelas 4-6 SD). Menurut Karmila Wardhana, S.Psi., memiliki
    ciri khas yang berbeda.

    KELAS 1-3 SD
    Anak-anak di kelas bawah masih menapaki masa transisi dari taman kanak-kanak yang aktivitas belajarnya dilakukan sambil bermain ke jenjang sekolah dasar yang formal. Maksudnya, mereka dituntut untuk banyak berada dalam dalam kelas dan duduk tenang memperhatikan penjelasan guru serta mengerjakan tugas-tugas.


    Tuntutan tersebut tentu saja menyulitkan karena sebenarnya murid-murid kelas rendah masih dalam usia bermain. Sayangnya, banyak orang tua, bahkan guru, melupakan ciri khas usia ini. “Anak kelas 1-2 belum bisa diharapkan duduk lama karena rentang perhatiannya maksimal sekitar 15 menit. Jadi mereka bukan nakal kalau enggak bisa diam di kelas.”

    Berkaitan dengan masa transisi ini pula, seperti dituturkan Mila, orang tua mesti peka dengan kemungkinan munculnya school phobia pada anak. Pahamilah bahwa perubahan-perubahan dari TK ke SD sering membuat murid kelas rendah “ketakutan”.


    Agar anak dapat melalui masa transisinya dengan mulus, orang tua dapat membantu dengan memberikan motivasi belajar yang pas menurut ciri khas anak usia kelas 1-3 SD atau kurang lebih 6-8 tahun. Inilah pokok-pokoknya:

    Belajar sambil bermain
    Pada prinsipnya hampir sama dengan cara belajar anak TK. Namun, untuk anak SD alihkan ke cara bermain yang lebih konstruktif. “Tolong ambilkan Bunda 2 cokelat, dong. Nah, di tangan Bunda sudah ada 1 cokelat. Bunda jadi punya berapa cokelat sekarang? Suasana belajar pun tak perlu harus serius. Jadi tak selalu harus belajar di belakang meja, bisa juga sambil tiduran di lantai, misalnya.

    Manfaatkan PR


    Sampai saat ini Pekerjaan Rumah (PR) untuk murid kelas rendah masih menjadi pro-kontra. Menurut Mila, selama tidak berlebihan, sebenarnya PR banyak memberi manfaat.

    Beri dukungan
    Dukungan memang selalu diperlukan, terutama saat anak menghadapi masa-masa sulit di sekolah. Bentuknya bisa sangat sederhana, misalnya ketika anak memperoleh nilai buruk, kita tidak perlu menjatuhkan vonis bahwa ia bodoh atau pemalas.


    Beri dukungan sepenuhnya

    Lebih baik, luangkan waktu untuk mendiskusikan masalah tersebut dengan anak. “Sebagai awal, orang tua perlu mencari tahu perasaan anak ketika memperoleh nilai 50. Apakah ia kecewa, sedih atau biasa-biasa saja, karena jangan-jangan ia tidak mengerti bahwa nilai 50 itu berarti kurang.” Lalu tetaplah beri dukungan.

    Jadilah model yang baik
    Ini berarti orang tua jangan sampai terlihat santai saat anak sedang belajar. “Misalnya, ketika sedang mengerjakan PR anak melihat ibunya menonton televisi dan ayahnya tidur. Bisa-bisa anak merasa diperlakukan tidak adil. ‘Ih, ayah, kok, bisa tidur sedangkan aku harus belajar?" Akan lebih baik bila saat anak belajar, orang tua juga tampak “belajar”, seperti menemani anak sambil membaca koran atau buku. Dengan begitu anak akan mendapat panutan.


    Tetapkan jam belajar
    Misalnya, dari jam 5 sampai 7 disepakati sebagai jadwal belajar anak. Namun, jadwal harus dibuat dengan mempertimbangkan jam sekolahnya. Berilah ia waktu untuk berisitirahat sebelum waktu belajar. Saat waktunya belajar, anak harus diberi pengertian bahwa rentang waktu itu harus diisi hanya untuk kegiatan belajar. Artinya ia tidak nonton teve, tidak mendengarkan radio, atau tidak bermain playstation.

    ANAK 4-6 SD
    Anak-anak SD kelas atas sebenarnya sudah diharapkan memiliki self learning regulation atau kesadaran untuk belajar sendiri. Jika pada anak kelas 1-3 SD, orang tua masih sangat terlibat dalam proses belajar anak, maka pada anak kelas 4-6 SD orang tua hanya jadi pendamping saja. Mereka sudah harus tahu apa yang mesti dikerjakan.

    Namun begitu, orang tua tetap perlu menumbuhkan motivasi belajarnya agar tak kendur. Caranya, ingatlah bahwa salah satu ciri anak usia ini adalah penggunaan logika yang sudah semakin mendalam. Orang tua perlu memberikan alasan-alasan yang masuk akal tentang pentingnya belajar.
    Last edited by maspras; 24-05-10 at 01:40 PM.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jul 2010
    Posts
    43
    Rep Power
    0

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    salah satu cara yg cukup ampuh untuk motivasi anak adalah dgn mengajaknya bermain kejar-kejaran

  3. #3
    Newbie Partnersee's Avatar
    Join Date
    Jul 2010
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    Bermain sambil belajar Betul betul betul ?
    www.aurstreet.com , Info & News
    aurstreet.tumblr.com , free posting to aurstreet

  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    dunia anak adalah dunia bermain, bernyanyi, dan bercerita...masukkan pengetahuan melalui dunia mereka

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    158
    Rep Power
    5

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    dan yang perlu adalah keteladanan orang tua dan perhatian orang tua. Kalau perlu dampingi anak belajar, minimal kita memberikan contoh misal ikut membaca buku tatkala waktu anak belajar saya yakin anak akan tertarik belajar kalau ortunya begitu karena anak cenderung meniru ortu.

    Banyak ortu yang sukanya memerintah anak untuk belajar tapi tidak di ikuti memberi contoh tp malah di tinggal nonton TV atau ngobrol so anak pasti akan malas untuk belajar.
    Penulis terkenal Cipto Junaedy dan juga margahayuland

  6. #6
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,762
    Rep Power
    6

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    serius nich...?

    Quote Originally Posted by yolandatia View Post
    salah satu cara yg cukup ampuh untuk motivasi anak adalah dgn mengajaknya bermain kejar-kejaran

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    40
    Rep Power
    0

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    naluri alami anak adalah bermain, mengajak belajar sambil bermain yang paling tepat
    Belanja baju anak di zahrababyshop
    Praktis dan hemat, harga murah berkualitas


  8. #8
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    metode ini bisa dipake untuk anak ku kelak....

  9. #9
    Senior Member
    Join Date
    Feb 2012
    Posts
    1,296
    Rep Power
    4

    Re: Memompa Motivasi Belajar Anak

    Anak-anak perlu dimotivasi untuk belajar agar kelak menjadi orang yang berguna ...........

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0