Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast
Results 11 to 20 of 22

Thread: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?


  1. #11
    Contributor dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    2,520
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    ehm aku bleum punya anak...jadi belum punya bayangan tapi setidaknya tidak seperti waktu masa kecil ku ...bingung juga
    I lovee youuu bebeb....

  2. #12
    Senior Member Ernitara's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,838
    Rep Power
    8

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by dung_dung View Post
    ehm aku bleum punya anak...jadi belum punya bayangan tapi setidaknya tidak seperti waktu masa kecil ku ...bingung juga
    Hehehe...ko bingung...emang waktu kecil ga pernah ditegur ama ortu...

    Kalo marah ga bisa keras, anak jaman sekarang dikerasin malah ga takut. Ya jadi kaya temen aja ngasih taunya, dengan catatan kalo kesalahan diulangi lagi bakal dapet sangsi. Biasanya kalo udah marah saya langsung minta maaf ama anak2, saya bilang saya marah untuk kebaikan mereka dan sebenernya saya sangat...sangat ...sangat sayang ama mereka. Kalo udah gitu biasanya pelukan, anak saya juga jadi minta maaf udah bikin mama kecewa....

  3. #13
    Contributor dung_dung's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    pulau kapoek
    Posts
    2,520
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by Ernitara View Post
    Hehehe...ko bingung...emang waktu kecil ga pernah ditegur ama ortu...

    Kalo marah ga bisa keras, anak jaman sekarang dikerasin malah ga takut. Ya jadi kaya temen aja ngasih taunya, dengan catatan kalo kesalahan diulangi lagi bakal dapet sangsi. Biasanya kalo udah marah saya langsung minta maaf ama anak2, saya bilang saya marah untuk kebaikan mereka dan sebenernya saya sangat...sangat ...sangat sayang ama mereka. Kalo udah gitu biasanya pelukan, anak saya juga jadi minta maaf udah bikin mama kecewa....
    hahahahha gitu yah er....ntar dah aku apalin dan waktunya ntar praktek...masa kecil wadoh2 dah tobat tobat weis....gak pengen balek
    I lovee youuu bebeb....

  4. #14
    Senior Contributor bakterijahatShera's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    9,472
    Rep Power
    16

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by Ernitara View Post
    Hehehe...ko bingung...emang waktu kecil ga pernah ditegur ama ortu...

    Kalo marah ga bisa keras, anak jaman sekarang dikerasin malah ga takut. Ya jadi kaya temen aja ngasih taunya, dengan catatan kalo kesalahan diulangi lagi bakal dapet sangsi. Biasanya kalo udah marah saya langsung minta maaf ama anak2, saya bilang saya marah untuk kebaikan mereka dan sebenernya saya sangat...sangat ...sangat sayang ama mereka. Kalo udah gitu biasanya pelukan, anak saya juga jadi minta maaf udah bikin mama kecewa....
    bagus itu Er,,,
    punishment and reward,,
    sbg contohnya ya harus kita dulu,,
    mau terbuka dan minta maaf apabila kita jg melakukan kesalahan
    jd kita memberikan contoh yg timbal balik,,
    Love is not finding someone to live, its finding someone you can't live without

  5. #15
    Contributor yantiluhjinggan's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    2,575
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by bakterijahatShera View Post
    bagus itu Er,,,
    punishment and reward,,
    sbg contohnya ya harus kita dulu,,
    mau terbuka dan minta maaf apabila kita jg melakukan kesalahan
    jd kita memberikan contoh yg timbal balik,,
    Juga jangan pelit pujian...
    sekecil apapun perbuatan anak yang menunjukan sikap baik
    dan perkembangannya kita beri pujian...
    atau hadiah....
    tapi jangan asal janji doang....
    sekali kita bohong ke anak...
    efeknya panjang banget....

  6. #16
    Senior Member Ernitara's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    1,838
    Rep Power
    8

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by bakterijahatShera View Post
    bagus itu Er,,,
    punishment and reward,,
    sbg contohnya ya harus kita dulu,,
    mau terbuka dan minta maaf apabila kita jg melakukan kesalahan
    jd kita memberikan contoh yg timbal balik,,
    Betul Sher...walopun sebenernya ga mau marah deh, ngebayangin waktu hamil ama ngelahirinnya udah susah terus sekarang malah dimarahin... Pastinya saya suka bilang juga, kalo kalian tidak ada kesalahan ga mungkin mama marah...

  7. #17
    Contributor yantiluhjinggan's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    2,575
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    mama....mama....
    Kadang anak ada saja permintaannya...
    dari yang jajanan makanan atau yang mainan...
    apakah semua permintaannya diturutin apa enggak...?
    Gimana caramu menyikapi permintaan anak...?

  8. #18
    Junior Member yudie alan's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jaxel & Bogor
    Posts
    229
    Rep Power
    6

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by yantiluhjinggan View Post
    Pada umumnya semua anak itu lucu dan menggemaskan...
    Tapi kadang ada saja tingkah lakunya yang bikin kita marah
    Apa lagi anak-anak jaman sekarang yang disebut anak anak generasi Platinum
    yang memiliki karakter lebih ekspresif dan eksploratif...

    Bila anak membuat orang tua marah dan kesal...
    bagaimana caramu memarahi anak..?
    Semua orang tua pasti sayang pada anaknya dan tidak ingin mereka celaka. Untuk itu diperlukan kesabaran dan usaha keras dari setiap orang tua dalam memdidik anak. Apalagi anak yang menjelang dewasa, mereka cenderung tidak mau diatur dan susah dikekang. Mereka biasanya ingin bebas, tanpa batasan dan aturan. Walaupun demikian, kita harus memberi mereka perhatian yang wajar tanpa mengekang kebebasan anak.

    Biarkan anak mengekspresikan diri sesuai keinginannya. Tapi kita harus mengontrolnya agar tidak keluar jalur dan batasan norma-norma agama. Imbangi kegiatan anak di luar dengan kesibukan di rumah. Carikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangannya. Sekali-kali ajak anak kita ke pengajian, atau ke panti asuhan kalau memungkinkan, agar anak tahu dan mengerti bahwa kebebasan yang diberikan orang tua itu tidak untuk disalahgunakan.

    Memang benar, kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka akan terbawa harum, tapi bila bergaul dengan pandai besi maka akan tercium bau pembakaran. Artinya, keterampilan apapun untuk mendidik anak harus kita bayar berapapun harganya dan berapapun besarnya tenaga yang harus kita keluarkan.
    Secara umum ada empat hal yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik anaknya.

    Pertama, harus ada suri teladan atau contoh kebaikan dari orang tua. Bila kita menginginkan anak yang berakhlak mulia, maka kita sebagai orang tuanya harus terlebih dulu menjadi orang yang berakhlak mulia.

    Kedua, anak harus dibina dalam lingkungan atau pelatihan yang sistematis dan berkesinambungan, seperti pesantren kilat. Tapi jangan hanya sekali mengikuti pesantren kilat tersebut.

    Ketiga, masukkan ia ke dalam lingkungan yang kondusif dan sarat akan nilai kebaikan.

    Empat, kukuhkan dengan taburan doa dari ibu bapaknya. Itulah konsep yang insya Allah akan membawa dan membuka jalan yang tepat bagi anak-anak kita untuk menjadi orang yang ber-akhlakul karimah.

  9. #19
    Contributor yantiluhjinggan's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    2,575
    Rep Power
    9

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Quote Originally Posted by yudie alan View Post
    Semua orang tua pasti sayang pada anaknya dan tidak ingin mereka celaka. Untuk itu diperlukan kesabaran dan usaha keras dari setiap orang tua dalam memdidik anak. Apalagi anak yang menjelang dewasa, mereka cenderung tidak mau diatur dan susah dikekang. Mereka biasanya ingin bebas, tanpa batasan dan aturan. Walaupun demikian, kita harus memberi mereka perhatian yang wajar tanpa mengekang kebebasan anak.

    Biarkan anak mengekspresikan diri sesuai keinginannya. Tapi kita harus mengontrolnya agar tidak keluar jalur dan batasan norma-norma agama. Imbangi kegiatan anak di luar dengan kesibukan di rumah. Carikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangannya. Sekali-kali ajak anak kita ke pengajian, atau ke panti asuhan kalau memungkinkan, agar anak tahu dan mengerti bahwa kebebasan yang diberikan orang tua itu tidak untuk disalahgunakan.

    Memang benar, kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka akan terbawa harum, tapi bila bergaul dengan pandai besi maka akan tercium bau pembakaran. Artinya, keterampilan apapun untuk mendidik anak harus kita bayar berapapun harganya dan berapapun besarnya tenaga yang harus kita keluarkan.
    Secara umum ada empat hal yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik anaknya.

    Pertama, harus ada suri teladan atau contoh kebaikan dari orang tua. Bila kita menginginkan anak yang berakhlak mulia, maka kita sebagai orang tuanya harus terlebih dulu menjadi orang yang berakhlak mulia.

    Kedua, anak harus dibina dalam lingkungan atau pelatihan yang sistematis dan berkesinambungan, seperti pesantren kilat. Tapi jangan hanya sekali mengikuti pesantren kilat tersebut.

    Ketiga, masukkan ia ke dalam lingkungan yang kondusif dan sarat akan nilai kebaikan.

    Empat, kukuhkan dengan taburan doa dari ibu bapaknya. Itulah konsep yang insya Allah akan membawa dan membuka jalan yang tepat bagi anak-anak kita untuk menjadi orang yang ber-akhlakul karimah.
    Thank's masukannya....

  10. #20
    unn
    unn is offline
    Senior Member unn's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    somewhere between Bogor and Bandung
    Posts
    1,132
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana cara kamu memarahi anak...?

    Jujur aja, kadang-kadang nggak kontrol juga, baik ucapan ataupun tindakan. Satu hal yang pasti, 'mood' juga sangat mempengaruhi.
    Tapi yang jelas, lebih sering sich, dengan nada yang agak tinggi. Setelah itu, mereka aku ciumi...
    So..., mereka tetep bangga sama Mamanya...
    Alhamdulillah...

Page 2 of 3 FirstFirst 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0