Results 1 to 9 of 9

Thread: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?


  1. #1
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Smile Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Bagaimana hubungan anda dengan mertua anda? Apakah rukun2 saja? Ataukah bagaikan musuh?
    Berikut ini ada artikel yang membahas tentang hal tsb, silahkan dibaca...

    Mesra dengan Mertua
    Minggu, 12 Oktober 2008 | 13:41 WIB
    Sayang seribu sayang, Anda tak bisa memilih mertua seperti yang diinginkan. Ketika Anda jatuh cinta kepada seseorang, orangtuanya tetap satu "paket" dengan anaknya. Bagi banyak pasangan, hal ini bukanlah masalah dan mereka bisa baik-baik saja dengan mertuanya. Sementara yang lainnya merasa, mertua ibarat "monster" yang siap menerkam kapan saja.

    Akar masalah dari tidak harmonisnya hubungan mantu-mertua, sebagian besar disebabkan perbedaan dalam hal pendidikan keluarga. Setiap keluarga punya nilai, tradisi, dan kebiasaan, mulai dari cara membesarkan anak hingga melakukan pekerjaan rumah, benar-benar sudah mendarah daging pada diri masing-masing.
    Jadi, jika cara Anda dan keluarga mertua berbeda, tentu akan menimbulkan masalah. Agar hubungan menjadi baik dengan mertua, Anda dan pasangan harus bisa menunjukkan kesatuan pendapat. Memang sulit bertahan dalam mengikuti peraturan orangtua, tapi jika Anda berdua setuju dan saling mendukung, jalan akan mulus. Bekerja samalah dengan kemampuan komunikasi yang dimiliki.

    Di bawah ini ada beberapa masalah umum yang bisa menyebabkan konflik antara pasangan dan mertua, juga tips untuk mengatasinya.

    1. Kebiasaan Menyebalkan
    Setiap orang, termasuk mertua, punya kebiasaan yang menyebalkan. Misalnya, menceritakan masalah berulang kali. Sebagai pasangan, buatlah daftar menyebalkan dari kedua orangtua, lalu kumpulkan semua maksud baik mereka. Akhirnya, Anda berdua setuju mengacuhkannya atau menertawai perilaku mereka. Jika Anda benar-benar tak bisa menerima perilakunya, diskusikan baik-baik dan minta mereka berhenti melakukan hal itu. Bisa melalui candaan atau ajak mereka pergi dan berbicaralah dengan sopan.

    2. Mengritik
    Ada mertua yang tak ragu menceritakan kepada orang lain jika mereka merasa Anda berbuat salah. Hal ini tergantung kepada Anda untuk memutuskan, komentar apa yang akan diacuhkan. Mungkin Anda mengacuhkan komentarnya soal masakan, tetapi putuskan untuk berhenti berkomentar jika mereka sudah ikut campur dalam hal karier atau prinsip berkeluarga.

    3. Menjaga Hubungan
    Ada keluarga berpendapat, sangat penting untuk bicara tiap hari dengan mertua. Namun, ada juga pendapat, cukup sesekali saja bicara lewat telepon. Tak ada yang benar atau salah karena tradisi pasangan berbeda dengan Anda dan itu harus bisa diterima. Namun, jika dirasa hal ini menjadi masalah, Anda harus mengatasinya. Misalnya jika menelepon, tak pernah ada yang menjawab, sebagai gantinya, berkunjung saja ke rumahnya. Bukankah ini hal yang baik?

    4. Kebebasan
    Dalam suatu diskusi, beberapa keluarga merasa tak baik membicarakan secara terbuka suatu masalah. Mungkin, ini disebabkan latar pendidikan dan kebiasaan yang berbeda. Sebagai pasangan, Anda harus menyetujui hal-hal yang sudah jadi kebiasaan. Dan, bicarakan kepada orangtua apa yang harus dirahasiakan, misalnya soal keuangan atau kesehatan. Atau, putuskan berbicara hanya dengan salah satu dari mereka saja. Yang penting, Anda berdua tahu apa yang disetujui.

    5. Berkumpul dengan Keluarga
    Acara perkawinan, liburan Idul Fitri atau Natal adalah salah satu penyebab perselisihan di banyak keluarga. Cobalah merencanakannya baik-baik dan biarkan semua orang mengetahui apa yang Anda putuskan. Anda dan pasangan mungkin juga mengetahui tradisi keluarga yang kuat, jadi siapkan untuk bertoleransi.

    Untuk banyak pasangan, berhubungan dengan mertua merupakan tantangan panjang dalam kehidupannya, tapi banyak juga pasangan lainnya berpendapat, hal ini mudah saja jika Anda tahu lebih baik bagaimana menghadapinya. Bagaikan peristiwa dalam kehidupan seperti memiliki bayi atau pindah rumah, yang akan menambah masalah, tapi dengan cinta kasih yang tulus dan pengertian, masalah yang timbul bisa dijadikan kesempatan untuk lebih saling mendekatkan diri. Hidup dalam keluarga besar bisa menjadi sangat luar biasa bermanfaat. Jadi, usaha yang Anda jalankan benar-benar berharga.

    Aline

  2. #2
    Senior Contributor bakterijahatShera's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    7,375
    Rep Power
    15

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    1. Kebiasaan Menyebalkan
    Setiap orang, termasuk mertua, punya kebiasaan yang menyebalkan. Misalnya, menceritakan masalah berulang kali.

    2. Mengritik
    Ada mertua yang tak ragu menceritakan kepada orang lain jika mereka merasa Anda berbuat salah. Hal ini tergantung kepada Anda untuk memutuskan, komentar apa yang akan diacuhkan. Mungkin Anda mengacuhkan komentarnya soal masakan,

    3. Menjaga Hubungan
    Namun, ada juga pendapat, cukup sesekali saja bicara lewat telepon.

    4. Kebebasan
    Dalam suatu diskusi, beberapa keluarga merasa tak baik membicarakan secara terbuka suatu masalah.

    5. Berkumpul dengan Keluarga
    Acara perkawinan, liburan Idul Fitri atau Natal adalah salah satu penyebab perselisihan di banyak keluarga. Cobalah merencanakannya baik-baik dan biarkan semua orang mengetahui apa yang Anda putuskan.

    Aline
    hmm,,semua ada,,
    tp so far so good laahhh..............
    gak mu ambil pusing lg soal yg beginian..
    Love is not finding someone to live, its finding someone you can't live without

  3. #3
    Newbie CUTE_BABY's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    somewhere in east area
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Masuk kanan keluar kiri ajah lha...
    namanya juga orang tua, enggak bisa ditebak maunya apa... asal jgn ikutan nimbrung di managemen keluarga ajah, dan kitanya sebagai "anak" enggak bikin gara2..
    Gue mah udah kebal yg kaya k ginian...
    I FEEL FINE...
    BEATLES MANIA

  4. #4
    Newbie Ning Adel's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    antero blue
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Awalnya memang kurang harmonis, serba salah ....
    kemudian saya bisa bersikap yang penting saya berusaha untuk memenuhi kewajiban sebagai menantu semampu dan sebisa saya, dan saya tidak berharap apapun dari beliau bahkan untuk sekedar ucapan terima kasih pun, ini semua untuk mengurangi rasa kecewa, sakit hati dan nelangsa terus ...
    Alhamdulillah semakin lama hubungan saya dengan mertua semakin baik ..

  5. #5
    Junior Member felia's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    TANGERANG
    Posts
    472
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    [quote=marsal;208797]Bagaimana hubungan anda dengan mertua anda? Apakah rukun2 saja? Ataukah bagaikan musuh?
    Berikut ini ada artikel yang membahas tentang hal tsb, silahkan dibaca...

    Mesra dengan Mertua
    1. Kebiasaan Menyebalkan
    Setiap orang, termasuk mertua, punya kebiasaan yang menyebalkan. Misalnya, menceritakan masalah berulang kali. Sebagai pasangan, buatlah daftar menyebalkan dari kedua orangtua, lalu kumpulkan semua maksud baik mereka. Akhirnya, Anda berdua setuju mengacuhkannya atau menertawai perilaku mereka. Jika Anda benar-benar tak bisa menerima perilakunya, diskusikan baik-baik dan minta mereka berhenti melakukan hal itu. Bisa melalui candaan atau ajak mereka pergi dan berbicaralah dengan sopan. waah...mertuaku sibuk dengan dagangannya...jadi gak mungkin untuk ngajak pergi. apa lagi bicara berdua ??? gak bisa...karena ada kakak iparku yang selalu mau tahu urusan orang...

    2. Mengritik
    Ada mertua yang tak ragu menceritakan kepada orang lain jika mereka merasa Anda berbuat salah. Hal ini tergantung kepada Anda untuk memutuskan, komentar apa yang akan diacuhkan. Mungkin Anda mengacuhkan komentarnya soal masakan, tetapi putuskan untuk berhenti berkomentar jika mereka sudah ikut campur dalam hal karier atau prinsip berkeluarga. yach...aku pernah dikritik tapi it's oke aku anggap sebuah lelucon aja...karena gak bener tuch...

    3. Menjaga Hubungan
    Ada keluarga berpendapat, sangat penting untuk bicara tiap hari dengan mertua. Namun, ada juga pendapat, cukup sesekali saja bicara lewat telepon. Tak ada yang benar atau salah karena tradisi pasangan berbeda dengan Anda dan itu harus bisa diterima. Namun, jika dirasa hal ini menjadi masalah, Anda harus mengatasinya. Misalnya jika menelepon, tak pernah ada yang menjawab, sebagai gantinya, berkunjung saja ke rumahnya. Bukankah ini hal yang baik? yach...paling cuma itu aja yang bisa aku lakukan...berkunjung seminggu atau 2 minggu atau 1 bulan sekali...

    4. Kebebasan
    Dalam suatu diskusi, beberapa keluarga merasa tak baik membicarakan secara terbuka suatu masalah. Mungkin, ini disebabkan latar pendidikan dan kebiasaan yang berbeda. Sebagai pasangan, Anda harus menyetujui hal-hal yang sudah jadi kebiasaan. Dan, bicarakan kepada orangtua apa yang harus dirahasiakan, misalnya soal keuangan atau kesehatan. Atau, putuskan berbicara hanya dengan salah satu dari mereka saja. Yang penting, Anda berdua tahu apa yang disetujui. kalau masalah keuangan itu privacy banget...tapi kadang mertuaku pingin tahu keuangan anaknya...padahal kan dah merit..

    5. Berkumpul dengan Keluarga
    Acara perkawinan, liburan Idul Fitri atau Natal adalah salah satu penyebab perselisihan di banyak keluarga. Cobalah merencanakannya baik-baik dan biarkan semua orang mengetahui apa yang Anda putuskan. Anda dan pasangan mungkin juga mengetahui tradisi keluarga yang kuat, jadi siapkan untuk bertoleransi. yach...paling2 dengan hal ini aja bisa ngumpul bareng2...

    hiks...hiks...hiksss...andai aja ada orang lain yang tahu masalahku sebenarnya dengan mertua n keluarga suamiku...tapi biar ja dech jadi rahasiaku sendiri...( walaupun ingin banget curhat...tapi gak tahu curhat sama siapa )
    do your best for ur self and other

  6. #6
    Senior Member teh bibin's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Cikampek
    Posts
    1,702
    Rep Power
    8

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    ibu mertua saya betawi asli, nyablak...tapi baiiik banget...
    kalau kita salah ya di omong, kalau kita bener di puji...
    asik bnget punya ibu mertua kaya dia...
    kalo datang ke rumahnya, pasti nanya mau di masakin apa..
    dulu waktu masih sehat suka hunting makanan ke mal...
    orangnya cuwek abis...sayang ma cucu nya...
    kalo pas mau pulang..ga mau di kasih uang malah dia yang balik kasih uang buat anakku...ahhh ibu...ibu...lagi ngapain dikau ya...
    Salam manis tak'kan habis
    Salam sayang tak'kan hilang

  7. #7
    Junior Member indie98's Avatar
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Near Stamford Rafless city
    Posts
    133
    Rep Power
    7

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Kuncinya : Jangan tinggal terlalu dekat dengan mertua apalagi serumah.
    Ketahui semua yang kamu katakan, tapi jangan katakan semua yang kamu ketahui !

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Medan
    Posts
    4
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    Hubunganku dengan mertua sih sangat baik2 ajha tuh...
    Kalo akhir minggu dia sering nginep di rumah malah dan aku samasekali gak terganggu malah dibantuin... Mertua pinter masak soalnya jadi kalo dia datang pasti makan enak n aku bisa belajar gratizz...
    Baek2 ajalah ama mertua... dia khan ortu kita juga... ingatlah suami kita itu yang kita cintai sepenuh hati dan dipilih untuk pasangan hidup kita yang membesarkan adalah mertua kita...

  9. #9
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    245
    Rep Power
    0

    Re: Bagaimana Hubungan Anda dengan Mertua Anda?

    mantap nich , setuju, hehe...

    Quote Originally Posted by awila hani View Post
    .....
    Baek2 ajalah ama mertua... dia khan ortu kita juga... ingatlah suami kita itu yang kita cintai sepenuh hati dan dipilih untuk pasangan hidup kita yang membesarkan adalah mertua kita...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO