Results 1 to 6 of 6

Thread: Memasak Lontong dengan Plastik (Bukan dengan Daun)... Berbahayakah?


  1. #1
    Junior Member jerry_anf's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    307
    Rep Power
    7

    Memasak Lontong dengan Plastik (Bukan dengan Daun)... Berbahayakah?

    Salam

    rekan-rekan, seorang penjual lontong di depan kantorku memasak lontong menggunakan plastik, bukan dengan daun pisang seperti biasanya. Kalau ditanya alasannya jawabannya hanya dari segi ekonomis.

    "Karena daun susah dan mahal, lebih baik dengan plastik murah dan lebih bagus jadinya" begitu katanya.

    Nah bila di tinjau dari segi kesehatan, berbahayakah media plastik itu?
    Ngeri juga kalo bisa2 jadi kanker nantinya....


    salam

    jerry

  2. #2
    Senior Member techan's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jkt
    Posts
    2,185
    Rep Power
    9

    Re: memasak lontong dengan plastik (bukan dengan daun)..berbahayakah?

    sama, aku juga pernah pas beli ketoprak abangnya pake lontong yg dalam plastik...kalo di malaysia sih memang udah dibungkus satu2 beras dalam plastik, tinggal direbus doang. cuma moga2 plastik yg dipake si abang ini kualitasnya lumayan baik, karena kalo tidak tentu sudah lumer saat direbus, utk merebus lontong dibutuhkan waktu yg lama.
    Our mind is like a garden; if no good seeds are sown, nothing good will grow from it.

  3. #3
    Senior Member teh bibin's Avatar
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Cikampek
    Posts
    1,702
    Rep Power
    8

    Re: memasak lontong dengan plastik (bukan dengan daun)..berbahayakah?

    selain dari segi ekonomis murahnya bahan untuk kemasan lontong tersebut, mungkin faktor memasak juga jadi lebih ringan. kalo pake plastik tinggal masukin beras mentah yang dah di cuci ( seperti memasukan beras dalam ketupat ).
    kalo pake daun kan musti di aronin dulu , lalu baru di bungkus dengan daun, itupun harus benar-benar extra ketat dan kuat membungkusnya, jika tidak alamat si lontong ini tidak akan berbentuk lontong....mungkin yaaa....
    Salam manis tak'kan habis
    Salam sayang tak'kan hilang

  4. #4
    Junior Member jerry_anf's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    307
    Rep Power
    7

    Re: memasak lontong dengan plastik (bukan dengan daun)..berbahayakah?

    Quote Originally Posted by teh bibin View Post
    selain dari segi ekonomis murahnya bahan untuk kemasan lontong tersebut, mungkin faktor memasak juga jadi lebih ringan. kalo pake plastik tinggal masukin beras mentah yang dah di cuci ( seperti memasukan beras dalam ketupat ).
    kalo pake daun kan musti di aronin dulu , lalu baru di bungkus dengan daun, itupun harus benar-benar extra ketat dan kuat membungkusnya, jika tidak alamat si lontong ini tidak akan berbentuk lontong....mungkin yaaa....
    Quote Originally Posted by alindri View Post
    masak lontong pake plastik atau daun caranya sama saja....
    beras mentah yang telah dicuci dimasukin kedalam daun yang sudah digulung dan disemat dengan lidi....kemudian direbus selama beberapa jam hingga benar2 matang.....

    masalahnya bukan di persoalan kuat atau tidak, tapi pada mutu daun, kalau daun yang dipakai bukan daun khusus untuk bikin lontong alamat pecah waktu proses perebusan itu yang membuat beras keluar dan tidak jadi lontong..........

    kalau lontong plastik, banyak koq yang nasinya diaronin dulu baru dimasukin plastik dan direbus....
    hal ini hanya soal ekonomis saja karena waktu rebus jadi lebih singkat, karena beras sudah setengah matang...
    Quote Originally Posted by Cicilia, FL, + ND, USA View Post
    Dear Teh Binbin, kalau menurut saya bisa juga di dalam memproses ketupat atau lontong di bungkus dengan daun dan plastik yang husus untuk tahan panas, kalau ingin mejadi ketupat atau lontong yang ketat, pd pengisian beras atau nasi aronannya jangan terlalu ketat terutama untuk beras yang belum di aroni, masukan berasnya ke kantong plastik atau daun dengan 3/4 penuh dengan air yang sudah men-didih,lalu rebus dengan air yang mendidih sedang (simmer) atau halus dan juga harus di jaga jangan sampai airnya kurang, jadi di dalam pemasakannya air juga harus di tambah (dengan air panas) sehingga lontong atau ketupat tetap terendam dengan air nya...Biasanya lama pemasakannya tergantung dengan besarnya lontong atau ketupat...kalau dari beras, bisa sampai 1 1/2 jam tetapi kalau sudah di adoni hanya memakan waktu 30-45 menit...Ini menurut pendapatku dan yang selalu saya buat...Salam Kuliner Indonesia...
    Regards


    none-none......
    hehehehehe yg ditanyain bukan cara masak lontongnya,......
    tapi si plastiknya ntuu...bahaye nggakk...
    gitu lloohh non.............


    kalo' soal mengolah lontong,...ane fahammm....none-none udah hatamm dehhhhh.....hehehehehehehe

  5. #5
    Contributor artemis's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    4,182
    Rep Power
    18

    Re: memasak lontong dengan plastik (bukan dengan daun)..berbahayakah?

    Quote Originally Posted by jerry_anf View Post

    none-none......
    hehehehehe yg ditanyain bukan cara masak lontongnya,......
    tapi si plastiknya ntuu...bahaye nggakk...
    gitu lloohh non.............

    kalo' soal mengolah lontong,...ane fahammm....none-none udah hatamm dehhhhh.....hehehehehehehe
    gw kagak bisa masak lontong ato tupat mo yang pake plastik ato pake daun ato pake janur... apalagi bikin wadah ketupatnya... ngronce janur jadi ketupat... eh malah amburadul semua....
    jadi ya... hehehe trims banyak buat ibu-ibu yang udah bagi-bagi rahasia bikin lontong ama tupat.
    tapi... rasanya... susah juga masak lontong or tupat di magic jar ya? hehehe kagak punya kompor neeeh....
    This is not a black and white world; you can't afford to believe in your side

  6. #6
    Junior Member 27xyhome's Avatar
    Join Date
    Feb 2013
    Posts
    267
    Rep Power
    2

    Re: memasak lontong dengan plastik (bukan dengan daun)..berbahayakah?

    hmm baru tahu, plastik apa ya namanya....?

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    tergantung plastik apa yang digunakan untuk memasak lontong tersebut...
    sebab ada plastik yang memang khusus untuk memasak/merebus dan sudah melalui uji FDA tentunya...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0