Page 2 of 9 FirstFirst 123456789 LastLast
Results 11 to 20 of 83

Thread: kenapa B*** Haram?


  1. #11
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: kenapa B*** Haram?

    Quote Originally Posted by trakulu View Post
    kalo dari yang pernah saya dapat, bagi orang muslim, daging babi diharamkan itu sudah sejak jaman Rasullulah, ato lebih dari 1000th lalu,
    nah, pada masa sekarang setelah dilakukan penelitian diketahui salah satu penyebabnya adalah berbahaya bagi manusia, misal karena adanya cacing hati (memang tidak semua babi mengandungnya), tetapi terakhir gw liat video tentang daging babi di siram sama coke setelah beberapa menit muncul belatungnya, padahal tuh daging masih segar.
    mungkin ada yang mo nambahin lagi
    Soal haramnya babi, jauh sebelum Islam datang, Yahudi sudah mengharamkan babi. Alasan ilmiah sampai saat ini tidak didapat. Mayoritas orang Eropa, Amerika, Jepang, Korea, dan China makanan utama (daging) adalah babi.
    Pelarangan dalam Kitab Suci Yahudi barangkali karena gaya hidup babi (masa itu) yang jorok, identik dengan gaya hidup orang pagan. Berbeda dengan Orang Yahudi yang sangat terikat dengan hukum.
    Soal cacing hati. Tidak hanya babi, unggas seperti ayampun mengandung cacing hati. Untuk ini babi sebenarnya lebih aman karena dalam periode pemeliharaan secara teratur babi diberi Obat Cacing.
    Di China saat ini sedang dikembangkan babi mini, yang diharapkan organ tubuhnya dapat dicangkok pada manusia.
    Sebagai sumber protein hewani, tidak ada yang mengalahkan babi, karena babi sangat efisien dalam merubah makanan menjadi daging (feed conversinya sangat bagus).
    " Alam Padang, Poe Panjang, Jagat Kamanusaan"

  2. #12
    Member tepanyaki's Avatar
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bintaro
    Posts
    764
    Rep Power
    6

    Re: kenapa B*** Haram?

    Ya sudahlah...
    kalau haram yah jgn dimakan..gitu aja kok repot..
    Tapi jgn ganggu org yg punya hak makan yah..?
    Terkadang hak2 org utk makan babi didiskriminasi..(entah yah, g kok ngerasa bgtu di Indo..)
    Emg btul sih babi sdh diharamkan dr awal olh agama Yahudi, mugkn dari situ asal muasalny..

  3. #13
    Member Shannon's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Heaven on earth
    Posts
    810
    Rep Power
    7

    Re: kenapa B*** Haram?

    Klo aku pernah nonton tayangan mengapa babi haram i salah satu stasiun tv swasta...katanya sih emang karena hidupnya yang jorok...dan kemungkinan banyaknya penyakit...Emang sih babi enak tapi lama2 juga enek...Tapi bagi penikmat bakso..paling enak emang bakso yang menganung babi aromanya bikin lapar...Bukankah banyak juga penjual bakso atau segala makanan yang mengandung daging menggunakan campuran babi?selain harganya lebih murah rasanya juga lebih enak..well tapi bagi yang mengangap babi haram sebaiknya berhati2 aja membeli makanan yang mengandung daging dan rasanya enak,krn kemungkinan mengandung babi...
    ....I'm not a perfect person but I learn to be perfect....

  4. #14
    Newbie
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Wink Re: kenapa B*** Haram?

    sebenarnya kalo kita mengacu pada Kitab-kitab Nabi Musa; maka 90 persen bahan makanan yang beredar di Masyarakat/pasar tidak boleh dikonsumsi alias diharamkan salah satunya B2. sampai detik ini orang-orang yang beragama Yahudi memegang teguh terhadap bahan-bahan makanan ini. Namun di era baru pada masa Isa A.S atawa di jaman Masehi; Sang Nabi pernah mengusir setan-setan (legion) hingga merasuki babi-babi yang saat itu diternakkan di wilayah Filistin. Artinya, saat itu babi-babi ada dikonsumsi oleh orang-orang di seputar tanah situ. dalam hal ini Sang Nabi lebih bijak menghadapi kondisi yang tidak sepaham itu sehingga ada kata-kata bijak yang tersirat dari inspirasi Beliau kepada salah seorang muridnya bahwa "bukan apa yang masuk ke dalam mulut lalu keluar ke jamban itu yang menghramkan, tetapi apa yang keluar dari mulut itu (kutuk, sumpah-serapah, kata tak senonoh, hujat, gosip, cerewet, dll itu yang menajiskan/mengharamkan".
    jadi biarlah kita bijak sebagaimana Sang Nabi: segala sesuatu diperbolehkan!!!! tapi apakah segala sesuatu itu bermanfaat? kitalah yang lebih tahu tentunya.

  5. #15
    Newbie
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    14
    Rep Power
    0

    Wink Re: kenapa B*** Haram?

    sebenarnya kalo kita mengacu pada Kitab-kitab Nabi Musa; maka 90 persen bahan makanan yang beredar di Masyarakat/pasar tidak boleh dikonsumsi alias diharamkan salah satunya B2. sampai detik ini orang-orang yang beragama Yahudi memegang teguh terhadap bahan-bahan makanan ini. Namun di era baru pada masa Isa A.S atawa di jaman Masehi; Sang Nabi pernah mengusir setan-setan (legion) hingga merasuki babi-babi yang saat itu diternakkan di wilayah Filistin. Artinya, saat itu babi-babi ada dikonsumsi oleh orang-orang di seputar tanah situ. dalam hal ini Sang Nabi lebih bijak menghadapi kondisi yang tidak sepaham itu sehingga ada kata-kata bijak yang tersirat dari inspirasi Beliau kepada salah seorang muridnya bahwa "bukan apa yang masuk ke dalam mulut lalu keluar ke jamban itu yang menghramkan, tetapi apa yang keluar dari mulut itu (kutuk, sumpah-serapah, kata tak senonoh, hujat, gosip, cerewet, dll) yang menajiskan/mengharamkan".
    jadi biarlah kita bijak sebagaimana Sang Nabi: segala sesuatu diperbolehkan!!!! tapi apakah segala sesuatu itu bermanfaat? kitalah yang lebih tahu tentunya.

  6. #16
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: kenapa B*** Haram?

    Quote Originally Posted by witerson j View Post
    sebenarnya kalo kita mengacu pada Kitab-kitab Nabi Musa; maka 90 persen bahan makanan yang beredar di Masyarakat/pasar tidak boleh dikonsumsi alias diharamkan salah satunya B2. sampai detik ini orang-orang yang beragama Yahudi memegang teguh terhadap bahan-bahan makanan ini. Namun di era baru pada masa Isa A.S atawa di jaman Masehi; Sang Nabi pernah mengusir setan-setan (legion) hingga merasuki babi-babi yang saat itu diternakkan di wilayah Filistin. Artinya, saat itu babi-babi ada dikonsumsi oleh orang-orang di seputar tanah situ. dalam hal ini Sang Nabi lebih bijak menghadapi kondisi yang tidak sepaham itu sehingga ada kata-kata bijak yang tersirat dari inspirasi Beliau kepada salah seorang muridnya bahwa "bukan apa yang masuk ke dalam mulut lalu keluar ke jamban itu yang menghramkan, tetapi apa yang keluar dari mulut itu (kutuk, sumpah-serapah, kata tak senonoh, hujat, gosip, cerewet, dll) yang menajiskan/mengharamkan".
    jadi biarlah kita bijak sebagaimana Sang Nabi: segala sesuatu diperbolehkan!!!! tapi apakah segala sesuatu itu bermanfaat? kitalah yang lebih tahu tentunya.
    Pendapat yang sangat cerdas.
    Yang masuk mulut (makanan) akan keluar lagi jadi kotoran.
    Ini tidak jadi persoalan, karena akan masuk jamban.
    Yang keluar dari mulut (umpatan, sumpah serapah, kutuk dan lain-lain) itu yang dilarang. Karena akan menyakiti manusia lainnya.
    Dalam Perjanjian Lama babi diharamkan. Barangkali dapat dijelaskan begini: Orang Israel saat itu adalah orang yang melakukan perjalanan jauh, dari Mesir ke Tanah Perjanjian. Kalau tiap hari makan babi akan merepotkan, karena tubuhnya akan gemuk. Makanan saat itu mengandalkan yang disediakan Tuhan.
    " Alam Padang, Poe Panjang, Jagat Kamanusaan"

  7. #17
    Member priniak's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Posts
    636
    Rep Power
    7

    Re: kenapa B*** Haram?

    Memang ini pertanyaan yg selalu AK tanyakan kepada teman2 yg muslim, tapi sampai saat ini AK belum mendapatkan jawaban yg memuaskan.

    Kalau ngak salah salah satu syarat binatang yg haram itu menurut Islam adalah binatang yg bisa hidup di dua alam, mis di darat dan di air.

    Dahulu di PAyakumbuh (Sumatera BArat) ketika kodok itu dianggap haram, kita dapat memakan kodok sawah yg besarnya sebesar anak ayam (contoh berapa besarnya bisa dilihat di sarinah thamrin, tempat menjual cendramata minang, kodok tersebut diambil dagingnya dan diganti kapas, matanya dipakai kelereng).

    Tapi setelah bagi beberapa orang kodok tersebut tidak lagi haram, ketika swike sedang mode, maka sekarang kodok tersebut mulai punah.

    Tapi AK senang babi dianggap haram oleh teman-teman yg muslim, sehingga harga babi tetap murah, karena sedikitnya permintaan.

  8. #18
    Junior Member Route's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Sunset in Jakartaaaaaaah
    Posts
    419
    Rep Power
    6

    Re: kenapa B*** Haram?

    Quote Originally Posted by witerson j View Post
    sebenarnya kalo kita mengacu pada Kitab-kitab Nabi Musa; maka 90 persen bahan makanan yang beredar di Masyarakat/pasar tidak boleh dikonsumsi alias diharamkan salah satunya B2. sampai detik ini orang-orang yang beragama Yahudi memegang teguh terhadap bahan-bahan makanan ini. Namun di era baru pada masa Isa A.S atawa di jaman Masehi; Sang Nabi pernah mengusir setan-setan (legion) hingga merasuki babi-babi yang saat itu diternakkan di wilayah Filistin. Artinya, saat itu babi-babi ada dikonsumsi oleh orang-orang di seputar tanah situ. dalam hal ini Sang Nabi lebih bijak menghadapi kondisi yang tidak sepaham itu sehingga ada kata-kata bijak yang tersirat dari inspirasi Beliau kepada salah seorang muridnya bahwa "bukan apa yang masuk ke dalam mulut lalu keluar ke jamban itu yang menghramkan, tetapi apa yang keluar dari mulut itu (kutuk, sumpah-serapah, kata tak senonoh, hujat, gosip, cerewet, dll) yang menajiskan/mengharamkan".
    jadi biarlah kita bijak sebagaimana Sang Nabi: segala sesuatu diperbolehkan!!!! tapi apakah segala sesuatu itu bermanfaat? kitalah yang lebih tahu tentunya.
    Kalo menurutku memang seperti yg sdr Witerson bilang.
    Dalam PL memang Babi diharamkan, Tetapi dalam PB memang sudah dibantah lagi oleh ISA, bahwa apa yg diciptakan Tuhan adalah baik adanya. Karena agama Yahudi hanya mengakui PL dan mereka tidak mengakui PB jadi mereka masih tetap mengharamkannya.
    Ngga tau deh kenapa dengan saudara kita yg muslim? Karena di kitab mereka juga ada ISA jadi seharusnya mereka juga mengetahui yg disebutkan sdr. Witerson diatas.
    Kalo mengenai kolesterol, ak pernah dikasih tau (tapi belum pernah baca) kalo daging babi ternyata lebih bagus lemaknya daripada daging sapi.
    Malah yg lebih jahat kolesterolnya ya daging babi yg bertanduk (sapi kontet), karna lebih banyak yg stroke setelah mengkonsumsi yg ini.

    Hallo sdr Priniak udah lama ngga OL, sibuk ama pajak yah Dec kemarin?
    Sekarang setelah diperpanjang, bulan depan masih sibuk lagi dong?
    Salam semua.

  9. #19
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,472
    Rep Power
    36

    Re: kenapa B*** Haram?

    mau nambahin aja:
    kalau dalam PL babi adalah simbol kenajisan dan orang tidak boleh makan babi tapi di PB semua itu tidak berlaku lagi semua binatang adalah halal dan lebih kepada kesucian hati

  10. #20
    Junior Member
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    205
    Rep Power
    7

    Re: kenapa B*** Haram?

    Quote Originally Posted by Route View Post
    Kalo menurutku memang seperti yg sdr Witerson bilang.
    Dalam PL memang Babi diharamkan, Tetapi dalam PB memang sudah dibantah lagi oleh ISA, bahwa apa yg diciptakan Tuhan adalah baik adanya. Karena agama Yahudi hanya mengakui PL dan mereka tidak mengakui PB jadi mereka masih tetap mengharamkannya.
    Ngga tau deh kenapa dengan saudara kita yg muslim? Karena di kitab mereka juga ada ISA jadi seharusnya mereka juga mengetahui yg disebutkan sdr. Witerson diatas.
    Kalo mengenai kolesterol, ak pernah dikasih tau (tapi belum pernah baca) kalo daging babi ternyata lebih bagus lemaknya daripada daging sapi.
    Malah yg lebih jahat kolesterolnya ya daging babi yg bertanduk (sapi kontet), karna lebih banyak yg stroke setelah mengkonsumsi yg ini.

    Hallo sdr Priniak udah lama ngga OL, sibuk ama pajak yah Dec kemarin?
    Sekarang setelah diperpanjang, bulan depan masih sibuk lagi dong?
    Salam semua.
    Sori, maksudnya dagin Babi bertanduk (sapi kontet) itu aPa.? Kok sapi bisa jadi Babi.?


Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0