Results 1 to 10 of 10

Thread: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas


  1. #1
    Newbie Anak Geong's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Posts
    45
    Rep Power
    0

    Thumbs up Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    Saat puasa tubuh mempunyai cadangan energi yang lebih sedikit dari biasanya. Padahal kita tetap dituntut untuk terus beraktivitas seperti biasanya. Jangan sampai gara-gara puasa, produktivitas kita menurun. Supaya badan tetap segar sepanjang hari, kita harus mengkonsumsi makanan yang tepat untuk sahur. Yuk, simak tips-tips sahur berikut ini agar tidak lemas saat berpuasa.



    1. Tetap Makan Dengan Porsi Normal
    Tetap makan dengan porsi normal seperti biasa saat sahur. Makan yang lebih banyak dari porsi biasanya justru akan membuat perut kekenyangan dan terasa tidak nyaman. Lagipula makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Makan dengan porsi yang terlalu sedikit pun tidak baik untuk tubuh karena bisa mengurangi energi dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lemas.

    2. Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
    Perbanyak konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Karbohidrat kompleks dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.

    3. Hindari Makan Terburu-Buru
    Makanlah secara perlahan sebab jika kita mengunyah makanan terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu sehingga beberapa jam setelah sahur perut akan menjadi cepat lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, tubuh kurang sempurna dalam menyerap nutrisi sehingga cepat lemas.

    4. Minum Air Putih yang Cukup
    Perbanyak minum air putih pada saat sahur. Air putih lebih baik ketimbang teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga lebih cepat hilang sehingga tubuh mudah menjadi lemas.
    Sebaiknya minum teh manis atau minuman manis lainnya pada saat berbuka saja untuk menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat. Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun juga disarankan. Jangan minum kopi dan teh berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

    Sumber: www.gardaakses.com

  2. #2
    Junior Member Adigus's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    102
    Rep Power
    3

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    wah menarik nich, bisa dicoba kayaknya mulai ntar.....

  3. #3
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,427
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    wah.. ternyata begitu ya tipsnya..
    biar gak lemes pas puasa..
    nice deh.

  4. #4
    Contributor keizer's Avatar
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    2,578
    Rep Power
    5

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    kalau kurang air biasanya emang akan lemas sih

  5. #5
    Member Bidan Ismi's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Posts
    875
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    air sangat diperlukan, agar terhindar dari dehidrasi...

  6. #6
    Senior Member
    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,599
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    makasi ya inponya
    mantap nih tipsnya.............

  7. #7
    Junior Member videogamer's Avatar
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    386
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    Intinya, makan dan minum saat sahur JANGAN BERLEBIHAN

    Jangan terlalu rakus saat sahur dan berbuka karena hal itu malah bikin ente gak bisa bekerja atau beraktivitas.

    Btw, sahur dengan minum air pun sudah cukup, karena bagi orang yang terbiasa puasa, tanpa sahur pun puasa bisa dijalankan secara normal.


    Selamat berpuasa teman2.

    Marhaban ya Ramadhan

  8. #8
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    3,320
    Rep Power
    8

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    mantab..............
    ntr malem lngsung di praktekin yah......................

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    9
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    sama kalau abiz saur jangan langsung tidur,,,, klw ane langsung lemas biasanya

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    23
    Rep Power
    0

    Re: Tips Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

    bawaannya kalo sahur selalu terburu-buru, takut waktunya habis. Ternyata dampaknya kurang bagus juga ya...
    makasih masukannya ya....

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0