Forum


     

Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

  1. #1
    Junior Member
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    236
    Rep Power
    0

    Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat




    Bisa mengubah metabolisme tubuh.

    Di awal kemunculan produksi, minuman berpemanis buatan atau soft drink sempat menjadi salah satu barang konsumsi mewah. Sekarang, minuman berpemanis buatan bisa jadi barang wajib untuk dikonsumsi sehari-hari bagi sebagian orang.

    Menurut penelitian, konsumsi minuman berpemanis telah berlipat ganda sejak tahun 1985 meski sudah ada banyak laporan mengenai buruknya konsumsi minuman semacam ini.

    Salah satu ilmuwan biologi, dr Hans-Peter Kubis adalah salah satu yang pernah meneliti efek soft drink pada tubuh. Menyadari banyak efek negatif dari soft drink, ia tak pernah lagi mau menyentuh minuman semacam ini.

    Menurut hasil penelitian dr Kubis, konsumsi soft drink, sekaleng per hari atau dua kaleng dalam seminggu, bisa mengubah metabolisme tubuh. Perubahan metabolisme ini bisa mengakibatkan penambahan berat badan.

    Selain itu, soft drink juga terbukti meningkatkan risiko serangan jantung, masalah liver, dan hipertensi.

    Penelitian yang dilakukan di Bangor University dan dipublikasikan di European Journal of Nutrition melaporkan, soft drink bisa mengubah metabolisme tubuh, hingga otot-otot tubuh akan menggunakan gula untuk energi, bukannya membakar lemak tubuh.

    Gula dalam bentuk cair mengakibatkan gen-gen pada otot mengubah aktivitas, dan bisa berlaku permanen.

    Tak hanya meningkatkan berat badan, tetapi keefisienan metabolisme tubuh akan berkurang, serta sulit menghadapi peningkatan gula darah, kata para peneliti. Pada akhirnya hal ini menimbulkan diabetes tipe 2.

    "Setelah menyaksikan sendiri bukti-bukti medisnya, saya sudah tak lagi mau menyentuh soft drink. Saya rasa, minuman dengan tambahan pemanis buatan adalah sangat jahat," kata dr Kubis.

    Studi yang dilakukan Oregon University awal tahun ini juga mengungkap, anak-anak berusia antara 3-5 tahun yang sering diberikan minuman berpemanis akan cenderung malas makan sayuran seperti wortel atau paprika, tetapi lebih memilih makanan tinggi kalori, seperti keripik atau makanan tinggi garam.

    Menurut peneliti, hal ini karena minuman berpemanis membentuk indra pengecap. Ditambahkan dr Kubis, gula bentuk cair tak hanya akan mengubah metabolisme tubuh, tetapi juga menciptakan respon mirip adiksi.

    "Tubuh menyerap gula cair lebih cepat, karena lebih mudah diasup pada sistem pencernaan, bila diteruskan, hal ini akan mendorong respon rasa nyaman pada tubuh," kata Kubis.

    Di saat bersaman, tubuh akan mengurangi keinginan untuk mengecap nutrisi lain, seperti vitamin atau mineral, hal inilah yang kemudian membentuk kebiasaan mengkonsumsi minuman berpemanis.

    Dr Kubis merasa masih perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang lebih besar dan mendalam mengenai hal ini untuk mengkonfirmasi hal tersebut. Untuk itu, ia butuh mencari responden anak-anak yang sama sekali belum pernah menyentuh soft drink sebagai perbandingan.

    "Sangat sulit mencari orang-orang muda yang sama sekali belum pernah minum soft drink," katanya.



    Sumber :

    Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat | Features | Beritasatu.com

  2. #2
    Junior Member
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    283
    Rep Power
    0

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    waduh ngeri banget gan... untung ane jarang banget minum gituan..


  3. #3
    Senior Member bmehk's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    1,426
    Rep Power
    0

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    untung belum ada efek negatif yang ditemukan pada ES TEH.....

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Tasikmalaya - Indonesia
    Posts
    376
    Rep Power
    2

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    baru tahu ane klo terbuat dari pemanis buatan, katanya gula asli ternyata buatan, bahaya ini klo tidak tahu,terima kasih sudah berbagi

  5. #5
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,040
    Rep Power
    11

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    agaknya perlu dibedakan dengan minuman isotonik, walau kemasan lebih kurang sama, contoh produk p*c*r*s*w*a*t, pengalaman dahulu kala kena serangan demam berdarah minuman jenis ini dianjurkan banyak diminum waktu rawat jalan sebab fungsinya dianggap setara dengan infus....

  6. #6
    Member Cak Jok's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    malang
    Posts
    534
    Rep Power
    0

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    gw udah sekitar 2 tahun ini stop minum softdrink gan. kalopun minum nggak sampe 3x dalam setahun.

  7. #7
    Newbie herwindo's Avatar
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Bandung, Indonesia, Indonesia
    Posts
    11
    Rep Power
    0

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    Minuman isotonik juga merupakan bentuk disinformasi publik. Ponari suwet, Gatotade, atau Patigon tidak pernah benar-benar isotonis bagi tubuh. Terlebih lagi tidak pernah direkomendasikan secara resmi (oleh IDAI) untuk pengobatan demam berdarah. It's histrionical medication!

  8. #8
    Contributor dhire's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    2,542
    Rep Power
    6

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    mnum air putih aj deh yg aman....................

  9. #9
    Newbie kejutjut's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    20
    Rep Power
    0

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    wah mulai besok kurangi minum softdrink ,,,,,,, biar sehat ...

  10. #10
    Contributor djunbd's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Posts
    3,040
    Rep Power
    11

    Re: Ilmuwan: "Soft Drink" Itu Sangat Jahat

    Quote Originally Posted by herwindo View Post
    Minuman isotonik juga merupakan bentuk disinformasi publik. Ponari suwet, Gatotade, atau Patigon tidak pernah benar-benar isotonis bagi tubuh. Terlebih lagi tidak pernah direkomendasikan secara resmi (oleh IDAI) untuk pengobatan demam berdarah. It's histrionical medication!
    ----------------------------------------------------
    memang tidak pernah direkomendasikan secara resmi untuk pengobatan...hanya anjuran dari dokter spesialis penyakit dalam untuk menambah daya tahan tubuh, pemakaian diseling dengan minum air putih agar peredaran dalam tubuh lebih baik, yang penting jika DB memang minum air yang banyak...sama halnya dengan angkak (semacam beras merah) untuk menambah daya tahan tubuh yang umumnya dikombinasikan dengan obat dokter...

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0