Results 1 to 5 of 5

Thread: 9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan


  1. #1
    Contributor
    Join Date
    Mar 2012
    Posts
    2,820
    Rep Power
    0

    9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan



    Kita kerap menggunakan microwave untuk memanaskan makanan. Alasannya tentu untuk lebih menghemat waktu. Selain dipakai untuk memanaskan masakan, microwave bahkan juga seringkali digunakan untuk memasak makanan. Tahukah Anda bahwa kebiasaan tidak sehat ini dapat memicu beberapa risiko kesehatan. Berikut adalah beberapa efek paparan microwave pada makanan, seperti dilansir Boldsky.

    1. Karsinogen

    Ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi microwave dapat mengkonversi bahan kimia organik dalam makanan menjadi karsinogen, senyawa penyebab kanker.

    2. Membunuh antioksidan

    Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 dan dirilis di Journal of Science of Food and Agriculture, microwave juga menghilangkan kandungan antioksidan dari makanan.

    3. Jangan menghangatkan ASI dengan microwave

    Kebiasaan buruk ini dapat menghancurkan protein dasar dalam ASI. Itulah sebabnya Anda tidak pernah dianjurkan untuk memanaskan ASI dalam microwave.

    4. Radikal bebas

    Anda kerap mencairkan makanan beku di microwave? Paparan microwave selama satu menit bahkan sudah cukup untuk menyebarkan efek radikal bebas pada makanan Anda.

    5. Menghilangkan protein

    Sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah organisasi ilmiah di Australia menunjukkan bahwa memasak dengan microwave dapat menghilangkan kandungan protein dalam makanan lebih cepat dari metode memasak normal.

    6. Menghilangkan nutrisi vital makanan

    Vitamin dan mineral yang hadir dalam makanan dapat terkikis sangat cepat jika dimasak dengan microwave. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pemanasan microwave menghancurkan manfaat nutrisi dari makanan. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 1999 di Skandinavia menunjukkan bahwa allicin (nutrisi utama dalam bawang putih) hilang setelah melalui pemanasan 60 detik di microwave.

    7. Degenerasi plastik

    Plastik yang terus-menerus digunakan dalam microwave dapat mengalami degenerasi. Dan jika Anda kerap menggunakan plastik berkualitas rendah, mereka bisa meleleh karena panas dan kemudian tercampur dengan makanan, yang pada akhirnya memicu kanker.

    8. Radiasi microwave mempengaruhi kesehatan jantung

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Magda Havas dari Trent University menunjukkan bahwa radiasi dari microwave secara langsung mempengaruhi jantung. Hal ini dapat meningkatkan denyut jantung.

    9. Sebabkan anemia

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Hans Swiss Hertel menunjukkan bahwa makan makanan yang dimasak dengan microwave untuk jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penurunan jumlah hemoglobin, sehingga meningkatkan kemungkinan anemia.

    Sebaiknya, hindari pemakaian microwave secara berlebihan karena dapat memicu berbagai risiko kesehatan. Toh Anda tetap dapat memanaskan makanan tanpa bantuan microwave, bukan?


    SUMBER

  2. #2
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,478
    Rep Power
    0

    Re: 9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan

    ternyata menggunakan microwave gak sehat juga ya..

  3. #3
    Junior Member Gorian's Avatar
    Join Date
    Jan 2012
    Posts
    439
    Rep Power
    3

    Re: 9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan

    Sebuah studi tahun 1999 di Skandinavia menunjukkan bahwa allicin (nutrisi utama dalam bawang putih) hilang setelah melalui pemanasan 60 detik di microwave. a b c d e f g h i j k l n o p q r s t v x ab ad ae af ag ai aj ak al am an ao ap aq ar as at au av aw ax az ba bb bc bd be bg bh bi bm bn bo bp bq br bt bu bv bw bx by bz ca ce cg cn cw cx travel Gift

  4. #4
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2013
    Posts
    249
    Rep Power
    0

    Re: 9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan

    hmmm ternyata begitu ya...

    Quote Originally Posted by Gorian View Post
    Sebuah studi tahun 1999 di Skandinavia menunjukkan bahwa allicin (nutrisi utama dalam bawang putih) hilang setelah melalui pemanasan 60 detik di microwave....

  5. #5
    Junior Member kucoba's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    348
    Rep Power
    0

    Re: 9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan

    Quote Originally Posted by hktoyshop View Post
    ternyata menggunakan microwave gak sehat juga ya..
    iya ane baru tahu

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0