Page 11 of 13 FirstFirst ... 2345678910111213 LastLast
Results 101 to 110 of 122

Thread: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?


  1. #101
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    VDRL (-) non reactif
    HBsAg (+) reactif

    Ini hasil 1 tahun lalu, dan hasil sekarang tidak saya bawa, ketinggalan di Indonesia, tapi setelah setahun mengkonsumsi obat dan suplemen dari dokter, kemarin dia bilang "saya tidak bermasalah", ini termasuk pada nefrititis saya. Karena memang saya semangat banget buat sembuh....
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  2. #102
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    VDRL (-) non reactif
    HBsAg (+) reactif

    Ini hasil 1 tahun lalu, dan hasil sekarang tidak saya bawa, ketinggalan di Indonesia, tapi setelah setahun mengkonsumsi obat dan suplemen dari dokter, kemarin dia bilang "saya tidak bermasalah", ini termasuk pada nefrititis saya. Karena memang saya semangat banget buat sembuh....
    bagus... bagus... semoga cepat sembuh... yang telaten yaa

  3. #103
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,605
    Rep Power
    11

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Dok, tanya lagi. Kenapa pada saat menstruasi nggak boleh melakukan hubungan intim? Bila menggunakan implan misalnya... Selama ini saya hanya tau hal itu nggak boleh dilakukan karena dilarang dalam agama yang saya yakini, dan saya belum tau alasan logisnya.

    Jelasin please... Thanx before...
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  4. #104
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Dok, tanya lagi. Kenapa pada saat menstruasi nggak boleh melakukan hubungan intim? Bila menggunakan implan misalnya... Selama ini saya hanya tau hal itu nggak boleh dilakukan karena dilarang dalam agama yang saya yakini, dan saya belum tau alasan logisnya.

    Jelasin please... Thanx before...
    hubungan sex saat menstruasi???

    gini... menstruasi itu terjadi ketika sel telur menungu-nunggu untuk dibuahi dan ternyata sang jagoan tidak datang... maka dia merasa kesepian... dan terjadilah menstruasi dimana dinding-dinding rahim terkelupas... maka darah keluar dari jalan lahir. nah yang namanya darah tu kita jangan macem-macem... darah merupakan tempat yang potensial untuk sumber infeksi, apalagi saat menstruasi sesungguhnya sedang ada perlukaan, potensial lagi sebagai sumber infeksi... apalagi liang kewanitaan ituuu... merupakan (maaf yaa) kebun binatang yaitu dimana bakteri berkumpul. makanya kenapa ada wanita yang mengalami keputihan. dan sebenarnya keputihan itu wajar-wajar saja, karena di liang kewanitaan memang ada flora normal. Yang jadi masalah ketika keputihan itu menjadi massive, warna keruh dan berbau busuk.... segera ke dokter... kembali ke masalah sex saat menstruasi... very-very unrecomended.... menstruasi tu ibarat darah kotor, kalo mrs. cheerfull disogok-sogok oleh mr. happy saat menstruasi, maka darah mens tersebut yang kotor itu bisa mbalik ke dalam rahim yg telah mengalami perlukaan itu tadi.

    Jadi Tuhan menciptakan aturan itu pasti ada hikmahnya, hanya pikiran manusia selalu belum sampai. Yang jelas kalo dalam beragama kita ditekankan untuk menjalankan fungsi reproduksi.... berhubungan sex saat menstruasi anda tidak bakalan hamil... dan ya itu... banyak resikonya
    Last edited by dr_nandy; 10-10-08 at 11:41 PM.

  5. #105
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by miakomras View Post
    hai..temen2

    apakah efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi?

    contohnya: pemakaian implan mengikut dokter dimalaysia bisa membentuk sel2 kanker?

    sejauh mana kebenarannya?

    ditunggu sarannya ya..temen2...
    yang jelas kalo ga pake kontrasepsi efeknya kedepan
    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  6. #106
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    Kontrasepsi ada beragam macamnya. tapi pada prinsipnya kontrasepsi dibedakan berupa kontrasepsi alami dan yang ada intervensinya

    kontrasepsi alami sebagaimana yang kita kenal bisa dengan cara senggama terputus, dimana pasangan pria mengeluarkan alat kelaminnya ketika hendak ejakulasi, bisa juga dengan sistem kalender dimana pasangan suami istri diwajibkan menghitung masa subur pasangan wanita, namun kedua metode ini tingkat kegagalannya tinggi... namanya juga manusia, dipenuhi oleh nafsu

    nah kontrasepsi dengan intervensi, secara prinsip dibagi menjadi 2, yaitu kontrasepsi hormonal dan non-hormonal

    kontrasepsi hormonal sendiri juga ada macamnya, yaitu Pil, Suntik, dan Implan. Yang jelas secara prinsip metode KB Hormonal berarti kita mengintervensi proses pembuahan agar tidak terjadi, dengan cara mempengaruhi hormon-hormon kesuburan yang ada di tubuh wanita. Bagaimanapun juga metode KB dengan cara seperti ini berarti mengalirkan suatu substansi zat kimia ke dalam peredaran darah di tubuh, dengan kata lain ada konsekuensi biologis yang harus ditanggung, dimana ada side effect tertentu apabila penggunaan jangka waktu lama dan kontinyu. Cuman ada kelebihan dari metode ini, yaitu tidak mengganggu kenikmatan sexual suami, makanya kenapa metode ini banyak dipakai wanita-wanita di pedesaan yg kental dengan Patriarkhinya dan dominasi kaum adam. khusus untuk implan, metodenya termasuk praktis dan pemakaiannya dalam jangka waktu lama dng hanya sedikit operasi minor di lengan, dan bekerja efektif setelah 3 hari pemasangan, setelah itu pasutri bebas menentukan waktu berhubungan tanpa perlu memikirkan resiko hamil selama + 5 tahun. Tapi ingat, saat mens tetap tidak boleh berhubungan sex.

    kemudian metode KB lainnya adalah metode KB non hormonal, dimana jenisnya ada Kondom, IUD (spiral), Metode Operasi Wanita (MOW), dan Metode Operasi Pria (MOP). Untuk tingkat keberhasilan KB paling tinggi tentu saja dengan metode operasi baik MOW alias tubektomi maupun MOP alias vasektomi. Namun metode KB operasi kurang populer di masyarakat kita karena stigma bahwa hal tersebut merupakan pemandulan, dan ngeri membayangkan prosesnya, apalagi jika dikaitkan dengan masalah berbau SARA, cenderung untuk melarang metode ini. Padahal proses menjalani metode operasi jenis ini sangat mudah, karena operasinya tergolong operasi minor, buktinya di DIY bisa dikerjakan di bus-bus pelayanan KB dari BKKBN Propinsi yang mendatangi masyarakat dan metode ini gratis. Akan tetapi meskipun gratis dan mendatangi langsung masyarakat, saya merasakan sendiri bagaimana sulitnya mencari akseptor KB metode ini terutama untuk MOP. Tingkat kesertaan pria, dan pengetahuan pria terhadap metode KB dan manfaatnya sangat rendah. Sebagai kaum pria, saya sangat sedih akan hal ini, karena KB bukan urusan wanita semata, kedua pihak harus sepakat. Perlu diketahui pula, metode operasi baik untuk pria maupun wanita tingkatannya macam-macam, bukan sekedar dipotong seperti yang selalu dibayangkan oleh masyarakat. Metode operasi bisa di-rekanalisasi apabila pasutri menghendaki untuk memiliki anak kembali. bagaimanapun juga metode ini memiliki prasyarat yang jauh lebih ketat dibandingkan metode lainnya, misal jumlah anak, persetujuan keluarga, dsb. Untuk saat ini metode KB yang sangat direkomendasikan oleh WHO adalah metode KB IUD alias Spiral. Kenapa? Karena metode KB IUD merupakan metode KB non-hormonal, dimana secara substansi fungsi fisiologis tubuh tidak terganggu. IUD hanya mencegah masuknya sperma ke dalam rahim. Proses pemasangannya juga sangat sederhana dan mudah. Alatnya sangat kecil dan bisa dilakukan oleh tenaga medis seperti bidan. Hanya saja selama ini ada stigma yang berkembang di masyarakat bahwa IUD efeknya mengerikan, seperti sering perdarahan, mengganggu hubungan suami istri, dan serangkaian hal-hal menakutkan lainnya. Untuk masalah kenikmatan sexual, hal tersebut hanya terkait teknik pemasangan saja kok, biasanya yg membuat tidak nyaman adalah benang IUD sering menusuk kemaluan suami, hal itu bisa di-akali oleh tenaga medis yg berpengalaman. IUD bisa digunakan hingga jangka waktu 8 tahun dan kesuburan bisa segera pulih setelah alat dilepas. berbeda dengan metode hormonal yang membutuhkan penyesuaian begitu tidak dipakai lagi. Adapun sering ada yang mengeluhkan IUD sering keluar sendiri dalam keadaan terfragmen, hal itu tergantung pada masa pemakaian. untuk saat ini rekomendasi sampai 8 tahun, lebih dari itu ganti baru. jangan sampai sudah usia menopause alat tersebut belum dilepas, bagaimanapun juga IUD merupakan benda asing dalam tubuh.
    Kondom, metode ini merupakan favorit party goers meskipun tingkat pencegahannya relatif rendah karena kualitas produk yang berbeda-beda. akan tetapi yang patut diacungi jempol dari kondom adalah kemampuannya mencegah Sexual Transmitted Disease (STD) yang tidak dimiliki metode KB lain.

    Nah... metode KB adalah pilihan, yang jelas yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih KB adalah:
    1. Efektif
    2. Dapat diterima
    3. Mudah
    4. Nyaman
    5. Murah
    6. Selalu tersedia
    7. dan Bersifat sementara

    Yg jelas kesadaran masyarakat akan perlunya merencanakan sebuah keluarga adalah mutlak... karena seorang anak lahir didunia memiliki hak untuk mendapatkan perhatian penuh dari orang tua, dan orang tua bertanggung jawab penuh untuk menjadikannya anak yang berkualitas sehingga kelak dia sanggup mandiri baik secara ekonomi maupun sosial. Dan hal tersebut bukan ke masalah jumlah, silakan saja punya anak 2, 3, 4, 5, 6, atau bahkan lebih dari 10 asal kita memperhatikan kemampuan kita dalam membesarkan anak. Jangan sampai kita menghasilkan generasi yang tidak berkualitas. Cukup sudah Indonesia dipenuhi oleh pekerja-pekerja anak, jangan lagi ada perdagangan anak atas nama kemiskinan. Orang tua harus bertanggung jawab!

    salam,
    Semoga berkenan
    Dok..., saya juga mau nanya nih... Istri saya saat ini pakai KB suntik yang 3 bulanan, tapi haidnya jadi tidak lancar, bahkan tidak pernah haid sama sekali selama ber-bulan2. Bahkan juga saat ini kalo saya perhatikan perut istri saya itu ada lemaknya (agak gendut sedikit). Dulu sebelum memakai KB suntik ini, istri saya itu pake yang Pil, tapi badannya jadi gemuk.

    Saya jadi bingung nih dok, kira2 alat KB apa ya yang harus kami pakai?
    1. Pakai Pil, badan istri jadi gemuk/melar
    2. Pakai Suntik 3 bulanan, tidak pernah haid
    3. Pakai Spiral, takut
    4. Pakai Susuk, takut
    5. Pakai Kondom, masih ogah
    6. Vasek/Tubek, takut
    7. Sistem Terputus, takut gak nahan
    8. Sistem Kalender, takut kelupaan
    9. Gak ML, rugi

    Gimana dong nih dok...? Apa benar kalo KB suntik yang 1 bulanan itu bisa memperlancar & menormalkan haidnya? Mohon pencerahannya dong....
    Terima kasih....
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  7. #107
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Dok..., saya juga mau nanya nih... Istri saya saat ini pakai KB suntik yang 3 bulanan, tapi haidnya jadi tidak lancar, bahkan tidak pernah haid sama sekali selama ber-bulan2. Bahkan juga saat ini kalo saya perhatikan perut istri saya itu ada lemaknya (agak gendut sedikit). Dulu sebelum memakai KB suntik ini, istri saya itu pake yang Pil, tapi badannya jadi gemuk.

    Saya jadi bingung nih dok, kira2 alat KB apa ya yang harus kami pakai?
    1. Pakai Pil, badan istri jadi gemuk/melar
    2. Pakai Suntik 3 bulanan, tidak pernah haid
    3. Pakai Spiral, takut???
    4. Pakai Susuk, takut
    5. Pakai Kondom, masih ogah
    6. Vasek/Tubek, takut
    7. Sistem Terputus, takut gak nahan
    8. Sistem Kalender, takut kelupaan
    9. Gak ML, rugi

    Gimana dong nih dok...? Apa benar kalo KB suntik yang 1 bulanan itu bisa memperlancar & menormalkan haidnya? Mohon pencerahannya dong....
    Terima kasih....
    Ini bapak ya? Wah seneng aq, ada kaum pria yg peduli KB

    untuk saat ini WHO merekomendasikan kontrasepsi IUD (bentuknya sih sekarang udah bukan spiral, tapi T)... kenapa? karena KB hormonal, sebut saja Pil, susuk, suntik... bagaimanapun juga adalah obat yg mempunyai efek samping.. bisa seperti yg bapak sebutkan... yg paling berbahaya jika istri anda sedang dalam keadaan menyusui. bayangkan aja, yg namanya KB hormonal itu diabsorpsi oleh tubuh dan dialirkan via jalur pembuluh darah, jadi kalo bayi minum ASI ibunya pake pil, suntik, susuk, sama dengan minum ASI + hormon.... Kalau IUD memang agak sedikit repot, karena harus pergi ke tenaga medis... dan kebanyakan pasutri beralasan takut, tidak nyaman bagi suami ketika berhubungan, ada bahaya kanker, dsb... tp prinsipnya Intra Uterin Devices (IUD), itu alat pembuatannya sudah sesuai standar, ada masa pakai, maksimal 8 tahun, lebih dari itu sebaiknya ganti baru, sudah menopause sebaiknya dilepas. IUD segera efektif begitu alat dipasang, kalau susuk perlu waktu 3 hari. IUD tidak mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh, karena fungsi kontrasepsinya adalah menghalau bertemunya sperma dengan sel telu dan tingkat efektifitasnya tinggir. Masalah ketidaknyamanan kaum bapak2 bisa diakali dengan pemasangan yang tepat dan benar. Biasanya keluhan yg terjadi itu rasanya penis seperti ketusuk2, itu karena benang pada IUD, bisa minta benang IUD dipotong lebih pendek sehingga mengaitkannya lebih pas. IUD kadang juga menghadapi stigma masyarakat... iih IUD kan berarti yg "barang" istriku dirogoh2, apalagi dokternya cowok... pasien berhak memilih, sekarang banyak dokter wanita, dokter kandungan wanita juga mulai banyak, di bidan juga melayani.

    Prinsip kontrasepsi sudah dijelaskan di atas kan? yg jelas IUD untuk saat ini relatif aman, asal penggunaannya sesuai standar, ingat masa pakainya, jangan sampai seperti kebanyakan ibu2, sampe nenek2 juga masih terpasang... Oh ya IUD tidak mencegah STD (sexual transmitted disease), hanya kondom yg mampu..... yang jelas jika IUD sudah terpasang, jangan lupa juga tetap menjaga higienisitas organ reproduksi, sarankan kepada istri anda juga rutin untuk skrining kanker leher rahim (PAP SMEAR) minimal 6 bulan sekali. Anda suami sayang istri kan?
    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  8. #108
    Newbie wong_ayu's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    blitar
    Posts
    29
    Rep Power
    0

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    Ini bapak ya? Wah seneng aq, ada kaum pria yg peduli KB

    untuk saat ini WHO merekomendasikan kontrasepsi IUD (bentuknya sih sekarang udah bukan spiral, tapi T)... kenapa? karena KB hormonal, sebut saja Pil, susuk, suntik... bagaimanapun juga adalah obat yg mempunyai efek samping.. bisa seperti yg bapak sebutkan... yg paling berbahaya jika istri anda sedang dalam keadaan menyusui. bayangkan aja, yg namanya KB hormonal itu diabsorpsi oleh tubuh dan dialirkan via jalur pembuluh darah, jadi kalo bayi minum ASI ibunya pake pil, suntik, susuk, sama dengan minum ASI + hormon.... Kalau IUD memang agak sedikit repot, karena harus pergi ke tenaga medis... dan kebanyakan pasutri beralasan takut, tidak nyaman bagi suami ketika berhubungan, ada bahaya kanker, dsb... tp prinsipnya Intra Uterin Devices (IUD), itu alat pembuatannya sudah sesuai standar, ada masa pakai, maksimal 8 tahun, lebih dari itu sebaiknya ganti baru, sudah menopause sebaiknya dilepas. IUD segera efektif begitu alat dipasang, kalau susuk perlu waktu 3 hari. IUD tidak mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh, karena fungsi kontrasepsinya adalah menghalau bertemunya sperma dengan sel telu dan tingkat efektifitasnya tinggir. Masalah ketidaknyamanan kaum bapak2 bisa diakali dengan pemasangan yang tepat dan benar. Biasanya keluhan yg terjadi itu rasanya penis seperti ketusuk2, itu karena benang pada IUD, bisa minta benang IUD dipotong lebih pendek sehingga mengaitkannya lebih pas. IUD kadang juga menghadapi stigma masyarakat... iih IUD kan berarti yg "barang" istriku dirogoh2, apalagi dokternya cowok... pasien berhak memilih, sekarang banyak dokter wanita, dokter kandungan wanita juga mulai banyak, di bidan juga melayani.

    Prinsip kontrasepsi sudah dijelaskan di atas kan? yg jelas IUD untuk saat ini relatif aman, asal penggunaannya sesuai standar, ingat masa pakainya, jangan sampai seperti kebanyakan ibu2, sampe nenek2 juga masih terpasang... Oh ya IUD tidak mencegah STD (sexual transmitted disease), hanya kondom yg mampu..... yang jelas jika IUD sudah terpasang, jangan lupa juga tetap menjaga higienisitas organ reproduksi, sarankan kepada istri anda juga rutin untuk skrining kanker leher rahim (PAP SMEAR) minimal 6 bulan sekali. Anda suami sayang istri kan?
    Dok???....kalo untuk pasangan yg baru aja nikah tp ingin menunda untuk punya momongan dulu bolehkah Kb spiral?... dan apakah KB selain spiral (suntik,pil, atapn susuk) bila di pkai dlm jangka lama akan mengakibatkan kandungan kering?.... mkasih...

  9. #109
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by wong_ayu View Post
    Dok???....kalo untuk pasangan yg baru aja nikah tp ingin menunda untuk punya momongan dulu bolehkah Kb spiral?... dan apakah KB selain spiral (suntik,pil, atapn susuk) bila di pkai dlm jangka lama akan mengakibatkan kandungan kering?.... mkasih...
    IUD mau dipasang cuma 1 tahun tidak masalah... yg penting diusahakan tidak lebih dari 8 tahun... jangan sampai udah jadi nenek2 tidak dilepas kalau masih baru dan masih takut bisa menggunakan kondom, kan banyak pilihan.... dari extra safe sampe extra fun

    KB hormonal yg jelas obat-obatan hormonal, ada efek sampingnya... gak hapal je yaa paling gampang bayangkan aja itu obat anti-kesuburan... misal ibu menyusui minum pil KB, atau suntik.. otomatis beberapa persen dari ASI ada obat tersebut & si bayi berarti juga minum obat anti-kesuburan... nah kalo dari bayi dah minum anti-kesuburan....... titik2 silakan diisi
    soale aq g nge-recommend kecuali ada yg memang membutuhkan
    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  10. #110
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,477
    Rep Power
    9

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    IUD mau dipasang cuma 1 tahun tidak masalah... yg penting diusahakan tidak lebih dari 8 tahun... jangan sampai udah jadi nenek2 tidak dilepas kalau masih baru dan masih takut bisa menggunakan kondom, kan banyak pilihan.... dari extra safe sampe extra fun

    KB hormonal yg jelas obat-obatan hormonal, ada efek sampingnya... gak hapal je yaa paling gampang bayangkan aja itu obat anti-kesuburan... misal ibu menyusui minum pil KB, atau suntik.. otomatis beberapa persen dari ASI ada obat tersebut & si bayi berarti juga minum obat anti-kesuburan... nah kalo dari bayi dah minum anti-kesuburan....... titik2 silakan diisi
    soale aq g nge-recommend kecuali ada yg memang membutuhkan
    Lho dok..., emangnya kenapa kalo bayi yang sedang menyusu (ASI) kepada ibunya yang sedang melakukan KB (pil/suntik)? Apakah bisa berpengaruh kepada bayi tsb nantinya menjadi tidak subur setelah dewasanya? Bukankah efek dari hormon KB (pil/suntik) itu ada masa waktunya? Jika si ibu tidak lagi memakai KB pil/suntik, maka kesuburannya akan kembali menjadi normal kan? sehingga bisa kembali hamil. Demikian pula si bayi tadi, jika si bayi itu sudah tidak menyusu ASI pada ibunya yang memakai KB pil/suntik (sudah disapih), maka bukankah juga berlaku yang sama? maksudnya efek dari hormon KB pil/suntik itu akan hilang dengan sendirinya?
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0