Page 11 of 12 FirstFirst ... 23456789101112 LastLast
Results 101 to 110 of 113

Thread: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?


  1. #101
    Senior Member marsal's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta aja deh...
    Posts
    1,473
    Rep Power
    9

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    IUD mau dipasang cuma 1 tahun tidak masalah... yg penting diusahakan tidak lebih dari 8 tahun... jangan sampai udah jadi nenek2 tidak dilepas kalau masih baru dan masih takut bisa menggunakan kondom, kan banyak pilihan.... dari extra safe sampe extra fun

    KB hormonal yg jelas obat-obatan hormonal, ada efek sampingnya... gak hapal je yaa paling gampang bayangkan aja itu obat anti-kesuburan... misal ibu menyusui minum pil KB, atau suntik.. otomatis beberapa persen dari ASI ada obat tersebut & si bayi berarti juga minum obat anti-kesuburan... nah kalo dari bayi dah minum anti-kesuburan....... titik2 silakan diisi
    soale aq g nge-recommend kecuali ada yg memang membutuhkan
    Lho dok..., emangnya kenapa kalo bayi yang sedang menyusu (ASI) kepada ibunya yang sedang melakukan KB (pil/suntik)? Apakah bisa berpengaruh kepada bayi tsb nantinya menjadi tidak subur setelah dewasanya? Bukankah efek dari hormon KB (pil/suntik) itu ada masa waktunya? Jika si ibu tidak lagi memakai KB pil/suntik, maka kesuburannya akan kembali menjadi normal kan? sehingga bisa kembali hamil. Demikian pula si bayi tadi, jika si bayi itu sudah tidak menyusu ASI pada ibunya yang memakai KB pil/suntik (sudah disapih), maka bukankah juga berlaku yang sama? maksudnya efek dari hormon KB pil/suntik itu akan hilang dengan sendirinya?
    kendalikanlah dirimu
    sebelum mengendalikan orang lain

  2. #102
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by marsal View Post
    Lho dok..., emangnya kenapa kalo bayi yang sedang menyusu (ASI) kepada ibunya yang sedang melakukan KB (pil/suntik)? Apakah bisa berpengaruh kepada bayi tsb nantinya menjadi tidak subur setelah dewasanya? Bukankah efek dari hormon KB (pil/suntik) itu ada masa waktunya? Jika si ibu tidak lagi memakai KB pil/suntik, maka kesuburannya akan kembali menjadi normal kan? sehingga bisa kembali hamil. Demikian pula si bayi tadi, jika si bayi itu sudah tidak menyusu ASI pada ibunya yang memakai KB pil/suntik (sudah disapih), maka bukankah juga berlaku yang sama? maksudnya efek dari hormon KB pil/suntik itu akan hilang dengan sendirinya?
    memang belum tentu akan bersifat kurang subur setelah dewasa.... itu tetap multifaktorial pak..... ya kalo bayinya laki2.... itu hormon feminin. Kalo bayinya perempuan, itu hormon antikesuburan... mohon maaf saya tidak begitu hafal reaksi yg diterima anak melalui sawar ASI.... tapi yg jelas apa yg dimakan dan diminum ibu, ada beberapa persen yg itu mampu melalui jalur ASI.... dan itu merupakan hormon anti... dimana kita perlu mempertimbangkan lebih jauh terhadap penggunaannya. Memang tidak dilarang, tetapi untuk saat ini tidak cukup direkomendasikan dan Memang sejauh ini masih cukup aman, dan masih termasuk andalan pemerintah, tapi kita perlu selektif karena tren di negara maju saat ini justru ke pemakaian IUD.... ketika pasang IUD ada baiknya sekalian periksa PapSmear, karena sekalian diperiksa.
    Kembali ke hormonal untuk ibu menyusui, bapak bisa cari di mas google... coba hormonal contraceptive breastfeeding... kalo mau dipersempit pake advanced search... pdf type... biasanya berupa textbook dan presentasi dari ahli.
    coba link ini:
    http://www.gfmer.ch/Medical_educatio...ounde_2007.pdf

    dari link itu, untuk hormonal yg disarankan POCs (Progestin Oral Contraceptive)

    nanti saya coba tanya ke yang lebih ahli persisnya seperti apa ta KB hormonal mempengaruhi ASI. Persisnya saya tidak hapal (mohon maaf), tapi prinsipnya bagi saya hormon tetap hormon, apalagi itu bukan hormon alamiah, dan bayi belum saatnya mendapat input yg lain selain ASI murni. Dan untuk saat ini rekomendasi ASI eksklusif diextended hingga 6 bulan dari 4 bulan, lebih dari itu bayi sudah mulai bisa menerima masukan yang lain yaitu makanan Pendamping ASI dan kalau tidak salah pemberian ASI eksklusif sendiri juga dapat berfungsi sebagai metode kontrasepsi

    tambahan lagi.... kontrasepsi hormonal peroral menigkatkan resiko:
    • densitas tulang yang rendah
    • myocard infark --> terutama untuk kontrasepsi oral, wanita usia 35 tahun ++ apalagi yg merokok perlu waspada
    • Strok perdarahan --> terjadi peningkatan resiko pada wanita pengguna di usia > 35 th
    • Venous Thromboembolism --> semacam sumbatan vena, akibat kelainan faktor pembekuan, terjadi peningkatan resiko
    yang tidak signifikan, kontrasepsi hormonal peroral, jika diasosiasikan dengan:
    • Kanker payudara
    • Kanker leher rahim
    • Kanker ovarium
    • Kanker endometrium
    Sumber: Hormonal contraception: recent advances and controversies - American Society for Reproductive Medicine

    semoga berkenan
    Last edited by dr_nandy; 30-10-08 at 03:07 AM.
    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  3. #103
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    515
    Rep Power
    7

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Kalau untuk ibu menyusui bila ingin minum Pil KB diberikan yang hanya mengandung Progesteron saja karena ini yang tidak mengganggu produksi ASI, bukan karena takut kena ke bayinya lewat ASI.
    Kalau mengenai takut gemuk, ada banyak pil KB yang tidak mengakibatkan kegemukan. Tapi harganya mahal banget bisa sekitar 150-200ribu untuk sebulan.
    IUD pun sekarang juga ada hormonalnya.
    Apapun pilihan kontrasepsinya pasti ada efek sampingnya.
    Praise The Lord....

  4. #104
    Senior Contributor torirest's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    di bawah pohon rindang
    Posts
    253
    Rep Power
    7

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr.fenny_yunita View Post
    Kalau untuk ibu menyusui bila ingin minum Pil KB diberikan yang hanya mengandung Progesteron saja karena ini yang tidak mengganggu produksi ASI, bukan karena takut kena ke bayinya lewat ASI.
    Kalau mengenai takut gemuk, ada banyak pil KB yang tidak mengakibatkan kegemukan. Tapi harganya mahal banget bisa sekitar 150-200ribu untuk sebulan.
    IUD pun sekarang juga ada hormonalnya.
    Apapun pilihan kontrasepsinya pasti ada efek sampingnya.
    Bu dokter, IUD sekarang sudah ada hormonalnya ya?ada ga yg tidak ada hormonalnya? efek samping IUD apa, baik yg hormonal ataupun tidak (kalau memang ada)? berarti yg paling aman sistem kalender ya?

  5. #105
    Member
    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    515
    Rep Power
    7

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by torirest View Post
    Bu dokter, IUD sekarang sudah ada hormonalnya ya?ada ga yg tidak ada hormonalnya? efek samping IUD apa, baik yg hormonal ataupun tidak (kalau memang ada)? berarti yg paling aman sistem kalender ya?
    Efek samping IUDnya sendiri ada yang mengeluh nyeri perut, keputihan, perdarahan/flek.
    Efek samping hormonal ya seperti kontrasepsi hormonal pada umunya.
    Memang yang paling aman (tanpa efek samping ya sistem kalender) tapi risiko kegagalannya juga besar apalagi kalau siklus haid tidak teratur.
    Praise The Lord....

  6. #106
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    pengguna IUD disarankan untuk tetap memeriksakan, bisa sekalian PapSmear (deteksi dini kanker leher rahim), jadi akan terlihat apakah ada erosi atau tidak. Kalo ada "sariawannya" kan juga bisa diketahui. Jadi ada baiknya ibu2 rutin PapSmear minimal 6 bulan sekali. Jadi kalo kita mengantar anak periksa gigi, nah ibunya periksa PapSmear
    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  7. #107
    Newbie
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    dok, saya mau tanya, saya baru menikah 2bln yang lalu, karna masih mau melanjutkan kuliah, saya dan suami sepakat utk menunda kehamilan.. saya ingin menggunakan IUD tapi takut efek sampingnya, mohon penjelasan ttg pemasangan IUD, saya baca pemasangan IUD skrg tdk harus kontak fisik, ap bnr?

  8. #108
    Newbie
    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    25
    Rep Power
    0

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    paling aman ya kondom, enak nggaknya kalau udah biasa ya sama saja
    atau kalau mau dan harus disiplin = kondom baru dipakai kalau mau climax saja

  9. #109
    Beginner kemplu's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    South Jakarta
    Posts
    70
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by geratiz View Post
    paling aman ya kondom, enak nggaknya kalau udah biasa ya sama saja
    atau kalau mau dan harus disiplin = kondom baru dipakai kalau mau climax saja
    Justru itu bro yg ssssuuuusssaaahhhh...., "nanggung nih"..
    Lgian kalo, pk kndm.. kayaknya ada "alien" masuk ke ce....tuh
    Pake model tanggalan aja.....

  10. #110
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    kalo pake kondom pas mau klimax pasti susah... masa lagi enak musti mandeg dulu?

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0