Page 9 of 12 FirstFirst 123456789101112 LastLast
Results 81 to 90 of 113

Thread: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?


  1. #81
    Contributor
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    2,241
    Rep Power
    10

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by bakterijahatShera View Post
    ini dasar si suaminya aja,,,,
    harusnya pas mu cabut bagian pangkal tuh dipegang jd kondomnya ikut ketarik so ndak molos gtu aja,,,
    ato jangan2 udah lolos gak terasa yaaa
    mungkin si suami belom pengalaman pake kondom kali, kan biasanya klo di ajarin dokter pakenya di jempol hehehehe...
    Maju Tak Gentar..!!
    Bela Yang Bayaaar...!!!


  2. #82
    Contributor Ki Sunda's Avatar
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Bandung-Jawa Barat
    Posts
    2,554
    Rep Power
    10

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by scarrletz View Post
    mungkin si suami belom pengalaman pake kondom kali, kan biasanya klo di ajarin dokter pakenya di jempol hehehehe...
    Bener sekali, kondom paling bagus dpake di jempol. Udah gitu tidurnya terpisah. Aman, deh.
    Efek sampingnya ? Ya, nggak bisa tidur. Lihatin terus jempol, untuk apa ya ?
    " Alam Padang, Poe Panjang, Jagat Kamanusaan"

  3. #83
    Contributor
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    2,241
    Rep Power
    10

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by Ki Sunda View Post
    Bener sekali, kondom paling bagus dpake di jempol. Udah gitu tidurnya terpisah. Aman, deh.
    Efek sampingnya ? Ya, nggak bisa tidur. Lihatin terus jempol, untuk apa ya ?
    wakakakakakak....
    besokanya dateng deh ke ki sunda....
    Maju Tak Gentar..!!
    Bela Yang Bayaaar...!!!


  4. #84
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by miakomras View Post
    hai..temen2

    apakah efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi?

    contohnya: pemakaian implan mengikut dokter dimalaysia bisa membentuk sel2 kanker?

    sejauh mana kebenarannya?

    ditunggu sarannya ya..temen2...
    Kontrasepsi ada beragam macamnya. tapi pada prinsipnya kontrasepsi dibedakan berupa kontrasepsi alami dan yang ada intervensinya

    kontrasepsi alami sebagaimana yang kita kenal bisa dengan cara senggama terputus, dimana pasangan pria mengeluarkan alat kelaminnya ketika hendak ejakulasi, bisa juga dengan sistem kalender dimana pasangan suami istri diwajibkan menghitung masa subur pasangan wanita, namun kedua metode ini tingkat kegagalannya tinggi... namanya juga manusia, dipenuhi oleh nafsu

    nah kontrasepsi dengan intervensi, secara prinsip dibagi menjadi 2, yaitu kontrasepsi hormonal dan non-hormonal

    kontrasepsi hormonal sendiri juga ada macamnya, yaitu Pil, Suntik, dan Implan. Yang jelas secara prinsip metode KB Hormonal berarti kita mengintervensi proses pembuahan agar tidak terjadi, dengan cara mempengaruhi hormon-hormon kesuburan yang ada di tubuh wanita. Bagaimanapun juga metode KB dengan cara seperti ini berarti mengalirkan suatu substansi zat kimia ke dalam peredaran darah di tubuh, dengan kata lain ada konsekuensi biologis yang harus ditanggung, dimana ada side effect tertentu apabila penggunaan jangka waktu lama dan kontinyu. Cuman ada kelebihan dari metode ini, yaitu tidak mengganggu kenikmatan sexual suami, makanya kenapa metode ini banyak dipakai wanita-wanita di pedesaan yg kental dengan Patriarkhinya dan dominasi kaum adam. khusus untuk implan, metodenya termasuk praktis dan pemakaiannya dalam jangka waktu lama dng hanya sedikit operasi minor di lengan, dan bekerja efektif setelah 3 hari pemasangan, setelah itu pasutri bebas menentukan waktu berhubungan tanpa perlu memikirkan resiko hamil selama + 5 tahun. Tapi ingat, saat mens tetap tidak boleh berhubungan sex.

    kemudian metode KB lainnya adalah metode KB non hormonal, dimana jenisnya ada Kondom, IUD (spiral), Metode Operasi Wanita (MOW), dan Metode Operasi Pria (MOP). Untuk tingkat keberhasilan KB paling tinggi tentu saja dengan metode operasi baik MOW alias tubektomi maupun MOP alias vasektomi. Namun metode KB operasi kurang populer di masyarakat kita karena stigma bahwa hal tersebut merupakan pemandulan, dan ngeri membayangkan prosesnya, apalagi jika dikaitkan dengan masalah berbau SARA, cenderung untuk melarang metode ini. Padahal proses menjalani metode operasi jenis ini sangat mudah, karena operasinya tergolong operasi minor, buktinya di DIY bisa dikerjakan di bus-bus pelayanan KB dari BKKBN Propinsi yang mendatangi masyarakat dan metode ini gratis. Akan tetapi meskipun gratis dan mendatangi langsung masyarakat, saya merasakan sendiri bagaimana sulitnya mencari akseptor KB metode ini terutama untuk MOP. Tingkat kesertaan pria, dan pengetahuan pria terhadap metode KB dan manfaatnya sangat rendah. Sebagai kaum pria, saya sangat sedih akan hal ini, karena KB bukan urusan wanita semata, kedua pihak harus sepakat. Perlu diketahui pula, metode operasi baik untuk pria maupun wanita tingkatannya macam-macam, bukan sekedar dipotong seperti yang selalu dibayangkan oleh masyarakat. Metode operasi bisa di-rekanalisasi apabila pasutri menghendaki untuk memiliki anak kembali. bagaimanapun juga metode ini memiliki prasyarat yang jauh lebih ketat dibandingkan metode lainnya, misal jumlah anak, persetujuan keluarga, dsb. Untuk saat ini metode KB yang sangat direkomendasikan oleh WHO adalah metode KB IUD alias Spiral. Kenapa? Karena metode KB IUD merupakan metode KB non-hormonal, dimana secara substansi fungsi fisiologis tubuh tidak terganggu. IUD hanya mencegah masuknya sperma ke dalam rahim. Proses pemasangannya juga sangat sederhana dan mudah. Alatnya sangat kecil dan bisa dilakukan oleh tenaga medis seperti bidan. Hanya saja selama ini ada stigma yang berkembang di masyarakat bahwa IUD efeknya mengerikan, seperti sering perdarahan, mengganggu hubungan suami istri, dan serangkaian hal-hal menakutkan lainnya. Untuk masalah kenikmatan sexual, hal tersebut hanya terkait teknik pemasangan saja kok, biasanya yg membuat tidak nyaman adalah benang IUD sering menusuk kemaluan suami, hal itu bisa di-akali oleh tenaga medis yg berpengalaman. IUD bisa digunakan hingga jangka waktu 8 tahun dan kesuburan bisa segera pulih setelah alat dilepas. berbeda dengan metode hormonal yang membutuhkan penyesuaian begitu tidak dipakai lagi. Adapun sering ada yang mengeluhkan IUD sering keluar sendiri dalam keadaan terfragmen, hal itu tergantung pada masa pemakaian. untuk saat ini rekomendasi sampai 8 tahun, lebih dari itu ganti baru. jangan sampai sudah usia menopause alat tersebut belum dilepas, bagaimanapun juga IUD merupakan benda asing dalam tubuh.
    Kondom, metode ini merupakan favorit party goers meskipun tingkat pencegahannya relatif rendah karena kualitas produk yang berbeda-beda. akan tetapi yang patut diacungi jempol dari kondom adalah kemampuannya mencegah Sexual Transmitted Disease (STD) yang tidak dimiliki metode KB lain.

    Nah... metode KB adalah pilihan, yang jelas yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih KB adalah:
    1. Efektif
    2. Dapat diterima
    3. Mudah
    4. Nyaman
    5. Murah
    6. Selalu tersedia
    7. dan Bersifat sementara

    Yg jelas kesadaran masyarakat akan perlunya merencanakan sebuah keluarga adalah mutlak... karena seorang anak lahir didunia memiliki hak untuk mendapatkan perhatian penuh dari orang tua, dan orang tua bertanggung jawab penuh untuk menjadikannya anak yang berkualitas sehingga kelak dia sanggup mandiri baik secara ekonomi maupun sosial. Dan hal tersebut bukan ke masalah jumlah, silakan saja punya anak 2, 3, 4, 5, 6, atau bahkan lebih dari 10 asal kita memperhatikan kemampuan kita dalam membesarkan anak. Jangan sampai kita menghasilkan generasi yang tidak berkualitas. Cukup sudah Indonesia dipenuhi oleh pekerja-pekerja anak, jangan lagi ada perdagangan anak atas nama kemiskinan. Orang tua harus bertanggung jawab!

    salam,
    Semoga berkenan

  5. #85
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,148
    Rep Power
    11

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Halo dokter... KB yang bagus buat pasangan yang baru menikah dan ingin menunda dulu kehamilannya kira2 apa ya? Note: saya wanita yang mengalami masalah dengan ginjal (nefrititis), hepatitis pada hati dan bronchitis pada bronkia. Menikahnya sih masih lama dok, cuma mau konsul saja, soalnya kalau tanya ke RS, mereka bilang SEMUA BAGUS, jadi bingung deh,,,

    Thanx a lot.
    Last edited by Cakrawala Meazza; 10-10-08 at 09:55 PM.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  6. #86
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    untuk saat ini, metode kontrasepsi yang direkomendasikan WHO adalah IUD, asal prosedurnya ditaati. Masa pemakaian sebaiknya tidak lebih dari 8 tahun.

    Jika anda memakai KB metode hormonal, tentu ada substansi kimia yang mengalir di tubuh anda.... apalagi bagi wanita yang menyusui, bisa dibayangkan hormon-hormon KB ada di dalam ASI... dan bisa dibayangkan susu berhormon antikesuburan jika diminum oleh bayi akan berakibat seperti apa. Apalagi jika yang bersangkutan mempunyai underlying disease... sebaiknya tidak menggunakan KB metode ini.

    Untuk metode operasi.... untuk kasus-kasus penyakit komplikasi, sebaiknya tidak dilakukan. Karena operasi membutuhkan persiapan dan prasyarat tertentu.

    Kalau IUD dirasa masih belum aman, bisa menggunakan kondom, jika masih khawatir, pake metode alamiah yaitu senggama terputus maupun metode kalender. tapi tentu saja tingkat kegagalannya tinggi

  7. #87
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,148
    Rep Power
    11

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Gini Dok, saya kan setelah menikah akan pisah tempat dengan suami, karena masih mau melanjutkan pendidikan. Paling2 setelah menikah 2 bulan saja kami bersama. Setelah itu saya akan kembali setiap tahun (pas liburan musim panas saja).

    Gimana Dok? Apa saya pakai suntik sebulan (jadi 2x suntik kan 2 bulan saja), setelah saya pergi lalu tidak menggunakan KB?

    Really confuse dan sedikit ngeri... Thanx.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  8. #88
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Halo dokter... KB yang bagus buat pasangan yang baru menikah dan ingin menunda dulu kehamilannya kira2 apa ya? Note: saya wanita yang mengalami masalah dengan ginjal (nefrititis), hepatitis pada hati dan bronchitis pada bronkia. Menikahnya sih masih lama dok, cuma mau konsul saja, soalnya kalau tanya ke RS, mereka bilang SEMUA BAGUS, jadi bingung deh,,,

    Thanx a lot.
    Oh maaf, anda menyebutkan hepatitis ya...
    untuk hepatitis termasuk merupakan penyakit Sexual Transmitted Disease (STD)... jadi kalau saya sebaiknya pasangan anda menggunakan kondom. sekarang kan banyak pilihannya mulai dari extra safe sampe extra fun
    dan sebaiknya suami anda disarankan untuk vaksin hepatitis.
    vaksin hepatitis 4 x dengan jangka waktu tertentu.

    salam,
    semoga berkenan

  9. #89
    Contributor Cakrawala Meazza's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    PR. China
    Posts
    4,148
    Rep Power
    11

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    Oh maaf, anda menyebutkan hepatitis ya...
    untuk hepatitis termasuk merupakan penyakit Sexual Transmitted Disease (STD)... jadi kalau saya sebaiknya pasangan anda menggunakan kondom. sekarang kan banyak pilihannya mulai dari extra safe sampe extra fun
    dan sebaiknya suami anda disarankan untuk vaksin hepatitis.
    vaksin hepatitis 4 x dengan jangka waktu tertentu.

    salam,
    semoga berkenan
    Thanx banget... Wah, hepatitis nggak baik pakai KB Hormonal yah Dok? Hm... sebenarnya saya nggak suka kondom (meski belum pernah mencoba, tapi dari pengalaman rekan2 forumer di sini, katanya kurang enak). Apa ada saran lain Dok? Maaf kalau cerewet. Soalnya hepatitis saya, meski nggak sembuh benar, tapi bukan kondisi yang parah dan nggak gampang kambuh setelah saya rutin menjalani pengobatan dan mengkonsumsi madu serta temu lawak.
    menjelajahi cakrawala dan menuai kata dari langit
    jejak-jejak yang tersisa merupakan rahasia hidup

  10. #90
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    502
    Rep Power
    6

    Re: Pakai Alat kontrasepsi apakah efek sampingnya?

    Quote Originally Posted by Cakrawala Meazza View Post
    Thanx banget... Wah, hepatitis nggak baik pakai KB Hormonal yah Dok? Hm... sebenarnya saya nggak suka kondom (meski belum pernah mencoba, tapi dari pengalaman rekan2 forumer di sini, katanya kurang enak). Apa ada saran lain Dok? Maaf kalau cerewet. Soalnya hepatitis saya, meski nggak sembuh benar, tapi bukan kondisi yang parah dan nggak gampang kambuh setelah saya rutin menjalani pengobatan dan mengkonsumsi madu serta temu lawak.
    maaf... anda terdiagnosis Hepatitis B? HBsAg terakhir bagaimana? sedang minum interferon? berarti sekarang sudah inaktif?

    kalau saya tetep untuk amannya... ya gunakan kondom... pakai yg extra fun atau kalau mo repot dikit pasang IUD, tidak masalah 1 tahun kemudian dilepas, asal tidak lebih dari 8 tahun, tapi tidak menjamin bebas STD. kalo untuk hormonal, untuk penyakit ginjal sebaiknya (menurut saya loh, mohon masukan teman-teman lainnya yang dokter) jangan, karena mayoritas obat diabsorbsi di ginjal

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0