Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 28

Thread: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat


  1. #1
    Newbie
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Malang,JATIM
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    1. Bangun pagi, selarut apapun tidurnya.
    Alasan medis:
    Pagi sebelum terik merupakan saat tanaman memproduksi oksigen sebanyak-banyaknya, dan itu baik bagi kesehatan. Riset juga membuktikan bahwa melihat warna hijau dpt menyehatkan mata dan menurunkan emosi.
    2. Mengonsumsi telur di pagi hari agar siang tidak terlalu banyak makan.
    Terserah sarapannya apa aja, usahakan digabung dengan telur.
    Protein pada telur membantu pembakaran lemak, sehingga saat makan siang kita tak begitu banyak makan disebabkan tubuh cukup mencerna nutrisi dari lemak. Jadinya klo kita kerja nggak ngantuk karena kebnyakan makan. Cocok buat org yang diet.
    3. Minum kopi/teh setiap pagi.
    Kopi/teh mengandung kafein yg dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga peredaran darah lancar dan kita merasa segar untuk memulai aktivitas. Takut minum kopi krn sakit jantung? bisa diganti teh hangat.
    4. Jangan mandi setelah makan.
    Pernah nggak ngerasain perut eneg sehabis mandi? Biasanya sering terjadi dengan orang yang buru2-buru berangkat kerja/sekolah karena takut telat. Hal itu terjadi karena jarak mandi setelah makan sangat cepat. Lebih baik menunggu 30 menit dulu atau makan setelah mandi.

    Mandi membuat darah menyebar ke seluruh tubuh (salah satu penyebab mengapa kita merasa segar setelah mandi), sehingga darah tidak terkonsentrasi di lambung dan usus (mereka memerlukan darah untuk pencernaan), akibatnya pencernaan terhambat.
    5. BAB tidak teratur? Lancarkan dengan olahraga kaki.
    Pernah ga BAB padahal udah bnyk makan sayur? Cobalah olahraga ringan yg memusatkan kekuatan tungkai seperti jalan kaki, bersepeda, naik turun tangga, dsb. cukup 10 mnt.

    Bergerak membuat peredaran darah lancar, sehingga pencernaan juga lebih cepat. Sebenarnya olahraga apapun boleh, namun lebih efektif kalau olahraga kaki.
    6. Minum air min 3.5 liter sehari.
    Hawa perkotaan yang makin panas serta pekerjaan yang makin sibuk membuat keringat keluar lebih deras, dan dapat memicu dehidrasi. Jangan melalaikan minum air hanya karena malas ke kamar kecil. Air juga melancarkan BAB karena dapat melunakkan fases.
    7. Cek kadar cairan tubuh lewat urine.
    Urine yang sehat berwarna kuning mendekati bening dan hampir tidak berbusa. Busa pada urine menandakan kadar keasaman urin. Bila banyak busa, berarti urin terlalu bersifat basa. Dapat kita netralkan dgn perbanyak air minum. Bila berwarna kuning, berarti kandungan bilirubin lebih banyak daripada air. Dinetralkan pula lewat air.
    8. Teh tawar panas, penetralisir segala makanan.
    Setelah makan makanan berpengawet, bersantan, atau berlemak tinggi, beberapa orang biasanya akan merasa mual dan tidak enak. Setelah minum teh panas tawar, rasa tidak enak akan lumayan berkurang.

    Kandungan zat tannin dalam teh diteliti dapat menetralisir kandungan-kandungan lemak dan kolesterol. Jangan diberi gula, karena malah akan menambah mual dan diabetes.
    9. Hilangkan bad mood dan stres dengan gandum atau bayam.
    Merasa stres karena beban pekerjaan? Coba konsumsi berbagai produk gandum seperti oatmeal atau roti gandum sebagai makanan pokok, atau konsumsi bayam sebagai menu makan siang.

    Zat besi yg terkandung pada gandum atau bayam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Makin bnyk hemglobin, makin banyak oksgen yang diterima. Hal ini akan brpngaruh terhadap kinerja otak, yg nantinya akan meningkat dan membuat bad mood hilang.
    10. Sikat gigi 1 jam sebelum tidur.
    Targetkan dulu kita akan tidur jam berapa, lalu sebelum tidur kita sikat gigi.Selain membersihkan rongga mulut, sikat gigi juga menghilangkan hasrat ngemil di malam hari bagi yang ingin diet.

  2. #2
    Member dr_nandy's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    manila
    Posts
    530
    Rep Power
    6

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    nambahin aja ya, 'SEHAT' terdiri dari lima huruf: S-E-H-A-T:

    Seimbang gizi

    Enyahkan rokok

    Hindari stress

    Awasi tekanan darah

    Teratur berolahraga

    mortui vivos docent
    _________________
    yang hidup belajar dari yang mati

  3. #3
    Senior Member ima_imoet's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Indonesia
    Posts
    1,283
    Rep Power
    4

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    wah bner nie bayam bisa ilangin badmood
    nice trit
    kpn2 di coba ah, sedia kripik bayam jd kalo badmood langsung nyamil
    be optimis



  4. #4
    Junior Member achvan's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Makassar
    Posts
    144
    Rep Power
    3

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    point 1 dan 6, alhamdulillah jarang terlewatkan..tinggal point2 lainnya yang masih perlu ane perhatikan.
    btw ane setuju sama dr_nandy tuh, apalagi tentang rokok. Kalau mau hidup sampe tua...berhentilah merokok !
    thanks for share...
    See me @ Kompasiana.com

  5. #5
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    12
    Rep Power
    0

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    Wah keren nih singkatannya

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    nambahin aja ya, 'SEHAT' terdiri dari lima huruf: S-E-H-A-T:

    Seimbang gizi

    Enyahkan rokok

    Hindari stress

    Awasi tekanan darah

    Teratur berolahraga


  6. #6
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    12
    Rep Power
    0

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    Wah keren nih singkatannya

    Quote Originally Posted by dr_nandy View Post
    nambahin aja ya, 'SEHAT' terdiri dari lima huruf: S-E-H-A-T:

    Seimbang gizi

    Enyahkan rokok

    Hindari stress

    Awasi tekanan darah

    Teratur berolahraga


  7. #7
    Senior Contributor ayang's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ♥♥Your Heart♥♥
    Posts
    7,402
    Rep Power
    18

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    Sikat gigi 1 jam sebelum tidur.

    yang ini kayaknya susah... klo nunggu 1 jam sbelum tidur keburu makan lagi
    Life is Adventure

  8. #8
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,470
    Rep Power
    23

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    Quote Originally Posted by ayang View Post
    Sikat gigi 1 jam sebelum tidur.

    yang ini kayaknya susah... klo nunggu 1 jam sbelum tidur keburu makan lagi
    Kalau susah, coba sikat gigi 1 jam sesudah tidur. Pasti berhasil. Bisa juga sikat gigi 1 jam sebelum bangun. Dijamin tokcer.
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    13
    Rep Power
    0

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    infonya keren.. tp syg kadang penerapan susah konsisten

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    jakarta timur
    Posts
    3
    Rep Power
    0

    Re: 10 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidup Lebih Sehat

    semoga bisa diaplikasikan/laksanakan dalam kehidupan sehari-hari

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0