Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)


  1. #1
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    10 Alasan Utama untuk menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)
    Ada banyak rumor diluaran sana tentang Sodium Lauryl/Laureth Sulfate. Apakah benar bahan kimia satu ini adalah karsinogen atau penyebab kanker seperti yang digembar-gemborkan dimana-mana? Bagaimana juga tentang isu jika bahan satu ini adalah penggangu hormone endoktrin dan penyebab iritasi kulit? Mana yang benar dan mana yang mitos? Tujuan saya menulis ulasan ini adalah untuk menjernihkan kebingungan dan simpang siur mengenai artikel yang beredar tentang kimia satu ini. Saya tidak butuh untuk menutupi kebohongan, kenyataan dari dampak bahan satu ini sudah lumayan menakutkan, Untuk mempermudah pemahaman Anda, Sodium Lauryl Sulfate dan saudara kembarnya yang lebih jahat lagi yaitu si Sodium Laureth Sulfate akan selalu saya sebut dengan nama yang sama, yaitu SLS.

    Ini 10 alasan utama saya mengapa anda TIDAK BOLEH menggunakan produk yang mengandung SLS!

    images3 10 Alasan Utama untuk menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    1. Bahan ini terkenal sebagai penyebab iritasi kulit.

    Ketika perusahaan kosmetik ingin mencoba manfaat penyembuhan produk yang dikembangkan seperti lotion, dll, yang pertama harus dilakukan adalah membuat kulit konsumen teriritasi dulu. Apa yang dipakai untuk mengiritasi kulit? Ya si SLS itu. Jika rambut anda ketombean, punya masalah kulit mulai dari kering dan pecah-pecah, dll, bisa jadi karena akibat SLS.

    2. Bahan ini mencemari air tanah kita.
    Bahan ini terkenal beracun baik untuk ikan dan hewan air lainnya, dan berpotensi tinggu terakumulasi dalam tubuh ikan yang artinya beracun bagi kita yang mengkonsumsi ikan. Selain itu, bahan ini bisa masuk ke penyaring air kita (water filter) apalagi ke air PDAM, sudah pasti langsung ada disana, bayangkan kemudian kita minum air itu??

    3. Sebenarnya SLS itu termasuk golongan pestisida dan herbisida.

    Bahan ini sangat lazim digunakan untuk membunuh tanaman dan serangga. Para produsen SLS bahkan berpetisi baru-baru ini, bahwa SLS dimasukkan dalam kategori pestisida yang diperbolehkan pada pertanian organic, tetapi kemudian petisi ini ditolak, karena SLS sangat mencemari dan berdampak sangat buruk terhadap lahan dan lingkungan.

    4. Bahan ini mengeluarkan uap/asap beracun ketika dipanaskan

    Ketika SLS dipanaskan akan mengeluarkan racun Sodium Oxides dan Sulfur Oxides. Bayangkan jika anda mandi dengan shower panas dan keramas dengan air hangat dengan memakai shampoo dan sabun yang mengandung SLS, indahkah jadinya?
    5. SLS bersifat Korosif

    Menurut American College of Toxicity, sifat korosif ini termasuk terhadap lemak dan protein yang merupakan bahan pembentuk kulit dan otot. SLS juga lazim bisa anda temukan di pembersih lantai garasi, peluruh lemak mesin hingga sabun/shampoo mobil.


    6. SLS bisa merembes masuk kedalam jaringan tubuh.

    Berdasarkan sebuah studi dari University of Georgia Medicine, menemukan bahwa SLS memiliki kemampuan untuk masuk dan tinggal di jaringan tubuh seperti mata, otak, hati dan liver.

    7. Bahan ini merupakan penyebab iritasi mata.

    SLS ditemukan sebagai penyebab katarak pada mata orang dewasa dan terbukti menjadi penyebab ketidaksempurnaan pembentukan mata pada anak kecil.

    8. Kemungkinan terkontaminasi dengan bahan beracun lainnya seperti Nitrate, dll.

    Bahan beracun sebagai pelarut yang dipakai bersama SLS seperti nitrate juga terkategorikan penyebab kanker/karsinogenik seringkali ditemui diproduk yang mengandung SLS.

    9. Proses Produksi SLS menimbulkan polusi yang tinggi

    Proses produksi ini mengeluarkan bahan penyebab kanker dan sulfur dan meracuni udara.

    10. SLS membantu bahan kimia lain masuk ke tubuh.

    SLS adalah bahan pencampur bahan kimia lain agar bisa masuk ke tubuh,, menjadikan molekun bahan kimia sangat kecil dan bisa masuk ke membrane disel-sel tubuh. Sekali saja racun sudah masuk ke membrane disel tubuh, sel akan menjadi rentan dimasuki atau tercemari oleh bahan kimia lainnya.

    Apa SLS menyebabkan kanker?
    SLS sendiri tidak dikategorikan sebagai menyebab kanker, tetapi ada benarnya semua informasi yang berkaitan dengan SLS sebagai penyebab kanker, karena ketika SLS bercampur dengan triethanolamine ( T.E.A) yang merupakan bahan karsinogenik, yang kemudian disebut sebagai nitrosames.

    Sumber:
    NewsTarget “Popular Shampoos Contain Toxic Chemicals Linked to Nerve Damage” Mike Adams, January 11, 2005
    MSDS Data Sheet for Sodium Lauryl Sulfate
    MSDS Data Sheet for Sodium Laureth Sulfate
    “OCA & Cancer Prevention Coalition Warn of Hidden Carcinogens in Baby Care” AScribe Newswire, Feb 28, 2007
    “Technical Evaluation Report: Sodium Lauryl Sulfate” Compiled by ICF Consulting for the USDA National Organic Program, February 10, 2006

    Writen By : Green Mommy

  2. #2
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    ..........................

  3. #3
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    lihat ingredient produk yg anda pakai, ada slsnya gk...

  4. #4
    Senior Contributor
    Join Date
    Dec 2010
    Posts
    7,428
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    wah. gitu ya gan..
    ane bakalan ngindarin kalo begitu caranya..

  5. #5
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    kalo memang berbahaya segitu parah tentu FDA, EMA, dan badan pengawas obat-makanan negara maju melarang pemakaian produk ini. tapi kenyataannya hingga kini tidak tersiar kabar bahan ini dilarang digunakan dalam produk kosmetik dan obat oral.
    SLS adalah senyawa aktif permukaan, yang umum disebut sabun.
    bahan ini tidak bersifat sebagai pestisida atau herbisida, tetapi hanya membantu senyawa pestisida atau herbisida untuk bisa masuk ke tubuh hama. hama seperti kutu putih umumnya badannya susah terbasahi karena adanya lapisan wax pada tubuhnya. akibatnya penyemprotan pestisida jadi tidak efektif. dengan adanya surfactant seperti SLS, cairan pestisida bisa menempel rata pada permukaan tubuh hama sehingga terserap oleh tubuh hama tersebut dan menimbulkan efek toksik. malah untuk kutu putih saya cukup semprotkan cairan sabun cuci piring (bisa mengandung SLS) saja. wax kutu akan luntur dan kutu akan mati kering akibat panas matahari.
    selain itu, di bidang agrikultur, SLS dan surfactant ini juga bisa meningkatkan efektivitas penyerapan pupuk yang disemprotkan pada daun. prinsipnya cairan pupuk jadi lebih rata pada permukaan daun yang biasanya mengandung wax sehingga efisiensi penyerapan meningkat.
    SLS tidak bersifat korosif. jika ditemukan di produk sabun, peluruh oli, ya memang wajar karena sifatnya sebagai sabun.
    efek samping kulit kering dan pecah-pecah memang mungkin terjadi karena sifatnya sebagai sabun yang mengikat lemak yang dikeluarkan oleh kulit. akibatnya, kulit kehilangan kelembabannya.
    tapi masalah sifat karsinogenik dan berbahaya seperti disebutkan di tulisan pembuka tidak perlu dikuatirkan. badan regulasi dan pengawas obat-makanan di dunia tidak ada yang melarang pemakaian bahan ini.

  6. #6
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    Sodium laureth sulfate atau sodium lauryl ether sulfate (SLES), adalah deterjen dan surfaktan yang biasa di temui di produk perawatan tubuh seperti sabun, shampo, pasta gigi, dll. SLES mudah ditemukan di toko kimia dan relatif murah. SLES efektif sebagai unsur pembuat busa.

    SLES telah dibuktikan menyebabkan iritasi pada mata atau kulit pada eksperimen dengan hewan dan beberapa test pada manusia.Beberapa produk yang mengandung SLES telah ditemukan terdapat kandungan 1,4-dioxane dalam kadar rendah, yang merupakan bahan karsinogen dan direkomendasikan oleh FDA kadar kandungan ini harus dibatasi

    Walaupun SLES dianggap aman untuk batas konsentrasi yang digunakan pada produk-produk kosmetik (di bawah 400 mg per meter kubik), tetapi bahan ini tetap merupakan bahan pengiritasi, sama seperti detergen lain, makin tinggi konsentrasinya, semakin kuat pengiritasinya. SLES telah dibuktikan menyebabkan iritasi pada mata atau kulit pada eksperimen dengan hewan dan beberapa test pada manusa. SLS yang merupakan alternatif SLES juga merupakan pengiritasi yang kuat. Peneliti juga menemukan SLES dapat menyebabkan iritasi jika terkena kulit dalam jangka waktu tertentu bagi sebagian orang

    Karsinogenik

    Penelitian toksikologi di USA menyebutkan bahwa SLES yang mengandung 1,4-dioxane belum bisa dipastikan merupakan bahan karsinogen (dari penelitian ditemukan bahwa ada penambahan probabilitas terjadinya kanker pada percobaan dengan hewan, tetapi tidak dengan manusia yang bekerja dengan kimia tersebut).

    Beberapa produk yang mengandung SLES telah ditemukan terdapat kandungan 1,4-dioxane dalam kadar rendah, yang merupakan bahan karsinogen dan direkomendasikan oleh FDA kadar kandungan ini harus dibatasi.

  7. #7
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    oh, maaf... saya salah baca. SLS biasanya untuk sodium lauryl sulfate. sedangkan di sini yang dibahas adalah sodium laureth sulfate. dua senyawa yang berbeda. ulasan saya di post sebelumnya adalah mengenail sodium lauryl sulfate. demikian koreksi saya. terima kasih.

  8. #8
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    .............. thanx

  9. #9
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    masalahnya ada keterangan di kalimat pembuka SLS adalah sodium lauryl sulfate. memang benar bahwa SLS adalah singkatan yang umum untuk sodium lauryl sulfate. sodium laureth sulfate seringkali disingkat sebagai SLES. jadi penggunaan singkatan SLS untuk kedua bahan yang berbeda ini membingungkan. mana yang dimaksud?
    untuk keamanan SLS (sodium lauryl sulfate) sudah saya sebutkan di post sebelumnya.
    untuk SLES masalah karsinogenik yang disebutkan dalam tulisan anda itu adalah karena adanya kandungan dioxane, bukan karena SLES sendiri. dari mana kontaminan ini berasal? yang pasti, kontaminan ini harus dikendalikan dengan memproduksi SLES yang lebih murni (dengan kadar dioxane serendah mungkin).
    sama seperti SLS, SLES bisa menyebabkan kulit kering, iritasi mukosa termasuk mata, dan dermatitis. tapi ini tergantung dosis, frekuensi pemakaian dan sensitivitas pemakai. jika saat pemakaian ada indikasi efek samping itu maka pemakaian harus dihentikan.
    dalam international journal of toxicology, SLES masih dinyatakan aman untuk dipakai dalam produk kosmetik. silakan dibaca di 1 Final Report on the Safety Assessment of Sodium Laureth Sulfate and Ammonium Laureth Sulfate
    informasi lain bisa dibaca di http://healthychild.org/issues/chemi...ureth_sulfate/
    jadi kesimpulannya, SLES dan SLS aman untuk digunakan.
    terima kasih.

  10. #10
    Newbie htaranjaya's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    http://gms.hadeyazah.org/
    Posts
    36
    Rep Power
    0

    Re: 10 Alasan Utama Untuk Menghindari SLS (Sodium Laureth Sulfate)

    apa anda yakin d produk2 kosmetik, semuanya mengandung SLES murni?? lebih baik mencegah, dari pada beli kucing dalam karung.. but tergantung orang jg sih...

    so read labels before purchasing.
    Last edited by htaranjaya; 14-06-12 at 06:13 PM.

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0