Results 1 to 5 of 5

Thread: Susu Tinggi Kalsium?


  1. #1
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Susu Tinggi Kalsium?

    susu manula yg mana yg bisa memperkuat tulang? susu tinggi kalsium? justru itu tidak baik untuk manula. kalsium tinggi bagus untuk masa pertumbuhan, tidak untuk masa tua. kalsium terlalu tinggi bisa meningkatkan resiko gangguan ritme jantung (aritmia), gangguan ginjal (urogenital), bahkan meningkatkan kecenderungan patah tulang pada manula akibat osteoporosis (Klompmaker, 2005). jangan termakan iklan! mau yg terbaik? ambil dari makanan aja, seperti ikan teri, daging, ato susu biasa aja.

  2. #2
    Senior Contributor Lasary's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Susu Tinggi Kalsium?

    Quote Originally Posted by syx View Post
    susu manula yg mana yg bisa memperkuat tulang? susu tinggi kalsium? justru itu tidak baik untuk manula. kalsium tinggi bagus untuk masa pertumbuhan, tidak untuk masa tua. kalsium terlalu tinggi bisa meningkatkan resiko gangguan ritme jantung (aritmia), gangguan ginjal (urogenital), bahkan meningkatkan kecenderungan patah tulang pada manula akibat osteoporosis (Klompmaker, 2005). jangan termakan iklan! mau yg terbaik? ambil dari makanan aja, seperti ikan teri, daging, ato susu biasa aja.
    tapi biasanya khan susu berkalsium tsb kemasannya dibedakan..khusus untuk usia dewasa n manula. Bukankah ini berarti kadar kalsiumnya udah disesuaikan dengan usia konsumen?

    oh ya, apa ada susu yang cocok untuk penderita sakit maag?..ngeri khan kalo nggak mengkonsumsi susu sama sekali..ntar kelak di usia senja bisa kena osteoporosis? Tks ya syx.

  3. #3
    Senior Member iyutW's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Suburban of Megapolitan
    Posts
    0
    Rep Power
    0

    Re: Susu Tinggi Kalsium?

    Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi. Apalagi untuk usia manula , jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen atau makanan tambahan. Lebih baik bayar sedikit mahal untuk konsultasi dokter , dibanding kita coba2 makan suplemen atau makanan tambahan.

    Tante saya , pernah mengkonsumsi susu kalsium , tapi malahan terjadi pengapuran. Untung tidak ada apa2 sekarang.
    Macet.....ah, namanya aja hidup di jakarta....

  4. #4
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,720
    Rep Power
    9

    Re: Susu Tinggi Kalsium?

    Quote Originally Posted by alindri View Post
    ada pertanyaan nich...gue gak suka minum susu dan semua produk dairy dech pokoknya.
    gimana untuk menutupi kondisi gue yg dach -1.8% gejala osteoporosis, gara2 itu tadi gak suka produk susu dsb......
    kalo anda belum termasuk manula, it's ok kalo mengkonsumsi suplemen kalsium. jangan langsung dosis tinggi, sesuaikan dng kebutuhan per hari, bagi dengan beberapa kali pemakaian per hari. untuk sekali pemakaian maksimum 500 mg, di atas itu kurang efektif. jadi misalnya kebutuhan kalsium anda 1000 mg, konsumsi suplemen kalsium 500 mg dua kali dalam sehari, bukan 1000 mg sekali dalam sehari. tapi bagaimana pun kalsium dari makanan lebih efektif dan lebih mudah diserap tubuh.
    selain kalsium, yg patut dikonsumsi adalah vitamin D, terutama D3 (cholecalciferol). vitamin ini adalah komponen yg penting, terutama bagi wanita yg berjilbab ato doyan pake sunscreen karena area paparan sinar matahari yg dibutuhkan tubuh untuk membentuk vitamin D sangat minim. berjemur 15 menit beberapa kali dalam seminggu di bawah matahari pagi sangat direkomendasikan.
    dosis vitamin D yg disarankan antara 400-800 IU, jangan lebih dari 2000 IU per hari. makanan yg tinggi vitamin D antara lain kuning telur, ikan laut, hati, dan susu.

    beberapa referensi yg anda dapat baca dan pelajari:
    National Osteoporosis Foundation
    WHO Recommendations for Preventing Osteoporosis

  5. #5
    Contributor tamandewi's Avatar
    Join Date
    Sep 2011
    Location
    http://tips-cara.info
    Posts
    3,761
    Rep Power
    6

    Re: Susu Tinggi Kalsium?

    wah musti hati hati nich konsumsi kalo gitu..

    Quote Originally Posted by iyutW View Post
    Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi. Apalagi untuk usia manula , jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen atau makanan tambahan. Lebih baik bayar sedikit mahal untuk konsultasi dokter , dibanding kita coba2 makan suplemen atau makanan tambahan.

    Tante saya , pernah mengkonsumsi susu kalsium , tapi malahan terjadi pengapuran. Untung tidak ada apa2 sekarang.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0