Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?


  1. #1
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Hanya sekedar sharing...........

    Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu "Mengapa harus minum air putih banyak-banyak..?"

    Well, sebenarnya jawabannya cukup "mengerikan" tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

    Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.
    Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah :

    Otak dan Darah. !!

    Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki Komponen air 95%.

    Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.
    Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.
    Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

    Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...?

    Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...? Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak...? Belum sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...), melainkan dari sumber terdekat:

    Darah. !!

    Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

    Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

    Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah.

    Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ' kan...?

    Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.. (ya wajarlah namanya juga kurang makan...)
    Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental...), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

    Sekarang tinggal anda pilih: melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke.

  2. #2
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    2,241
    Rep Power
    10

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    wow... ternyata separah itu ya klo kita kurang minum air putih... meski hanya air putih, tp resiko yg di dapat klo kita kurang mengkonsumsi sangat2 berbahaya... makanya jangan anggap remeh...
    aku sih milih minum sebanyak-banyaknya deh... daripada daripada....
    Maju Tak Gentar..!!
    Bela Yang Bayaaar...!!!


  3. #3
    Member
    Join Date
    Jun 2008
    Location
    Sacramento, CA
    Posts
    988
    Rep Power
    7

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Its good to know. taunya cuma harus minum air putih 8 gelas sehari. apalagi buat perokok jadi berapa gelas nih? 10?
    A Million Little Pieces -

  4. #4
    Senior Member
    Join Date
    Jul 2008
    Posts
    2,241
    Rep Power
    10

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Quote Originally Posted by jodi applegate View Post
    Its good to know. taunya cuma harus minum air putih 8 gelas sehari. apalagi buat perokok jadi berapa gelas nih? 10?
    klo buat perokok, bukan minumnya yg di tambahin,,, tp rokoknya yg di hentiin... hayooo...bisa gak???
    Maju Tak Gentar..!!
    Bela Yang Bayaaar...!!!


  5. #5
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Quote Originally Posted by imobil View Post
    Hanya sekedar sharing...........

    Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu "Mengapa harus minum air putih banyak-banyak..?"

    Well, sebenarnya jawabannya cukup "mengerikan" tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

    Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.
    Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah :

    Otak dan Darah. !!

    Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki Komponen air 95%.

    Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.
    Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.
    Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

    Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...?

    Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...? Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak...? Belum sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...), melainkan dari sumber terdekat:

    Darah. !!

    Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

    Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

    Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah.

    Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ' kan...?

    Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.. (ya wajarlah namanya juga kurang makan...)
    Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental...), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

    Sekarang tinggal anda pilih: melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke.


    Darah encer tidak selalu bagus,...
    teman saya,...bahkan teman baik saya,...
    umur 36 kalo ngak salah,... terserang stroke, pendarahan otak,...karna darah terlalu encer,....

  6. #6
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    penderita jantung biasanya diberi pengencer darah (aspirin, ticlopidine, clopidogrel, dll) untuk mengencerkan darah. darah yang lebih encer meringankan fungsi jantung. efek samping yang disebutkan mr shock mungkin karena efek samping aspirin. bahan yang sebelumnya dikenal sebagai analgesik antipiretik ini juga menghambat proses pembekuan darah. akibatnya jika terjadi kebocoran pembuluh darah maka tidak dapat segera terjadi penutupan. jika kondisi pasien juga mengalami hipertensi, kebocoran ini bisa lebih parah lagi dengan terjadinya stroke akibat pendarahan otak. dengan kata lain, stroke yang dialami oleh rekan mr shock bukan karena darah encer, tapi lebih karena efek samping obat.

  7. #7
    Senior Member Mr.Shock's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Posts
    1,513
    Rep Power
    9

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Quote Originally Posted by syx View Post
    penderita jantung biasanya diberi pengencer darah (aspirin, ticlopidine, clopidogrel, dll) untuk mengencerkan darah. darah yang lebih encer meringankan fungsi jantung. efek samping yang disebutkan mr shock mungkin karena efek samping aspirin. bahan yang sebelumnya dikenal sebagai analgesik antipiretik ini juga menghambat proses pembekuan darah. akibatnya jika terjadi kebocoran pembuluh darah maka tidak dapat segera terjadi penutupan. jika kondisi pasien juga mengalami hipertensi, kebocoran ini bisa lebih parah lagi dengan terjadinya stroke akibat pendarahan otak. dengan kata lain, stroke yang dialami oleh rekan mr shock bukan karena darah encer, tapi lebih karena efek samping obat.

    HEbat....Hebat,...

    Salut saya sama anda,...

    Padahal saya tidak ceritain bahwa teman saya memang ada kelainan jantung bawaan, umur belasan operasi jantung di aussie karna klep bocor,... belasan tahun minum obat, mungkin yg anda sebut, karna saya tidak tahu persis,...
    kemudian stroke dan pendarahan otak,...

    Mudah2an anda tidak keberatan, kalo lain kali saya ada keraguan tentang masalah medis dan ingin menanyakan ke anda....
    Terimakasih

  8. #8
    Senior Member hsigitn's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    My lovely country, Indonesia
    Posts
    1,300
    Rep Power
    8

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    saya dapet info hal itu biasanya terjadi pada org yg jarang olahraga (sehingga pasokan oksigennya berkurang). Jadi tidak hanya akibat dari minum air putih saja.
    ...Bekerjalah dengan cinta...always give smile

  9. #9
    syx
    syx is offline
    Senior Member syx's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    1,718
    Rep Power
    9

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    ada beberapa prosedur yang disarankan untuk mengencerkan darah:
    - minum 10-12 gelas air per hari
    - diet rendah kolesterol, terutama LDL. kandungan LDL dalam darah dapat meningkatkan kekentalan darah.
    - diet rendah glucose untuk penderita DM. kandungan gula yang tinggi dalam darah meningkatkan kekentalan darah.
    - olahraga
    - donor darah
    - menurunkan stres
    - tidak merokok
    - minum obat pengencer darah, seperti aspirin dosis rendah (80 mg) atau obat lain yang disarankan dokter.

  10. #10
    Senior Member imobil's Avatar
    Join Date
    May 2008
    Location
    Perbatasan
    Posts
    1,764
    Rep Power
    8

    Re: Darah mengental dalam tubuh, mengapa bisa terjadi?

    Tujuan dari artikel diatas sebenarnya hanya untuk menganjurin kita untuk ingat minum air putih setiap hari..... ya minimal 8 gelas gitu...... karna kadang2 karna kita sibuk atau malas jadi jarang minum air putih......

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO