Page 1 of 23 1234567891011 ... LastLast
Results 1 to 10 of 228
Like Tree2Likes

Thread: Karya Puisi Puasa


  1. #1
    Administrator admin's Avatar
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    3,351
    Rep Power
    10

    Icon1 Karya Puisi Puasa

    Lomba Puisi Puasa

    Menyambut bulan Ramadhan, Kompas Forum menggelar Lomba Puisi Puasa berhadiah. Cukup kirimkan karya puisi bertema puasa yang dibuat dengan semenarik dan sekreatif mungkin untuk memenangkan hadiah yang telah disediakan. Gunakan ide dan kreatifitas kamu dalam membuat puisi. Info selengkapnya, lihat thread Lomba Puisi Puasa!

    Kirimkan Karya Puisi Puasa di Thread ini!


    Penting: Pertanyaan dan komentar bisa disampaikan di thread Lomba Puisi Puasa. Thread ini hanya berisi karya yang dikirim.

  2. #2
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    kembali


    mata tak lagi berkobar, mulutpun tak lagi bercumak
    hanya yang ada nada disetiap alunan dzikir
    untuk mengharapkan kata - kata suci dari Rahmat-Mu

    Badai tetap menguak tapi hati tetap suci
    ramadhan ya ramadhan
    pelukanmu adalah anugerah terik dari udaha yang telah kita capai

    tatkala itu aku bersumbar di tengah - tengan kemunafikan
    tapi kini harus membasuh cahaya itua
    gar radang kemunafikan itu bisa lepas dan terbang
    aku terdiam,
    terpaku pada khazanah-Mu mendekat untuk fitri
    kembali kejalan lurus
    mendendangkan alunan nada kebaikan
    mendamaikan cahaya illahi untuk lebih sempurna

    semangat ini harus tetap tegak walau setegak benang basah
    kita harus kuat dan bisa mengambil rasi fitrikarena fitri akan menghantarkan asa
    untuk mendapatkan sepenggal alunan maaf
    menjadi insan yang tetap berbakti kepada kuasa Allah.

  3. #3
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Jakarta Pusat
    Posts
    27
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    Puasa Bukan Rutinitas


    Tiba kembali bulan yang mulia
    Saatnya menyeka Qur'an yang berdebu
    Membersihkan sajadah tempat mengadu
    Menyiapkan hati untuk menerima berkah

    Namun mengapa hanya di bulan ini
    Ramadhan ini begitu mulia
    Di manakah sisa-sisa Ramadhan yang lalu
    Sebulan penuh setahun kemarin

    Puasa ini bukanlah rutinitas
    Mengulang sekali dalam 12 bulan
    Lepas Ramadhan lepas pula kekangan
    Lepas menjadi insan yang berdosa

    Ramadhan yang baru hendak menjelang
    Mari kuatkan tekad hati
    Puasa kali ini harus berbeda
    Lepas dari lingkaran setan yang mengulang

    Lepaskan diri dari rutinitas
    Jelang ibadah dengan ikhlas
    Sambut Ramadhan dengan suka cita
    Semoga Surga telah menanti kita

    Jangan jadikan Ramadhan sebagai topeng
    Hanya untuk menyembunyikan busuknya hati
    Biar Ramadhan membasuh kita
    Membuat kita lahir sebagai insan yang taqwa




  4. #4
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    32
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    Bismillah mo ikutan ahhh :


    Ayo Puasa


    Tahukan kalian bulan Ramadhan akan segera tiba ?
    Karna itu siap siap deh kalian berpuasa
    Jangan sampe ditunda esok atau lusa
    Kan kita gak tau besok apa kita masih ada
    Apalagi kita gak pernah tahu dosa kita selama ada didunia
    Makanya rame rame yok kita cari pahala
    Caranya ya berpuasa

    Yang pertama …….
    Jangan makan dan minum dari imsak sampai adzan maghrib tiba
    Kan lagi puasa …
    Masa lupa …
    Terus sholat lima waktu jangan lupa, namanya juga puasa
    Kalau gak sholat ibarat bikin kopi gak pake gula, dapatnya cuman pahit saja
    Trus jangan lupa banyak sedekah kepada orang yang gak punya
    Biar puasa jadi lebih berguna dan dapat hidayah-Nya

    Berikutnya kalau berbuka di awali dengan yang manis
    Itu lebih afdol karena ngikuti ajaran hadist
    Trus kalau berbuka makanlah yang ada dipiringmu sampai habis
    Karena orang tua susah payah cari uang dan itu tidaklah gratis
    Ingat diluar sana banyak yang lebih susah apalagi para pengemis
    Abis itu langsung sholat pake baju gamis
    Jangan lupa bawa payung kalau dijalan hujan gerimis

    Dibulan puasa jangan percaya kalau setan itu gak ada
    Karena setan yang sebenarnya ada di diri kita
    Gak percaya ? coba aja tanya sama ustadz Maulana
    Pasti dia akan bilang iya
    Kalau udah tahu setan itu ada, coba tahan semua godaan disekitar kita
    Baca do’a kalau kita hampir tergoda
    Kalo tetep tergoda ? malu ah ... masa setan menang dari anda
    Yang pasti Ingat Tuhan kalau kita tergoda
    Biar puasa kita tidak jadi sia sia hanya dapat rasa lapar dan dahaga

    Dan ketika bulan Ramadhan sudah usai
    Pasti amal dan ibadah dibulan puasa akan kita tuai
    Bersyukurlah dibulan puasa kita sudah melewati banyak badai
    Dan dihari Idul Fitri kita sudah sedikit lebih Santai
    Minta ma'aflah atas kesalahan kita sama sodara, enyak juga babe
    Soalnya kalo kita gak pernah minta ma'af jadinya malah berabe
    Nah habis itu boleh deh sepuasnya makan lontong opor, sambal goreng juga gulai

    Met Puasa Buat Semuanya Yeeee …..
    Last edited by ninos; 06-08-11 at 02:00 PM. Reason: biar lebih berbobot

  5. #5
    Junior Member
    Join Date
    Jan 2010
    Posts
    148
    Rep Power
    5

    Smile Re: Karya Puisi Puasa

    puasa kita puasa

    puasa kita ternyata..
    bukan aneka ritual semata
    bukan pula tentang kapan buka bersama
    apalagi pameran busana
    ----------
    puasa kita faktanya..
    tak sekedar perintahNya
    jauh pula dari hidup dan budaya
    apalagi dengan kata gaya
    ----------
    puasa kita hari ini..
    sangat bukan tentang harga
    beda juga jika dibilang pamer harta
    apalagi sekedar peduli dan empati
    ----------
    puasa kita kiranya..
    hanya tentang menahan keinginan
    melekatkan ketaatan 'tuk ampuan
    dan menyiram kesucian ke jiwa takwa
    ----------
    puasa kita puasa

    Karya Puisi Puasa-sujud-21.jpg
    Last edited by Budian; 05-08-11 at 12:15 PM.

  6. #6
    Beginner
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    Klender Jakarta Timur
    Posts
    81
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    MARHABAN YA RAMADHAN

    Selamat datang Ramadhan, bulan suci
    Bulan untuk mensucikan jiwa dan hati
    Bulan untuk menebar kasih dan emphaty
    Demi tegaknya harmoni dalam masyarakat madani

    Menaklukkan nafsu angkara murka
    Tidak hanya bulan Ramadhan saat kita puasa
    Tapi di bulan berikut, setelah bulan puasa
    Sehingga nilai-nilai puasa jadi refleksi dari pola perilaku kita

    Dengan Puasa kita didik diri kita sendiri
    Menjadi insan yang taqwa dan disiplin diri
    Insan penuh dedikasi dalam bermasyarakat
    Dedikasi untuk kemaslakhatan dan harmoni

    Puji syukur kuucapkan kepada Allah, wahai Tuhanku
    Yang memberi kesempatan kepadaku
    Kesempatan puasa bersama sahabat seimanku
    Pada Ramadhan yang penuh, rakhmat dan ampunan-Mu

    Semoga kita memperoleh kemenangan dalam berpuasa
    Kemenangan dalam pengendalian diri dan mencapai kesabaran
    Menjadikan karakter kita jadi lebih tangguh, berakhlak muliah
    Itulah Kemenangan hakiki dalam berpuasa
    Last edited by Sadarudin; 31-07-11 at 10:59 PM. Reason: Untuk menajamkan dan pembetulan salah ketik

  7. #7
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    Puasa… Memangnya Enaak…?

    Ada Satu Bulan…
    Namanya Ramadhan…
    Siang Hari Tak Boleh Makan...
    Aduuuh Kasiaaan…


    Yang Halal Belum Tentu Boleh…
    Minum Tak Boleh…
    Bercinta Dengan Istri pun Tak Boleh…
    Weleh Weleeeh…


    Memangnya Enak Puasa?
    Menahan Lapar Dahaga
    Mengurangi Cinta Dunia
    Mengendalikan Nafsu Celaka


    Tapi Sungguh Beruntung yang Menjalani…
    Ada Pahala Berlipat-Lipat Menanti…
    Dosa pun Kan Diampuni…
    Suci Kembali di Hari Nan Fitri…

  8. #8
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    Mendadak Ramadhan* Mendadak semua pusat perbelanjaan dipenuhi manusia seolah panik memasuki ramadhan Mendadak makam ramai dikunjungi kerabat yang masih ada Mendadak harga-harga naik sebelum puasa Mendadak anggaran belanja pun meningkat selama ramadhan Mendadak nuansa relijius begitu kental, mulut dijaga, hati dibersihkan, pikiran diarahkan, langkah ditetapkan Mendadak setiap masjid disesaki jemaat tarawih, memperlebar senyum sang imam Mendadak majlis-majlis pengajian berlomba khatam Qur’an dalam 30 hari secara tanggung renteng Mendadak televisi dipenuhi acara keagamaan, iklan dibumbui embel-embel ramadhan Sinetron percintaan dilabeli simbol dan puja-puji islami lainnya Mendadak semua berlomba berdandan islami yang elok modis Mendadak bertaburan da’i-da’i membahas khotbah tak berkesudahan Mendadak kuis-kuis marak mengajukan pertanyaan yang itu-itu saja Mendadak harga-harga kembali melambung tinggi Mendadak mall-mall kian dipenuhi manusia di akhir ramadhan Mendadak masjid-masjid kembali kosong, meninggalkan Imam yang celingukan Mendadak Imam tersadar, bagi ma’mumnya Ramadhan hanya 2 minggu saja Mendadak gaji berlipat ganda Mendadak sibuk berbelanja Mendadak berburu tiket lebaran Mendadak sibuk membahana, menggantikan ritual suci ramadhan Terminal, pelabuhan, Bandar udara…semua kini masjidnya Nahkoda, supir, dan pilot adalah imamnya, mengantar ummat ke tujuan 1432 kali menjalani ramadhan, kita tak kunjung beranjak dari lumpur kemunduran Wajar, karena semua serba instant dan dadakan Kapan hadir lagi ramadhan yang tidak mendadak, tidak mengejutkan, namun menyentuh, menelusuri nadi setiap jiwa, bersemayam dalam sukma yang merindu pada-Nya? Ah sudahlah, diriku mendadak tak lagi bisa berkata-kata *coretan seorang hamba yang mendadak bingung menjelang ramadhan
    www.Dialogika.tk | Berwacana Secara Dewasa

  9. #9
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    15
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    WAKTU RAMADHAN

    Kenapa semua selalu berbalik kepadaMu
    Sehabis membenci diriMu bertubi-tubi
    Tetap saja kembali padaMu
    Padahal Kau hanya diam saja, tak bergeming
    Dengan tawaran pengampunanMu yang bisu namun tulus

    Kenapa harus Kamu tempat aku menyandarkan mimpiku
    Sehabis mengutuki diriMu bertubi-tubi
    Tetap saja memimpikanMu
    Padahal Kau hanya diam saja, tak bergeming
    Dengan tawaran pengampunanMu yang bisu namun tulus

    Kenapa harus kuberharap kembali kepadaMu
    Sehabis harapan ku akanMu pupus dan kemudian mencelaMu bertubi-tubi
    Tetap saja mengharapkanMu
    Padahal Kau hanya diam tak bergeming
    Dengan tawaran pengampunanMu yang bisu namun tulus

  10. #10
    Newbie
    Join Date
    Jul 2011
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Re: Karya Puisi Puasa

    Dalam Duabelas Kerinduan

    bukan karna surga di depan mata
    bukan juga limpahan harta
    puasa tiba untuk mencairkan hati
    puasa tiba untuk membersihkan diri

    bila mana tuhan mengiyakan
    aku ingin setiap bulan adalah Ramadhan
    bila mana Tuhan mengijinkan
    ku ingin tutup usia di bulan ini saja
    bila mana Tuhan mengijinkan
    ku hanya ingin merindu berkahnya saja

    bukan karna surga di depan mata
    bukan pula takut masuk neraka
    sudah renta hati menunggumu
    kau kini singgah di teras rumahku
    marhaban ya ramadhan
    aku rindu padamu, masuklah mari masuk
    aku rindu dibelai malammu
    marhaban ya ramadhan

    dalam dua belas
    aku merindu
    dalam satu ku curahkan usahaku

Page 1 of 23 1234567891011 ... LastLast

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0