Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 13

Thread: Catur: Teori Pembukaan Mengenai Gambit


  1. #1
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Catur: Teori Pembukaan Mengenai Gambit

    Kata "Gambit" berasal dari bahasa Italia, dare il gambetto, yang terjemahan bebasnya kurang lebih berarti menjegal kaki lawan. Dalam teori pembukaan catur, gambit erat kaitannya dengan pengorbanan satu atau dua bidak dalam fase awal untuk mempercepat aktifitas perkembangan perwira dan pengamanan raja. Gambit sendiri memiliki 2 ciri, yaitu gambit asli dan pseudo gambit.

    gambit asli misalnya ditunjukkan dalam pembukaan gambit raja : 1. e2-e4 e7-e5 2. f2-f4

    Pseudo gambit misalnya ditunjukkan dalam pembukaan gambit menteri : 1. d2-d4 d7-d5 2. c2-c4

    Dari kedua contoh di atas, gambit raja ialah gambit asli karena putih memang "memberikan" satu bidak cuma-cuma untuk hitam tanpa dapat meraihnya kembali langsung. Akan tetapi, pada gambit menteri, putih dapat segera mengambil kembali bidak yang telah dikorbankannya dengan langkah 1. d2-d4 d7-d5 2. c2-c4 d5xc4 3. Md1-a4+, sehingga gambit menteri digolongkan dalam pseudo gambit.

    Ada juga yang disebut counter gambit (gambit balasan) yang dilakukan pihak hitam, misalnya 1.e2-e4 e7-e5 2. f2-f4 d7-d5 disebut sebagai Falkbeer Counter gambit melawan pembukaan gambit raja atau 1.d2-d4 d7-d5 2. c2-c4 e7-e5 yang disebut sebagai Albin counter gambit melawan pembukaan gambit menteri.

    Gambit sendiri dapat diterima atau ditolak

    Gambit raja diterima misalnya sesuai urutan langkah 1. e2-e4 e7-e5 2. f2-f4 e5xf4
    Gambit raja ditolak, misalnya sesuai urutan langkah 1. e2-e4 e7-e5 2. f2-f4 d7-d6

    Pada era romantisme, gambit sangat banyak digunakan dalam pertandingan, hal ini erat kaitannya dengan gaya permainan catur abad 16 sampai 19 dimana indah dan brillian merupakan nilai tertinggi dalam catur sebagai luapan karya seni si pecatur.

    Dalam ulasan berikutnya, beberapa contoh partai abad 18 akan disertakan sebagai ilustrasi
    The Board of Directors.....

  2. #2
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Ilustrasi

    Berikut disertakan partai ilustrasi yang dijuluki "The Immortal" - Partai Abadi sebagai perwujudan keindahan karya seni dalam catur klasik,

    Catatan : Jika dianalisa menggunakan konsep catur modern, partai ini banyak kesalahannya baik pihak putih maupun hitam. Tapi partai ini dikenang bukan dari sisi ketepatan langkahnya, melainkan dari keindahan posisi akhir.

    Adolf Anderssen - Kieseritzky, London 1851
    Pembukaan Gambit Raja
    1. e4 e5 2. f4 exf4 3. Gc4 Mh4+ 4. Rf1 b5 5. Gxb5 Kf6 6. Kf3 Mh6 7. d3 Kh5 8. Kh4 Mg5 9. Kf5 c6 10. g4 Kf6 11. Bg1 cxb5 12. h4 Mg6 13. h5 Mg5 14. Mf3 Kg8 15. Gxf4 Mf6 16. Kc3 Gc5 17. Kd5 Mxb2 18. Gd6 (putih mengorbankan benteng pertama) Gxg1 19. e5 (putih mengorbankan benteng kedua) Mxa1+ 20. Re2 Ka6 21. Kxg7+ Rd8 22. Mf6+ !! (putih mengorbankan menteri) Kxf6 23. Ge7 mat 1-0

    The Board of Directors.....

  3. #3
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Ilustrasi

    ada nggak pembukaan yg mulai dengan a3/4 atau b3/4 juga sisi sebelahnya seperti g3/4 dan h3/4?
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  4. #4
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: Ilustrasi

    gambit raja merupakan pembukaan favoritku. tapi ada kelemahannya yang sampai saat ini belum berhasil kuatasi.
    biasanya gambit raja kugunakan kepada lawan yg tingkatnya dibawahku. kalo setara atau bahkan lebih, gak berani deh...kalang kabut

    gambit mentri paling gak ku suka hehehehe
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  5. #5
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    ada nggak pembukaan yg mulai dengan a3/4 atau b3/4 juga sisi sebelahnya seperti g3/4 dan h3/4?
    1. a2-a3 dinamakan pembukaan Dunkirk. kalau 1.a2-a4 belum didefiniskan namanya. 1.h2-h3 dinamakan pembukaan Amar, 1.h2-h4 juga belum didefinisikan namanya

    1. b2-b3 disebut Pembukaan Larsen, atau Fianchetto Menteri
    1. b2-b4 disebut Pembukaan Sokolsky atau Orang Utan
    1. g2-g3 disebut Pembukaan Fianchetto Raja
    1. g2-g4 disebut Pembukaan Grob
    The Board of Directors.....

  6. #6
    GEO
    GEO is offline
    Advisor GEO's Avatar
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    ...
    Posts
    18,426
    Rep Power
    36

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    gambit raja merupakan pembukaan favoritku. tapi ada kelemahannya yang sampai saat ini belum berhasil kuatasi.
    biasanya gambit raja kugunakan kepada lawan yg tingkatnya dibawahku. kalo setara atau bahkan lebih, gak berani deh...kalang kabut

    gambit mentri paling gak ku suka hehehehe
    setuju ...
    biasanya gambit raja akan menang di beberapa langkah di awal tapi ketika memasuki tengah permainan kondisi akan berbalik jika lawan kita bisa menetralisir serangan kilat kita ..
    saya juga suka dengan gambi raja maupun mentri ,biasanya sih pengen cepet cepet menang ...hehehe

  7. #7
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by bujangga View Post
    gambit raja merupakan pembukaan favoritku. tapi ada kelemahannya yang sampai saat ini belum berhasil kuatasi.
    biasanya gambit raja kugunakan kepada lawan yg tingkatnya dibawahku. kalo setara atau bahkan lebih, gak berani deh...kalang kabut

    gambit mentri paling gak ku suka hehehehe
    Quote Originally Posted by GEO View Post
    setuju ...
    biasanya gambit raja akan menang di beberapa langkah di awal tapi ketika memasuki tengah permainan kondisi akan berbalik jika lawan kita bisa menetralisir serangan kilat kita ..
    saya juga suka dengan gambi raja maupun mentri ,biasanya sih pengen cepet cepet menang ...hehehe
    Pendapat bro bujangga dan GEO benar adanya. Gambit raja memang penuh resiko dan kompleksitas tinggi. Di tingkat internasional hanya sedikit top level GM yang berani menggunakan Gambit Raja sebagai repertoirenya. Tercatat nama besar Fischer, Spassky dan Korchnoi merupakan GM ternama yang menggunakan Gambit Raja di level internasional. Untuk GM masa kini, yang cukup berani ialah Hikaru Nakamura dari AS.
    The Board of Directors.....

  8. #8
    Senior Contributor KAMIRIN's Avatar
    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Sukabumi Bencilangit
    Posts
    7,420
    Rep Power
    23

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by HDDStudio View Post
    1. a2-a3 dinamakan pembukaan Dunkirk. kalau 1.a2-a4 belum didefiniskan namanya. 1.h2-h3 dinamakan pembukaan Amar, 1.h2-h4 juga belum didefinisikan namanya

    1. b2-b3 disebut Pembukaan Larsen, atau Fianchetto Menteri
    1. b2-b4 disebut Pembukaan Sokolsky atau Orang Utan
    1. g2-g3 disebut Pembukaan Fianchetto Raja
    1. g2-g4 disebut Pembukaan Grob
    Saya kalau main catur udah agak bosan dengan gambit... lagi coba varian yg aneh (walau nggak tahu namanya seperti diatas ini )
    Ada tidak pertandingan internasional yg menggunakan pembukaan2 langka diatas tadi?

    Mumpung lagi bahas pembukaan, sekalian aja nanya namanya apa ini... K = kuda
    1. Ka3 (notasi inggrisnya Na3 / natrium)
    2. Kc3
    3. Kh3
    4. Kf3

    Kalau pertandingan gak serius (antar teman ngopi) saya paling suka 1. a2 - a3 .... 2. h2-h3 malah dikatain.. pembukaan apaan tuh? wakakaka... tapi nyatanya dia kalah...
    -Tempat ini disewakan untuk iklan-

  9. #9
    Contributor bujangga's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    2,621
    Rep Power
    10

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by GEO View Post
    setuju ...
    biasanya gambit raja akan menang di beberapa langkah di awal tapi ketika memasuki tengah permainan kondisi akan berbalik jika lawan kita bisa menetralisir serangan kilat kita ..
    saya juga suka dengan gambi raja maupun mentri ,biasanya sih pengen cepet cepet menang ...hehehe
    Quote Originally Posted by HDDStudio View Post
    Pendapat bro bujangga dan GEO benar adanya. Gambit raja memang penuh resiko dan kompleksitas tinggi. Di tingkat internasional hanya sedikit top level GM yang berani menggunakan Gambit Raja sebagai repertoirenya. Tercatat nama besar Fischer, Spassky dan Korchnoi merupakan GM ternama yang menggunakan Gambit Raja di level internasional. Untuk GM masa kini, yang cukup berani ialah Hikaru Nakamura dari AS.
    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Saya kalau main catur udah agak bosan dengan gambit... lagi coba varian yg aneh (walau nggak tahu namanya seperti diatas ini )
    Ada tidak pertandingan internasional yg menggunakan pembukaan2 langka diatas tadi?

    Mumpung lagi bahas pembukaan, sekalian aja nanya namanya apa ini... K = kuda
    1. Ka3 (notasi inggrisnya Na3 / natrium)
    2. Kc3
    3. Kh3
    4. Kf3

    Kalau pertandingan gak serius (antar teman ngopi) saya paling suka 1. a2 - a3 .... 2. h2-h3 malah dikatain.. pembukaan apaan tuh? wakakaka... tapi nyatanya dia kalah...
    OOT dikit....

    pernah nyobain software untuk mengetahui elo rating gak?
    aku pernah download, tapi versi trial untuk 30 hari aja jadi udah kubuang dari harddisk.

    aku biasanya set elo rating kompie di 2500 yang kuyakini gakkan bisa kukalahkan. hasilnya elo ratingku berkisar 1900-2000 dari banyak kali tanding
    tentunya ngikutin sistem bertanding. apa kira2 hasil itu mendekati gak ya? atau cuman menghibur? hahahahaha.
    empat lautan penderitaan
    kisah langit pupus di sini

  10. #10
    Contributor HDDStudio's Avatar
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    4,398
    Rep Power
    12

    Re: Ilustrasi

    Quote Originally Posted by KAMIRIN View Post
    Saya kalau main catur udah agak bosan dengan gambit... lagi coba varian yg aneh (walau nggak tahu namanya seperti diatas ini )
    Ada tidak pertandingan internasional yg menggunakan pembukaan2 langka diatas tadi?

    Mumpung lagi bahas pembukaan, sekalian aja nanya namanya apa ini... K = kuda
    1. Ka3 (notasi inggrisnya Na3 / natrium)
    2. Kc3
    3. Kh3
    4. Kf3

    Kalau pertandingan gak serius (antar teman ngopi) saya paling suka 1. a2 - a3 .... 2. h2-h3 malah dikatain.. pembukaan apaan tuh? wakakaka... tapi nyatanya dia kalah...
    1. Ka3 disebut Pembukaan Anderssen
    2. Kc3 disebut pembukaan van Geet
    3. Kh3 disebut pembukaan Paris
    4. Kf3 disebut pembukaan Reti/London
    The Board of Directors.....

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
©2008 - 2013 PT. Kompas Cyber Media. All Rights Reserved.

Content Relevant URLs by vBSEO 3.6.0